Skip to main content

Alasan Kenapa Suasana Ramai Bisa Membuat Orang Introvert Energinya Tersedot Habis?


Hidupcu - Suatu hari saya mengobrak-abrik quora dan tak sengaja menemukan pertanyaan ini. Mengapa orang introvert lebih energinya cenderung lebih cepat tersedot habis ketika berada di keramaian?

Saat membaca judulnya saya langsung tertarik karena memang kebetulan saya adalah orang yang introvert dan mengalami hal yang serupa.

Kemudian saya scroll ke bawah dan jawabannya kurang lebih seperti ini :

Otak seorang yang tergolong introvert itu pada dasarnya selalu memperlakukan interaksi dengan sesama manusia dengan intensitas yang sama seperti ia berinteraksi dengan benda mati.

Artinya apa?

Artinya ia akan memproses segala hal tanpa terkecuali yang ada di sekelilingnya. Dalam hal ini
bukan hanya manusia, tetapi mencakup segala sesuatu yang ada disekelilingnya.

Intinya segala apa yang ada disekelilingnya akan mendapatkan porsi perhatian yang sama.

Tipe orang introvert akan mengamati segala sesuatu disekelilingnya dengan mendetail bahkan saat sedang berinteraksi dengan seorang manusia sekalipun.

Dan yang perlu kamu ketahui bahwa proses yang terjadi ini bersifat otomatis atau diluar kontrol diri kita. (Baca Juga : Ini Hal Tak Terduga yang Terjadi Ketika Orang Introvert Marah)

Umumnya orang introvert akan memerhatikan segala hal. Seperti sedang berada dimana, ada benda apa saja disekitar, ada bau apa, dan sebagainya. Pokoknya segala hal yang ada di tempat kejadian.

Jadi tak hanya fokus pada lawan bicara saja.

Berdasarkan penjelasan tersebut. Maka sekarang coba deh bayangkan bagaimana jika seorang introvert berada di tengah keramaian.

Misalnya saja kamu yang seorang introvert diajak ngobrol ditengah-tengah konser musik rock.

Bisa dibayangkan ada berapa banyak hal yang bisa dibilang mau tidak mau harus masuk ke dalam otak untuk diproses.


Mulai dari lagu apa yang sedang dimainkan, bau keringat orang-orang yang sedang asik berjingkrak di sekeliling, warna-warni lampu hiasnya, belum lagi orang yang diajak berbicara. Pokoknya segala sesuatu yang ada disana tak akan luput dari perhatiannya.

Dan seperti yang kita ketahui bahwasanya dalam memproses suatu informasi di otak tentunya dibutuhkan energi.

Karena terlalu banyak informasi yang harus diproses di otak seseorang introvert maka energi yang dibutuhkan pun tak sedikit jumlahnya. (Baca Juga : Kamu Introvert? Ayo Cek 21 Ciri Ciri Orang Introvert Berikut Ini)

Dan apa yang terjadi setelah itu?

Orang introvert akan mengalami krisis energi atau istilah kerennya low battery. Hahaha kaya smartphone aja kek gitu. Yah seperti itulah kenyataannya.

Semua energi akan tersedot habis karena semua energi digunakan oleh otak secara otomatis demi memproses kondisi lingkungan sekitar.

Terus, langkah apa yang bisa kita ambil untuk meminimalisir tersedot habisnya energi?

Caranya yaitu dengan berlatih mengabaikan pikiran-pikiran tersebut. Hanya itu satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan selain menghindari suasana ramai.

Dengan berlatih untuk tidak memperdulikan kelebatan-kelebatan pemikiran yang terjadi di otak akan meminimalisir penggunaan energi.

Saya pertegas lagi bahwa disini kita hanya mengabaikan atau tidak memperhatikannya. Bukannya menghilangkan pemikian tersebut karena memang pemikiran itu tak bisa dihilangkan.

Tidak akan pernah bisa.

Dengan mengabaikannya, setidaknya kita tak menghabiskan terlalu banyak energi demi memerhatikan setiap informasi yang masuk dan diolah ke dalam otak kita.



Dalam hal ini kita harus mengaktifkan energi saving mode. Hehehe kaya laptop aja nih.

Penutup


Demikianlah sedikit pembahasan tentang mengapa sih energi seorang introvert cenderung lebih cepat habis saat berada berinteraksi di suasana yang ramai.

Semoga apa yang saya jelaskan ini bisa bermanfaat bagi kamu sekaligus bisa jadi tambahan pengetahuan agar wawasanmu semakin bertambah luas.

Saya juga tidak keberatan kalau kamu mau share informasi unik ini ke teman kamu ataupun pada orang-orang yang kamu kenal.

Karena dengan berbagi informasi bermanfaat setidaknya kita bisa berbagi kebaikan dengan orang lain.

Baca Juga : 7 Hal Menarik dan Menyenangkan yang Biasa Dilakukan Para Introvert
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar