Skip to main content

Hubungan Ekonomi Internasional dengan Ilmu Ekonomi, Perdagangan, Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Nasional, dan Perekonomian Indonesia

Hubungan Ekonomi Internasional

Hidupcu - Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita masih belum terlalu paham tentang hubungan ekonomi internasional. Nah, dalam artikel ini akan saya jelaskan sedikit agar kita semua minimal bisa tahu sedikit tentang hubungan ekonomi internasional. Baik itu kaitannya dengan ilmu ekonomi, perdagangan, pertumbuhan ekonomi, ekonomi nasional, dan perekonomian Indonesia sendiri.

Baiklah agar lebih mudah untuk memahaminya, saya menyediakan daftar isi agar lebih mudah menavigasinya. Materinya antara lain :
  1. Hubungan Ekonomi Internasional Adalah
  2. Hubungan Ekonomi Internasional dengan Ilmu Ekonomi
  3. Hubungan Ekonomi Internasional Dalam Pertumbuhan Ekonomi
  4. Hubungan Ekonomi Internasional Indonesia dengan Negara Lain
  5. Hubungan Ekonomi Internasional dengan Ekonomi Nasional
  6. Hubungan Ekonomi Internasional Mengenai Perdagangan
  7. Hubungan Ekonomi Internasional dengan Perekonomian Indonesia



Hubungan Ekonomi Internasional Adalah


1.) Ekonomi internasional ialah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang akibat saling ketergantungan antar negara-negara di dunia. Entah itu dalam hal perdagangan internasional ataupun pasar kredit internasional.

Misalnya sumber energi Amerika Serikat yang sangat bergantung pada produsen luar negeri, dan Jepang mengimpor hampir sebagian besar dari makanan yang dikonsumsi masyarakatnya.

Sementara negara-negara berkembang pun butuh teknologi yang dikembangkan dan dihasilkan oleh negara-negara industri. Untuk jangka panjangnya, pola perdagangan internasional bergantung pada prinsip keunggulan komparatif.


2.) Ekonomi internasional yakni cabang dari ilmu ekonomi yang memperlajari dan menganalisis transaksi dan permasalahan ekonomi internasional yang meliputi ekspor dan impor.

Termasuk perdagangan dan keuangan atau moneter serta organisasi ekonomi swasta maupun pemerintah maupun antarnergara.

Intinya ekonomi internasional mencakup seluruh kegiatan perekonomian yang dilakukan antar bangsa, negara, ataupun antar orang-orang perorangan dari negara yang satu dengan negara yang lain.


3.) Ilmu ekonomi internasional ialah ilmu yang mempelajari bagaimana hubungan ekonomi antara satu negara dengan negara yang lain. dimana itu dapat mempengaruhi alokasi sumberdaya baik antara dua negara maupun beberapa negara.

Hubungan dalam hal perekonomian internasional bisa berupa investasi, perdagangan, pinjmanan, maupun bentuk kerjasama internasional.


4.) ekonomi internasional meliputi aspek mikro dan makro. Aspek mikro ialah terkait masalah jual beli secara internasional, yang biasa disebut ekspor dan impor.

Kegiatan perdagangan internasional yang dilakukan ini bergantung pada kondisi pasar hasil produksi ataupun pasar faktor produksi yang merupakan salah satu topik dalam analisis mikro.

Dimana masing-masing pasar akan saling berhubungan satu sama lain sehingga dapat memengaruhi pendapatan maupun kesempatan kerja. Topik ini termasuk makro.

Baca Juga : Inilah Hubungan Internasional Jika Dilihat Dari Sifat dan Sujeknya


Hubungan Ekonomi Internasional Dengan Ilmu Ekonomi


Hubungan Ekonomi Internasional Dengan Ilmu Ekonomi

Ekonomi internasional ialah ilmu yang membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan ekonomi antar satu negara dengan negara yang lainnya.

Yang dimana hubungan ekonomi ini bisa berupa pertukaran hasil seperti barang dan jasa, berupa hubungan kredit, pertukaran , serta aliran faktor produksi yaitu tenaga kerja, modal, teknologi, dan kewirausahawan.

Baca Juga : Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya


Hubungan Ekonomi Internasional Dalam Pertumbuhan Ekonomi


1. Perluasan Perdagangan

Negara maju saat ini telah berkembang menjadi penyuplai barang-barang untuk didistribusikan ke negara berkembang.

Selain itu, negara maju juga adalah pasar yang luas dan cukup besar yang membeli ekspor hasil-hasil pertanian, bahan mentah, pertambangan, maupun barang-barang manufaktur lain dari negara berkembang.

Penurunan harga yang terjadi di pasar dunia akan bahan mentah hasl pertanian maupun pertambangan akan sama turunnya dengan harga minyak bumi ataupun tembaga di pasar internasional.


2. Aliran Penanaman Modal Asing

Aliran investasi asing entah itu dari sektor pemerintah maupun swasta asing bisa menjadi suplemen atau pelengkap dalam usaha pemecahan lingkaran setan kemiskinan.

Penanaman modal asing banyak bergerak dalam sektor eksplorasi sumber daya alam, misalnya pertambangan, perikanan, kehutanan, serta sektor manufacturing. Umumnya swasta asing yang biasa melakukan investasi adalah perusahaan besar multinasional.


3. Bantuan Luar Negeri Berupa Hadiah dan Pinjaman

Bantuan asing bida diberikan secara langsung maupun melalui lembaga-lembaga keuangan internasional. Misalnya seperti bantuan langsung berupa hadiah atau pinjaman yang diberikan oleh US-AID (United State Agency for International Development), yaitu lembaga bantuan luar negeri pemerintah Amerika Serikat.


Hubungan Ekonomi Internasional Indonesia dengan Negara Lain


Hubungan Ekonomi Internasional Indonesia dengan Negara Lain


indonesia sendiri memiliki kerjasama dalam hal ekonomi dengan negara lain. Beberapa negara tersebut antara lain Singapura, Yunani, Australia dan masih banyak lagi. Intinya Indonesia memiliki banyak partner dalam bekerja sama terkait perekonomian.

Baca Juga : Ekonomi Manajerial : Ruang Lingkup, Pengertian, Hubungan dengan Ilmu Lain, Keputusan, Teori Ekonomi MIkro dan Makro


Hubungan Ekonomi Internasional dengan Ekonomi Nasional


Adanya hubungan, keterkaitan, serta persaingan global antara negara di dunia mengakibatkan hampir semua kehidupan dalam suatu negara terpengaruh oleh ekonomi internasional.

Di zaman sekarang ini tak ada lagi negara yang disebut AUTARKI, atau negara yang hidup terisolir, tidak punya hubungan ekonomi, keuangan, ataupun ekspor dan impor.

Pengaruh ekonomi internasional terhadap ekonomi nasional suatu negara bisa ditengok dari dua aspek, yaitu aspek makro dan aspek mikro.

Aspek makronya bisa ditinjau dari sisi supply dan demand-nya, serta dari perhitungan pendapatan nasionalnya.

Adapun untuk aspek mikro bisa dilihat dari pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap kegiatan perusahaan dalam negeri suatu negara.


Hubungan Ekonomi Internasional Mengenai Perdagangan


Perdagangan internasional ialah perdagangan yang dijalanakan bersama oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Adapun perdagangan internasional mencakup masalah ekonomi dalam hubungannya antara negara yang satu dengan negara yang lain. Entah itu makro maupun mikro.

Aspek mikro ekonomi mencakup alokasi faktor-faktor produksi serta penentuan harga.

Aspek makro ekonomi terdiri atas kekuatan-kekuatan yang secara internasional memengaruhi penghasilan nasional dan kesempatan kerja antara beberapa perekonomian.

Perdagangan internasional merupakan perdagangan lintas negara. Adapun alasan negara melakukan perdagangan internasional adalah karena didasari oleh teori keuntungan komparatif.

Atau secara sederhananya perdagangan akan menciptakan spesialisasi, yakni tiap negara dapat menspesialisasikan pada barang dan jasa tertentu saja.

Spesialisasi ini akan meningkatkan produktivitas yang untuk jangka panjang akan menaikkan taraf hidup semua negara yang terlibat didalamnya.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Lengkap


Hubungan Ekonomi Internasional dengan Perekonomian Indonesia


Hubungan Ekonomi Internasional dengan Perekonomian Indonesia

Sama halnya dengan manusia yang butuh manusia lainnya untuk berhubungan, suatu negara juga butuh negara lain untuk berhubung masyarakat internasional.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam hubungan ekonomi internasional adalah ekspor dan impor.

Suatu negara melakukan kegiatan perdagangan dengan negara lain karena adanya keuntungan yang diperoleh. Menurut Sadono Sukrino, beberapa manfaat perdagangan internasional antara lain :


1. Memperoleh barang yang tak dapat diproduksi di negeri sendiri

Beberapa faktor penyebab negara tidak bisa memproduksi suatu barang atau jasa antara lain kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek, dan sebagainya.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan suatu negara dilakukan perdagangan internasional.


2. Memperoleh Keuntungan Spesialisasi

Salah satu alasan negara melakukan perdagangan luar negeri ialah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan dalam bentuk spesialisasi.

Meskipun suatu negara mampu memproduksi suatu barang yang juga bisa diproduksi negara lain, tetapi ada saatnya dimana lebih baik mengimpor barang tersebut dari negara lain.


3. Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan

Kadang pengusaha tak mau menjalankan alat produksinya dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi yang akan berdampak pada turunnya harga produk mereka.

Maka dari itu, dengan adanya perdagangan internasional akan membuat para pengusaha menjalankan mesi-mesinnya dengan maksimal karena bisa menjual produk yang lebih itu ke luar negeri.


4. Transfer Teknologi Modern

Perdagangan luar negeri juga bisa memungkinkan suatu negar untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien serta cara-cara manajemen yang lebih modern. Itulah sebabnya mengapa perdagangan internasional sangat baik untuk dilakukan.

Baca Juga : Mau Kerja di Dubai Biaya Hidupnya Mahal Nggak? Yuk Simak Detailnya


Penutup


Demikianlah sedikit penjelasan tentang hubungan ekonomi internasional. Semoga apa yang saya posting ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar