Skip to main content

Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Negara Lain (China, Singapura, Malaysia, Vietnam, Rusia, dan Jepang)

Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Negara Lain

Hidupcu – Dalam kehidupan bernegara saat ini kita perlu mengetahui hubungan internasional antara indonesia dengan negara lain. Ini bertujuan agar kita sebagai warga negara Indonesia tahu seperti apa hubungan antara Indonesia dengan negara lain seperti China, Singapura, Malaysia, Vietnam, Rusia, dan Jepang. Dengan demikian maka kita sebagai warga negara tak ketinggalan informasi.


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Negara Lain


Hubungan antara Indonesia dan negara lain meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, perekonomian, pertahanan dan keamanan, dan masih banyak lainnya. Berikut adalah rincian atau daftar isi hubungan antara Indonesia dan negara lain.

  1. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan China
  2. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Jepang
  3. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Malaysia
  4. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Rusia
  5. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Vietnam
  6. Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Singapura





Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan China



Indonesia adalah negara kepulauan yang punya banyak pulau yang terhampar dari sabang sampai merauke. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keberagaman dan kekayaan alam. Itulah salah satu alasan mengapa banyak negara tertarik untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Indonesia termasuk China.

China adalah negara yang penduduknya termasuk padat di dunia. Sementara Indonesia ialah negara yang memiliki populasi terbesar keempat di dunia.

Maka dari itu, hubungan bilateral antara keduanya terutama dalam bidang ekonomi terus mengalami peningkatan. Ini bisa kita ketahui dari peningkatan nilai jual beli antara Indonesia dan China di tahun 2008 yang mencapai US$ 31 miliar.

Agar bisa terjalin kerjasama antara keduanya tentu saja kedua negara harus melakukan perdagangan internasional. Hubungan perdagangan internasional ini adalah salah satu aspek yang cukup penting dalam perekonomian bagi tiap negara yang ada di dunia.

Diharapkan dengan adanya perdagangan internasional ini maka perekonomian di berbaga negara alan saling tercipta dan terjalin hubungan antara satu negara dengan negara yang lainnya.

Perdagangan internasional di zaman yang serba cepat ini secara tak langsung akan mendorong timbulnya globalisasi.

Dimana globalisasi ini adalah sesuatu yang tak bisa kita bendung karena terus berkembangnya inovasi baru terkait teknologi informasi, poltik, keuangan, perdagangan, dan investasi.

Tentu saja hal tersebut adalah modal yang penting bagi suatu negara dalam menarik investor agar mau berinvestasi di negara tersebut.

Kerja sama yang baik antara kedua negara ini mendapat dukungan yang baik dari berbagai aspek seperti aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lingkungan di dalam negara.

Sehingga bukanlah masalah yang besar jika negara ini mau mengembangkan perekonomiannya ke arah yang lebih baik.

Adapun MoU yang disepakati dari kedua pihak, yakni Indonesia dan China adalah sebagai berikut :

  1. Nota kesepahaman kerja sama perekonomian antara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT dan Kemenko Perekonomian Republik Indonesia.
  2. Nota kesepahaman kerja sama proyek pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung antara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT dengan Kementrian BUMN.
  3. Nota kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Kementrian Nasional RRT dan Basarnas.
  4. Kerja sama antara protokol persetujuan antara Republik Indonesia dan pemerintah RRT dalam mencegah pengenaan pajak ganda antara kedua negara.
  5. Kerangka kerja sama antariksa 2015-2020 antara Lembaga Antariksa RRT dan Lapan.
  6. Nota kesepahaman kerja sama saling mendukung antara Bank Pembangunan China Pembangunan dan Kementrian BUMN.
  7. Nota kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan RRT dalam mencegah pengenaan pajak ganda kedua negara.
  8. Nota kesepahaman kerja sama bidang infrastruktur dan industri antara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT dengan Kementrian BUMN.
Baca Juga : Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat, Singkat, dan Merata? Ini Penjelasannya

Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Jepang


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Jepang

Salah satu hubungan yang dibangun antara Indonesia dan Jepang adalah hubungan diplomatik.

Hubungan ini diawali pada bulan April 1958. Yakni dengan penandatanganan perjanjian perdamaian antara Jepang dan Indonesia. Di tahun ini pula ditandatangani Perjanjian Rampasan Perang.

Sementara untuk pembukaan jalur penerbangan Indonesia dan Jepang diadakan pada tahun 1963. Beberapa hubungan perekonomian yang dijalin Indonesia dan Jepang antara lain :

1. Perdagangan

Untuk Indonesia sendiri, Jepang ialah negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia.

Untuk ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US$ 23.6 milyar dan untuk impor Indonesia dari Jepang senilai US$ 6.5 milyar. Jadi bisa diketahui bahwa Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia berdasarkan data tahun 2007.

Beberapa komoditas penting yang diimpor Jepang dari Indonesia yaitu minyak, gas alam cair, udang, batu bara, hasil tambang, pulp, tekstil dan produk tekstil, mesin, perlengkapan listrik, dan lain-lain.

Adapun untuk barang yng diekspor Jepang ke Indonesia seperti mesin-mesin dan suku cadang, produk plastik, produk kimia, perlengkapan listrik, baja, suku cadang elektronik, mesin alat transportasi, dan suku cadang mobil.


2. Investasi

Investasi langsugn swasta dari Jepang ke Indonesia yang menurun karena stagnasi yang dialami perekonomian Indonesia karena krisis ekonomi yang melanda Asia di tahun 1997 kini belum pulih sepenuhnya.

Tetapi Jepang tetap menempati kedudukan penting diantara negara-negara yang berinvestasi di Indonesia.

Adapun untuk jumlah investasi langsung asing di Indonesia dari tahun 1967 sampai 2007, Jepang menduduki peringkat pertama dengan angka 11,5 % dalam keseluruhannya.

Ada sekitar 1000 perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia dan mempekerjakan lebih dari 32 ribu pekerja.

Inilah alasan mengapa Jepang disebut sebagai negara penyedia lapangan kerja nomor satu di Indonesia.

3. Kerjasama Ekonomi

Indonesia selaku negara penerima bantuan pembangunan tingkat pemerintah terbesar dari Jepang. Yakni sekitar kurang lebih 17% dari seluruh bantuan yang diberikan Jepang.

Bukan hanya itu saja, realisasi bantuan ditahun 2006 terdiri atas pinjaman Yen (125,2 milyar Yen), bantuan hibah berdasarkan pertukaran nota-nota (5,4 milyar Yen), dan kerjasama teknik berdasarkan realisasi pembiayaan JICA (7.8 milyar Yen).

Baca Juga : Hubungan Ekonomi Internasional dengan Ilmu Ekonomi, Perdagangan, dan Pertumbuhan Ekonomi


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Malaysia


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Malaysia

Hubungan kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Malaysia yakni terdiri atas kerjasama dalam bidang pendidikan dan dalam bidang ekonomi.

Untuk bidang pendidikan, Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dalam bentuk pertukaran pelajar tiap tahunnya.

Sementara untuk bidang ekonomi, banyak investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia dan telah membantu pemerintah dalam mengentaskan angka pengangguran.

Investor dari Malaysia kebanyakan menanam investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Bukan hanya itu saja, di Malaysia juga banyak ditempatkan tenaga kerja dari Indonesia sebagai pembantu rumah tangga, petugas medis, pekerja bangunan, dan tenaga profesional lainnya.


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Rusia


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Rusia

Uni Soviet atau Rusia telah membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia pada 3 Februari 1950.

Dimasa awal perang dingin kedua negara memiliki hubungan yang kuat saat Presiden Indonesia Soekarno mengunjungi moskow, dan begitupun dengan pemimpin Soviet Nikita Khruschev yang mengunjungi Jakarta.

Namun setelah Soekarno dilengserkan oleh Soeharto, hubungan antara kedua negara jadi merenggang, tidak seerat ketika Soeharto berkuasa.

Salah satu hubungan kerjasama yang paling dominan antara Indonesia dan Rusia yakni dalam kerjasama militer.

Dimana Rusia menjadi pemasok utama persenjataan ke Indonesia. Beberapa ekspor persenjataan Rusia ke Indonesia yaitu Sukoi Su-27, Sukhoi Su-30, BMP-3, Pantsir-S1, Mil Mi-35, dan Mil Mi-17.

Baca Juga : Inilah Hubungan Internasional Jika Dilihat Dari Sifat dan Sujeknya


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Vietnam


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Vietnam

Awal mula hubungan antara Indonesia dan Vietnam yakni pada tahun 1955.

Saat itu, Mr.Soedibjo Wirjowerdojo selaku Konsul Jenderal Republik Indonesia yang pertama kali ditunjuk dan diangkat menempati pos perwakilan perintisan dalam level Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Vietnam yang saat itu berkedudukan di Hanoi.

Vietnam juga termasuk dalam anggota ASEAN.

Presiden Megawati Soekarnoputri pernah mengunjungi Vietnam dibulan Juni 2003 untuk menandatangani deklarasi tentang kerjama ramah dan komprehensif memasuki abad 21.

Baca Juga : Ekonomi Manajerial : Ruang Lingkup, Pengertian, Hubungan dengan Ilmu Lain, Keputusan, Serta Teori Ekonomi MIkro dan Makro


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Singapura


Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Singapura

Hubungan antara Indonesia dan Singapura melahirkan kerjasama dalam bidang perdagangan dan ekonomi, pariwisata, serta keamanan dan antiterorisme.

Untuk perdagangan dan ekonomi, karena Indonesia dan Singapura terletak di jalur perdagangan bahari tersibuk yakni Selat Malaka, perdagangan dengan dan melalui Singapura menjadi sangat penting bagi Indonesia dalam menyediakan jalur perdagangan ke seluruh dunia.

Dan begitupun sebaliknya, pengusaha Indonesia juga dibutuhkan oleh Singapura. Dimana perdagangan ialah motivasi umum yang utama kedua negara dalam berhubungan luar negeri karena masing-masing mitra adalah mitra dagang utama satu sama lain.

Adapun volume perdagangan antara Indonesia dan Singapura mencapai $36 miliar AS. Singapura adalah investor luar negeri utama bagi Indonesia dengan total kumulatif dari US$ 1,14 miliar pada 142 proyek. Perdagangan antara keduanya juga mencapai kisaran $68 miliar AS di tahun 2010.

Sedangkan dalam sektor wisata, Singapura adalah sumber turis atau wisatawan asing terbesar bagi Indonesia dengan jumlah 1.373.126 wisatawan (berdasarkan data tahun 2010).

Dan begitupun sebaliknya, Indonesia juga jadi sumber wisatawan terbesa bagi Singapura. Yakni mencapai 2.592.222 wisatawan (menurut data tahun 2011).

Dan untuk sektor keamanan dan antiterorisme, di tanggal 3 Oktober 2005, Perdana Menteri Singapura yakni Lee Hsien Loong dan Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden Indonesia telah bertemu di Bali selama dua hari setelah bom Bali ,telah sepakat dalam memperkuat kerjasama melawan terorisme.

Baca Juga : Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?


Penutup


Demikianlah artikel tentang hubungan internasional antara indonesia dengan negara lain di beberapa wilayah.

Semoga apa yang saya jelaskan dalam postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda selaku pembaca. Terima kasih dan jangan lupa share.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar