Skip to main content

5 Alasan Nyata Mengapa Kamu Belum Juga Menemukan Minat dan Passionmu

5 Alasan Nyata Mengapa Kamu Belum Juga Menemukan Minat dan Passionmu

Hidupcu - Pada dasarnya permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan remaja adalah kurang mengenalinya minat, bakat, serta passion yang dimiliki.

Tetapi sebelum kita membahas terlalu jauh tentang minat, terlebih dahulu coba tanyakan pada dirimu masing-masing. Apakah kamu telah menemukan minat, bakat, dan passionmu atau belum?

Minat disini bisa diartikan sebagai keinginan yang mendorong kamu untuk tetap fokus pada suatu hal.

Dan bakat ialah keahlian alami yang dimiliki individu sejak lahir. Sementara passion adalah dorongan besar yang mampu menciptakan keinginan besar untuk melakukan sesuatu.

Umumnya tiap orang memiliki minat dan keinginan yang beragam. Mungkin ada diantara kamu yang telah mengetahui ingin jadi apa dan langkah apa yang akan diambil untuk mewujudkannya.

Atau ada juga yang bersikap realistis karena menyadari bahwa minatnya itu tak sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan hidupnya.

Namun ada juga yang masih bingung tentang tujuan hidupnya. Ia masih bingung terhadap apa yang diinginkannya.

Setelah lulus kuliah, eh bingung mau ngapain. Mau cari kerja tapi nggak tau mau cari kerja dimana. Apalagi jika lulus kuliah tanpa memiliki skill yang cukup.

Akibatnya orang akan menilainya sebagai orang yang sama sekali tak punya rencana dan impian dalam hidupnya. Padahal kenyataannya mungkin saja tak seperti demikian.

Hal seperti itu terjadi karena ia masih belum mengenali seperti apa minat, bakat, dan passionnya. Karena memang untuk bisa mengenalinya butuh waktu.

Nah, yang sering jadi bahan permasalahan adalah apa alasan mengapa sebagian orang masih ada yang belum mengetahui dan mengenali apa minat, bakat, dan passion pada dirinya.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dalam postingan ini akan dijelaskan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu masih belum mengetahui apa minat, bakat, dan passionmu.


1. Belum Mengenal Diri Sendiri


Belum Mengenal Diri Sendiri

Kalau ada yang masih belum mengenali dirinya sendiri memang terdengar klise. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa tiap hari kamu itu bertemu dengan keadaan, lingkungan, dan orang yang bermacam-macam.

Kadang kamu terlalu sibuk melakukan sesuatu atau berperilaku mengikuti orang lain. Atau dengan kata lain kamu tak menjadi dirimu sendiri.

Jadi mulai dari sekarang jadilah diri sendiri dan jangan takut untuk terlihat unik dan berbeda di mata orang-orang.


2. Belum Siap Menghadapi Tantangan


Nah ini nih yang sering bikin orang gagal sukses. Terlalu takut untuk menghadapi tantangan. Belum mencoba tapi sudah mundur. Belum berperang tapi sudah mengaku kalah.

Salah satu alasan mengapa seseorang belum menemukan minat dan passionnya adalah karena terlalu takut memilih dan menghadapi tantangan. Takut mencoba dan mengeksplor hal baru.

Padahal kalau misalnya kamu mau mencoba mungkin saja itu adalah bagian dari minat, bakat, dan passion kamu. Hanya saja kamu belum mencobanya.

Sama halnya dalam memilih jurusan kuliah. Mungkin kebanyakan dari kita takut untuk memilih jurusan yang butuh kemampuan yang mumpuni. Namun karena kamu sudah terlanjur minder dengan dirimu sehingga kamu tak berani untuk mengambilnya.

Sahabatku, jangan terlalu merasa tidak siap dengan kemampuanmu. Percayalah pada dirimu sendiri. yah meskipun yang namanya persaingan itu akan selalu ada. Tetapi jangan jadikan itu alasan untuk menghalangi dirimu terus berkembang.

Baca Juga : Menyingkap Arti Mendalam Tentang Passion Yang Sering Ditanyakan Banyak Orang


3. Terlalu Banyak Hal yang Ingin Dicoba


Terlalu Banyak Hal yang Ingin Dicoba

Kebanyakan orang yang berumur 17 sampai 25 tahun cenderung masih melakukan pencarian jati diri dengan mencoba berbagai hal yang menurut mereka baru.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwa terlalu banyak hal yang disukai itu kadang bisa membuatmu bingung sendiri atas apa yang menjadi minat terbesarmu dalam hidup.

Tetapi tak jarang  dari banyaknya hal yang telah kamu coba, kamu jadi menemukan apa yang benar-benar kamu sukai dan inginkan.

Nah, bagaimana sih cara kita bisa tahu apa minat terbesar kita setelah mencoba berbagai hal baru? Caranya gampang banget. Cirinya yaitu :

  • Ada minat yang timbul dari dalam untuk melakukannya
  • Tidak membuat kamu bosan meskipun kamu terus melakukannya
  • Kegiatan itu terus kamu lakukan tanpa ada unsur paksaan.


4. Masih Mencari-cari Pengalaman


Mungkin kamu pernah bertemu dan berbicara dengan orang yang bingung untuk menjelaskan minat dan ketertarikannya seperti apa? Eh tunggu dulu, jangan langsung men-judgenya sebagai orang yang aneh dulu.

Tipe orang seperti itu sebenarnya sedang sibuk berpetualang mencari pengalaman yang bisa membuat ia belajar dan menemukan hal yang sesuai dengan dirinya.

Karena mereka menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa diperoleh dari mengambil langkah kecil yang disertai keberanian.

Atau mungkin juga karena ia sedang mematahkan omongan orang-orang yang kurang memberinya dorongan dengan mencoba pengalaman-pengalaman baru yang menantang.

Orang yang masih melakukan hal tersebut tidak bisa dipaksakan untuk berhenti. Karena hanya dirinya sendirilah yang tahu kapan harus berhenti.

Bahkan saya yakin kalau kamu sendiri berada di posisi ini, kamu juga tentunya akan mencoba berbagai kegiatan yang positif dan kreatif.

Baca Juga : Kapan Kondisi dan Waktu yang tepat Untuk Menyerah?


5. Tertutup Pada Hal-hal Baru


Tertutup Pada Hal-hal Baru

Bila didunia ini ada yang selalu terbuka sama hal baru, ternyata ada juga loh orang yang masih tertutup dengan hal-hal baru. Umumnya penyebab seseorang itu tertutup ada dua, yaitu :

  • Tidak mau keluar dari zona nyamannya
  • Tidak percaya bahwa apa yang disukai itu bisa diwujudkan

Ini adalah hal yang harus diperbaiki dari diri seseorang. Padahal kalau seandainya kamu mau keluar dari zona nyaman dan yakin untuk mewujudkan sesuatu, kamu bisa membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Pemikiran yang sempit dan tertutup akan membuat kamu jadi orang yang begitu-begitu saja. Tidak ada perubahan dan tentu saja hidupmu akan datar tanpa ada perkembangan.


Penutup


Demikianlah sedikit penjelasan tentang alasan mengapa seseorang masih belum menemukan minat, bakat, dan passionnya. Semoga postingan ini bisa membantu kamu dalam menemukan minat, bakat, dan passionmu sendiri.

Saya ucapkan banyak terima kasih karena telah berkunjung ke hidupcu. Dan jangan lupa di share jika bermanfaat.

Baca Juga : Contoh Pekerjaan yang Tidak Disukai dan Bagaimana Menjalani Serta Melepaskan Diri Darinya (Lengkap)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar