Skip to main content

Ide Bisnis Gila dengan Modal Dibawah 40 Ribu yang Cocok Banget Untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Gila dengan Modal Dibawah 40 Ribu yang Cocok Banget Untuk Mahasiswa

Hidupcu - Mungkin banyak dari sobatku sekalian yang tidak percaya dengan bisnis yang hanya butuh modal 40 ribu. Tapi jangan salah, memang ada loh bisnis yang Cuma butuh modal 40 ribu. Yaitu bisnis ice cream. Cocok banget untuk mahasiswa.

Umumnya untuk membuka bisnis ice cream setidaknya butuh modal kisaran 15 juta karena harus membeli mesin pembuat ice cream.

Namun disini kita akan belajar bagaimana membuat ice cream tanpa harus menggunakan mesin atau dengan cara yang manual.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memang sedang kekurangan uang dan ingin punya penghasilan sendiri.

Dengan hanya bermodalkan 40 ribu sobat sudah bisa mendapat penghasilan sendiri dari hasil menjual ice cream.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja saya kasih tahu caranya. Berikut ini cara dan tahapan dalam pembuatan ice cream dengan modal 40 ribu.


Pertama : Beli Bahan-bahan yang Dibutuhkan.


Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan ice cream ini adalah sebagai berikut beserta harganya :

a. 1 Kotak Tepung Maizena (Rp. 4.500.-)

b. 1 Kotak SP bermerek Koepoe-koepoe sebagai emulsifier. Atau kalau memang tidak ada bisa diganti dengan Ovalet atau TBM (Rp. 4.000.-)

c. 1 Sachet Susu Full Cream Putih (Rp 1.000.-)

d. Gula ¼ Kg (harga 1 kg gula = Rp. 12.000.-)

e. 100 cup beserta tutupnya (Rp. 7.000.-)

f. Pasta rasa strawberry (Rp. 7.000.-)

Total Biaya : Rp 35.500.-

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah gambar dari keseluruhan bahan diatas. Yaitu terdiri atas tepung maizena, SP sebagai emulsifier, susu full cream, gula, cup beserta tutupnya, dan pasta rasa strawberry.



Kedua : Proses Pembuatan


Setelah semua bahan sudah disiapkan maka tahapan selanjutnya adalah proses pembuatan. Pertama-tama siapkan beberapa bahan berikut sesuai takarannya :

  • 2 sendok makan Tepung Maizena
  • 1 sendok teh pasta strawberry
  • 1/8 kg gula
  • 4 gelas air putih
  • 1 sachet Susu Full Cream
  • 1 Sachet Pop Ice

Setelah semua bahan disatukan lalu masak diatas priuk sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih dan keluar buih-buihnya seperti gambar berikut.


Setelah itu terus tuangkan adonan yang dimasak tadi kedalam baskom kecil untuk didinginkan.


Dan apabila sudah dingin maka langkah selanjutnya adalah memasukannya kedalam lemari pendingin atau freezer kulkas sobat.


Selama kurang lebih 4 jam dalam kondisi hampir beku, selanjutnya kocok adonan tersebut dengan mixer atau blender agar lebih cepat halus. Jangan lupa untuk menambahkan SP atau TBM atau Ovalet ke dalam adonan saat dikocok.


Kocok hingga halus sampai menyerupai ice cream seperti digambar


Setelah dikocok sampai halus maka hasilnya akan seperti berikut ini. Ia akan jadi lembut dan mengembang.


Kemudian tahapan berikutnya adalah memasukkan ice cream, ke dalam cup yang sudah disiapkan terlebih dahulu.


Lalu masukkan cup-cup yang berisi ice cream tersebut ke dalam lemari pendingin atau freezer sobat. Nanti jumlah jadinya sekitar 50 sampai 70 cup ice cream.


Setelah mencobanya nanti sobat akan merasakan bahwa ternyata ice cream yang telah sobat buat ternyata rasanya lezat, gurih, lembut, dan tak kalah dari ice cream buatan mesin yang bisa dibilang harganya cukup mahal.

Untuk harga penjualannya tinggal disesuaikan dengan harga 1 cup ice cream walls di daerah sobat. Misalnya 1 cup seharga Rp 3.000 maka tinggal dikalikan 70 yaitu sebesar Rp. 210.000. kan lumayan tuh dengan modal hanya dibawah 40 ribu bisa dapat untung sekitar 170 ribu.

Kalau mau lebih untung yah tinggal banyakin modal dan perkuat pemasarannya aja. Jadi bisa saya katakan bahwa bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang duitnya sering pas-pasan hehehe.

Baca Juga : 17 Ide Kerja Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Anak Kuliahan

Tambahan :

a. Jika tak ada kompor maka bisa diganti dengan kayu bakar

b. Lemari pendingin bisa diganti dengan es batu dan garam. Caranya dengan memasukkan adonan kedalam kaleng tertutup lalu diputar-putar. Caranya hampir sama dengan proses pembuatan es dung-dung. Cuma kekurangan dari cara ini adalah hasil es yang dihasilkan teksturnya kurang lembut.

c. Mixer bisa digantikan dengan kocokan manual menggunakan sendok, garpu, dan sejenisnya. Cuma yah siap-siap deh tangan jadi pegel


Penutup


Demikianlah rahasia dari ide bisnis gila yang modalnya dibawah 40 ribu yang sangat cocok untuk mahasiswa. Ide bisnis ini bisa jadi penyelamat bagi sobat jika berada dalam masa krisis uang.

Ada baiknya juga kalau menjalankan bisnis ini dengan beberapa orang. Artinya bukan hanya sobat sendiri yang bekerja. Tetapi dikerja bersama-sama. Untuk modal bisa dkumpulkan melalui patungan, dan untuk pembuatan dan pemasaran bisa dibagi-bagi saja tugasnya.

Dengan begitu maka sobat juga tidak terlalu capek dan untung juga akan semakin besar. Sekaligus sobat juga telah membuka lapangan kerja dan membantu teman untuk memperoleh pendapatan sampingan.

Baca Juga : Tips Strategi Pemasaran Produk yang Akan Meledakkan Penjualan Anda Secara Cepat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar