Skip to main content

Ternyata Ini Faktanya Mengapa Kursi Bioskop Warnanya Merah?

Fakta Mengapa Kursi Bioskop Warnanya Merah?

Hidupcu - Mungkin kebanyakan dari kita bertanya-tanya mengapa sih kursi bioskop warnanya merah? Kenapa bukan biru, kuning, hijau, atau putih? Ternyata ada alasan loh mengapa kursi bioskop warnanya merah.

Tahukah Anda bahwasanya pemilihan warna merah ini dipilh secara hati-hati berdasarkan info yang dilansir oleh Fafa.

Warna merah dipilih karena dalam mata kita terdapat sel kerucut dan sel batang. Sel kerucut ini akan bekerja secara optimal dalam kondisi yang terang.

Sedangkan sel batang bekerja optimal pada kondisi cahaya yang redup. Jadi disini antara sel kerucut dan sel batang memiliki cara kerja yang berkebalikan.

Ketika siang hari, mata kita cenderung lebih sensitif pada warna kuning dan pada malam hari mata akan sensitif terhadap warna hijau.

Maka dari itu dipilihlah warna merah karena dianggap paling aman.

Dan ketika lampu bioskop dimatikan maka mata kita akan lebih cepat menyesuaikan dengan kondisi ruangan yang gelap. Warna merah ini juga ketika di tempat gelap tidak akan begitu jelas saat memantulkan cahaya.

Nah, jadi sudah tahu kan kenapa kursi dan gorden bioskop warnanya merah !

Baca Juga : TERBONGKAR!!! Misteri Kemampuan Telekinesis Manusia


Sadar atau tidak, ternyata huruf I dan O tidak ada dalam deretan kursi bioskop


Sadar atau tidak, ternyata huruf I dan O tidak ada dalam deretan kursi bioskop

Jika kamu termasuk orang yang sering ke bioskop, tentu kamu sudah tak asing dengan baris kursi yang diberi tanda huruf alfabet.

Namun pernahkan kamu perhatikan bahwa ternyata dalam deretan kursi tersebut tak ada huruf I dan O.

Bagi kamu yang masih belum tahu akan hal ini, kedua huruf itu ternyata memang sengaja dihilangkan penonton lebih mudah saat mencari kursi yang sesuai dengan tiket yang dibeli.

Sugeng, seorang Manager Cinemaplex 21 Kota Palembang menjelaskan bahwa peniadaan huruf I dan O ini bukan karena ada kesan horror atau takut sial.

Beliau menjelaskan bahwa huruf I dihilangkan karena dinilai hampir sama dengan huruf J. Dan huruf O dihilangkan karena hampir sama dengan huruf Q.

Jadi bisa dibayangkan kalau ada penonton yang kurang fokus dan hanya melihat sekilas pada tiket yang dibeli terus mencari tempat duduknya. Bisa saja ia salah menduduki kursi dan memicu kemarahan penonton lain yang kursinya ditempati.

Jadi intinya huruf I dan O dihilangkan karena untuk mempermudah pengunjung dalam menemukan kursinya dan menghindari kesalahpahaman karena bentuk huruf yang hampir sama.

Bila kamu masih belum percaya bahwa huruf I dan O ini tidak ada dalam deretan kursi bioskop, coba deh kamu perhatikan deretan kursi yang ada disana.

Tentunya kamu tak akan menemukan dua huruf tersebut dalam deretan kursi.

Baca Juga : Seperti apakah Bentuk Visualisasi Dimensi Keempat?


Mengapa Popcorn Sering Dijadikan Cemilan Saat Nonton di Bioskop?



Kebanyakan dari kamu mungkin sering bertanya-tanya mengapa sih popcorn sering dijadikan cemilan saat nonton bioskop? Kenapa bukan yang makanan lain saja?

Nah, untuk menjawab pertannyaan tersebut, mari kita coba intip seperti apa sejarah makanan tersebut.

Dikutip dalam buku Popped Culture, bahwa popcorn ditemukan di Amerika Selatan.
Dikisahkan bahwa para penangkap paus dari Amerika menemukan popcorn di Chili pada awal abad ke-19.

Mereka kemudian membawanya ke Amerika Serikat. Lama kelamaan tren secara tidak langsung ini membawanya jadi cemilan istimewa.

Popcorn bisa ditemukan di berbagai tempat hiburan seperti festival dan sirkus di Amerika Serikat.

Terus bagaimana dengan bioskop dan teater? Nyatanya mereka tak menjual popcorn dalam masa awal ketenaran itu.

Tahun 1927 terjadi perubahan dimana film-film telah bersuara.

Sehingga menonton jadi aktivitas yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan dan sejajar dengan krisis perekonomian atau yang biasa disebut Great Depression.

Orang Amerika butuh hiburan yang murah dan bisa menjauhkan mereka dari kenyataan. Dan kemudian bioskop muncul memberikan kenyamanan melalui usaha yang dilakukan.

Popcorn adalah makanan yang biasa diselundupkan penonton saat hendak menonton di bioskop.

Biasanya penonton membelinya di pinggir jalan atau di dekat bioskop kemudian membawanya ke dalam.

Alhasil karena alasan inilah mengapa popcorn yang notabenenya makanan rakyat jelata bisa menyelundupkan dirinya ke tempat mewah yang menyejajarkan dirinya dengan seluruh masyarakat dalam penikmat hiburan.

Sampai pada akhirnya popcorn jadi cemilan yang melekat dalam menonton layar lebar dan biasa dijual oleh pihak bioskop untuk menambah keuntungan mereka.


Penutup


Demikianlah fakta mengapa kursi bioskop warnanya merah, mengapa tidak ada huruf I dan O dalam deretan kursi, dan mengapa popcorn jadi cemilan yang sering dinikmati saat sedang menonton di bioskop.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa jadi tambahan pengetahuan untuk Anda sekalian. Terima kasih dan jangan lupa untuk share postingan ini jika memang Anda rasa bermanfaat.

Baca Juga : Gara-Gara Posting Gambar Ka’bah Dibilang Sesat? Simak Ulasannya Berikut Ini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar