Skip to main content

7 Aplikasi Google yang Sangat Bermanfaat Namun Jarang Diketahui Orang


Aplikasi Google yang Sangar Bermanfaat Namun Jarang Diketahui

Kalau berbicara tentang Google, mungkin yang ada di ingatan kita adalah mesin pencari yang biasa digunakan untuk browsing. Bagi beberapa orang mungkin hanya tahu google musik, google video, google playstore, dan google map.

Namun tahukah Anda bahwa aplikasi google bukan hanya itu saja. Masih ada beberapa aplikasi lainnya yang sangat berguna namun jarang diketahui banyak orang. Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah beberapa aplikasi google yang jarang diketahui orang lain.


1. Google Jigsaw


google jigsaw
Sumber : money.cnn.com

Aplikasi google yang satu ini bertujuan agar menyadarkan para pengguna internet agar sadar akan beberapa ancaman keamanan di dunia siber. Atau dengan kata lain aplikasi ini bertujuan melindungi para user dari serangan manipulasi DNS.

Ini karena tiap user mengunjungi sebuah website namun kadang menggunakan sambungan yang tidak terenkripsi.

Akibatnya pihak ketiga bisa masuk dan menginterupsikan koneksi atau bahkan mengalihkannya ke situs lain atau situs palsu. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa kita membutuhkan aplikasi tersebut.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Kecanduan Hp (Handphone) Pada Anak dan Orang Dewasa


2. Google Sky


Google Sky
Sumber : google.com/sky/about.html

Aplikasi google sky ini cukup unik karena memungkinkan para penggunanya dalam menjelajah luar angkasa. Mulai dari planet, planet, bulan, bintang, asteroid, rasi bintang, dan sebagainya.

Jadi sangat cocok bagi Anda yang tertarik ingin mempelajari tentang luar angkasa. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini adalah mencari bintang tertentu dengan fungsi search.

Jadi Anda bisa mengetahui di mana letak Mars karena aplikasi ini akan menampilkan sebuah panah petunjuk di tengah layar agar Anda bisa mengarahkan ponsel langsung ke arah yang dituju.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa memilih time travel yang gunanya untuk menampilkan posisi langit pada tanggal dan waktu yang sudah Anda tetapkan.

Anda juga bisa melakukan perjalanan waktu dengan memilih waktu tertentu di menu dropdown. Misalnya saat matahari terbit pada keesokan harinya. Atau tanggal bersejarah lainnya.

Seperti pendaratan Apollo II di bulan. Dalam aplikasi ini juga ada pilihan galeri yang memungkinkan Anda melihat bentuk asli dari sebuah galaksi seperti pada saat kita melihatnya dengan menggunakan teleskop.

Selain itu, Anda juga bisa langsung mencari tahu di mana letak galaksi tersebut ketika melihat fotonya. Bisa dikatakan bahwa aplikasi google sky ini sudah seperti planetarium yang ada dalam genggaman.

Jadi aplikasi ini sangat cocok untuk melampiaskan rasa keingintahuan Anda terhadap luar angkasa. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di google play store secara gratis.


3. Google News Lab


Google News Lab
Sumber : techcrunch.com

Aplikasi buatan google ini memungkinkan para jurnalis dan pengusaha dalam membangun masa depan media, setidaknya ada 4 tahapan pelaporan yang didukung oleh google news lab. Yaitu dari tahap riset, produksi, distribusi, dan optimasi.

Diharapkan aplikasi ini bisa dijadikan wadah oleh para jurnalis untuk terus mengembangkan berita-berita terkini secara lebih efisien atau dengan kata lain melalui google news lab, google ingin mensosialisasikan bagaimana produk-produknya bisa membantu pekerjaan para jurnalis.

Seperti google map, youtube, fusion tables, earth sampai search. Pokoknya semua ini bisa dimanfaatkan untuk proses pengembangan berita.

Baca Juga : Bagaimana Membuat Seseorang Tertarik Denganmu Hanya Melalui Chat


4. Google Arts and Culture


Google Arts and Culture
Sumber : engadget.com

Aplikasi google yang satu ini adalah aplikasi yang sangat cocok bagi kamu yang suka seni. Pasalnya kamu bisa dapat berbagai sumber informasi tentang seni di dunia maya.

Singkatnya, aplikasi ini adalah perpaduan antara google, museum, dan perpustakaan di seluruh dunia. Ada lebih dari 1.200 museum , galeri, institusi di 70 negara yang terlibat dalam aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi pameran populer dan melihat karya seni secara detail dalam tampilan zoom in. Bahkan kamu juga bisa menjelajahi ribuan kisah, foto, video, dan manuskrip yang ada.

Adapun tujuan dibuatnya aplikasi ini supaya masyarakat yang gemar akan seni bisa mengakses museum, artefak, karya seni, dan informasi yang berkaitan dengan hal tersebut hanya dengan berada di rumah. Google Art And Culture juga memfasilitasi institusi seni yang mau promosi.


5. Google Trusted Contact


Google Trusted Contact
Sumber : blackxperience.com

Aplikasi adalah aplikasi keamanan yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui keberadaan orang-orang terdekatmu. Pihak google sendiri dalam halaman resminya mengatakan bahwa tujuan resmi dari pembuatan aplikasi ini agar kamu bisa tetap terkoneksi dengan keluargamu meski apapun yang terjadi.

Dalam penggunaannya, aplikasi ini memungkinkan anggota keluarga untuk membagikan lokasi secara real time dengan aplikasi Google Trusted Contact.

Apabila kamu berada dalam kondisi tidak bisa memegang smartphone maka aplikasi ini bisa membagikan lokasi secara otomatis pada keluarga atau orang terdekatmu. Sehingga mereka bisa dengan mudah melacak keberadaanmu.

Baca Juga : Alasan Kenapa Sikap Seseorang Terkadang Berbeda Saat di Chat, Video Call, dan Ketemuan


6. Google Street View Trek


Google Street View Trek
Sumber : google.com/maps/about/behind-the-scenes/streetview/treks/khumbu/

Aplikasi besutan Google yang satu ini adalah produk dari Google Maps yang menampilkan representasi visual dari keadaan yang ada di sekitar kita. Sebagian besar dari kamu mungkin sudah sering menggunakannya. Namun tahukah kamu ada fitur menarik yang mungkin belum pernah kamu gunakan. Yaitu fitur Trek.

Fitur ini memberikan informasi terkait sejarah, pemandangan, dan bisa kamu gunakan seperti pemandu wisata. Informasi yang disajikan bukan hanya berupa artikel. Tetapi ada juga video, foto, dan audio.

Jadi sangat cocok ini untuk kamu yang mau jalan-jalan ke luar negeri tetapi belum punya uang dan kesempatan.


7. Google Public Data Explorer


Google Public Data Explorer
Sumber : en.wikipedia.org

Aplikasi Google Public Data Explorer ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari data-data internasional yang penting. Mungkin saja kamu ingin cari data dari bank dunia atau instansi lainnya? Aplikasi Google Public Data Explorer-lah jawabannya. Aplikasi ini bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun.

Untuk visualisasi datanya ada beragam. Kamu bisa memilih bentuk grafik batang, garis, peta, maupun bentuk bubble.

Pembuatan aplikasi ini sebenarnya adalah untuk mendukung aplikasi Google News Lab. Tetapi pada akhirnya di buka untuk umum karena dinilai sangat bermanfaat.

Baca Juga : Tips Bagaimana Kamu Bisa Punya Pengetahuan yang Luas Seperi Bill Gates dan Elon Musk


Penutup


Sebagian besar dari aplikasi google di atas mungkin belum pernah kamu gunakan kan? Maka dari itu, setelah kamu membaca artikel ini segera-lah mencoba aplikasi tersebut satu persatu. Saya yakin kamu penasaran untuk mencobanya.

Sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih, jadi jangan sampai kamu ketinggalan jaman yah. Eksplor segala hal yang ada di internet dan teruslah belajar serta berinovasi. Terima kasih!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar