Skip to main content

7 Cara Mengatasi Kecanduan Hp (Handphone) Pada Anak dan Orang Dewasa

Cara Mengatasi Kecanduan Handphone

Hidupcu - Di zaman yang seperti sekarang ini semuanya sudah semakin canggih. Perkembangan teknologi yang ada sudah semakin pesat. Dan kini masyarakat sudah semakin modern saja.

Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan hanya melalui telepon genggam atau smarthphone. Misalnya membaca berita, video call, memantau lokasi sekitar, dan sebagainya. Intinya hanya dengan smarthphone kita bisa melakukan banyak hal.

Namun tahukah Anda bahwa dibalik manfaat penggunaan smarthphone ternyata ada juga sisi negatifnya. Yaitu mengakibatkan kecanduan. Kita jadi malas untuk bepergian dan melakukan pekerjaan karena adanya smarthphone.

Pokoknya selalu ada keinginan untuk membuka smathphone. Bahkan kalau dihitung-hitung dalam sehari itu sebagian besar waktu kita dialokasikan untuk asyik dengan smarthphone.

Untuk jangka panjangnya saya pikir itu bisa menimbulkan masalah. Dan salah satu masalahnya adalah mata jadi rabun karena terlalu sering menatap layar smartphone. 

Maka dari itu kita harus berupaya bagaimana caranya agar kita tak kecanduan dengan smarthphone itu sendiri.

Terus bagaimana cara mengatasi ketergantungan ponsel atau smarthphone?

Cara Mengatasi Kecanduan Hp


Berikut ini saya akan berbagi tips bagaimana cara agar kira tak kecanduan dengan ponsel atau smarthphone.


1. Ganti Tampilan Smarthphone ke Grayscale


Alasan penggantian tampilan disini punya alasan tersendiri. Pasalnya otak kita cenderung akan lebih cepat merespon warna merah. Warna ini seringkali dikaitkan dengan peringatan awas, bahaya, dan cepat tanggap.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa jika ikon aplikasi sosial media kita ada tanda pemberitahuan yang berwarna merah (bullet) maka tentu saja tangan kita akan gatal untuk segera membukanya.

Apalagi saat ini tampilan layar smartphone semakin hari kian jernih. Duh semakin bikin mata jadi betah lama-lama menatapnya.

Nah, karena itulah saya menyarankan kamu untuk mengganti warna tampilan handphone-mu jadi grayscale atau hitam putih. Untuk beberapa smartphone ada yang telah menyediakan fitur ini. Jadi tinggal dicari saja di bagian menu pengaturan.

Dan untuk smartphone yang tidak ada fitur ini, jangan berkecil hati. Karena kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Kalau tidak salah nama aplikasinya CF. Lumen

Baca Juga : Fakta Tentang "The Cobra Effect" Atau Efek Kobra Dalam Kehidupan Sehari-hari


2. Bakar kapalnya


menghapus sosial media


Hahaha kok jadi bakar kapal. Yah inilah istilah yang bisa kamu jadikan jawaban atas kecanduanmu bermain ponsel.

Jadi ceritanya begini. Pada tahun 1519 ada seorang kapten kapal yang bernama Herman Cortes menjejakkan kakinya di Veracrusz.

Karena tekadnya untuk menguasai tanah tersebut, maka ia menyuruh awak kapalnya untuk membakar kapal tersebut. Itu dilakukan agar mereka tak punya lagi jalan lain selain terus maju. Pilihan mereka hanya dua, menang atau mati!

Apabila kamu memang serius ingin menghilangkan kebiasaan main gadget maka saya sarankan untuk langsung bakar kapal. Eh dalam hal ini saya tidak menyuruh membakar ponsel kalian yah.

Tetapi yang dibakar disini adalah aplikasi sosial media dan gamenya. Jadi kamu bisa menghapus semua aplikasi sosial media dan game yang sering membuatmu asik dengan gadget.

Alasan mengapa kamu masih saja gagal dalam menghilangkannya adalah karena kamu masih menyimpan pemicunya. Memang sih saat tekadmu kuat kamu masih sanggup untuk menahan diri.

Namun apa jadinya kalau tekadmu mengendur? Karena sejatinya tekad manusia itu seringkali naik turun.

Saat tekad mengendur dan kamu berkeinginan untuk mencobanya sebentar maka saya yakin kamu akan menghabiskan waktu hampir setengah jam untuk berleha-leha di sosial media.

Jadi saya sarankan ketika tekad itu mulai mengendur, pokoknya jangan beri ia jalan keluar sedikitpun. Karena bila kamu memberinya jalan keluar, saya yakin kebiasaan itu akan selalu muncul. Yang paling penting BAKAR KAPALNYA!

Baca Juga : Ini Cara Bagaimana Membuat Waktumu Jadi Lebih Produktif dan Tak Terbuang Percuma


3. Ciptakan Kebiasaan Produktif


Semua aplikasi dan game yang sering menggodamu mungkin telah kamu hapus. Terus apa selanjutnya? Nah sekarang mulailah untuk menciptakan kebiasaan yang produktif.

Kalau biasanya kamu suka baca-baca status atau story orang di sosial media. Maka sekarang kamu bisa mengalihkan kebiasaan itu dengan sering membaca buku.

Atau jika kamu punya hobi lainnya, kamu bisa menyalurkannya pada hobi tersebut. Baik itu berupa hobi menggambar, menulis, sepak bola, renang, atau bermain musik.

Baca Juga : Ternyata Ini Faktanya Mengapa Kursi Bioskop Warnanya Merah?


4. Gunakan Timer


Gunakan Timer

Apabila kamu merasa bahwa dirimu tak bisa berhenti bermain gadget. Maka tindakan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membatasinya.

Mungkin beberapa orang dari kamu adalah mereka yang menjalankan bisnis olshop, humas perusahaan, ataukah seorang influencer. Jadi penggunaan sosial media sudah jadi suatu keharusan untuk menghasilkan uang.

Namun coba deh kamu tanya sama dirimu sendiri. Mana yang lebih banyak. Mencari uangnya atau mainnya?

Jadi untuk mengurangi kebiasaan main gadget, kamu bisa menggunakan timer. Aturlah berapa lama waktu yang bisa kamu gunakan. Apakah itu 10 menit, 15 menit, atau bahkan 1 jam. Intinya gunakanlah waktumu sebaik mungkin.

Saat timer yang sudah kamu atur itu sudah habis. Maka kamu harus berkomitmen untuk berhenti menggunakan hp.

Kamu bisa melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Tetapi tidak menggunakan hp. Misalnya mencari ide untuk caption atau merekap data penjualan.


5. Kurangi Notifikasi


Rata-rata setiap pengguna smarthphone setidaknya memiliki minimal 10 aplikasi dalam ponselnya. Nah kebanyakan dari aplikasi itu mungkin akan memberikan notifikasi bila ada pemberitahuan terkait aplikasi. Biasanya saat notifikasi muncul akan membuat ponsel kita bunyi dan lampunya berkedip.

Walaupun notifikasinya dianggap tidak penting. Namun tetap saja bikin orang jadi penasaran. Dan jika sudah penasaran tentunya kita ingin segera memeriksa. Dan ujung-ujungnya habislah waktu kita selama satu jam di sosial media.

Jadi saya anjurkan untuk mengurangi notifikasi pada aplikasi. Kamu bisa membuka menu pengaturan dan mengubah setelannya untuk tidak menampilkan notifikasi. Kalau notifikasi berkurang setidaknya bisa bikin hati jadi lebih tenang.

Baca Juga : 9 Trik Kreatif Untuk Mengatasi Masalah Kehidupan Sehari-hari


6. Hindari Mengecek Jam Di Smarthphone


Hindari Mengecek Jam Di Smarthphone

Salah satu penyebab mengapa orang sering kecanduan gadget adalah terlalu sering mengecek jam di gadget.

Misalnya kamus sedang asik menulis dan belajar eh pas tiba-tiba penasaran mau tau jam berapa. Dan akhirnya kamu mencoba mengintip layar hp. Eh ternyata sudah jam 10. Ada notifikasi masuk! Cek sebentar.

Dan bwerrrr......

Hampir satu jam terlewatkan begitu saja hanya gara-gara ingin melihat jam. Kamu tentu pernah mengalaminya bukan? Jika iya maka saya sarankan untuk membeli jam saja. kalau mau lihat jam yah di jam beneran aja sekalian, jangan di hp!


7. Jauhkan Gadget Saat Bekerja


Salah satu penyebab mengapa orang sulit fokus saat bekerja adalah gadget. Terutama jika lampu notifikasi berkedip. Kita kadang jadi penasaran. Itu dari siapa sih? Apa isinya? Dan gara-gara itu pekerjaan kita jadi tertunda.

Bagi kamu yang memang pecandu gadget. Saat melihat gadget telentang saja mungkin akan muncul keinginan dari dalam dirimu untuk mengeceknya.

Maka sebisa mungkin jauhkan ia dari penglihatanmu. Kamu bisa memasukkannya ke tas atau bahkan menyembunyikannya di greenland hehehe.

Baca Juga : 10 Fakta Psikologi yang Bisa Kamu Tahu Hanya dengan Mengamati Chat dan Status Seseorang di Sosmed


Penutup


Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi kecanduan ponsel. Semoga dengan membaca postingan ini kamu bisa jadi lebih menyadari bahwa ketergantungan akan ponsel itu tidak baik dan saya berharap kamu bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kecanduanmu akan ponsel.

Bila ada yang ingin kamu tanyakan terkait postingan ini, maka kolom komentar tersedia selalu untuk kamu gunakan. Terima Kasih!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar