Skip to main content

Fakta Introvert : Hal yang Sering Ditolak Oleh Orang Introvert Untuk Melakukannya

Hal yang Sering Ditolak Oleh Orang Introvert Untuk Melakukannya

Hidupcu - Apakah kamu seorang introvert? Jika iya, pastinya kamu pernah menolak sesuatu yang sama sekali tidak ingin kamu lakukan. Sebenarnya bukan hanya kamu saja. Tetapi sebagian besar kaum introvert di luar sana juga tak ingin dan bahkan menolak untuk melakukannya.

Beberapa hal tersebut mungkin pernah kamu lihat pada orang-orang di sekitarmu. Baik itu teman, pacar, tetangga, atau bahkan guru atau dosen dikampusmu.

Yah, nanti tinggal kamu saja yang menilai. Setelah membaca artikel ini sampai akhir, saya yakin kamu bisa dengan mudah mengidentifikasinya.

Penasaran hal-hal apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang sering ditolak para kaum introvert untuk melakukannya.


1. Video Call


Video Call

Video call umumnya dilakukan oleh mereka yang hubungannya sangat dekat. Biasanya sih sahabat karib atau dengan pacar. Yah video call adalah cara komunikasi yang sifatnya paling intim dibandingkan cara komunikasi yang lain.

Video call bisa membuat kita berkomunikasi seakan-akan orang yang kita ajak bicara ada di depan kita karena memungkinkan untuk saling bertatap muka.

Meskipun itu sifatnya tak nyata, namun kita seperti sedang berbicara langsung.
Selain pada orang terdekat, video call juga biasa dilakukan karena adanya kepentingan mendesak yang mengharuskan kita untuk melakukannya.

Misalnya wawancara kerja online, memandu orang untuk melakukan sesuatu, atau kepentingan-kepentingan lainnya.

Namun untuk orang introvert sendiri video call adalah hal yang sangat jarang dilakukan karena bisa menguras energinya dengan cepat. Kecuali jika yang minta video call itu pacarnya yah mungkin lain lagi ceritanya.

Jadi bila dalam pergaulan ada temanmu yang tidak ingin ber-video call denganmu maka jangan heran. Mungkin sudah dari kepribadiannya seperti itu, apalagi bila ia adalah seorang introvert. Bahkan tak menutup kemungkinan kamu juga seperti itu. Hehehe...ngaku yah?

Baca Juga : Alasan Kenapa Sikap Seseorang Terkadang Berbeda Saat di Chat, Video Call, dan Ketemuan


2. Telepon


Hampir sama dengan video call, orang introvert juga terkadang menghindari yang namanya telepon yang tidak penting. Apalagi jika ia merasa bahwa telepon tersebut tak menguntungkan baginya. Biasanya ia hanya me-reject atau pura-pura tidak mendengar dering handphonenya.

Saya sendiri pernah dibuat emosi gara-gara orang yang seperti ini. Dan orang itu kebetulan adalah dosen saya dan saat itu saya ingin konsultasi tentang masalah tugas. Ia sangat sulit dihubungi. Entah itu karena ia memang sibuk atau memang pura-pura sibuk.

Bahkan saya telepon sampai 18 kali tak juga diangkat. Eh pas diangkat dianya malah marah-marah karena ditelepon terus. Padahal ia sendiri yang bilang ke saya kalau jam sekian nanti minta ditelepon.

Tapi jujur sih saya juga orang intovert yang sikapnya seperti itu. Malas terima panggilan kalau saya tidak butuh. Biasanya kalau ada orang yang nelpon pura-pura tidak dengar baru beberapa menit kemudian saya chat dia di WA baru tanya alasan ia menelepon kenapa.

Saya pribadi sih lebih memilih chat dengan orang lain daripada langsung nelpon. Yah seperti itulah introvert.


3. Pesta dan Acara Hura-hura


Pesta dan Acara Hura-hura

Salah satu hal yang ada pada introvert adalah tidak suka berlama-lama dikeramaian. Seperti yang dijelaskan pada artikel saya tentang Alasan Kenapa Suasana Ramai Bisa Membuat Orang Introvert Energinya Tersedot Habis?  bahwasanya energi seorang introvert cenderung akan cepat habis bila berada di keramaian.

Itu karena otak orang introvert cenderung lebih banyak memproses informasi yang ada di sekitar. Jadi semakin banyak orang yang ada disekitarnya maka semakin cepat pulalah energinya terkuras.

Namun lain halnya bila pesta yang diadakan itu kebanyakan yang hadir adalah sahabat karibnya yang juga berkepribadian introvert.

Biasanya ia akan sangat menikmati pesta tersebut karena tidak ada ekstrovert yang terlalu banyak bicara dan mengganggu ketenangan mereka.

Maka dari itu, kebanyakan orang introvert sering mencari-cari celah agar tak ikut dalam suatu acara atau pesta yang kebanyakan tamunya adalah orang kepribadian introvert. Apalagi jika pesta yang dilakukan itu untuk waktu yang lama.

Namun bukan berarti orang introvert tak suka pesta dan acara hura-hura. Mereka juga suka pesta asalkan energinya terisi full saat mengikuti pesta tersebut. Orang introvert juga bisa jadi orang mengasyikkan kok saat energinya full.

Jadi jangan men-judge orang introvert buruk terus. Hanya saja untuk pesta yang kurun waktunya lama ia butuh jeda untuk mengisi kembali energinya.


4. Acara Dadakan


Hal yang terkadang dibenci oleh orang introvert adalah acara dadakan. Yah acara seperti ini sering membuat para introvert tak siap untuk melakukannya.

Pasalnya seperti yang kita tahu bahwa orang introvert itu sangat cepat kehabisan energi bila berada di keramaian dan butuh waktu sejenak untuk sendirian guna mengisi energinya kembali. Ibaratnya seperti baterai yang perlu dicas bila sedang kekurangan daya.

Nah, apa jadinya bila energi yang ada tinggal 15% dan saat itu juga ada acara dadakan. Tentunya orang introvert ini tak mau ikut serta. Toh energinya tinggal sedikit pake acara dadakan pula. Bisa habis nanti energinya.

Tetapi jika ia merasa energinya penuh, kemungkinan besar ia akan ikut. Mungkin ia jadi orang yang paling bersemangat mengadakan acara tersebut. Jadi apabila kamu ingin membuat acara dengan temanmu yang seorang introvert, ada baiknya jika kamu rencanakan terlebih dahulu.

Baca Juga : Kamu Introvert? Ayo Cek 21 Ciri Ciri Orang Introvert Berikut Ini


5. Acara Menginap


Acara Menginap

Seperti yang kita ketahui bahwa orang introvert itu butuh waktu sendirian untuk mengisi energinya. Ketika acara yang diikuti itu sampai malam dan pake acara menginap segal tentu akan membuat pengisian energi si introvert ini akan kurang maksimal.

Baik itu ada orang yang menginap di tempatnya atau ia sendiri yang menginap di tempat lain. pokoknya pengisian energi tidak akan optimal bila ia tak tidur sendirian dikamarnya.

Jadi jangan heran bila ada temanmu yang kurang senang saat kamu menginap di tempatnya. Bukan karena ia membencimu. Tetapi karena memang ia butuh waktu untuk sendiri.

Bila kamu hendak membuat acara yang dalam kurun waktu yang lama. Setidaknya beri ia jeda untuk menyendiri untuk mengisi ulang energinya. Karena jika tidak, ia nantinya akan kelihatan tidak senang dan tak menikmati acaranya.

Baca Juga : 7 Hal Menarik dan Menyenangkan yang Biasa Dilakukan Para Introvert


Penutup


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang hal apa saja yang sering ditolak oleh introvert untuk melakukannya.

Semoga apa yang saya jelaskan ini bisa bermanfaat bagi Anda khususnya dalam memahami perilaku introvert. Sebab kadang banyak orang yang salah paham dengan perilaku orang introvert. Terima Kasih!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar