Skip to main content

6 Hal yang Wajib Kamu Hindari Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Hal yang Wajib Kamu Hindari Saat Menjadi Mahasiswa Baru
Sumber : housing.gmu.edu

Hidupcu
- Ketika sudah tamat SMA maka selanjutnya kamu akan memasuki jenjang yang baru yaitu jenjang perkuliahan. Masa ini sangat jauh berbeda dari masa SMA-mu dulu.

Setidaknya ada beberapa hal yang tidak boleh kalian lakukan sebagai mahasiswa baru dikampus. Karena jika melakukannya salah-salah kamu akan  dapat masalah besar yang tidak pernah kamu duga sebelumnya.

Maka dari itu kamu harus selalu waspada dan memerhatikan beberapa hal agar tak terjerumus dalam permasalahan yang bisa menyulitkanmu nantinya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari atau bahkan tidak boleh dilakukan oleh mahasiswa baru :


1. Jangan mau diajak ke gunung untuk camping dalam rangka mempererat solidaritas antara senior dan junior.


jangan ikut camping
Sumber : mixmag.net

Ini adalah hal yang paling utama yang wajib kamu hindari sebagai maba. Pasalnya dalam acara ini yang akan kalian rasakan bukannya camping sambil bersenang-senang. Tetapi lebih kepada penyiksaan ospek.

Nanti kamu akan disuruh untuk melakukan hal-hal yang konyol dan menyiksa fisik. Bila kamu punya riwayat penyakit tertentu maka sangat tidak dianjurkan untuk mengikuti kegiatan seperti ini.

Biasanya senior akan memprovokasi mahasiswa bahwa yang tidak ikut dianggap tidak memiliki rasa solidaritas dan egois karena tidak mau kenal dengan para seniornya. Jangan terpengaruh dulu, ini adalah akal bulus senior untuk mengerjai para juniornya.

Baca Juga : Tamparan Keras Untuk Mahasiswa Jaman Now Yang Masih Kuliah


2. Hindari Membolos atau Jarang Masuk Kampus


hindari bolos kampus
Sumber : chapman.edu

Di perkuliahan memang enak karena kita tidak harus menggunakan seragam untuk datang ke kampus. Beda sama masa SMA dulu. Asyik bukan? Kamu bisa masuk kuliah atau tidak sesuka hatimu.

Namun yang harus kamu tahu adalah jika kamu jarang masuk kuliah maka bisa-bisa kamu jadi mahasiswa abad yang tidak lulus dan wisuda-wisuda. Kamu nantinya akan terus berurusan dengan dosen ribet mengejar mata kuliah yang eror karena jarang mengikuti perkuliahannya.

Kalau kamu masih dalam status maba saya sarankan sebisa mungkin untuk menghindari bolos kuliah. Karena itu akan menyusahkan dirimu sendiri nantinya.


3. Jangan Sampai Menghilangkan Buku yang Kamu Pinjam di Perpustakaan


jangan hilangkan buku perpustakaan
Sumber : canberra.edu.au

Bagi kamu yang suka pinjam buku di perpus, usahakan untuk menjaganya baik-baik dan jangan sampai hilang. Karena jika hilang kamu akan disuruh menggantinya.

Begitu pula untuk barang lainnya seperti peralatan di laboratorium. Jika ada yang kamu rusak atau pecahkan maka kamu wajib menggantinya.

Dalam hal ini kalau bisa kamu harus cepat menggantinya karena jika dibiarkan berlarut-larut bisa jadi masalah besar. Ada seorang teman saya loh yang gagal wisuda karena masih punya hutang dengan pihak kampus.

Jadi apabila kamu punya hutang, usahakan untuk segera melunasinya agar tidak kerepotan nantinya saat mau wisuda.

Baca Juga  : 8 Masalah Mental Yang Sering Menyerang Mahasiswa


4. Hindari Egomu Sendiri


Hindari Egomu Sendiri
Sumber : guff.com

Dalam hal perkuliahan juga kamu harus menghindari egomu. Misalkan dosen bilang bahwa ia akan menggeser jadwal kuliah jam sekian maka kamu jangan sampai tidak datang karen berbagai alasan.

‘Ah dosennya egois banget geser jadwal seenak jidatnya, nggak usah datanglah!”. Jangan seperti itu yah. Lebih baik kamu menuruti keinginan dosenmu untuk pindah jadwal.

Karena jika tidak mengikuti perkuliahan justru kamu sendiri yang rugi. Sudah bayar mahal untuk masuk universitas eh malah nggak ikut pekuliahannya.

Kalau dosen nggak masuk mah dia nggak rugi karena gajinya tetap ngalir. Lah kamu yang mahasiswa, apalagi yang masih maba akan sangat rugi jika tidak ikut perkuliahan.


5. Hindari Ikut Terlalu Jauh Dalam Organisasi-organisasi Kampus


Hindari Ikut Terlalu Jauh Dalam Organisasi-organisasi Kampus
Sumber : umass.edu

Bagi kamu yang masih maba sebaiknya berhati-hati dalam memilih organisasi yang ingin kamu ikut. Ini karena jangan sampai organisasi yang kamu masuki nantinya tidak membuatmu berkembang.

Melainkan hanya menjadikanmu budak yang disuruh-suruh oleh seniormu untuk melakukan hal yang tak masuk akal.

Selain itu, kalau bisa jangan ikut terlalu jauh dalam organisasi. Pasalnya dengan ikut terlalu jauh maka kamu nantinya akan cenderung menggunakan waktumu untuk ikut berpartisipasi didalamnya.

Dan akibatnya adalah kuliahmu akan terganggu karena terlalu sibuk mengurus organisasi. Namun bukan berarti kamu tidak boleh ikut organisasi yah. Kamu boleh saja mengikuti organisasi. Tetapi dengan catatan kamu harus bisa membagi waktumu antara kuliah dan organisasi.

Baca Juga : Ide Bisnis Gila dengan Modal Dibawah 40 Ribu yang Cocok Banget Untuk Mahasiswa

6. Hindari terlalu dekat dengan Senior yang toxic


Hindari terlalu dekat dengan Senior yang toxic
Sumber : telegraph.co.uk

Yah dalam dunia kampus memang selalu ada senior yang bisa dijadikan panutan. Namun tak semua senior di kampus itu bisa dijadikan panutan. Ada juga senior yang toxic atau mengajak juniornya ke arah yang salah seperti dirinya.

Bisanya senior tipe toxic ini akan memprovokasimu melakukan hal-hal yang tidak baik. Seperti kurang ajar dengan dosen, ikut tawuran, merusak fasilitas kampus, dan sejenisnya.

Kurangi intensitas bergaulmu dengan senior tipe seperti itu karena bukannya membawamu ke arah kebaikan justru ia ingin menjerumuskanmu.

Pilihlah senior yang berprestasi dan memiliki perilaku positif. Dengan begitu kamu bisa belajar banyak dari dia dan mungkin bisa kamu jadikan tempat menanyakan tugas kuliah yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan.

Baca Juga : Bagaimana Karakteristik Orang-orang Toxic (Beracun) ?


Penutup


Itulah sedikit penjelasan dan tips bagi kamu yang masih maba tentang apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh mahasiswa baru. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kamu selaku pembaca.

Terima kasih karena berkunjung ke blog saya hari ini dan jangan lupa untuk share jika kamu merasa bahwa artikel ini bermanfaat. Dan saya pun tak menolak jika kamu mau berkomentar di kolom komentar postingan ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar