Skip to main content

7 Dugaan Alasan Seseorang Tidak Berani Menatap Lawan Bicaranya

Alasan Seseorang Tidak Berani Menatap Lawan Bicara

Hidupcu - Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kamu pernah bertemu dengan seseorang yang tidak berani menatap lawan bicara. Bahkan jika lawan bicaranya itu adalah kamu. Tak jarang ini membuat kita sebagai lawan bicaranya merasa tersinggung. Apakah ada yang salah sama kita? atau bagaimana? Intinya kita dibuat penasaran dari tingkahnya itu.

Saya pribadi juga kadang merasa heran. Ada apa sih? Kok dia tidak mau menatap mata saya selaku lawan bicaranya.

Kadang saya juga bepikir bahwa ia sedang marah dengan saya. Namun ternyata tidak. Saya terlalu ke-Geer-an karena berpikir begitu karena ternyata ia bersikap seperti itu hampir kepada setiap orang yang ia temui.

Terlepas dari masalah tersebut. Saya menyimpulkan bahwa setidaknya ada 6 alasan yang menyebabkan seseorang tidak mau menatap mata kita. Yaitu sebagai berikut :

 Alasan Seseorang Tidak Berani Menatap Lawan Bicara


1. Adanya Rasa Malu


Adanya Rasa Malu

Alasan pertama mengapa seseorang tak mau menatap lawan bicaranya adalah karena merasa malu dengan orang tersebut. Entah apa penyebabnya itu bisa bervariasi.

Bisa karena dirinya sedang jatuh cinta pada lawan bicara, menyukai lawan bicaranya, atau mungkin karena memang ia adalah sosok yang berkepribadian pemalu.

Orang yang punya sifat pemalu tentu akan pikir dua kali jika ingin menatap mata seseorang. Apalagi dengan mereka yang jelas-jelas belum akrab dengannya.


2. Mengalami Sakit Mata


Alasan lainnya adalah karena mengalami sakit mata. Yah orang yang mengalami penyakit ini cenderung tidak mau memperlihatkan matanya.

Alasannya karena supaya lawan bicara tak menjauh dan agar lawan bicara tak tertular penyakit tersebut.

Solusi terbaik jika mengalami sakit mata adalah dengan menggunakan kaca mata hitam saat hendak bepergian atau berbicara dengan orang lain.

Namun lebih disarankan untuk tidak keluar rumah agar proses penyembuhannya lebih cepat dan mengurangi resiko tertular ke orang lain.

Baca Juga : 15 Ciri-Ciri Orang yang Suka Sama Kita Tapi Gengsi dan Cuek Mengungkapkan


3. Kurang Percaya Diri


Kurang Percaya Diri

Salah satu alasan dibalik tidak beraninya menatap mata lawan bicara adalah karean merasa kurang percaya diri. Ini bisa disebabkan karena adanya kecacatan fisik pada bagian mata atau sekitarnya.

Misalnya seperti mata yang terlalu sipit, juling, terlalu lebar, atau ada masalah dengan alis. Intinya ia berusaha menutupi segala kekurangan yang dimilikinya.

Maka dari itu, jika kamu menemukan orang yang seperti ini maka usahakan untuk mengacuhkan apa yang ia lakukan dan bila perlu alihkan pembicaraan ke topik yang lebih menarik.


4. Berbohong


Alasan lain mengapa seseorang takut menatap lawan bicara adalah karena takut diketahui bahwa ia sedang berbohong. Sebab kadang kita bisa tahu seseorang itu berbohong atau tidak dari matanya.

Biasanya ini terjadi pada pembicaraan antara atasan dan bawahan.

Pada dasarnya seseorang yang berbohong akan cenderung membuang muka atau memalingkan pandangannya karena takut ketahuan.

Salah satu ciri yang bisa kamu jadikan acuan bahwa ia sedang berbohong atau tidak adalah dari tatapan matanya. Jika saat berbicara bola matanya menghadap ke kiri atas maka bisa dipastikan bahwa ia sedang berbohong.

Baca Juga : 10 Fakta Psikologi yang Bisa Kamu Tahu Hanya dengan Mengamati Chat dan Status Seseorang di Sosmed


5. Merasa Bosan


Merasa Bosan

 Merasa bosan dengan lawan bicara bisa jadi suatu alasan mengapa ia tidak berani menatap matamu saat sedang berbicara. Jika memang seperti itu maka itu adalah pertanda bahwa ia ingin buru-buru menyudahi pembicaraan denganmu.

Atau mungkin juga ia sudah bosan dengan topik yang yang kamu bahas terus-menerus. Jadi kamu bisa mencoba untuk mengganti topik pembicaraan. Siapa tahu dia bisa lebih tertarik dengan topik pembicaraan yang lain.

Karena merasa bosan, ia mungkin akan mengalihkan pandangannya ke ponselnya karena orang yang menjadi lawan bicaranya membosankan.


6. Tidak Menyukai Lawan Bicara


Jika lawan bicaramu tak mau menatap matamu. Itu juga bisa jadi tanda bahwa ia tak menyukaimu.

Entah itu dari cara bicaramu maupun perilakumu.

Ini juga kebanyakan terjadi pada percakapan antara atasan dan bawahan. Jika seorang atasan yang tidak disukai sedang berbicara.

Biasanya bawahan akan menunduk atau mengalihkan pandangannya dari orang yang tak disukai. Jadi jika kamu jadi atasan tentu hal ini akan sangat tidak mengenakkan.

Baca Juga : 8 Cara Sederhana Menjadi Pribadi Yang Menarik Dalam Pergaulan


7. Karena Ajaran Agama


Karena Ajaran Agama

Pada beberapa ajaran agama, ada yang mengajarkan untuk tidak menatap mata seseorang. Salah satunya ajaran dalam agama Islam.

Dalam ajaran Islam haram hukumnya bertatapan mata antara lawan jenis yang bukan muhrimnya. Jadi hanya bertatapan mata saja bisa dianggap berdosan.

Jadi jangan heran kalau ada wanita yang sama sekali tak menatap matamu saat berbicara dengannya. Bukan berarti ia sombong. Bisa jadi karena ia sangat taat dengan ajaran agama yang dianutnya.

Baca Juga : Macam-macam dan Hukuman Bagi Pelaku Zina


Penutup


Itulah sedikit penjelasan dari dugaan mengapa seseorang tidak berani menatap lawan bicaranya.

Semoga dengan membaca postingan ini kamu bisa semakin memahami bahwa orang yang tidak menatap matamu saat sedang berbicara tidak selamanya karena ia membencimu.

Tetapi karena ada alasan lainnya seperti yang disebutkan di atas. Terima kasih karena telah membaca postingan ini dan sampai bertemu kembali di artikel yang lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar