Skip to main content

Punya Teman Nyebelin, Begini Cara Menasihati Seseorang Tanpa Menjatuhkan Harga Dirinya

Begini Cara Menasihati Seseorang Tanpa Menjatuhkan Harga Dirinya

Hidupcu - Pernahkah kamu ingin menasihati seseorang namun agak segan karena takut membuat orang tersebut tersinggung.

Jika iya maka saya katakan kamu sangat beruntung sekali karena menemukan artikel ini. Saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya. Maka dari itu, usahakan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Baiklah kita kembali ke topik.

Metode menasihati tanpa menjatuhkan ini disebut metode kritik ala Sandwich. Metode ini memberikan kritik secara konstruktif tetapi diawali dengan mengakui kelebihan-kelebihan melalui pujian yang objektif pada seseorang terlebih dahulu.

Baru kemudian menyampaikan kritik dalam bahasa yang wajar. Dan pada akhirnya diberi penutup yang berisi sugesti positif bahwa orang tersebut akan bisa mengerahkan seluruh energi positifnya untuk tujuan yang lebih baik.

Istilah kritik ala Sandwich ini pertama kali dikemukakan oleh seorang psikolog Yeti Widiati. Ia mengambil istilah Sandwich karena cara penyampaian kritik yang harus diawali dan diakhiri dengan kalimat yang baik dan lembut. Hampir seperti Sandwich jika diperhatikan.


kritik sandwich

Kritik ibarat isiannya dan kedua roti adalah bahasa-bahasa lembut yang digunakan untuk menghindari perasaan tersinggung pada orang yang dinasihati.

Contohnya sebagai berikut :

Roti = pujian objektif

Kamu adalah pemuda yang energik, penuh rasa ingin tahu dan mau mencoba berbagai hal.


Isi = kritik yang ingin disampaikan

Terkadang kamu bertindak terlalu reaktif dan kurang pertimbangan. Dan akibatnya pengambilan keputusan yang kamu lakukan jadi prematur dan membuat orang lain merasa tak nyaman.


Roti = Sugesti positif

Namun saya yakin bahwa kamu bisa memperbaikinya. Karena kamu adalah tipe orang yang senang belajar hal baru dan terbuka dalam menerima masukan.

Itu hanya salah satu contoh dari masalah yang mungkin pernah kamu temui. Kamu bisa coba mengaplikasikan metode ini pada berbagai permasalahan dalam hidupmu.

Bila kamu telah mahir mempraktikkannya, saya yakin hidupmu akan jauh lebih baik karena kamu tak takut lagi menyakiti hati orang lain karena mengkritiknya.

Baca Juga :



Metode mengkritik seperti ini dianggap sangat efektif karena membuat seseorang tetap merasa dihargai usahanya meskipun ada beberapa hal yang harus dikoreksi. Jadi, jika suatu saat kamu ingin mengkritik orang lain tanpa menyakiti hatinya. Ingatlah Sandwich ya....


Penutup


Terima kasih sudah mau membaca artikel ini. Saya berharap dengan membaca artikel ini, kamu bisa belajar dan mengimplementasikan bagaimana cara mengkritik yang baik.

Jika ada yang ingin kamu sampaikan atau tambahkan dalam artikel ini, silakan curahkan komentarmu di bawah ini. Salam Hidupcu!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar