Skip to main content

Kiamat Hari Jumat, Bagaimana Dengan Tempat Lain yang Mungkin Saat Itu Sedang Tidak Hari Jumat?

Kiamat Hari Jumat, Bagaimana Dengan Tempat Lain yang Mungkin Saat Itu Bukan Hari Jumat?

Hidupcu - Dalam hal ini saya akan memberikan jawaban dari sudut pandang keilmuan. Dari sekian banyaknya teori tentang kiamat, setidaknya ada satu yang sepertinya bisa menjawab pertanyaan tersebut.


Matahari Kehabisan Hidrogen


Matahari Kehabisan Hidrogen

Dijelaskan bahwa pada saat terjadinya kiamat, Matahari akan kehabisan hidrogen dan akhirnya ia akan membakar unsur inti fusi yang mengakibatkan ukurannya membesar sampai 100 kali lipat dari ukuran semula. Dengan ukuran yang semakin besar, maka cahaya yang ia keluarkan pun akan jauh lebih terang.

Tidak hanya sampai disitu. Merkurius dan Venus akan dilahap habis oleh Matahari dan menjadikan Bumi sebagai planet terdekatnya.

Sampai sini kamu mungkin sudah bisa membayangkan seperti apa keadaan bumi saat itu? Dengan kondisi Matahari yang begitu besar dan benderang dengan jarak yang begitu dekat. Tentu sebagian besar bagian dari Bumi akan terkenal cahaya panas dari matahari.

Efek dari kejadian tersebut adalah sebagian besar waktu di Bumi tidak akan dipengaruhi lagi oleh rotasi.

Hanya sebagian besar ya, bukan berarti keseluruhan. Jadi bagian yang tidak terkena cahaya Matahari ini akan mengalami 24 jam yang berbeda.

Jadi  disini kita berbicara tentang waktu siang dan malam yang sama di seluruh wilayah yang ada di Bumi. Sehingga perspektif dalam hal sains sudah sama dengan skenario kiamat dalam perspektif Al-qur’an. Yaitu semua tempat akan jadi hari Jum’at pada saat terjadi kiamat.

Baca Juga : TERBONGKAR!!! Misteri Kemampuan Telekinesis Manusia


Matahari yang Terbit Di Sebelah Barat


Ok kita singgung sedikit tentang dalam hal sains terkait fakta “Matahari yang terbit di sebelah barat” pada saat terjadi kiamat.

Dalam dunia sains sudah diberikan penjelasan bahwa akan ada waktu dimana kekuatan magnetik Bumi akan melemah dan membuatnya berotasi pada arah yang berbeda. Jadi karena itulah matahari akan terbit di sebelah barat.

Berbaliknya arah rotasi ini juga menyebabkan beberapa wilayah yang ada di Bumi akan mengalami perbedaan suhu ekstrim dan jadi tak layak untuk ditempati.

Baca Juga : 24 Tanda-Tanda Hari Kiamat yang Sudah Muncul (Sugra) dan Kubra


Kesimpulan



Jadi kesimpulan jawaban untuk pertanyaan “Jika kiamat terjadi pada hari jumat, bukankah ketika dia terjadi pada hari jumat di sebuah tempat, masih ada tempat lain yang masih hari kamis atau hari sabtu? Atau bagaimana?”adalah sebagai berikut :

1. Sebagian besar daerah di Bumi akan terkena pancaran matahari yang kuat dan membuat terjadi perubahan waktu pada daerah tertentu.

2. Sebagian besar wilayah di Bumi tidak layak untuk ditempati. Sehingga orang-orang akan pindah tempat tinggal ke daerah yang layak untuk ditempati.

3. Bila dihubungkan dengan perspektif Al-Qur’an bahwa pada hari kiamat seluruh aktivitas galaksi akan berhenti, maka bumi juga akan berhenti berotasi dan berevolusi. Akibatnya, bumi akan berada dalam waktu yang sama.


Penutup


Demikianlah sedikit penjelasan dari saya tentang kiamat yang terjadi pada hari jum’at sementara tempat lain belum tentu hari jum’at. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kamu pembaca setia hidupcu.

Terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin disampaikan atau ditambahkan dalam postingan ini. Salam hidupcu!

Baca Juga : 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Masing-masing Dalam Islam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar