Skip to main content

Solusi : Bagaimana Cara Agar Kamu Bisa Percaya Diri Saat Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Bagaimana Cara Agar Kamu Bisa Percaya Diri Saat Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Hidupcu - Dalam lingkungan pergaulan, terkadang kita kurang percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Apalagi jika kita berbicara di hadapan orang banyak. Duh, bikin grogi dan takut ditertawakan kalau nanti salah ucap.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami masalah seperti itu, tidak usah khawatir lagi. Karena di postingan ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin percaya diri saat berkomunikasi di hadapan orang lain adalah sebagai berikut :


1. Perbaiki Postur Tubuh Anda


Perbaiki Postur Tubuh Anda

Saat kamu berbicara dengan seseorang, upayakan untuk berdiri tegal dan badanmu terbuka lebar. Karena dengan begitu maka akan semakin banyak ruang yang bisa kamu gunakan. Dan juga akan membuat perasaanmu jadi lebih baik.

Dada agak dibusungkan ke depan dan perut dimasukkan. Kira-kira persis seperti di militer. Tapi yang kita bahas di sini bukan latihan militer yah.


2. Bersikap Lebih Terbuka


Sebisa mungkin upayakan untuk bersikap lebih terbuka. Sebab sikap keterbukaan ini menandakan keamanan dan kenyamanan bagi orang lain dan bagi dirimu sendiri.

Usahakan untuk menghindari memasukkan tangan ke saku dan usahakan lenganmu terbuka serta kaki dipisah.

Baca Juga : Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)


3. Berkomunikasi dalam Situasi yang Menakutkan


Tips selanjutnya adalah berkomunikasi dalam kondisi di mana kamu benar-benar merasa grogi. Misalnya dengan sering berbicara di hadapan orang-orang besar, berbicara pada acara penting, dan pada kondisi-kondisi lainnya yang kamu pikir itu adalah situasi yang sangat menegangkan.

Bila kamu sering melakukannya, saya yakin kamu akan dengan mudahnya berbicara dan menghadapi percakapan normal.


4. Temukan Sumber Kepercayaan Dirimu


Temukan Sumber Kepercayaan Dirimu

Poin selanjutnya adalah menemukan apa yang jadi pembangkit kepercayaan dirimu. Pada umumnya kepercayaan diri seseorang akan tinggi membicarakan apa yang ia kuasai.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kepercayaan diri, kamu haris jadi master dalam hobimu. Kalau kamu suka mendesain gambar maka jadilah expert dalam bidang tersebut.

Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik. Kamu tidak akan ragu lagi bahwa apa yang kamu sampaikan itu salah. Toh kamu mungkin sudah jauh lebih menguasai daripada orang lain.

Kepercayaan diri juga bisa terbangun karena keharmonisan hubungan rumah tangga. Jadi sebisa mungkin luangkan banyak waktu berkualitasmu bersama keluarga sehingga kamu bisa lebih percaya diri dalam menjalani hidup.

Baca Juga : 7 Trik Jago Berbicara di Depan Umum yang Digunakan Para Ahli


5. Biarkan Perutmu yang Bicara


Tips berikutnya adalah dengan membiarkan perut yang berbicara. Dalam hal ini bukan berarti makan yah. Tapi lebih mengarah ke suara perut. Pada poin ini menitikberatkan pada berbicara dengan menggunakan suara dari perut, bukan tenggorokan.

Untuk melatih teknik ini, cobalah untuk menjangkau ujung ruang perutmu dengan bersuara tanpa menaikkan volume.

Untuk mendeteksi apakah suara yang kamu gunakan saat berbicara berasal dari perut atau tidak, kamu bisa memeriksa dada dan tenggorokanmu saat berbicara.

Bila ada getaran saat kamu berbicara. Itu tandanya kamu berbicara dengan tidak menggunakan suara dari perut.


6. Tersenyum


Tersenyum

Tips yang terakhir adalah selalu tersenyum saat berbicara dengan orang lain. karena dengan tersenyum maka orang lain akan merasa senang dan nyaman saat berbicara denganmu.

Jadi biasakan untuk selalu tersenyum setiap hari. Selain bisa membawa energi positif bagi dirimu, tersenyum juga bisa membuatmu jadi lebih awet muda dan disenangi banyak orang.

Tetapi jangan sampai kamu senyum-senyum sendiri meskipun tidak ada orang ya, takutnya nanti kamu dikira orang gila lagi....hehehe.

Baca Juga : Inilah 8 Skill Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan di Masa Depan


Penutup


Itulah beberapa tips bagaimana cara agar kamu bisa lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

Saya berharap setelah kamu membaca postingan ini, kamu bisa jadi lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

Bila ada yang ingin kamu sampaikan atau koreksi dari postingan ini, silahkan menuangkannya pada kolom komentar. Terima kasih karena telah meluangkan waktu membaca postingan ini, dan salam hidupcu!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar