Skip to main content

Bagaimana Mengubah Sesuatu yang Menyebalkan Menjadi Sesuatu yang Membahagiakan?


Hidupcu-Setiap orang pastinya pernah marah dan sebal karena menghadapi suatu masalah, baik itu masalah eksternal maupun masalah internal pada diri sendiri.

Masalah yang cukup sulit untuk diselesaikan adalah masalah eksternal karena segala sesuatu yang ada di lingkungan kita ada yang bisa dikendalikan dan ada juga yang tidak.

Terus apa yang harus dilakukan? Apakah kita hanya bisa berdiam diri menatap masalah yang ada? Yah tidak seperti begitu juga.

Bagi kamu yang seringkali mengalami masalah ini, maka saya ucapkan selamat karena masalahmu akan segera terpecahkan setelah membaca postingan ini sampai akhir.

Sebenarnya ada trik rahasia yang bisa kamu gunakan untuk mengubah sesuatu yang menyebalkan dalam hidupmu menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Makna menyebalkan disini bisa juga berarti :
  • Menjengkelkan
  • Memuakkan
  • Membosankan
  • Menyakitkan
  • Dan sebagainya.

Makna menyenangkan disini bisa juga diartikan :
  • Menyemangati
  • Membangun
  • Memotivasi
  • Membahagiakan
  • Dan sebagainya
Setelah kamu memahami makna kedua kata di atas maka selanjutnya kita akan kembali ke topik utama. Yaitu bagaimana merubah sesuatu yang menyebalkan menjadi menyenangkan.

Pertama-tama pikirkan apa hal yang kira-kira menyebalkan bagimu.

Misalnya kamu punya tetangga menyebalkan yang berisik dan suka main gitar sambil menyanyikan lagu dengan lirik yang salah. Kamu sangat terganggu karenanya.

Disini kita akan merubah permasalahan tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan. Bagaimana caranya? Rahasianya hanya ada 3, yakni :
  • Ubah sensasinya
  • Ubah emosinya
  • Ubah sudut pandangnya
Dari masalah tersebut kamu bisa mengubah sensasi, emosi dan sudut pandangmu jadi lebih baik. Yaitu dengan mengatakan pada dirimu sendiri bahwa ia adalah orang yang stres bekerja seharian dan hanya itulah hiburan yang ia punya.

Sekali-kali ikutlah bernyanyi bersamanya agar kamu bisa merasakan keseruan yang dirasakannya. Anggap apa yang ia katakan seperti angin lalu yang hanya lewat begitu saja.

Baca Juga  :


Hal yang sama juga dilakukan oleh Tonny Robbins dalam acara seminarnya.


Tempat seminar berlangsung kebetulan sangat dekat dengan rel kereta api. Tentu saja itu akan membuat jengkel para audiens yang mendengarkan.

Saat seminar sedang seru-serunya berlangsung, eh tiba-tiba ada kereta api lewat dan membuat suara berisik yang membuat audiensi marah, kesal, dan jengkel.

Hanya dalam jeda beberapa menit, hal itu terus berulang dan terulang.

Disinilah Tonny Robbins mulai menerapkan trik rahasia tadi, yaitu mengubah sensasi, emosi, dan cara pandangnya.

Dengan cerdasnya ia memerintahkan para audiensnya untuk bertepuk tangan dan berseru gembira dengan mengucapkan “Horeee” saat kereta melintas.


Saat kereta melintas lagi, Tonny melakukan hal yang sama dan audiens pun mengikuti apa yang diperintahkan Tonny. Berseru dan bertepuk tangan!

Kira-kira hampir seperti menghibur anak kecil.

Namun ajaibnya, karena hal itu audiens tak lagi merespons kedatangan kereta dengan sensasi yang menjengkelkan. Tetapi justru kedatangan kereta itu dianggap sebagai suatu hiburan.

Jadi kesimpulannya adalah :

Kamu mungkin tak bisa menghentikan jalannya kereta api atau jadwal kereta yang memang seharusnya melintas.

Tetapi kamu bisa merubah dirimu, sudut pandangmu, sensasimu, dan emosimu dalam menerima keadaan kereta tersebut.

Tak peduli mau sekeras apapun kamu mencaci, memaki, menangis, meronta, atau melakukan hal bodoh lainnya, pokoknya kereta akan tetap melintas dan mengeluarkan suara berisiknya.

Namun berbeda jika kamu merespons kereta itu dengan bersuka ria. Itulah alasan mengapa ada anak kecil yang tertawa bahagia melihat kereta yang melintas, dan ada juga orang dewasa yang begitu cemberut menunggu kereta selesai melintas.

Mungkin sejenak kamu berpikir bahwa mungkin orang dewasa itu sedang ditunggu oleh seseorang, terburu-buru ke tempat kerja, sedang sakit gigi, galau, atau masalah lainnya.

Dari situ, beberapa pertanyaan muncul.

Apakah dengan cemberut bisa mengubah sesuatu menjadi lebih baik ?

Mengubah seseorang yang sedang menunggunya menjadi tidak menunggu?

Mengubah jarak ke tempat kerjanya menjadi lebih dekat?

Menyembuhkan sakit giginya?

Menyembuhkan galaunya?

Atau paling tidak menyelesaikan permasalahan yang ia alami?

Tentu saja TIDAK. Bukannya memperbaiki, justru cemberut hanya akan memperburuk situasi yang ada.

Sekarang kamu paham kan bahwa tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang bisa membuatmu bersedih, jengkel, marah, benci, sebal, kesal, dan respon negatif lainnya kecuali dirimu sendirilah yang membuatnya.

Baca Juga :


Penutup

Demikianlah artikel tentang bagaimana membuat sesuatu yang menjengkelkan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Setelah membaca artikel ini saya harap kamu bisa lebih mengendalikan emosimu lebih dari sebelumnya. Dan semoga hidupmu bisa jadi lebih berbahagia dan penuh makna. Terim kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar