Skip to main content

Jawaban : Mengapa Negara Kita Perlu Kerja Sama dengan Negara Lain?

Mengapa Negara Kita Perlu Kerja Sama dengan Negara Lain

Hidupcu - Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kamu pernah bertanya-tanya tentang mengapa negara kita perlu kerja sama dengan negara lain. Pertanyaan ini mungkin hanya muncul tiba-tiba di benakmu atau mungkin juga karena ada tugas sekolah yang berkaitan dengan pertanyaan mengapa negara kita perlu kerja sama dengan negara lain.

Beberapa pertanyaan dan jawaban di bawah ini saya buat dengan selengkap-lengkapnya. Jadi pastinya tidak akan mengecewakanmu deh. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan inti yang akan saya jawab.

  1. Sebutkan Alasan Suatu Negara Mengadakan Kerja Sama dengan Negara Lain
  2. Mengapa Suatu Negara Menjalin Hubungan dengan Negara Lain?
  3. Mengapa Negara Indonesia Perlu Melakukan Pergaulan dengan Negara Lain
  4. Sebutkan 2 Dampak Positif Hubungan Kerjasama Indonesia dengan Negara Lain
  5. Sebutkan Dua Dampak Positif Hubungan Kerjasama Indonesia dengan Negara Lain
  6. Perlukah Negara Kita Melakukan Kerjasama dengan Negara Lain?

Sebutkan Alasan Suatu Negara Mengadakan Kerja Sama dengan Negara Lain

Karena pada dasarnya tiap negara itu tidak bisa maju hanya dengan kemampuannya sendiri. Tiap negara butuh bantuan dari negara lain.

Sebab ia tak mungkin mampu memenuhi semua kebutuhannya sendiri tanpa campur tangan negara lain. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa suatu negara perlu bekerja sama dengan negara lain.
  1. Ada produk/jasa yang lebih menguntungkan jika diimpor daripada diproduksi di dalam negeri
  2. Untuk memasarkan produksi dari dalam negeri (ekspor)
  3. Sebagai bagian dari komunitas dunia, Indonesia perlu menjalin persahabatan dengan negara lain
  4. Untuk menjaga stabilitas kawasan, meningkatkan hubungan ekonomi
  5. Untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri
  6. Memperluas lapangan kerja
  7. Meningkatkan produktivitas dalam negeri
  8. Meningkatkan pendapatan negara
  9. Menciptakan perdamaian dunia
Baca Juga : Hubungan Internasional Jika Dilihat Dari Sifat dan Subjeknya

Mengapa Suatu Negara Menjalin Hubungan dengan Negara Lain?


Mengapa Suatu Negara Menjalin Hubungan dengan Negara Lain

Beberapa penyebab mengapa suatu negara menjalin hubungan dengan negara lain yaitu :

1. Ada negara yang punya sumber saya alam yang melimpah.

Manusia atau negara manapun itu tentu membutuhkan negara lain. Sebab tiap negara itu punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Misalnya saja Indonesia, punya kekayaan alam yang melimpah. Apapun kekayaan alam yang dibutuhkan, semuanya telah tersedia. Namun Indonesia sendiri masih kurang dalam hal sumber daya manusia dan teknologi.

2. Ada negara yang punya sumber daya manusia yang begitu berkualitas.

Alasan kedua yaitu karena adanya negara yang punya sumber daya manusia yang berkualitas, pekerja keras, pantang menyerah, dan penuh motivasi untuk maju.

Misalnya Jepang. Jepang punya teknologi dan sumber daya manusia yang memadai, namun miskin sumber daya alam. Maka dari itu, akan sangat menguntungkan kedua belah pihak jika Indonesia dan Jepang mau bekerja sama.

3. Ada negara yang punya teknologi canggih dan peralatan militer yang banyak

Negara yang masuk dalam kategori ini adalah Amerika Serikat dan Rusia. Negara ini bisa bekerja sama dengan negara lain yang tak punya teknologi canggih.

Tentunya dengan berkontribusi dalam memberikan bantuan teknis maupun melatih negara-negara yang masih tertinggal teknologinya.

4. Ada negara yang kaya akan seni dan budaya tradisional 

Negara Indonesia sendiri termasuk negara yang punya kekayaan seni dan budaya tradisional. Bayangkan saja ada banyak kekayaan seni budaya di Indonesia.

Seperti tari Saman dari Aceh, tari Kecak dari Bali, Jaipongan dari Sunda, tari Piring dari Sumatera Barat, dan seterusnya. Tentunya budaya yang sangat khas di Indonesia ini laku dijual ke beberapa negara yang sangat miskin budaya daerah seperti Rusia.


Mengapa Negara Indonesia Perlu Melakukan Pergaulan dengan Negara Lain

Alasan bangsa Indonesia harus bekerjasama dengan bangsa lain karena :

1. Melakukan pertukaran teknologi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah suatu negara yang kaya akan sumber daya alam dari Sabang sampai Merauke.

Namun Indonesia tak memiliki sumber daya manusia dan teknologi yang baik. Jadi Indonesia perlu melakukan kerja sama agar ada yang mendukungnya dari segi sumber daya manusia dan teknologi.

2. Saling Membantu

Dengan melakukan kerja sama dengan negara lain, maka kita bisa membangun koneksi dengan negara tersebut.

Sehingga apabila negara kita mengalami suatu bencana besar yang mampu menghancurkan daerah-daerah. Maka negara lain yang jadi partner negara kita akan bersedia membantu dan memberikan sumbangsih.

3. Menjaga Perdamaian dan Ketertiban Dunia

Seperti yang dicantumkan dalam UUD 1945 alinea keempat, Indonesia adalah sebuah negara yang akan membatu dan turut berperan aktif dalam menjaga perdamaian dan ketertiban dunia. Dimana Indonesia sendiri adalah bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa.

4. Meningkatkan perekonomian dan faktor lainnya

Dengan melakukan kerja sama dengan negara lain maka diharapkan bisa memberikan keuntungan dalam sektor yang paling strategis, yaitu perekonomian.

Kegiatan impor dan ekspor akan terus dilakukan bagi negara yang bekerja sama. Indonesia tentunya akan memiliki banyak keuntungan bila melakukan ekspor ke negara lain.

Baca Juga : Apa Saran Kalian Agar Pembangunan Ekonomi Indonesia Bisa Cepat


Sebutkan 2 Dampak Positif Hubungan Kerjasama Indonesia dengan Negara Lain

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa suatu negara tak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain.

Maka berikut ini adalah beberapa dampak positif hubungan kerja sama Indonesia dengan negara lain. Namun topik yang dibahas disini adalah berkaitan dengan olahraga atau atlet.

1. Regenerasi Atlet

Tak adanya program regenerasi atlet yang baik akan membuat prestasi atlet-atlet kita jadi menurun. Baik itu karena kualitasnya maupun karena umur yang sudah tua.

Nah, jika tak ada pengganti yang kualitasnya setara maka sudah jelas bahwa prestasi negara kita akan menurun. Dengan adanya kerjasama antara Indonesia dengan negara lain diharapkan bisa sama-sama mencetak atlet yang baik dan berkualitas.

2. Kesejahteraan Atlet

Kesejahteraan atlet adalah sesuatu yang sangat penting bagi prestasi negara. Kesejahteraan juga bisa jadi pemancing minat para atlet dan orang-orang berbakat agar mau menjadi atlet. Siapapun itu tentunya tak akan mau jadi atlet jika masa depan atlet itu tak terjamin atau suram.

Kerja sama antara Indonesia dan negara lain diharapkan bisa mewujudkan kesejahteraan atlet dengan mempelajari bagaimana sistem di luar negeri.

3. Sponsor

Dengan bekerjasamanya Indonesia dengan negara lain, peluang untuk mendapatkan sponsor jadi lebih besar. Mengingat jumlah sponsor di Indonesia cukup terbatas.

Baca Juga : Negara Qatar, Negara Dimana Hidupmu Akan Terasa Nyaman Saat Tinggal Disana


Sebutkan Dua Dampak Positif Hubungan Kerjasama Indonesia dengan Negara Lain


Sebutkan Dua Dampak Positif Hubungan Kerjasama Indonesia dengan Negara Lain

pada poin yang sebelumnya mengacu pada topik olahraga. Nah pada poin ini saya akan memberikan dua dampak positif hubungan kerjasama Indonesia dengan negara lain. Secara Ringkas yaitu sebagai berikut :
  1. Menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain 
  2. Menjaga perdamaian dan ketertiban dunia
Baca Juga : Hubungan Internasional Antara Indonesia dengan Negara Lain (China, Singapura, Malaysia, Vietnam, Rusia, dan Jepang)

Perlukah Negara Kita Melakukan Kerjasama dengan Negara Lain?

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, maka sudah jelas bahwa negara kita perlu melakukan kerjasama dengan negara lain. Tentu ini atas pertimbangan banyaknya keuntungan yang bisa kita peroleh.

Dengan bekerjasama dengan negara lain maka akan tercipta persatuan dan kesatuan, menjalin hubungan antar negara, menghindari konflik antar negara, dan tentunya negara kita akan damai, aman, dan tenteram.

Sebab pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, begitu pula dengan negara. Ia tak dapat memenuhi kebutuhan rakyat dari negaranya sendiri. Ia juga membutuhkan bantuan dari negara lain.

Meskipun ia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, tetapi itu tidak bisa menjamin untuk bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar