Skip to main content

Teknik Produktivitas 5 Menit dari Ivy Lee, Praktekkan dan Kamu Akan Tercengang Karenanya

Hidupcu- Siapapun itu tentu menginginkan hidupnya bisa produktif dan memiliki masa depan yang gemilang. Namun yang kadang jadi masalah adalah bagaimana memanajemen diri agar bisa lebih produktif.

Nah, bagi kamu yang ingin hidup dan waktumu lebih produktif tidak usah bingung. Karena dalam postingan ini saya akan membagikan suatu teknik produktivitas yang akan membuat hidupmu jadi lebih baik.

Berbicara tentang produktivitas, maka ada satu tokoh yang cukup terkenal. Ia adalah Ivy Lee, orang yang telah menciptakan teknik produktivitas paling efektif dalam sejarah umat manusia.

ivy lee

Jadi kisahnya kurang lebih seperti ini. Pada tahun 1918, Charles M. Schwab yang merupakan salah satu orang terkaya Amerika Serikat dan juga penggila efisiensi pernah bertanya kepada Ivy Lee tentang bagaimana cara agar membuat karyawannya bisa lebih produktif.

Ivy Lee kemudian meminta waktu 15 menit untuk dipertemukan dengan semua bawahan Schwab. Schwab berjanji akan membayar Lee dengan jumlah yang menurutnya pantas setelah 3 bulan.

Singkatnya dalam 15 menit interaksi tersebut, Ivy Lee memetakan suatu cara sederhana. Yaitu sebagai berikut :

  1. Tulis enam hal penting yang Anda rasa perlu untuk diselesaikan. Hindari menulis lebih dari enam.
  2. Buatlah prioritas dari keenam hal tersebut berdasarkan tingkat kepentingannya.
  3. Konsentrasilah hanya pada tugas pertama. Kerjakan tugas pertama hingga selesai sebelum berpindah ke tugas berikutnya.
  4. Lakukan hal yang sama untuk berikutnya. Bila hari sudah hampir berlalu dan masih ada tugas yang belum sempat terselesaikan, pindahkan tugas tersebut ke hari berikutnya.
  5. Ulangi proses ini setiap pagi dihari kerja

Dan coba tebak seperti apa hasilnya? Terjadi peningkatan yang bertahap. Terjadi peningkatan yang sangat mencengangkan selama 3 bulan. Sesuai janjinya, Schwab memberi cek untuk Ivy Lee sebesar $25,000 yang kira-kira nilainya hampir $450,000 di zaman sekarang.

Baca Juga :


Kalau dengan mempraktekkannya bisa membuat bawahan Schwab membuat kemajuan yang mencengangkan, mengapa kita tidak menerapkannya juga dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menerapkan teknik ini juga hanya butuh waktu 5 menit saja.

 Jadi mulai dari sekarang coba terapkan teknik ini. Setiap pagi sebelum kamu memegang smarthphone, duduklah dalam keheningan. Pikirkan 6 tugas penting yang ingin kamu capai dihari itu yang kira-kira butuh waktu lebih dari 10 menit untuk dilakukan.

Beri jeda satu jam untuk tiap tugas tersebut. Rencanakan semuanya dengan baik untuk memastikan bahwa tugas penting lainnya tidak mengganggu.

Kemudian mulailah kerjakan tugas pertamamu. Jangan berpindah ke tugas berikutnya jika tugas pertamamu belum selesai selama satu jam.

Misalkan pada tugas pertama kamu harus membaca buku. Beri jeda satu jam. Tugas berikutnya bisa berupa tugas penting di tempat kerja. Untuk jeda berikutnya kamu bisa melakukan hal apapun yang menarik bagimu selama satu jam.

Catatan : Mustahil untuk melakukan pekerjaan tanpa terganggu kecuali kamu tahu cara bilang tidak secara efektif.

Lakukan metode ini selama 5 menit setiap pagi dan kamu akan tercengang dengan perubahan yang terjadi.


Dengan menerapkan metode ini akan membuat peningkatan yang signifikan terhadap hidupmu. Kira-kira 1% untuk tiap harinya. Keren bukan? Kamu bisa meningkatkan hampir 4x dalam dirimu hanya dengan menghabiskan waktu 5 menit setiap pagi.

Kalaupun kamu tak bisa melakukannya 5 menit setiap pagi, kamu bisa menerapkannya 5 menit di malam hari untuk merencanakan 6 targetmu di hari esok.

Jadi bisa kamu bayangkan saja sendiri seperti apa hidupmu dengan menerapkan metode ini dalam waktu satu tahun atau lebih. 

Baca Juga :


Penutup

Itulah penjelasan tentang teknik Ivy Lee yang akan membuat hidupmu jadi lebih produktif. Semoga postingan saya ini bisa bermanfaat bagi kamu sekalian selaku pembaca.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman terdekatmu agar ia juga bisa membuat hidupnya jadi lebih produktif. Terima kasih dan salam hidupcu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar