Skip to main content

Jenuh Dengan Pekerjaan yang Anda Jalani Sekarang? Ini Cara Mengatasinya!

Jenuh Dengan Pekerjaan yang Anda Jalani Sekarang

Hidupcu - Jenuh dengan pekerjaan yang sudah Anda jalani sekarang? Hmm saya pikir ini adalah masalah yang hampir dirasakan kebanyakan orang. Sudah menjadi suatu hal yang biasa bila dalam melakukan pekerjaan sehari-hari terkadang membuat pikiran kita jenuh.

Terlebih lagi jika tugas yang kita punya itu banyak, menumpuk, dan juga waktu deadline-nya mepet. Sehingga membuat waktu santai kita jadi terpotong habis. Pasti pikiran akan sangat stres dibuatnya.
Jika kamu mengalaminya maka tidak usah terlalu diambil pusing.

Sebab semua orang yang bekerja juga merasakan hal yang demikian. Rasa jenuh dalam menjalani pekerjaan adalah sesuatu yang wajar.

Menghadapi masalah seperti itu, kamu tak usah terlalu banyak mengeluh. Jalani saja apa adanya. Tidak perlu sampai mengambil keputusan untuk resign hanya karena jenuh dalam bekerja.

Tahukah kamu bahwasanya rasa jenuh itu ternyata bisa ditangani dengan mudah. Bila kamu bingung dan tak tahu seperti apa caranya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kejenuhan dan bosan di tempat kerja.

1. Luangkan waktu sejenak untuk rehat


solusi bosan kerja

Terkadang terlalu fokus dalam pekerjaan membuatmu jadi lupa waktu. Lama kelamaan ini tidak baik bagimu loh. Karena bila kamu memaksakan otakmu terus menerus untuk bekerja meskipun pikiranmu sedang jenuh, dampaknya tingkat produktivitasmu akan menurun.

Saya anjurkan, bila kamu mulai merasa lelah sebaiknya luangkan waktumu untuk beristirahat sejenak. Tak harus lama-lama, cukup minimal 30 menit saja. pergilah ke luar ruangan, duduk di taman dan hirup udara segar yang ada di sekitarmu.

2. Cari tahu penyebab kejenuhanmu

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada sebabnya. Begitu juga dengan rasa jenuh. Jadi tugas kamu adalah mencari apa pemicu dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Jika penyebab kejenuhan itu adalah pekerjaanmu yang terlalu banyak, tugas menumpuk, waktu deadline yang terlalu mepet, rekan kerja yang nyebelin, gaji yang tak sesuai ekspektasi, suasana kantor yang kurang kondusif, atau hal lainnya.

Ketika kamu tahu apa pemicu rasa jenuhmu, maka kamu bisa menemukan solusinya dengan lebih cepat dan mudah.

Contohnya saat kamu merasa pekerjaanmu begitu berat, cobalah untuk berkonsultasi dengan managermu. Mungkin saja ia mau membantu untuk mengatasi permasalahan yang sedang kamu alami.

Baca Juga :


3. Lakukan sesuatu yang menyenangkan saat bekerja


cara mengatasi bosan di tempat kerja

Cara efektif untuk menghilangkan rasa jenuh adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Contohnya seperti bekerja sambil mendengarkan musik atau bisa juga sambil ngemil.

Bila pekerjaan yang kamu lakukan tidak terlalu menyibukkan, kamu bisa menyelinginya dengan bermain game atau sekedar nonton film. Tetapi bila kamu merasa bahwa aktivitas tersebut bisa mengganggu konsentrasimu, maka sebaiknya tidak usah dilakukan.

Ini juga tergantung dari kebiasaanmu. Bila memang kamu suka bekerja sendiri dan hanya fokus pada tugas saja, maka lakukanlah seperti itu. Intinya buat dirimu merasa senyaman mungkin saat bekerja.


4. Ciptakan suasana baru dengan mendekorasi tempat kerjamu

Percaya atau tidak, suasana kerja yang itu-itu saja dalam rentang waktu yang lama bisa menimbulkan rasa jenuh. Maka dari itu akan sangat menyenangkan bila kamu sesekali mendekorasi tempat kerjamu.

Misalnya kamu adalah seorang pegawai yang bekerja di suatu perusahaan. Maka cobalah untuk mendekorasi meja kerjamu.

Rapikan dan bersihkan barang-barang yang ada di meja kerjamu. Kamu juga bisa meletakkan beberapa hiasan untuk mempercantik tampilannya. Misalkan dengan menambahkan pot bunga, bingkai foto, atau benda lainnya yang menurutmu unik dan indah.

Bila tempat kerjamu sudah kelihatan lebih menarik, saya jamin mood-mu untuk bekerja juga akan lebih baik dan produktivitasmu akan lebih meningkat.

5. Cobalah untuk berpikir positif

Jenuh kerja di pabrik? Eh bentar dulu, ini tipsnya. Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan saat bekerja adalah dengan berpikir positif. Hadapilah pekerjaanmu dengan santuy, anggap sebagai suatu kesenangan. Jangan menganggapnya sebagai beban.

Karena bagaimanapun juga kamu harus tetap bersyukur atas posisi yang kamu duduki saat ini. masih banyak orang di luar sana yang masih menginginkan posisimu. Mungkin mereka saat ini masih menganggur dan belum juga dapat pekerjaan.

Jadi pahami hal tersebut baik-baik. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu adalah termasuk orang yang beruntung. Dengan begitu kamu tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaanmu.

Baca Juga :


6. Manfaatkan waktu weekend-mu untuk bersantai


jenuh kerja di pabrik

Memanfaatkan waktumu untuk lembur memang bukanlah suatu masalah yang berarti. Tetapi mungkin pikiran kamu akan terasa jenuh. Belum lagi pikiranmu yang capek dan lemas. Maka dari itu hindarilah kerja lembur. Jika memang tak mampu tidak usah memaksakan diri.

Solusi bosan kerja yang terbaik adalah dengan menggunakan waktu weekend-mu sebaik-baiknya. Ada baiknya bila kamu menggunakan waktu liburmu untuk bersantai, liburan, pergi ke tempat wisata, dan melakukan hal lain yang menyenangkan.

Atau jika kamu memang ingin di rumah, kamu bisa nonton film bersama pasangan atau sekedar menghabiskan waktu bersama anak-anak.

7. Saling sharing dengan kolega

Saat pikiranmu sudah terasa sangat jenuh dan penat karena pekerjaan, cobalah sesekali untuk mengobrol santai dengan kolega di kantor. Kamu bisa saling berbagi pengalaman satu sama lain. baik itu berbagi tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah di kantor atau hal lainnya.

Saling kumpul dan berbincang bersama teman-teman kerja itu penting. Karena selain melatih jiwa sosialisasimu, pikiranmu juga jadi lebih rileks. Ini jauh lebih baik daripada kamu hanya terus-terusan berada di layar monitor komputer saja.


8. Ingat tujuan dan rencana masa depanmu

Metode selanjutnya dalam menghilangkan kejenuhan dalam bekerja adalah dengan mengingat apa tujuan utamamu. Ingat apa alasan mengapa kamu mau bekerja. Apa visi misimu yang ingin kamu capai?

Ingat kembali apa tujuanmu bekerja. Apakah karena ingin membeli rumah? Menghajikan orang tua? Mau nabung untuk menikah? Atau hal lainnya yang kira-kira bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat.

Jadi poin utamanya adalah ingatlah kembali apa tujuan utamamu. Dengan begitu maka kamu akan termotivasi kembali untuk bekerja.

9. Jangan menganggap pekerjaan sebagai bebas, tetapi nikmatilah


bagaimana cuti bisa menghilangkan jenuh

Bila kamu hanya bekerja atas dasar kewajiban dan tanpa didasari hati yang ikhlas maka itu akan berpengaruh pada semangatmu dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Seakan-akan pekerjaan tersebut hanya jadi beban yang harus kamu tanggung. Tentu saja rasa seperti itu tidak baik jika dibiarkan.

Maka dari itu, jangan anggap pekerjaanmu sebagai beban, karena jika begitu kamu akan mudah mengalami stres. Begitu pula sebaliknya. Bila kamu melakukan pekerjaan dengan rasa santuy, dijamin rasa penatmu juga akan terminimalisir.

Apapun permasalahan yang muncul dalam pekerjaanmu, hadapi saja dengan santai. Baik itu masalah tugas yang menumpuk, teman kantor yang rese, atau hal lainnya yang membuatmu merasa tak nyaman.

Anggap semua hal itu adalah bagian yang harus kamu capai untuk meraih kesuksesan. Karena sukses itu tak bisa dicapai tanpa adanya pengorbanan yang dilakukan.

10. Istirahat yang cukup

Cara menghilangkan bosan di tempat kerja berikutnya yaitu dengan beristirahat yang cukup. Kebanyakan orang terkadang tidak menjaga tidur malamnya. Dan akibatnya produktivitasnya jadi menurun.

Maka dari itu sebisa mungkin hindarilah begadang jika memang tidak ada sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Kebiasaan begadang akan berdampak buruk bagi kesehatanmu. Tubuhmu akan terasa lemas dan pikiran juga akan stres.

Tidur malam selama 5-8 jam saja sudah cukup untuk membuat pikiranmu jadi fresh kembali. Hindari tidur terlalu larut malam. Usahakan tidur di jam 10 atau jam 11. Intinya usahakan untuk tidur di bawah jam 12 malam.

Baca Juga :


11. Carilah pekerjaan yang sesuai passionmu


fase jenuh kerja

Bila memang kamu sudah benar-benar tak sanggup dengan beban pekerjaanmu sehari-hari, maka tak ada salahnya jika mempertimbangkan untuk resign.

Langkah ini bisa kamu ambil saat pekerjaanmu sudah benar-benar berat bagimu. Baik itu karena gaji yang tidak sesuai, lingkungan kerja yang kurang menyenangkan, atau karena memang pekerjaan yang kamu lakukan tidak sesuai passionmu.

Turuti apa yang hatimu katakan. Bila perlu mintalah pendapat keluarga. Saat niatmu sudah bulat untuk melakukannya. Maka jangan ragu untuk melakukannya. Yakinlah bahwa nantinya kamu akan mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Penutup

Jadi bisa disimpulkan bahwa cara terefektif dalam menghilangkan kejenuhan saat bekerja adalah dengan beristirahat. Saat pikiranmu jenuh, tidak usah kamu paksakan. Sebab itu tak akan membuatmu jadi lebih baik, justru merugikanmu.

Saran saya mulai dari sekarang, aturlah waktumu sebaik mungkin. Ingatlah bahwa kesehatan tubuh merupakan sesuatu yang juga harus diperhatikan, bukan hanya terus menerus mengutamakan pekerjaan. Salam Sukses!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar