Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gajinya Tinggi Banget

Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gaji Tinggi

Mungkin kebanyakan dari kamu berpendapat bahwa memilih jurusan kuliah yang sepi peminatnya itu adalah sesuatu yang salah. Kurangnya peminat bisa jadi tolak ukur bahwa memang jurusan tersebut prospek, kesempatan kerja, dan gajinya kurang baik di masa depan.

Memilih jurusan favorit yang banyak peminat sebenarnya bukanlah keputusan yang benar-benar tepat bagi sebagian orang. Ini karena tingkat persaingan di jurusan tersebut sangat ketat. Otomatis jumlah sainganmu juga akan banyak.

Bagi kamu yang memang suka bersaing dan punya kemampuan yang bisa diandalkan mungkin tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Yang jadi masalah adalah jika sebaliknya. Kamu tak bisa bersaing dan juga kemampuanmu masih meragukan.

Nah, maka jalan satu-satunya adalah dengan memilih jurusan kuliah yang sepi peminat namun gaji tinggi. Eh emangnya ada jurusan seperti itu? Bukannya jurusan yang sepi peminat itu adalah jurusan yang tidak berprospek baik dan gajinya rendah?

Tunggu dulu, asal kamu tahu saja bahwa ternyata ada kok jurusan kuliah yang sepi peminat tapi gaji tinggi. Memang sih peminatnya sedikit, namun gaji yang ditawarkan untuk lulusannya bisa dikatakan cukup tinggi.

Berikut ini adalah 8 jurusan sepi peminat tapi menawarkan gaji tinggi yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu.


Jurusan Sepi Peminat Tapi Gaji Tinggi

1. Jurusan Oseanografi


Jurusan Oseanografi

Jurusan ini bisa dikatakan sebagai salah satu cabang dari ilmu kelautan. Jurusan oseanografi dan jurusan ilmu kelautan sekilas mungkin terlihat sama. Namun ternyata keduanya sangat berbeda.
Kalau ilmu kelautan menekankan pada pembelajaran studi ilmiah, maka jurusan oseanografi lebih kepada eksplorasi dan kondisi fisik laut.

Jurusan oseanografi ini termasuk salah satu jurusan yang prospeknya bagus loh dimasa yang akan datang, apalagi negara tempat tinggal kita adalah negara maritim.

Asal kamu tahu saja, luas laut Indonesia adalah sekitar 62% dari luas teritorialnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut.

Kekayaan sumber daya pesisir dan laut Indonesia bisa jadi sumber devisa yang penting dan bermanfaat bagi pembangunan negara kita.

Maka dari itu dibutuhkanlah sumber daya manusia yang berkualitas, dalam hal ini lulusan jurusan oseanografi yang punya pengetahuan yang luas akan laut dan mampu berperan serta memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa dari sektor kelautan.

Untuk gaji fresh graduate lulusan jurusan oseanografi bisa mencapai Rp 10 juta loh. Jadi tidak ada lagi alasan bagimu untuk menolak masuk jurusan ini karena gaji lulusan yang ditawarkan sedikit.

2. Jurusan Teknik Biomedis


Jurusan Teknik Biomedis

Bila kamu memutuskan untuk mengambil jurusan ini maka kamu nantinya akan mempelajari bagaimana prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

Keunikan tersendiri dari lulusan jurusan ini adalah kamu akan diklaim mampu menjadi teknisi yang bisa memperbaiki alat-alat medis yang rusak. Menarik bukan!

Bisa dikatakan bahwa jurusan ini adalah perpaduan antara ilmu teknik dan ilmu medis.

Hal yang nantinya kamu pelajari dalam jurusan ini adalah tentang komputer, ilmu dasar elektronika, anatomi tubuh, ilmu fisika medis, ilmu faal, biomedical transduser, serta instrumentasi, desain sistem, dan proyek biomedical.

Memang sih materi kuliahnya lebih banyak dan cukup sulit dibandingkan belajar ilmu kedokteran, namun nggak usah ragu deh, soalnya apa yang kamu pelajari akan sangat worth it dengan prospek kerja dan besarnya gaji yang akan kamu terima nantinya.

Lulusan dari jurusan teknik biomedis ini akan memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang industri, kesehatan, dan bidang pendidikan yang menawarkan gaji tinggi.

Untuk Negara Amerika Serikat sendiri, seorang teknik biomedis digaji sebesar Rp 915 juta per bulannya.

Melihat pesatnya perkembangan bisnis di bidang kesehatan di Indonesia saat ini, tak menutup kemungkinan lulusan jurusan teknik biomedis akan digaji dengan nilai yang fantastis.

Baca Juga :


3. Jurusan Aktuaria


Jurusan Aktuaria
Sumber : idntimes.com

Mengingat pesatnya perkembangan bidang asuransi di Indonesia, maka sudah semestinya bila banyak perusahaan dan instansi terkait yang sangat membutuhkan ahli di bidang aktuaria.

Lulusan aktuaria diharapkan mampu menjalankan tugasnya dalam menghitung risiko dan biaya dari suatu perusahaan asuransi.

Pelajaran yang dipelajari dalam jurusan ini adalah ilmu matematika, manajemen bisnis, ilmu komputer, dan ilmu ekonomi.

Pihak Pemerintah Indonesia pun sudah menerapkan aturan yang mewajibkan tiap perusahaan untuk memiliki setidaknya satu aktuaria.

Saat ini hanya ada sedikit jumlah ahli atau lulusan jurusan aktuaria di Indonesia. Tentu ini adalah kesempatan besar bagi kamu yang mencari jurusan sepi peminat dan bergaji tinggi.

Bila saat ini kamu mengambil jurusan aktuaria, maka bisa diperkirakan setelah lulus nanti kamu akan jadi rebutan banyak perusahaan besar dengan gaji yang tak sedikit.

4. Jurusan Peternakan


Jurusan Peternakan

Bila kamu mengambil jurusan ini maka sebagian besar yang kamu pelajari adalah tentang peternakan, sesuai dengan nama jurusannya.

Yang kamu pelajari adalah tentang bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi canggih.

Jadi wajarlah kalau lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa jadi solusi dalam mengatasi krisis daging yang melanda Indonesia sekaligus meningkatkan kualitas ternak untuk diekspor ke luar negeri.

Lulusan dari jurusan peternakan bisa bekerja di bidang industri seperti Industri Pakan Ternak, Industri Produksi peternakan, industri pengolahan pangan asal ternak, industri obat hewan, maupun industri pengelolaan limbah.

Selain itu, kamu juga bisa berpeluang kerja di instansi pemerintahan seperti kementerian pertanian, kementerian koperasi, kementerian lingkungan hidup, kementerian perindustrian, dan masih banyak lagi.

Untuk fresh graduate sarjana jurusan peternakan ditawarkan gaji sekitar Rp 5 juta per bulannya. Dan tentu saja nominal tersebut akan ikut bertambah seiring dengan bertambahnya skill dan kemampuanmu.

5. Jurusan Batra (Obat Tradisional)


Jurusan Batra (Obat Tradisional)

Jurusan ini adalah jurusan yang sangat identik dengan pembuatan obat-obat tradisional. Yah tak beda jauh dari nama jurusannya.

Jurusan batra memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya dan bisa dikatakan menjanjikan. Lulus dari jurusan ini kamu akan dapat meracik berbagai ramuan herbal baru yang nantinya resep tersebut bisa kamu jual ke produsen atau perusahaan besar.

Selain itu, dengan terbelinya resep yang kamu buat nantinya kamu juga akan menerima royalti besar tiap bulannya dari para produsen. Tentu nilai yang ditawarkan padamu tidak bisa dibilang sedikit.

6. Jurusan Ilmu Kehutanan


Jurusan Ilmu Kehutanan

jurusan ilmu kehutanan adalah suatu jurusan yang didalamnya kamu akan belajar segala sesuatu tentang hutan. Baik itu ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan itu sendiri.

tak hanya fokus pada hasil hutannya, jurusan ini juga akan mengajarkan kamu bagaimana pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan alam.

Lulusan jurusan ilmu kehutanan berpeluang kerja di berbagai instansi pemerintahan seperti kementerian kehutanan, kementerian pendidikan, dan kementerian pertanian. Bahkan asal kamu tahu saja bahwa Presiden Joko Widodo juga adalah lulusan dari jurusan ilmu kehutanan.

Untuk sektor swasta, lulusan ilmu kehutanan bisa bekerja di industri kehutanan, bidang pemetaan hutan, industri perkayuan, serta badan-badan konservasi hutan.

Mengingat saat ini ada banyak kasus hutan gundul, tentu lulusan dari ilmu kehutanan sangat dibutuhkan dan akan ditawari gaji yang tidak sedikit.

Baca Juga :


7. Jurusan Ilmu Perpustakaan


Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak orang yang kadang masih menganggap remeh jurusan ini karena kerjanya dinilai cukup membosankan.

Namun sebenarnya jurusan ini adalah salah satu jurusan yang punya prospek kerja bagus di masa depan.

Bila kamu memutuskan untuk masuk jurusan ini maka kamu akan belajar tentang bagaimana cara pengumpulan, pengorganisasian, serta penyebaran suatu informasi yang ada di perpustakaan.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan nantinya bisa jadi tenaga ahli bagi segala jenis perpustakaan dan lembaga informasi yang ada, lembaga arsip, serta lembaga dokumentasi.

Umumnya tiap perusahaan pasti memiliki ruang khusus dokumen dan arsip. Jadi bisa kamu bayangkan bahwa tiap perusahaan sudah jelas butuh tenaga ahli di bidang perpustakaan ini.
Ini adalah hal yang menarik bagi kamu yang ingin cari peluang kerja yang saingannya sedikit.


8. Jurusan Astronomi


Jurusan Astronomi

Masuk jurusan astronomi adalah salah satu tantangan tersendiri bagi sebagian orang. ini karena dengan masuk jurusan ini maka kamu akan dituntut untuk mempelajari beberapa pelajaran sulit seperti ilmu matematika, fisika, dan astronomi itu sendiri.

Jurusan ini memiliki sedikit peminat karena banyak yang sudah mengundurkan diri dahulu karena takut dan tidak mampu menghadapi jurusan ini.

Padahal sebenarnya jurusan ini sangat seru loh. Lulus dari jurusan ini kamu akan berpeluang besar kerja di BMKG, LAPAN, dan bahkan NASA. Keren nggak tuh!

Gaji yang ditawarkan untuk staf pelindung NASA bisa mencapai Rp 2,7 milyar loh. Dan itu juga belum termasuk hitungan bonusnya.


Penutup

Demikianlah informasi terkait jurusan kuliah sepi peminat tapi gaji tinggi. Tinggal bagaimana kamu memilih yang terbaik dan sesuai keinginanmu.

Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya selama kamu tetap tekun dan giat berusaha, maka apa pun yang kamu kerjakan kamu akan tetap mendapatkan gaji yang tinggi kok. Salam hidupcu!

Posting Komentar untuk "8 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Gajinya Tinggi Banget"