Skip to main content

25 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS yang Wajib Kamu Tahu

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Hidupcu - Dalam memilih jurusan kuliah untuk anak IPS bukanlah suatu perkara yang mudah. Kamu tak boleh hanya langsung memilih jurusan tanpa melakukan analisis dan pertimbangan terlebih dahulu. Salah-salah nanti kamu justru akan disengsarakan karena memilih jurusan yang salah, terutama jurusan untuk anak IPS.

Bagi lulusan SMA yang memiliki latar belakang peminatan IPS akan sangat baik bila mengambil jurusan yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Namun yang kadang jadi permasalahan adalah kurangnya pemahaman para calon pendaftar di universitas ini tentang jurusan-jurusan apa saja yang berkaitan dengan minat mereka, yaitu IPS. Belum lagi saat ini telah hampir mendekati pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN.

Tapi jangan berkecil hati dulu yah, karena dalam postingan ini saya akan menjelaskan tentang jurusan-jurusan apa saja kah yang kiranya cocok dengan anak IPS. Berikut ini adalah jurusan-jurusan tersebut.

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

1. Jurusan Ilmu Komunikasi


Jurusan Ilmu Komunikasi
Sumber : pendidikanmaju.com

Jurusan yang pertama adalah jurusan ilmu komunikasi. Dalam jurusan ini kamu tak hanya diajarkan tentang cara berkomunikasi yang baik, tetapi juga kamu akan diajari pelajaran-pelajaran seru lainnya seperti menulis berita, publik speaking, fotografi, desain, animasi, membuat iklan, dan membuat film. Intinya jurusan ini punya pelajaran yang tak akan membuatmu cepat bosan.

Secara garis besar, dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang aspek-aspek komunikasi, entah itu secara teori maupun praktik. Jadi sangat cocok untuk kamu yang senang belajar komputer dan sosiologi.

Untuk prospek kerjanya, lulusan ilmu komunikasi berpotensi bekerja sebagai Manajer Layanan Sosial dan Komunitas, Public Relation, Jurnalis, serta Spesialis Hubungan Masyarakat.

2. Jurusan Hubungan Internasional (HI)


Jurusan Hubungan Internasional (HI)
Sumber : halokampus.com

Jurusan yang satu ini dinilai sebagai salah satu jurusan yang bergengsi. Dalam jurusan ini kamu akan belajar segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas interaksi lintas batas negara.

Misalnya seperti seni diplomasi, perdagangan luar negeri, hukum internasional, politik luar negeri, ekonomi internasional, dan globalisasi.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar pelajaran PPKN, Bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya.

Lulusan jurusan HI memiliki prospek kerja menjadi konsultan politik, diplomat, konsultan imigrasi, dan wartawan internasional.

Baca Juga :


3. Jurusan Psikologi


Jurusan Psikologi
Sumber : lifepal.co.id

Bila kamu memutuskan untuk mengambil jurusan ini maka kamu akan belajar tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia.

Yang diteliti dalam jurusan ini adalah tentang alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku dan tindakan manusia. Baik itu tentang persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka mata pelajaran sosiologi di SMA dan ingin mengembangkannya.

Sarjana psikologi akan berpeluang besar kerja sebagai psikolog konseling, psikolog klinis, psikolog organisasi industri, HRD, dan jadi terapis untuk anak, keluarga, serta urusan pernikahan.

4. Jurusan Administrasi Bisnis


Jurusan Administrasi Bisnis
Sumber : studyinrussia.ru

Jurusan ini biasa juga disebut sebagai jurusan Administrasi Niaga. Jurusan ini mempelajari tentang administrasi secara umum dan manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat untuk mendukung sebuah bisnis agar bisa berjalan lebih efisien.

Bagi kamu yang gemar pelajaran Teknik Informasi dan Komputer (TIK) dan ekonomi di SMA maka bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini.

Prospek kerja jurusan ini adalah kamu bisa jadi agen pembelian, administrasi, manajer produksi industri, dan sekretaris eksekutif.

5. Jurusan Administrasi Fiskal


Jurusan Administrasi Fiskal
Sumber : kinibisa.com

Jurusan yang satu ini fokus mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, khususnya dalam sektor pajak. Meliputi dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, pajak pertambahan nilai, pajak penghasilan, serta keuangan negara.

Jurusan ini sangat recomended untuk kamu yang suka pelajaran ekonomi di SMA. Untuk prospek kerjanya, kamu bisa berpeluang jadi pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, serta pegawai pajak.

6. Jurusan Ekonomi Pembangunan


Jurusan Ekonomi Pembangunan
Sumber : republika.co.id

Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang persoalan pembangunan yang telah, sedang, maupun yang akan terjadi di negara berkembang.

Untuk kamu yang suka pelajaran matematika dan ekonomi sewaktu SMA, maka jurusan ini adalah pilihan terbaik untukmu.

Sarjana ekonomi pembangunan memiliki prospek kerja jadi perencana keuangan, ekonom, tenaga pengajar, serta pembuat kebijakan pembangunan.

Baca Juga :


7. Jurusan Akuntansi


Jurusan Akuntansi
Sumber : smkwalisongo2depok.sch.id

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang belajar segala sesuatu tentang keuangan. Beberapa hal yang dipelajari tersebut antara lain :
  • Prinsip akuntansi dan teori
  • Akuntansi biaya
  • Akuntansi keuangan
  • Akuntansi manajerial
  • Akuntansi pajak
  • Pengendalian anggaran
  • Aspek hukum akuntansi
  • Prosedur pelaporan
  • Audit
  • Perencanaan dan konsultasi
  • Analisis laporan
  • Sistem informasi bisnis
  • Metode penelitian akuntansi
  • Standar profesional dan etika
Bagi kamu yang merupakan anak IPS sewaktu SMA tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya akuntansi. Dan tentu saja ini bisa jadi jurusan terbaik bagi kamu yang memang gemar belajar akuntansi dan matematika.

Bila kamu lulus nanti dari jurusan ini maka kamu berpeluang untuk kerja jadi akuntan, pemeriksa keuangan, dan manajer keuangan.

8. Jurusan Perpajakan


Jurusan Perpajakan
Sumber : rencanamu.id

Jurusan ini fokus mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan bidang perpajakan dari berbagai perspektif. Baik itu secara hukum, ekonomi, dan akuntansi.

Lulusan jurusan perpajakan diharapkan nantinya bisa menyusun laporan pajak sesuai dengan aturan dan ketentuan pajak yang berlaku.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga harus mampu menyelesaikan masalah administrasi perpajakan dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang ada.

Jurusan ini adalah pilihan yang bagus untuk kamu yang suka pelajaran matematika dan ekonomi sewaktu SMA.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah kamu bisa kerja jadi sebagai konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan, serta ahli perencanaan pajak.

9. Jurusan Manajemen Perhotelan


Jurusan Manajemen Perhotelan
Sumber : idntimes.com

Jurusan yang satu ini adalah jurusan yang menerapkan dan mengembankan keterampilan dalam bidang ilmu perhotelan.

Dalam jurusan ini kamu akan diajari semua hal tentang ilmu perhotelan, baik itu pengetahuan dan keterampilan. Beberapa di antaranya yaitu perencanaan, memproduksi, pengawasan jasa penginapan dan akomodasi, tata boga, jasa boga, serta jasa lainnya dalam bidang perhotelan.

Jurusan perhotelan ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajaran akuntansi dan Bahasa Inggris. Lulus dari jurusan ini, kamu nantinya bisa berkesempatan kerja jadi perencana Meeting, Convention and Care (MICE), manajer layanan makanan (Food Service Manager), manajer penginapan, atau bahkan jadi Chef atau kepala koki.


10. Jurusan Manajemen Perbankan


Jurusan Manajemen Perbankan
Sumber : polmed.ac.id

Target utama dari jurusan ini adalah menghasilkan lulusan yang terampil dalam menangani aktivitas operasional perbankan seperti pekerjaan Teller, Customer Service, karyawan pembukuan unit giro, tabungan, deposito, serta produk perbankan lainnya.

Untuk kamu yang suka dengan pelajaran akuntansi, ekonomi, dan matematika sewaktu SMA, mengambil jurusan manajemen perbankan bisa jadi hal yang harus kamu pertimbangkan.

Baca Juga :


11. Jurusan Manajemen Pariwisata


Jurusan Manajemen Pariwisata
Sumber : faktakampus.com

Bila kamu memutuskan untuk mengambil jurusan ini maka kamu akan mempelajari tentang konsep penawaran dan permintaan pariwisata serta faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Selain itu, bidang yang dipelajari dalam jurusan ini adalah tentang bagaimana membangun dan mengembangkan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata yang menampilkan budaya lokal, dan pelayanan kepada wisatawan.

Jurusan ini adalah pilihan cocok untuk kamu yang senang berwisata serta gemar dengan pelajaran matematika dan Bahasa Inggris.

Untuk prospek kerjanya, kamu bisa bekerja sebagai pemandu tur, pemandu wisata, serta agen perjalanan.

12. Jurusan Hukum


Jurusan Hukum
Sumber : unpad.ac.id

Masuk jurusan hukum maka kamu akan dituntut untuk mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum. Entah itu praktik maupun teori.

Jika kamu termasuk orang yang peduli dengan hukum di Indonesia maka memilih program studi atau jurusan ilmu hukum adalah pilihan yang sangat tepat, apalagi jika sewaktu SMA kamu menyukai pelajaran PPKN yang berkaitan dengan pasal-pasal.

Lulus dari jurusan ini, kamu akan punya kesempatan bekerja sebagai pengacara, sekretaris legal, asisten legal, maupun paralegal.

13. Jurusan Kriminologi


Jurusan Kriminologi
Sumber : www.aydinyeniufuk.com.tr

Jika kamu termasuk tipe orang yang prihatin dengan meningkatnya angka kejahatan dan punya keinginan untuk mengatasinya, maka pilihan jurusan yang sangat ideal bagi kamu adalah dengan memilih jurusan kriminologi. Apalagi jika kamu termasuk orang yang suka pelajaran sosiologi.

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang seluk beluk tindakan kriminal, baik dalam lingkup nasional maupun internasional secara empiris.

Sarjana jurusan kriminologi memiliki prospek kerja menjadi detektif, investigator swasta, analisis intelijen, staf identifikasi, dan rekam jejak kepolisian.

14. Jurusan Sosiologi


Sumber : sosiologis.com

Jurusan sosiologi adalah jurusan yang terfokus mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan orang lain. Baik itu antara satu individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan pelajaran sosiologi di SMA. Jadi dengan mengambil jurusan ini kamu akan lebih memperdalam pemahamanmu tentang ilmu sosiologi.

Bila kamu lulus dari jurusan ini kamu akan punya kesempatan untuk bekerja sebagai peneliti sosial, sosiolog, dan spesialis media sosial.

15. Jurusan Ilmu Politik


Jurusan Ilmu Politik
Sumber : blog.ruangguru.com

Jurusan yang satu ini adalah salah satu bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Dimana dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang teori dan praktik politik.

Mahasiswa jurusan ilmu politik diharapkan bisa meriset dan kritis dalam menganalisis setiap fenomena dunia yang memengaruhi dinamika struktur politik suatu negara, khususnya Indonesia.

Bila kamu termasuk orang yang gemar dengan pelajaran PPKN dan sosiologi, maka jurusan ini bisa jadi pilihan terbaik untukmu.

Lulus dari jurusan ini, kamu nantinya bisa bekerja sebagai konsultan politik, anggota parlemen, politikus, dan seorang peneliti politik.

Baca Juga :


16. Jurusan Sastra Inggris


Jurusan Sastra Inggris
Sumber : academicindonesia.com

Dalam jurusan ini kamu akan diajarkan tentang isi, estetika, keaslian, dan keindahan dari isi dalam teks atau tulisan karya sastra dalam Bahasa Inggris.

Jadi nantinya kamu akan mempelajari karya tulis seperti novel, naskah drama, puisi, dan karya sastra lainnya yang ditulis dalam Bahasa Inggris. Sehingga kamu akan mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih mendalam.

Bila di SMA kamu senang belajar Bahasa Inggris, tentunya memasuki jurusan ini adalah pilihan terbaik untukmu.

Bagi para lulusan sastra inggris memiliki prospek bekerja sebagai editor, novelis, penulis konten, wartawan, dan semua pekerjaan yang berkaitan dengan Bahasa Inggris.

17. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)


Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Sumber : fsrd.isi-ska.ac.id

Inti dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah mengajak para mahasiswanya untuk mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) guna memberikan informasi, mengajak, serta memengaruhi output dari si penerima pesan.

Untuk kamu yang gemar menggambar, editing, dan pas waktu SMA suka dengan pelajaran seni budaya, maka saya saranan untuk memilih jurusan ini.

Lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual bisa bekerja sebagai desainer grafis, animator, seniman multimedia, dan desainer produk komersial maupun industri.

18. Jurusan Penyiaran (Broadcasting)


Jurusan Penyiaran (Broadcasting)
Sumber : muslimobsession.com

Jurusan yang satu ini termasuk jurusan unik dan merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi. Dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang bagaimana proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk di produksi dan disiarkan ke khalayak umum melalui media massa.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran komputer atau Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) sewaktu SMA.

Lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai penyiar berita, sutradara, penyiar televisi, presenter, maupun sebagai pembawa acara.

19. Jurusan Pendidikan Pramugari/Pramugara


Jurusan Pendidikan PramugariPramugara
Sumber : sekolahpramugariairlines.com

Untuk kamu yang suka traveling ke luar kota maupun ke luar negeri, bisa mencoba untuk masuk ke jurusan pendidikan pramugari/pramugara ini.

Pasalnya jurusan ini akan mempersiapkanmu sebaik mungkin untuk jadi pramugari/pramugara pada perusahaan jasa penerbangan dalam taraf nasional maupun internasional.

Bagi kamu yang gemar dengan pelajaran Bahasa Asing bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini karena setelah lulus nantinya kamu bisa bekerja sebagai kru kabin maupun pramugari/pramugara.

20. Jurusan Manajemen Pemasaran


Jurusan Manajemen Pemasaran
Sumber : blog.cicil.co.id

Dengan masuk ke jurusan ini maka kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengelola proses dan kegiatan pemasaran baran dan jasa, pengembangan konsumen, serta menggerakkan produk dari produsen ke konsumen.

Di jurusan ini juga kamu akan belajar tentang perilaku dan dinamika konsumen, prinsip riset pemasaran, analisa permintaan, pemahaman biaya-volume dan profit, teori harga, kampanye pemasaran, dan lain sebagainya.

Suka dengan pelajaran ekonomi? Jika iya maka jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan jurusan yang bagus untuk kamu ambil.

Sarjana manajemen pemasaran bisa bekerja sebagai analis pemasaran, konsultan pemasaran digital, analisis riset pasar, serta spesialis pemasaran.

21. Jurusan Manajemen Pendidikan

Tujuan dari jurusan manajemen pendidikan adalah menghasilkan output mahasiswa yang mampu menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, pengawasan proses dan infrastruktur agar bisa berjalan dengan semestinya.

Dengan demikian, maka mahasiswa jurusan manajemen pendidikan dituntut untuk mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, serta pengembangan kurikulum.

Bagi kamu yang ingin masuk dalam dunia pendidikan, maka jurusan ini bisa jadi pilihan terbaik bagimu. Lulusan jurusan manajemen pendidikan bisa bekerja sebagai dosen, konselor edukasi, maupun pengarah sekolah dan vokasi.

Baca Juga :


22. Jurusan Tata Rias dan Kecantikan


Jurusan Tata Rias dan Kecantikan
Sumber : ft.uny.ac.id

Untuk kamu yang suka berias diri dan make up, bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang satu ini. Apalagi jika memang ini adalah passionmu.

Dalam kurikulum jurusan ini, kamu akan diajari tentang cara-cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah, serta bagaimana menggunakan bahan dan alat kosmetika.

Lulus dari jurusan ini, kamu bisa meniti kariermu sebagai konsultan kecantikan, juru rias pengantin, tenaga pengajar, dan lain sebagainya.

23. Jurusan Tata Busana


Jurusan Tata Busana
Sumber : bkk.smkn1-purwodadi.net

Jurusan fashion design atau yang dikenal juga dengan nama jurusan tata busana adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana memproduksi suatu busana.

Mulai dari proses desain, belajar membuat pola, menjahit, mengenali seluk beluk kain, serta pemilihan bahan yang cocok untuk bidang fashion.

Bukan hanya itu saja, dalam jurusan ini kamu juga akan diajarkan tentang perhitungan bisnis dalam bidang fashion. Jadi tak heran kalau setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa jadi pengusaha dalam bidang busana yang sukses.

24. Jurusan Fashion Bisnis


Jurusan Fashion Bisnis
Sumber : kumparan.com

Kalau di jurusan sebelumnya menekankan pada bidang produksi busana. Maka dalam jurusan yang satu ini kamu akan belajar tentang bagaimana menjadi pebisnis dalam bidang busana.

Kamu akan diajari tentang bagaimana pengaturan bisnis yang baik dalam bidang fashion serta mempelajari bagaimana perilaku konsumen pada tren fashion masa kini.

Lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai visual merchandiser, wirausaha fashion, dan fashion stylist.

25. Jurusan Kesejahteraan Sosial


Jurusan Kesejahteraan Sosial
Sumber : globalnusantara.net

Jika kamu termasuk orang yang punya jiwa sosial yang tinggi, maka jurusan ini bisa dikatakan sangat cocok untukmu. Pasalnya dalam jurusan ini kamu akan mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana langkah-langkah dan metode yang baik untuk meningkatkan kualitas suatu masyarakat yang akan berdampak pada tingkat kesejahteraan mereka.

Sarjana jurusan kesejahteraan sosial memiliki peluang untuk kerja sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) officer serta jadi manajer layanan sosial dan komunitas.

Penutup

Demikianlah informasi tentang jurusan kuliah untuk anak IPS. Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh anak IPS. Tinggal bagaimana kamu mempertimbangkan dan memilihnya sesuai dengan passion serta minatmu.

Bila ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan, silahkan curahkan semuanya di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih, senang membantu teman-teman sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar