Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Saat Ini

Dalam memilih suatu profesi yang ingin dijalani tentu dibutuhkan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah gaji. Kebanyakan orang mencari-cari profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia dengan harapan bisa punya uang banyak setelah menjalani pekerjaan tersebut.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya terkait profesi dengan gaji tinggi di Indonesia passion. Kan percuma kita punya gaji tinggi namun apa yang kita kerjakan itu justru membuat batin kita tersiksa.

Maka dari itu selain berpatokan pada gaji, dalam memilih profesi yang ingin dijalani kamu juga harus mempertimbangkan passion, minat, dan bakat kamu.

Saya yakin tiap orang tentunya ingin punya gaji tinggi, maka dari itu mereka berbondong-bondong mencari lowongan kerja dengan gaji tinggi tertinggi di Indonesia.

Namun asal kamu tahu saja profesi dengan gaji tinggi tentu juga memiliki risiko yang tinggi dan persaingan yang ketat pula.

Maka dari itu, untuk terjun langsung ke persaingan yang ketat tersebut kamu juga harus mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan kamu bisa lebih baik dari para saingan kamu. Berikut ini adalah top 10 profesi yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih pekerjaan.

Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

1. Ahli Pertambangan


Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Profesi dengan gaji tinggi pertama yaitu ahli pertambangan. Yah, profesi ini bisa dikatakan salah satu profesi yang bisa membuat orang kaya mendadak.

Pasalnya gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Untuk fresh graduate saja berkisar Rp 6-8 jutaan, untuk level yang lebih senior gajinya sekitaran Rp 10-40 juta.

Dan untuk level Chief Operating Officer di pertambangan gajinya bahkan sampai berkisar Rp150-300 juta.

Meskipun demikian, pekerjaan ini juga punya risiko yang besar. Seperti yang kita ketahui bahwa di tambang itu ada banyak alat-alat berat yang beroperasi. Jadi tak menutup kemungkinan kecelakaan kerja juga bisa terjadi.

Selain itu, dengan bekerja di pertambangan maka itu juga berarti Anda harus bekerja jauh dari rumah dan keluarga.

Walaupun begitu, ada banyak orang kok yang masih meminati profesi ini.

2. Ahli Perminyakan dan Gas


Ahli Perminyakan dan Gas

Hampir tak jauh beda dengan profesi ahli pertambangan, ahli perminyakan dan gas juga menawarkan profesi dengan gaji menggiurkan.

Beberapa ahli yang biasa dicari oleh perusahaan minyak dan gas adalah ahli geologi, Petroleum Engineer, dan Engineering Technologist.

Gaji yang diterima untuk fresh graduate di bidang ini yaitu sekitar Rp8-15 juta untuk perusahaan dalam negeri.

Dan di Indonesia sendiri ada juga loh perusahaan asing di bidang minyak dan gas yang menawarkan gaji lebih dari rata-rata gaji di perusahaan lokal.

Tentu saja sebagai profesi yang memiliki gaji tinggi di Indonesia, pekerjaan ini juga memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat.

3. Dokter Spesialis


Dokter Spesialis

Berprofesi sebagai dokter memang bisa menjanjikan masa depan yang gemilang karena gajinya yang terbilang tinggi, terutama bagi dokter spesialis.

Namun untuk berprofesi sebagai dokter membutuhkan pengorbanan yang cukup besar. Selain proses pembelajarannya yang butuh kesabaran tinggi, juga harus berhadapan dengan ketatnya persaingan di kalangan para dokter.

Untuk bisa jadi dokter, kamu harus melalui coass setelah lulus sarjana dan harus menempuh pendidikan pasca sarjana jika ingin jadi dokter spesialis.

Bukan hanya itu saja loh. Menjadi seorang dokter berarti juga harus siap dengan tanggung jawab yang besar. Karena apapun yang kita lakukan terhadap pasien kita adalah tanggungan kita.

Tanggung jawab yang besar serta pengorbanan yang tak main-main menjadikan profesi dokter spesialis sebagai salah satu profesi yang bergaji tinggi di Indonesia.

Kisaran gaji seorang dokter spesialis di rumah sakit pemerintah adalah Rp 10 juta, sementara di rumah sakit swasta bisa sampai Rp 50 juta per bulannya.

4. Ahli Konstruksi


Ahli Konstruksi

Salah satu jurusan yang cukup banyak diincar adalah jurusan teknik sipil. Ini karena pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi memang tak akan ada habisnya. Jadi tak heran kalau ahli konstruksi bisa masuk dalam jajaran profesi dengan gaji tinggi di Indonesia.

Di Indonesia sendiri proyek pembangunan sedang gencar-gencarnya, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

Gaji yang bisa didapatkan oleh ahli konstruksi dengan pengalaman di bawah 5 tahun adalah sekitar Rp 7-15 juta.

Dan tentu saja itu sudah termasuk salah satu tawaran gaji tertinggi di Indonesia untuk seorang fresh graduate. Kalau yang fresh graduate saja segitu maka tentu untuk yang lebih berpengalaman gajinya akan jauh lebih tinggi.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang lebih suka kerja di lapangan langsung daripada hanya duduk di kantor. Selain itu, pekerjaan ini juga memungkinkan kamu untuk pergi ke banyak tempat.

5. Head of Human Resource


Head of Human Resource

Salah satu profesi yang gajinya tinggi di sebuah perusahaan adalah bagian divisi HR. Biasanya mereka yang bekerja sebagai HR adalah lulusan psikologi.

Namun tak menutup kemungkinan ada juga dari jurusan lain yang mendapat pekerjaan ini. Tergantung dari kebijakan dan kebutuhan suatu perusahaan.

Profesi sebagai HR sangat bertanggung jawab terhadap kemajuan sumber daya manusia di perusahaan.

Inilah alasan mengapa Profesi HR paling banyak diincar oleh kebanyakan orang. Untuk gaji yang ditawarkan pada level manager HR bisa mencapai Rp 30 juta.

6. Pilot


Pilot

Profesi pilot memang merupakan salah satu profesi yang punya gaji tinggi. Namun tentu saja itu juga dibarengi oleh risiko yang besar.

Mengendarai pesawat resikonya jauh lebih besar dibandingkan mengendarai alat transportasi yang lain. Belum lagi persaingan yang cukup ketat untuk bisa masuk di sekolah penerbangan.

Untuk gaji rata-rata pilot penerbangan komersil adalah Rp 20 sampai Rp 40 juta per bulannya. Ini menjadi bukti bahwa profesi pilot termasuk profesi yang menjanjikan gaji tinggi di Indonesia.

Selain itu, profesi pilot juga menawarkan berbagai keuntungan, khususnya dalam hal bepergian.

7. Pekerja di Bidang Teknologi Informasi (TI)


Pekerja di Bidang Teknologi Informasi

Bekerja di bidang teknologi informasi (TI) termasuk suatu hal yang diinginkan banyak orang. Ini karena orang yang berprofesi sebagai pekerja di bidang IT (Information Technology) mendapatkan gaji tinggi dan pekerjaan tersebut juga bisa dikatakan menjanjikan.

Mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga IT.

Terutama bagi perusahaan yang memang berkaitan dalam bidang IT seperti perusahaan startup.

Gaji yang didapatkan oleh seseorang yang bekerja sebagai Software Engineering adalah sekitar Rp 15-35 juta per bulannya. Namun gaji tersebut juga dinilai perusahaan berdasarkan pengalaman yang dimiliki karyawannya.

Baca Juga :

8. Content Manager

Profesi sebagai content manager juga tak jauh-jauh dari bidang IT. Profesi ini menjadi salah satu profesi yang menjanjikan gaji tinggi akibat majunya dunia digital.

Banyaknya interaksi yang ada di dunia maya hampir mampu mengalahkan banyaknya interaksi di dunia nyata.

Itulah alasan mengapa promosi di dunia maya tak boleh dianggap remeh.

Dengan bekerja sebagai content manager maka kamu bisa dapat penghasilan sekitar Rp 20 juta per bulannya. Namun dengan catatan kamu telah memiliki pengalaman di atas 5 tahun.

9. Staff Perbankan



Pekerjaan bergaji tinggi berikutnya adalah menjadi staff perbankan. Yah bank selalu dikait-kaitkan dengan surganya uang, dan kebanyakan orang yang bekerja di bank itu kantongnya tebal.

Bukan karena korupsi yah, tapi memang seperti itu. Bayangkan saja kalau gaji pekerja di bank itu sedikit. Mungkin tiap hari akan selalu saja muncul ide-ide aneh untuk menggelapkan uang yang ada di bank.

Setiap perusahaan perbankan selalu menjaring para lulusan baru tiap tahunnya. Namun yang dijaring bukan hanya jurusan perbankan saja, melainkan semua jurusan hampir bisa bekerja di bank.

Di awal bekerja mungkin kamu akan mendapat gaji kisaran Rp 5 jutaan, namun lama kelamaan gajimu akan terus naik seiring dengan tingkat kualitas kinerjamu.

Gaji kamu bisa naik hingga Rp 100 juta. Jika kamu telah menduduki posisi direktur keuangan maka kamu bisa memperoleh gaji sekitar Rp 120 sampai Rp 250 juta. Sangat wow bukan gaji orang yang bekerja di bank.


10. Wirausaha


Wirausaha

Dari semua pekerjaan di atas, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang gajinya bisa paling tinggi diantara semuanya ketika kamu serius, berani, tekun, dan ulet menjalaninya. Gaji yang bisa kamu dapatkan tergantung dari seberapa kuat perjuanganmu.

Coba deh kamu pikir-pikir lagi apa pekerjaan orang yang paling kaya di dunia saat ini. Saya 100% pasti pekerjaannya adalah pengusaha.

Namun dibalik itu semua tersembunyi risiko dan tanggung jawab besar yang harus dijalani. Menjadi seorang pengusaha tidak menjamin kamu akan dapat gaji rutin per bulannya. Bahkan bisa saja zonk.
Namun ada kebebasan tersendiri yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Yaitu kebebasan waktu dan kebebasan bertindak sesuai kemauan sendiri.

Tidak ada ceritanya pengusaha diperintah-perintah, dimarahi, atau dipotong gajinya oleh atasan. Yang ada justru pengusaha bisa bertindak seenaknya selama menurutnya itu baik dan bebas bisa libur kapan pun sesuai keinginan.

Jadi apabila kamu ingin atau berencana menjadi pengusaha, segeralah mulai dari sekarang. Karena itu tak akan pernah terwujud bila kamu masih diam di tempat.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 10 profesi yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia. Silahkan pilihlah pekerjaan yang kira-kira sesuai dengan passionmu.

Karena setinggi apapun gaji suatu pekerjaan bila tak sesuai dengan keinginan dan passionmu maka tetap saja tak ada artinya. Untuk apa kamu punya gaji tinggi tapi kamu tak senang dengan pekerjaanmu.

Baca Juga :

Posting Komentar untuk "10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Saat Ini"