Skip to main content

7 Soft Skill Programmer yang Selalu Jadi Incaran Perusahaan Besar

Soft Skill Programmer

Hidupcu - Menjadi seorang programmer tak hanya harus berpatokan pada skill koding saja, tetapi juga harus memerhatikan soft skillnya. Ada soft skill programmer yang harus dimiliki oleh seorang programmer agar karier yang dimiliki bisa melesat dengan cepat. Bahkan mungkin bisa menduduki posisi pemimpin.

Soft skill programmer disini berperan sebagai penunjang karier. Jadi ada baiknya bila kamu tak mengabaikannya.

Cari tahu, pelajari, dan maksimalkan. Niscaya kariermu sebagai programmer juga akan sangat baik kedepannya.

Terus apa saja sih soft skill programmer yang dimaksud itu? Tenang saja, berikut ini saya akan menjelaskan sof skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang programmer.

1. Skill Komunikasi



Kebanyakan para ahli dibidang IT memiliki kekurangan dalam hal komunikasi. Skill yang satu ini cukup penting loh! Pasalnya seorang programmer harus bisa memahami suatu informasi yang kompleks, merangkumnya, lalu menjelaskannya pada orang awam.

Misalnya kamu telah membuat sistem dalam program yang kamu buat, nah tentu kamu harus bisa menjelaskan dan mengajarkannya pada manajer proyekmu tentang seperti apa sistem tersebut.

Bilamana diposisikan dengan peran ganda, yaitu sebagai programmer sekaligus manajer proyekmu sendiri maka kamu membutuhkan skill komunikasi yang baik untuk melatih staf dan programmer yang lainnya dalam menyelesaikan suatu proyek.

Komunikasi yang baik juga akan memudahkanmu dalam mengemukakan ide cemerlang yang mungkin akan berkembang menjadi suatu proyek baru.

Karena kebanyakan ide brilian gagal diimplementasikan dalam bidang IT hanya akibat kurangnya komunikasi yang baik.

2. Skill Presentasi


Skill Presentasi

Programmer juga wajib memiliki skill presentasi yang baik. Apalagi nantinya kamu akan dituntut untuk menjelaskan proyekmu pada CEO perusahaan maupun saat rapat dengan karyawan-karyawan lainnya.

Kemampuan presentasi yang baik akan membuatmu diingat oleh banyak orang sekaligus. Jadi jangan abaikan hal ini. Pelajari dan maksimalkan skill presentasimu mulai dari sekarang.

Pada dasarnya skill presentasi yang baik didasarkan atas kecakapan menguasai audiens, penguasaan materi yang baik, kemampuan berbicara dan bahasa tubuh yang baik, serta bagus tidaknya slide yang kamu gunakan sebagai media presentasi.

Programmer juga harus mampu menjelaskan konsep teknologi yang rumit dan menyajikannya dalam bentuk yang sesederhana mungkin dalam suatu slide presentasi tanpa mengurangi poin-poin pentingnya.

Untuk mampu menguasainya, kamu harus banyak belajar dan latihan dari banyaknya kesempatan presentasi. Atau kamu juga bisa belajar dari para ahli public speaking dengan mengamati bagaimana cara mereka melakukan presentasi yang baik.

Baca Juga :

3. Mampu bekerja dalam tim


Mampu bekerja dalam tim

Dibalik suksesnya suatu proyek terdapat kerja sama tim yang baik dibelakangnya. Begitu pula dengan proyek yang dikerjakan oleh programmer. Selalu di support oleh tim yang baik.

Programmer juga harus bisa bekerja secara tim. Mampu mendorong dan mendukung anggota tim lain dalam menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan.

Bagi programmer yang bisa bekerja secara tim tentunya lebih berpeluang tinggi jadi kandidat untuk dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

Meskipun demikian, ternyata ada juga loh programmer yang tak bisa menerima perbedaan dengan karyawan lain, atau dengan kata lain tak mampu bekerja secara tim.

Namun ketika kamu telah melakukan pekerjaan secara tim, kamu akan menyadari bahwa ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari rekan-rekan timmu.

4. Skill Networking


Skill Networking

Skill networking masih ada hubungannya dengan kerja secara tim. Programmer juga harus bisa cepat beradaptasi dengan orang-orang baru agar bisa saling bekerja sama dengan baik.

Networking adalah kegiatan dimana kamu harus bertemu dengan orang lain untuk saling berkenalan, berbagi informasi, atau membahas suatu pokok permasalahan, ide, atau bahkan peluang bisnis. Skill ini secara langsung akan menunjang perkembangan kariermu.

Melalui networking kamu mungkin akan dapat banyak pengetahuan baru dari orang yang mungkin tak kamu kenal sebelumnya.

Selain itu, kamu juga akan dapat menemukan orang yang tepat dan mampu membantumu dalam menyelesaikan suatu proyek atau ide-ide yang sedang kamu kerjakan.

Membangun relasi memang bukanlah hal mudah, terlebih lagi untuk para programmer yang kesehariannya hanya berkutat dengan komputer atau laptop di depan layar.

Tentunya kamu butuh mengerahkan usaha lebih demi membangun relasi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh relasi, salah satunya adalah dengan datang di gathering yang diadakan perusahaan hingga konferensi di industri IT. Mungkin juga kamu akan bertemu dengan orang sangat kamu inginkan di event tersebut.

Faktanya ada banyak ide dan kesepakatan bisnis yang diawali dari meja makan atau dari sekedar bermain golf di waktu senggang dengan kolega.

Saat ini menjalin relasi bukan hanya melalui pertemuan secara langsung. Namun bisa juga dengan memanfaatkan media internet. Salah satu media sosial yang bisa membantumu membangun relasi dengan orang hebat adalah LinkedIn.

Buatlah akun di LinkedIn dan kamu akan terkejut melihat ada banyak orang hebat yang ternyata ikut membangun relasi disana.

5. Sikap Positif



Sikap positif termasuk hal penting yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Karena sikap positif akan membantumu untuk lebih percaya diri dan optimis dalam menyelesaikan suatu permasalahan proyek yang sedang dikerjakan.

Dikantormu mungkin kamu akan menemukan orang yang positif dan senang hati mau membantumu bila ada masalah yang sulit untuk kamu pecahkan.

Begitu pula sebaliknya, ada juga orang-orang yang mungkin iseng mengolok-olokmu karena masalah yang kamu hadapi. Orang seperti ini biasanya memiliki rasa sombong karena ia termasuk sudah ahli.

Sebagai seorang programmer kamu juga harus memiliki sifat positif, karena sejatinya pekerjaan ini adalah tentang menyelesaikan masalah yang ada. Bukan tempat untuk pamer kehebatan.

Perilaku yang positif akan membuatmu lebih menonjol dan disenangi rekan kerjamu. Ini tentu saja akan membuat kariermu jadi lebih cepat berkembang.

6. Insting yang baik

Belajar tentang teori dan metodologi mungkin setiap programmer bisa melakukannya. Namun tak semua programmer punya kemampuan memanajemen dan insting yang baik tentang suatu proyek.

Insting ini bisa mencakup berbagai hal, termasuk insting tentang bagaimana tingkat kemungkinan berhasil suatu proyek atau sejenisnya.

Biasanya insting ini akan mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya kariermu dalam bidang programming.

Semakin banyak pengalaman yang kamu dapatkan tentunya juga akan membuat instingmu semakin tajam.

Insting ini sangat berguna dalam hal memprediksi apakah suatu proyek yang dikerjakan akankah akan menempuh banyak kesulitan atau tidak. Selain itu juga berguna dalam hal melakukan perencanaan proyek agar berjalan dengan maksimal.

Baca Juga :

7. Inovasi dan Kreativitas


Inovasi dan Kreativitas

Soft skill pekerjaan sebagai programmer lainnya adalah kemampuan untuk berinovasi dan kreatif. Jadi kamu juga harus punya imajinasi yang baik serta daya kreativitas yang tinggi.

Bukan hanya terus-terusan menuliskan kode yang ada pada program, tetapi kamu juga harus mampu berpikir jauh ke depan bagaimana cara agar kode tersebut bisa lebih efisien dan lebih baik untuk kedepannya. Terutama dalam hal penyelesaian masalah.

Kamu dituntut untuk membuat terobosan baru yang tentunya bisa membuat perubahan yang lebih baik dari sistem terdahulu.

Ketika atasanmu menceritakan masalahnya, maka disitulah peranmu sebagai ahli IT yang inovatif dan kreatif berpikir secara cemerlang untuk menghasilkan solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

Seorang programmer yang inovatif dan kreatif akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan dan lingkungan kerja. Tentu saja ini akan semakin melejitkan kariermu.

Jadi jika kamu ingin disenangi oleh atasanmu, asahlah dirimu untuk selalu inovatif dan kreatif dalam segala hal, terutama dalam hal menyelesaikan suatu permasalahan di lingkungan kerja.


Penutup

Programmer bukan hanya selalu tentang koding dan koding. Ada hal penting yang tak kalah pentingnya dari sekedar koding, yaitu soft skill programmer.

Jadi bagi kamu seorang programmer yang belum memiliki skill seperti yang dijelaskan di atas, maka saya anjurkan untuk mempelajari dan memaksimalkan skill tersebut. Karena ada banyak sekali keuntungan.

Dengan memiliki soft skill tersebut maka saya jamin kelangsungan kariermu akan berjalan mulus. Bahkan kamu bisa saja berada di puncaknya sebagai seorang pemimpin. Salam sukses untukmu!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar