Skip to main content

10 Rekomendasi Opsi Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Kesuksesan Masa Depan

Hidupcu - Semua orang tentu ingin sukses di masa depan. Salah satu tahapan yang harus dilalui untuk meraih sukses adalah memilih jurusan studi yang diambil. Misalnya, dengan memilih jurusan kuliah IPA yang menjanjikan kesuksesan bagi Anda yang menggemari ilmu alam. Hal ini mengingat bahwa tidak semua orang dapat menguasai ilmu alam dengan baik.

Bagi Anda yang merupakan seorang lulusan IPA pada jenjang sekolah menengah, maka dapat langsung melanjutkan fokus studi ilmu alam dalam dunia perkuliahan. Sebagai pencerahan, berikut adalah pilihan jurusan perkuliahan berbau ilmu alam yang bisa Anda pertimbangkan.

Sepuluh Rekomendasi Opsi Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Kesuksesan


1. Jurusan Kedokteran 


Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Tidak heran jika kedokteran menjadi salah satu jurusan perkuliahan yang dapat memberikan masa depan cerah. Walaupun dikenal memiliki masa tempuh studi yang lama, tetapi jurusan ini tidak pernah sepi peminat.

Adapun kemampuan yang harus Anda miliki ketika memilih jurusan studi ini di antaranya observasi, analisis, berpikir kritis dan terstruktur, problem solving hingga ketekunan.

Terdapat banyak keuntungan dari jurusan kedokteran. Terutama karena prospek kerja. Lulusan kedokteran tidak sulit mendapatkan pekerjaan.

Selain dapat membuka praktik sendiri, Anda juga dapat bekerja di rumah sakit, puskesmas, klinik berobat dsb. Di samping itu, peluang kerja lainnya yang dapat Anda isi yaitu BPOM, BNN, Basarnas hingga tenaga medis khusus TNI dan Polri.

2. Jurusan Farmasi 

Selain ilmu kedokteran dan keperawatan, farmasi jurusan yang dapat dipilih apabila Anda menggemari dunia medis. Farmasi merupakan kombinasi ilmu kimia dan kesehatan yang diperlukan dunia medis.

Terdapat sejumlah pengetahuan serta keahlian yang mesti Anda miliki ketika memilih jurusan ini seperti analisis, pelayanan farmasi, penjaminan mutu, kimia dan biologi.

Prospek kerja dari lulusan jurusan farmasi memiliki cakupan yang cukup luas. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, maka Anda dapat bekerja di rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas, laboratorium dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, sebagai seorang lulusan dunia medis Anda juga dapat bekerja di BPOM maupun industri farmasi.

Baca Juga :

3. Jurusan Teknik Sipil 

Jurusan Teknik Sipil

Rata-rata teknik sipil merupakan salah satu jurusan tertua di banyak kampus Indonesia. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan terbaik yang erat dengan ilmu sains.

Memilih jurusan teknik sipil berarti Anda telah resmi mendedikasikan diri Anda dalam perkembangan pembangunan bangsa. Lulusan teknik sipil memiliki andil penting dalam berbagai pembangunan nasional.

Secara umum prospek kerja seorang lulusan teknik sipil memiliki cakupan yang luas, di antaranya surveyor pengendali bangunan, konsultan konstruksi rancangan bangunan, insinyur situs air, pembangunan dan struktural hingga kontraktor. Cakupan prospek yang begitu luas ini tentu juga sebanding dengan gaji yang bisa diperoleh.

4. Jurusan Teknik Mesin 

Tidak melulu soal kendaraan dan perbengkelan, jurusan teknik mesin akan mempelajari hal-hal konstruksi, konversi energi, teknik produksi hingga material.

Jika Anda bingung memilih jurusan kuliah IPA, maka bisa coba memilih teknik mesin. Tetapi, Anda harus memiliki pengetahuan dalam jurusan tersebut seperti fisika, matematika, gambar 2D dan 3D hingga AutoCad.

Jurusan ini memiliki prospek yang baik di masa depan. Terlebih, saat ini industri otomotif sangat membutuhkan lulusan teknik mesin guna mendesain kendaraan bermotor.

Sama dengan dunia dirgantara yang senantiasa membutuhkan lulusan teknik mesin untuk merakit pesawat terbang. Di samping itu, lulusan teknik mesin juga sangat dibutuhkan oleh industri manufaktur dan otomasi.

5. Jurusan Teknik Informatika


Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika dapat menjadi opsi jurusan IPA yang Anda tempuh di perkuliahan. Hal ini mengingat bahwa lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan baik skala nasional maupun internasional.

Peluang kerja populer dari jurusan ini adalah programmer. Dengan latar belakang jurusan tersebut, Anda tentu mahir untuk membuat hingga mengembangkan program komputer,
software dan website.

Di samping menjadi programmer, lulusan jurusan ini juga bisa mengisi posisi lain yang tidak kalah bagus bagi masa depan.

Misalnya, konsultan ERP. Pekerjaan ini memerlukan keahlian Anda untuk memberikan jasa konsultasi terkait pengembangan sistem dengan aplikasi atau software database tertentu. Seorang konsultan ERP biasanya akan bekerja di berbagai perusahaan besar.

6. Jurusan Statistika 

Jika Anda jatuh cinta dengan matematika, maka jurusan statistika dapat menjadi alternatif jurusan yang pas bagi Anda. Terlebih statistika bisa dikatakan sedikit lebih menantang dibanding matematika biasa. Karena statistika cenderung fokus pada pengolahan data.

Setidaknya Anda harus memiliki sejumlah pengetahuan yaitu matematika, programming hingga problem solving.

Banyak keuntungan saat Anda memilih jurusan statistika, terutama terkait prospek kerja. Di zaman seperti ini, lulusan jurusan statistika sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan misalnya untuk bekerja sebagai electronic data processing.

Peluang kerja lulusan ini juga dapat bekerja di  perusahaan seperti dana pensiun, asuransi, investasi, konsultan aktuaria dan manajemen risiko.

7. Jurusan Teknik Kimia


Jurusan Teknik Kimia

Pilihan jurusan serba IPA yang dapat Anda pilih berikutnya adalah teknik kimia. Bagi Anda yang gemar mata pelajaran kimia, tentu jurusan ini dapat menjadi pilihan yang pas bagi Anda.

Jangan salah. Lulusan teknik kimia juga memiliki prospek kerja yang tidak kalah menjanjikan dari sederet lulusan jurusan serba IPA lainnya.

Prospek kerja pada industri pangan. Tidak hanya berfokus pada makanan saja, pekerjaan ini juga akan mencermati bagaimana proses sortasi, pemrosesan, pengawetan hingga pengemasan produk.

Selain di industri pangan, prospek kerja lainnya dari lulusan teknik kimia di antaranya industri pengelolaan limbah, industri kosmetik, industri minyak hingga EPCC.

8. Jurusan Teknik Industri 

Teknik industri dapat dipertimbangkan sebagai salah satu jurusan yang dapat menjanjikan masa depan gemilang bagi Anda. Lulusan jurusan ini memiliki cakupan prospek kerja yang luas di luar sana.

Misalnya, analis produksi. Sebagai seorang analis produksi, Anda akan bertanggung jawab untuk melakukan analisis proses produksi, optimalisasi serta pemeliharaan alat produksi hingga pengendaliannya.

Selain menjadi analis produksi, lulusan teknik industri juga dapat berkarir sebagai HRD. Pada bidang pekerjaan ini, Anda akan bertanggung jawab dalam perekrutan karyawan baru hingga promosi karyawan lama.

Karier sebagai quality control juga patut Anda coba setelah lulus menjadi seorang sarjana teknik industri. Pengendali mutu atau quality control tentu sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar.

Baca Juga :

9. Jurusan Matematika Murni 

Matematika murni termasuk ke dalam jurusan perkuliahan yang bisa menjanjikan masa depan cerah. Terlebih lagi bagi Anda yang memang ahli dalam mata pelajaran serba hitung.

Prospek kerja lulusan ini di antaranya menjadi seorang pengajar matematika. Anda bisa tenaga pengajar studi baik di jenjang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Selain menjadi tenaga pengajar, lulusan jurusan ilmu pasti ini juga dapat bekerja sebagai ahli statistika, aktuaris, peneliti matematika, ekonom, analis keuangan, akuntan, ahli fisika dan kimia, insinyur hingga seorang pengusaha.

10. Jurusan Fisika Murni 


Jurusan Fisika Murni

Di balik kerumitan sejumlah rumus fisika, masih banyak orang yang menaruh minat pada studi ini di jenjang perguruan tinggi.

Jurusan yang berfokus mempelajari gejala alam tak hidup dalam lingkup ruang dan waktu ini ternyata juga dapat memberikan masa depan yang gemilang. Lulusan baru dari jurusan fisika murni dapat bekerja di industri perminyakan dan pertambangan.

Selain itu, keakuratan hitungan serta kemampuan riset dan berpikir rasional dari lulusan ini yang sudah tidak dapat diragukan lagi banyak diincar oleh para pengusaha.

Biasanya kemampuan-kemampuan tersebut akan digunakan  untuk memperkuat divisi research & development.


Penutup

Sepuluh pilihan jurusan kuliah IPA yang menjanjikan kesuksesan masa depan tersebut kiranya dapat memberikan pencerahan bagi Anda, khususnya yang sedang bingung memilih prodi kuliah. Jangan lupa untuk memilih prodi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, minat dan bakat Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar