Skip to main content

10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Manajemen yang Wajib Kamu Tahu

Jurusan Kuliah Manajemen

Hidupcu - Anda tentu pernah mendengar bahwa jurusan kuliah manajemen adalah jurusan paling aman dalam dunia perkuliahan. Pernyataan ini tentu ada benarnya. Sebab, hampir tidak ada perusahaan atau kantor mana pun yang tidak membutuhkan tenaga kerja dari lulusan manajemen. Dengan demikian, prospek karier di masa depan dari seorang lulusan jurusan ini terbilang sangat menjanjikan.

Jurusan manajemen menekuni bagaimana cara bertanggung jawab terhadap pengelolaan organisasi maupun perusahaan tertentu. Isi dari kuliah jurusan ini lebih condong pada urusan keuangan, proyek dan sumber daya manusia.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan manajemen untuk ditempatkan pada berbagai macam posisi pekerjaan penting.

10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Manajemen 


1. Jurusan Manajemen Keuangan 


Jurusan Manajemen Keuangan

Hidupcu - Karier di bidang keuangan memang merupakan karier yang paling gemilang dan tidak pernah ada habisnya. Tidak hanya dapat bekerja di suatu perusahaan tertentu, lulusan manajemen keuangan juga dapat bekerja di organisasi maupun lembaga pemerintahan.

Misalnya, sebagai seorang fresh graduate lulusan manajemen keuangan maka Anda dapat bekerja sebagai analisis keuangan.

Analis keuangan bertugas membantu pengambilan keputusan suatu badan usaha terkait keuangan.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sebagai seorang analis kredit yang bertanggung jawab untuk menilai kemampuan kredit dari pengajuan kredit di sebuah perusahaan peminjaman.

Karier lebih lanjut dari jurusan ini di antaranya asisten bendahara, manajer keuangan, kontrolir dll.

2. Jurusan Manajemen SDM 

Jurusan manajemen SDM berfokus pada perusahaan yang menangani persoalan tingkah laku dan komunikasi antar karyawan. Bagi Anda yang berminat mengejar karier di bidang sumber daya manusia, maka kuliah jurusan ini adalah pilihan yang tepat.

Anda harus senantiasa memahami bagaimana cara manusia berpikir serta menyesuaikannya dengan dunia bisnis yang berjalan.

Jurusan kuliah yang mempelajari tentang sumber daya manusia ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus.

Seorang lulusan manajemen SDM dapat bekerja sebagai staf HRD di sebuah perusahaan BUMN maupun swasta. Dalam pekerjaan tersebut, Anda akan bertanggung jawab dalam mengelola perekrutan karyawan baru, mutasi karyawan sampai promosi karyawan lama.

Baca Juga  :


3. Jurusan Manajemen Perbankan 


Jurusan Manajemen Perbankan

Jurusan perkuliahan yang berfokus pada ilmu manajemen dalam dunia perbankan. Pada jurusan ini Anda juga akan mempelajari ilmu lainnya seperti asuransi, lembaga simpan pinjam, pasar modal hingga persoalan transaksi.

Ketika memilih kuliah di jurusan ini, Anda mesti mempunyai kemampuan yang baik dalam melakukan analisis, manajerial, komunikasi hingga penelitian.

Dunia perbankan memang tidak pernah ada matinya. Untuk itu, tidak heran jika lulusan jurusan ini bakal memiliki peluang karier yang sangat luas.

Selain bekerja di bank, Anda juga dapat bekerja di lembaga keuangan lainnya seperti bursa efek, jasa investasi, perusahaan asuransi, perusahaan pialang dan sebagainya.


4. Jurusan Manajemen Pemasaran 

Dalam dunia bisnis, pemasaran merupakan ujung tombak suksesnya keberlangsungan bisnis tersebut. Tanpa adanya pemasaran yang baik, maka pendapatan perusahaan yang diperoleh tidak bisa maksimal.

Hal ini menjadikan lulusan manajemen pemasaran sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan baik skala nasional maupun internasional.

Lulusan manajemen pemasaran dapat ditempatkan di posisi yang cukup bergengsi. Misalnya, asisten manajer, konsultan bisnis, koordinator pemasaran, manajer pemasaran, bagian perencanaan pemasaran, spesialis pemasaran area, direktur pemasaran.

Selain itu, lulusannya juga dapat bekerja di bagian periklanan, manajemen brand, pemasaran digital sampai iklan cetak.

5. Jurusan Manajemen Bisnis 


Jurusan Manajemen Bisnis

Bagi Anda yang memiliki passion dalam dunia bisnis, maka bisa coba mengambil jurusan manajemen bisnis.

Dalam perkuliahan ini, Anda akan berfokus pada pembelajaran manajemen dalam dunia bisnis. Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang setelah kuliah ingin bergelut dalam dunia bisnis. Misalnya, dengan menjadi seorang manajer bisnis.

Pekerjaan tersebut memerlukan beragam keterampilan dalam dunia bisnis yang harus Anda miliki.

Misalnya, bagaimana cara untuk memastikan perusahaan mampu mencapai tujuan finansial, menyiapkan laporan manajemen tingkat senior, mengevaluasi performa suatu departemen sampai memotivasi karyawan dengan menggunakan mode insentif (umpan balik berbentuk uang).

6. Jurusan Manajemen Operasional 

Jurusan kuliah manajemen operasional berfokus pada ilmu pengetahuan analisis produk. Cakupannya dimulai dari proses pembuatan sampai pengiriman produk ke tangan konsumen.

Manajemen operasional juga akan mengatur serta menghandle skala inventaris, kualitas produksi, material produksi sampai akuisisi bahan baku.

Lulusan jurusan ini juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Misalnya, industri dengan proses kontinyu layaknya proses kimia seperti industri pupuk, semen, gula, obat-obatan dsb.

Di samping itu, lulusan jurusan ini juga dibutuhkan oleh industri produksi unit per unit seperti kendaraan bermotor, alat elektronik hingga produk rumah tangga.

7. Jurusan Manajemen Pendidikan 


Jurusan Manajemen Pendidikan

Tahukah Anda bahwa prospek kerja dari lulusan manajemen pendidikan juga terbilang cukup banyak dan menguntungkan.

Ketika Anda memilih berkuliah di jurusan ini, maka Anda akan berfokus pada bidang perencanaan, pengelolaan hingga urusan pengawasan aset, infrastruktur maupun berlangsungnya proses pendidikan.

Mengingat terdapat begitu banyak instansi pendidikan di Indonesia, tidak heran jika lulusan jurusan ini nantinya akan memiliki prospek karier yang cukup gemilang. Lulusan manajemen pendidikan dapat meniti karier sebagai konsultan manajemen pendidikan.

Kisaran gaji dapat mencapai 10 jutaan. Di samping itu, lulusan jurusan ini juga dapat menjadi staf akademisi kampus.

8. Jurusan Manajemen Pariwisata 

Jurusan perkuliahan dunia pariwisata dapat menjadi pilihan yang diperhitungkan, terutama jurusan manajemen pariwisata. Peluang kerja yang dapat diambil oleh lulusan jurusan ini sungguh besar dan menjanjikan.

Terlebih lagi, Indonesia adalah negeri surganya tempat wisata. Tidak aneh rasanya jika banyak sekali peluang pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan manajemen pariwisata.

Sebagai seorang lulusan manajemen pariwisata, Anda dapat bekerja sebagai pengelola kawasan wisata pada sebuah perusahaan tertentu.

Selain dapat bekerja di perusahaan, lulusan manajemen pariwisata juga dapat bekerja di institusi pemerintahan sekelas pegawai ekonomi kreatif hingga dinas pariwisata setempat.

9. Jurusan Manajemen Komunikasi 

Jurusan manajemen komunikasi berfokus pada cara pengelolaan serta penyampaian suatu pesan dalam komunikasi.

Dapat dikatakan juga bahwa manajemen komunikasi bertujuan membujuk/memberikan pengaruh kepada seseorang maupun sekelompok orang dengan maksud tertentu. Maka, tidak asing rasanya jika lulusan jurusan ini sangat  dibutuhkan dalam dunia kerja.

Lulusan jurusan manajemen komunikasi dapat berkarir di lapangan kerja yang berkaitan dengan komunikasi. Misalnya dalam bidang pemasaran.

Lulusan jurusan ini dirasa mampu untuk memegang peran penting dalam hal promosi maupun analis promosi.

Karier yang dapat ditekuni di antaranya brand manager, media manager, marcomm manager, profesional negosiator.

Baca Juga :


10. Jurusan Manajemen Logistik


Jurusan Manajemen Logistik

Manajemen logistik merupakan salah satu jurusan yang cukup langka di perguruan tinggi Indonesia. Meskipun demikian, lulusan jurusan ini banyak dicari oleh banyak perusahaan baik skala BUMN maupun swasta.

Jurusan manajemen logistik lebih berfokus pada perencanaan, cara pengelolaan sampai pengawasan terkait adanya aliran dana, energi, barang sampai informasi.

Lulusan jurusan manajemen logistik banyak dicari oleh perusahaan komoditas Indonesia. Misalnya, komoditas perikanan, biji kopi cokelat (kakao), kelapa sawit dsb.

Di samping itu, jika Anda berhasil lulus dengan baik dari jurusan ini maka lowongan pekerjaan lainnya juga akan terbuka bagi Anda. Misalnya, perusahaan ekspedisi, pabrik-pabrik sampai perbankan nasional.


Penutup

Sepuluh pilihan jurusan kuliah manajemen tersebut kiranya dapat memberikan pencerahan bagi Anda. Mengingat bahwa jurusan manajemen memang telah menjadi jurusan aman dalam dunia perkuliahan mana pun.

Banyaknya peluang kerja yang terbuka lebar dari jurusan ini membuat Anda tidak perlu lagi untuk berkecimpung di dalamnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar