Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

15 Wirausaha Muda Sukses dari Nol di Indonesia

Wirausaha Muda Sukses dari Nol

Menjadi seorang wirausaha muda sukses dari nol adalah pencapaian yang butuh usaha ekstra dan ketekunan luar biasa dalam mewujudkannya.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa kesuksesan baru bisa diraih pada rentang usia 40 sampai 50 tahun lebih. Faktanya tak demikian, di luar sana ada banyak pengusaha muda yang sukses dari nol.

Sebenarnya siapapun bisa jadi wirausaha yang sukses dari nol. Asalkan ada keyakinan kuat dan sikap pantang menyerah, menjadi wirausahawan sukses muda bukanlah mustahil untuk diwujudkan.

Kamu mungkin sudah sering mendengar ada beberapa pengusaha muda sukses di dunia pada bidangnya masing-masing.

Tetapi khusus dalam artikel ini kita akan membahas tentang kisah pengusaha muda sukses dari nol yang ada di Indonesia.

Yah, pengusaha sukses muda di Indonesia adalah pilar dan aset penting bagi negara agar kedepannya perekonomian kita bisa lebih maju dan bertumbuh.

Siapa sajakah pengusaha muda yang sukses di Indonesia? Mari kita simak beberapa profil pengusaha muda sukses berikut ini.


Kisah Wirausaha Muda Sukses dari Nol

  1. Nadiem Makarim
  2. Nadiem makarim

    Bagi para pelangaan Gojek tentunya sudah tak asing lagi dengan dengan Nadiem Makarim. Yah, Nadiem adalah salah satu pengusaha muda dari nol.

    Beliau merupakan pendiri perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yaitu Gojek yang mungkin sering kamu gunakan.

    Pengusaha muda sukses Indonesia kelahiran 1984 ini awalnya berkarier sebagai konsultan manajemen McKinsey & Company.

    Setelah mendapatkan gelar MBA nya, ia langsung terjun jadi pengusaha dengan menjabat sebagai Managing Director di perusahaan yang didirikannya yaitu Zalora Indonesia.

    Keluar dari Zalora, ia lalu menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) di Kartuku. Sebelum akhirnya fokus mengembangkan Gojek yang telah dirintisnya sejak 2011.

    Belum puas dengan pencapaiannya, Nadiem kemudian mendirikan PT Gojek Indonesia pada tahun 2015 dan menjadi penyedia jasa transportasi ojek berbasis online terkenal.

    Ide mendirikan Gojek muncul ketika Nadiem melihat permasalahan para ojek di Indonesia yang kurang produktif karena sulit mendapat penumpang.

    Walaupun usahanya sering dianggap remeh dan dicibir, tetapi Nadiem tetap gigih mempertahankan apa yang diyakininya.

    Seperti yang kita lihat sekarang bahwa Gojek yang dimulai dari nol sudah berkembang jadi startup decacorn asal Indonesia pertama dengan nilai valuasi mencapai kisaran lebih dari 10 miliar USD.

    Sangat pantas rasanya bila Nadiem dinobatkan sebagai pengusaha yang sukses dari nol di Indonesia.


  3. Ahmad Zaky
  4. Ahmad Zaky

    Wirausaha muda sukses dari nol berikutnya adalah Ahmad Zacky. Bagi kamu yang senang belanja online pasti sudah hafal betul dengan situs BukaLapak.

    Situs jual beli online terbesar di Indonesia tersebut didirikan oleh beliau.

    Awalnya BulaLapak hanyalah sebuah divisi agensi digital bernama Suitmedia, tetapi seiring berjalannya waktu sudah berubah status menjadi PT (Perseroan Terbatas).

    Karena ketertarikan Ahmad Zacky terhadap informatika sejak SD, ternyata justru mengantarkannya menjadi wirausahwan sukses.

    Perlu kamu tahu bahwa sejak BukaLapak didirikan tahun 2010, perjalanannya tak semulus yang dibayangkan.

    Tingkat kepercayaan orang awam terhadap jual beli online masih sangat minim sehingga pengunjungnya pun sepi.

    Tetapi berkat ketekunan pria kelahiran 24 Agustus 1986 tersebut, BukaLapak jadi dikenal masyarakat luas dan banyak menerima investasi.

    Kira-kira seperti itulah cerita pengusaha muda sukses Ahmad Zaky.


  5. William Tanuwijaya
  6. William Tanuwijaya

    William Tanuwijaya merupakan seorang wirausaha muda sukses pendiri Tokopedia.

    Pria kelahiran 11 November 1981 ini adalah putra daerah yang lulus SMA dan merantau ke ibukota untuk meneruskan pendidikannya.

    Sebelum meraih kesuksesannya, pengusaha sukses muda Indonesia ini bahkan pernah jadi penjaga warnet demi mendapat uang tambahan.

    Namun siapa sangka bahwa ternyata dari situlah ia mengenal internet secara lebih mendalam.

    Setelah menyelesaikan kuliahnya di tahun 2003, William sangat ingin bekerja di perusahaan internet seperti Google dan Facebook.

    Tetapi karena dua perusahaan tersebut tidak ada di Indonesia, ia memutuskan bekerja di perusahaan pengembang software seperti TelkomSigma dan Sqiva Sistem. Setelah sebelumnya jadi game developer di Bolehnet.

    William juga pernah bekerja sebagai IT & Business Development Manager di Indocom Mediatama pada tahun 2006. Dari sinilah awal mula idenya untuk merintis perusahaan internet sendiri.

    Berbekalkan pengalamannya selama bekerja, ia memberanikan diri mencari investor dan mendirikan Tokopedia pada tahun 2009. Usahanya terbilang banyak lika dan liku. Berbagai penolakan dan cemohan sudah sering dirasakan.

    Dua tahun mencoba meyakinkan banyak orang, tetapi ia harus menerima bahwa memang saat itu orang masih belum mempercayai perusahaan internet.

    Terlebih lagi ayahnya saat itu mengidap kanker kronis. Ia pun dituntut untuk jadi tulang punggung keluarga.

    Sampai disitu William tak putus asa. Ia masih terus meyakinkan para investor tentang potensi dari sebuah perusahaan internet.

    Setelah mendapatkan kepercayaan dari salah satu pemodal, Tokopedia akhirnya resmi dijalankan pada tahun 2009.

    Ia mulai mengumpulkan bakat-bakat terbaik negeri agar mau bergabung di perusahaannya. Termasuk juga para mahasiswa dari berbagai universitas terkemuka.

    Di tahun 2016 William pernah mewakili Indonesia sebagai Young Global Leader di World Economic Forum dan mengumumkan babak investasi baru pada 17 Agustus 2017.

    Tokopedia juga pernah mendapatkan pendanaan sebesar Rp14,7 triliun dari Alibaba Group dan menjadikan perusahaan asal Tiongkok tersebut sebagai pemegang saham minoritas.

    Sampai saat ini Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah e-commerce unicorn terkenal di Indonesia dengan valuasi di atas US$ 1 miliar.

    Punya lebih dari 4 juta penjual dan lebih dari 73 pengunjung di Tokopedia membuat William menempatkan posisi sebagai Dewan Pengawas di Assosiasi E-commerce Indonesia.

    Cerita dari William Tanuwijaya ini benar-benar bisa dijadikan inspirasi wirausaha yang sukses di usia muda.


  7. Aruna Harsa
  8. Aruna Harsa

    Aruna Harsa adalah pengusaha wanita sukses di Indoensia dan sekaligus CO-Founder dari Dekoruma. Yakni perusahaan startup yang jadi penghubung antara pelanggan dengan pemasok dan vendor interior.

    Bila kamu mengunjungi website resminya, kamu akan menemukan banyak pilihan furniture yang dijual dengan harga beragam.

    Tak hanya itu, startup teknologi multinasional ini juga menyediakan jasa konsultasi dan instalasi loh.

    Kamu dapat mendownload aplikasinya langsung di Playstore. Sampai saat ini, aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 100 ribu pengguna Android.


  9. Steven Wongsoredjo
  10. Steven Wongsoredjo

    Bagi kamu yang belum tahu siapa Steven Wongsoredjo, ia adalah pengusaha sukses usia muda sekaligus CEO dari Nusantara Technology yang meliputi Yukepo, Keepo, dan Super.

    Yukepo dan Keepo sendiri ialah dua perusahaan digital yang terfokus pada kaum millenial. Sedangkan Super adalah platform aplikasi bagi agen penyalur barang kebutuhan warung maupun toko.

    Aplikasi ini sangat berguna bagi para pengusaha kecil yang ingin jadi agen dan memesan barang dengan harga murah.

    Pria lulusan University of Columbia, Amerika Serikat tersebut mulai mendirikan Nusantara Technology pada tahun 2016.

    Sampai saat artikel ini dibuat, startup tersebut sudah sangat berkembang dan menghasilkan lebih dari 35 juta kunjungan per bulan. Luar biasa bukan biografi pengusaha muda sukses ini.


  11. Keshia dan Karina
  12. Keshia dan Karina

    Siapa sangka bahwa ternyata hobi membuat kue bisa mengantarkan Keshia dan Karina menuju kesuksesannya.

    Semuanya bermula dari Keshia yang senang mengolah dan memodifikasi resep-resep kue. Kebetulan saat itu ia membuat kue untuk acara keluarga.

    Lalu tiba-tiba terbersit dalam benaknya untuk menawarkan kue tersebut ke teman, saudara, dan kerabat dekat. Tanpa disangka ternyata responnya bagus.

    Pada tahun 2011 kakak beradik ini mulai serius menekuni bisnis kuenya dengan brand Dulcet Patisserie.

    Biografi pengusaha sukses dari nol Keshia dan Karina ini mudah-mudahan bisa menginspirasimu yah.


  13. Angky William
  14. Angky William

    Angky William adalah salah satu wirausaha muda Indonesia sekaligus Co-founder dari aplikasi supplier bernama Stoqo.

    Aplikasi tersebut menyediakan berbagai bahan pokok seperti sayur, daging, dan kebutuhan sembako lainnya.

    Mantan insinyur Amazon tersebut memilih keluar dan memutuskan untuk mendirikan usahanya di Indonesia.

    Sampai saat ini Stoqo sudah melayani sampai puluhan ribu pelanggan di Indonesia.

    Aplikasi yang sangat dibutuhkan pengusaha kuliner ini telah didownload lebih dari 50 ribu orang di playstore. Kini impian Angky William menjadi seorang wirausaha muda yang sukses telah terwujud.


  15. Adamas Belva Syah Devara
  16. Adamas Belva Syah Devara

    Kisah pengusaha muda sukses selanjutnya adalah tentang Adaman Belva Syah Devara.

    Ia merupakan pengusaha muda dan sukses Indonesia sekaligus Co-Founder serta CEO perusahaan pendidikan terbesar di Indonesia, yaitu Ruangguru.

    Ia juga sempat masuk majalah Forbes sebagai salah satu Forbes 30 under 30 Asia.

    Pria kelahiran 30 mei 1990 tersebut berasal dari keluarga sederhana dengan orang tua yang selalu menanamkan pentingnya nilai pendidikan.

    Hal itulah yang jadi motivasi Belva untuk ikut berkontribusi dalam pendidikan di Indonesia dengan membangun Ruangguru dan menjadi salah satu pengusaha muda yang ada di Indonesia.


  17. Ferry Unardi
  18. Ferry Unardi

    Siapa yang tidak kenal dengan Traveloka? Situs pencari tiket pesawat, kereta, dan hotel ini sangat populer dikalangan para pelancong.

    Perlu kamu tahu bahwa Traveloka didirikan oleh wirausahawan sukses dari nol Ferry Unardi, pria kelahiran 16 Januari 1988.

    Bermula dari kesulitannya memesan tiket pesawat saat ingin pulang ke Padang dari Amerika Serikat, ia akhirnya mendirikan Traveloka.

    Di awal pembuatan, sebenarnya konsep aplikasi ini hanya semacam mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs.

    Cuma karena seiring berjalannya waktu, kini ia berubah jadi situs reservasi tiket pesawat yang memungkinkan penggunanya memesan tiket di situs resminya.

    Baru pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi mengumumkan bahwa Traveloka akan masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Jadi pengguna bisa langsung memesan kamar hotel di Traveloka.

    Bisa dibilang Ferry cukup berani memulai debutnya di industri e-ticketing diusianya yang baru 23 tahun.

    Background diri dan rekannya yang seorang engineer adalah paduan yang pas untuk mengembangkan sistem. Mulai dari analisis e-commerce, coding, sistem enterprise, dan sebagainya.

    Saat awal Traveloka diluncurkan, sama sekali belum ada maskapai yang bekerja sama dengannya.

    Tetapi seiring dengan peningkatan trafik, maskapai akhirnya mulai melirik dan mau diajak bekerja sama dengan share profit sebesar 5%.

    Menjadi wirausahawan muda sukses memang tidak mudah kawan.


  19. Atina Maulina
  20. Atina Maulina

    Bagi kamu perempuan yang senang berhijab mungkin sudah sangat familiar dengan brand Vanilla Hijab.

    Foundernya adalah pengusaha wanita Indonesia sukses Atina Maulina. Ia merintis dan memproduksi hijabnya dengan dibantu sang kakak.

    Untuk promosinya, salah satu pengusaha muda di Indonesia ini hanya memfoto produknya dan memposting ke Instagram.

    Hal itu terus dilakukan dengan gigih hingga saat artikel ini dibuat omzetnya sudah mencapai ratusan juta rupiah.

    Bahkan karena banyaknya peminat, Atina pernah menjual ribuan hijab cuma dalam hitungan menit. Luar biasa bukan pengusaha sukses Indonesia dari nol ini.


  21. Hamzah Izzulhaq
  22. Hamzah Izzulhaq

    Pengusaha muda sukses dunia lainnya yang cukup menyita perhatian karena memulai usahanya dari nol adalah Hamzah Izzulhaq.

    Pria kelahiran 1993 ini tercatat sebagai direktur utama PT Hamasa Indonesia. Perusahaan dengan omzet ratusan juta per bulan ini bergerak dalam bidang industri pembuatan sofa bed.

    Bakat berbisnis Hamzah sudah muncul sejak usianya masih kecil. Ia biasa berjualan petasan, koran, dan kelereng. Bahkan juga pernah kerja sebagai ojek payung dan tukang parkir.

    Awalnya Hamzah membangun perusahaannya lewat bisnis waralaba bimbingan belajar Bintang Solusi Mandiri di tahun 2011.

    Dengan bermodalkan uang 5 juta rupiah dan pinjaman dari ayahnya 70 juta rupiah, Hamzah nekat membeli salah satu cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambil alih seharga 175 juta rupiah.

    Adapun untuk sisanya yang 100 juta dibayarkan secara cicil dari keuntungan yang didapatkan per semester.

    Tak cukup sampai disitu, Hamzah kemudian membangun usaha kerajinan sofa bed bermerek Pikanto dan akhirnya sukses.

    Bahkan di akhir 2015 ia semakin melebarkan sayapnya dengan mengembangkan bisnis properti di beberapa kota kecil di Jawa Barat.

    Hamzah Izzulhaq adalah salah satu pengusaha muda indonesia yang sukses meniti kariernya hingga bisa berhasil seperti sekarang ini.


  23. Putri Tanjung
  24. Putri Tanjung

    Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Begitulah peribahasa yang cocok untuk putri Chairul Tanjung yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia karena bisnisnya.

    Diusianya yang masih sangat muda, Putri Tanjung sudah membuka usaha jasa event organizernya.

    Meskipun berbagai penolakan dari sponsor sudah sering dialami, tetapi semangat dan sikap pantang menyerahnya terus berkobar.

    Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, kini usahanya telah mendapatkan banyak pelanggan serta meraup omzet sampai ratusan juta rupiah.


  25. Yasa Singgih
  26. yasa singgih

    Meskipun Cuma berasal dari keluarga sederhana, pria kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun langsung ke dunia bisnis meski usianya masih sangat belia.

    Diusianya yang masih 15 tahun, sang ayah terkena serangan jantung dan harus dioperasi.

    Disitulah ia belajar bagaimana mencari uang sendiri dengan jadi pembawa acara pada berbagai acara musik maupun ulang tahun.

    Pada usia tersebut pulalah ia berbisnis menjual lampu hias. Meskipun tidak bertahan lama karena masalah pemasok.

    Menginjak 16 tahun, Yasa lalu beralih ke bidang bisnis lainnya yaitu fashion khusus pria dengan brand Men’s Republic.

    Awalnya ia hanya menjual sepatu kasual pria. Namun seiring berkembangnya usaha, produk yang ditawarkan kian beragam. Mulai dari celana dalam, jaket, sandal, dan sebagainya.

    Saat ini Yasa mampu menjual produk sepatunya sebanyak 500 pasang per bulan dengan laba bersih 40%.

    Kamu dapat menemukan produk Men’s republik di beberapa kota besar di Indonesia maupun di luar negeri seperti Makau, Hong Kong, Filipina, Nigeria, dan Taiwan dengan omzet sebesar 200 juta per bulan.

    Kisah inspiratif pengusaha sukses dari nol ini mudah-mudahan bisa membuka pikiranmu untuk lebih sadar bahwa tak ada yang tidak mungkin bila kita mau berusaha.


  27. Hafiza Elfira Novitarini
  28. Hafiza Elfira Novitarini

    Pengalaman memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala Tangerang ternyata bisa membawa hafiza menjadi salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia.

    Proyek sosial yang dijalani Hafiza dan dinaungi Nalacity Foundation membawa keuntungan besar bagi beliau.

    Bisnis Hafiza yaitu memberikan pelatihan menjahit hijab dan manik-manik bagi ibu yang menderita penyakit kusta.

    Karena ketelatenan dan kegigihannya, kini ia mendapatkan omzet sampai ratusan juta rupiah per bulan. Bagaimana, tertarik ingin jadi pengusaha sukses muda dari nol?


  29. Valentina Meiliyana
  30. Valentina Meiliyana

    Nama wirausahawan muda yang sukses ini mungkin sudah sangat familiar dikalangan pebisnis apalagi pecinta fashion, utamanya sepatu.

    Bahkan ia pernah jadi salah satu perancang sepatu koleksi Eunika Joso dalam ajang Jakarta Fashion Week 2011 dan mendapat pesanan sepatu khusus dair girl band Cherry Belle.

    Saat menjalankan usahanya, Valentina sudah sering jatuh bangun. Jelas itu membuatnya sangat stres. Bahkan diusianya yang masih 18 tahun ia pernah mengalami kerugian hingga ratusan juta.

    Valentina yang dasarnya memang suka menggambar berbagai macam sepatu mulai berpikir untuk menciptakan sepatu yang digambarnya.

    Siapa sangka bahwa dari kecintaannya menggambar sepatu justru membawanya menuju kesuksesan.

    Brand sepatu Valentina Meiliyana Shoes yang dijual secara online cukup menyita banyak perhatian orang.

    Wirausahawan yang sukses dari nol kelahiran 1995 ini dulu hanyalah pedagang online yang menjual sandal gabus, ekstension warna-warni, dan tas di kaskus.

    Tanpa disangka sekarang ia menjadi wirausaha yang sukses di Indonesia sekaligus pemilik usaha sepatu custom dengan omzet puluhan juta rupiah per bulan.

    Bahkan saat ini ia juga mendirikan manajemen artis bernama Valen Relation.


Penutup

Menjadi seorang pengusaha muda sukses dari nol tentu adalah pencapaian luar biasa yang sulit untuk diraih.

Tetapi meskipun sulit, faktanya tak ada yang mustahil selama kita mau berusaha mewujudkannya. Mereka adalah beberapa contoh dari pengusaha sukses yang berani mulai dari nol hingga berhasil.

Mereka telah membuktikannya dan sekarang adalah giliranmu untuk memulai.


FAQ Pengusaha Sukses di Indonesia dari Nol

Pengusaha muda adalah

Pengusaha yang telah terjun langsung dalam dunia wirausaha diusianya yang masih muda. Ada banyak pengusaha-pengusaha muda Indonesia yang bisa kamu teladani dan jadikan inspirasi.


Pengusaha sukses muda adalah

Pengusaha yang meraih kesuksesannya meski baru berusia sangat muda. Agar lebih memahaminya, kamu bisa membaca kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia sebelumnya.


7 pengusaha muda sukses di indonesia

Diantara semua kisah pengusaha muda yang sukses di atas, 7 yang paling terkenal adalah Nadiem Makarim, Ahmad Zaky, William Tanuwijaya, Adamas Belva Syah Devara, Ferry Unardi, Putri Tanjung, dan Yasa Singgih.


Wirausaha muda adalah

Wirausaha yang berhasil di usia muda sebenarnya bukanlah hal baru. Baik di Indonesia maupun negara lain punya kisah pengusaha yang sukses dari nol masing-masing.


Cara menjadi pengusaha dari nol

Untuk jadi pengusaha Indonesia dari nol, setidaknya kamu wajib memiliki mindset yang bagus, tak gentar dengan tantangan, tekun, dan mau terus belajar. Kira-kira seperti itulah cara jadi wirausaha sukses dari nol.


Cara menjadi pengusaha muda sukses

Cara menjadi pengusaha muda yang sukses tentu kamu wajib belajar dan bekerja keras lebih banyak dari apa yang dilakukan para pengusaha pada umumnya. Kamu bisa meneladani kisah pengusaha sukses dari nol di Indonesia yang telah dipaparkan sebelumnya.


Cerita sukses dari nol

Cerita sukses pengusaha indonesia di atas semuanya memulai berjuang dari nol. Yah, memang sudah seperti itu sistemnya. Tidak ada yang didapatkan secara instan. Menjadi pengusaha muda sukses butuh usaha yang luar biasa keras.


Wirausaha yang sukses di dunia

Bila sudah mencakup lingkup dunia, mungkin kebanyakan orang lebih mengacu pada kisah sukses pengusaha muda dari nol seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Elon Musk, dan beberapa orang berpengaruh lainnya.


Kisah pengusaha muda dari nol

Berdasarkan referensi dari berbagai sumber, contoh kisah sukses pengusaha dari nol yang menarik untuk dibahas adalah beberapa biografi di atas. Apabila kamu memiliki kisah wirausaha yang sukses dari nol lainnya, mungkin bisa hubungi saya untuk diposting pada artikel berikutnya.


Kisah sukses wirausaha muda

Pengusaha sukses wirausaha muda di Indonesia sebenarnya ada banyak sekali. Namun karena kebanyakan dari mereka ada yang kurang terekspos, sehingga jadi kurang dikenal.


Jangan Lewatkan: