Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja dengan HRD - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja dengan HRD

Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja

Beberapa dari kamu mungkin membutuhkan contoh jawaban visi misi saat interview kerja. Hal ini penting mengingat HRD seringkali mengajukan pertanyaan jebakan tentang visi dan misi saat interview.

Pertanyaan visi misi interview kerja kerap dianggap sulit sebagian orang karena untuk menjawabnya butuh keahlian mengarang dan bagaimana menanggapi apa yang akan dilakukan dimasa mendatang.

Sebelum membahas lebih jauh tentang visi dan misi interview, ada baiknya bila kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan visi dan misi.

Visi merupakan pandangan atau tujuan hidup seseorang dimasa mendatang. Bisa dibilang visi sama dengan cita-cita yang ingin dicapai.

Sementara misi adalah bagaimana cara dalam mencapai tujuan atau visimu. Misi sifatnya realistis dan bisa didetailkan step by stepnya dari awal hingga akhir.

Ketika menjawab pertanyaan visi misi saat interview kerja, pastikan untuk memberikan jawaban yang sifatnya demi kemajuan tim dan perusahaan secara umum. Jadi bukan cuma untuk kepentingan pribadi saja.

Mau tahu apa saja contoh jawaban visi dan misi saat interview kerja yang menarik dijadikan referensi? Yuk simak penjelasannya berikut ini.


Contoh Jawaban Visi Misi Saat Interview Kerja

  • Jawaban Visi Misi 1
  • Visi : “Menjadi bagian dari perkembangan perusahaan menuju lebih baik”

    Misi : Memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan, menyelesaikan masalah di dalam perusahaan, dan menciptakan solusi terbaik berdasarkan pekerjaan dan posisi yang akan saya emban.


  • Jawaban Visi Misi 2
  • Visi : “Menjadi pribadi yang profesional demi kemajuan perusahaan”

    Misi : Tak pernah berhenti untuk belajar dan upgrade skill yang berguna bagi perusahaan.


  • Jawaban Visi Misi 3
  • Visi : “Menjadi karyawan yang terbaik bisa dihandalkan”

    Misi : Cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan selalu berusaha membantu tim di perusahaan sesuai kapasitas pekerjaan yang diberikan.


Cara Menentukan Visi Misi Saat Interview Kerja

  1. Mulai dari impian yang ingin kamu wujudkan tanpa memikirkan batasan
  2. Coba deh flashback lagi ke impianmu yang benar-benar ingin kamu capai bila seandainya tak ada batasan untuk mewujudkannya.

    Tak perlu khawatir terhadap kendala yang akan datang. Sebab selama kamu mau berusaha, maka tak ada hal yang tidak mungkin. 

    Cobalah untuk menuliskan daftar-daftarnya di kertas lalu menyeleksi mana yang cocok dijadikan jawaban untuk pertanyaan visi dan misi interview.


  3. Tujuan apa yang jadi prioritasmu saat ini
  4. Kalau seandainya kamu ditanya apa yang ingin kamu lakukan dalam lima tahun kedepan, manakah yang akan jadi prioritas utamamu?

    Perlu digaris bawahi bahwa prioritas utama bukan berarti mimpi-mimpi lain terabaikan. Tetapi lebih kepada membuatmu fokus pada satu mimpi, setelah mewujudkannya maka kamu bisa beralih ke mimpi lainnya.


  5. Membuat list tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai goals
  6. Setelah tujuanmu ditetapkan, maka selanjutnya buatlah daftar spesifik apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

    Apabila ada skill yang perlu kamu kuasai atau asah lebih dalam, segera tuliskan. Entah itu kamu akan mempelajarinya secara otodidak atau melalui kursus.

    Pokoknya tuliskan sedetail mungkin agar kamu bisa lebih mudah menentukan langkah pertama yang perlu dilakukan.


  7. Mendefinisikan kebahagiaan dari segi hubungan sosial
  8. Cobalah untuk mendefinisikan kebahagiaan dalam berbagai area kehidupanmu yang lain seperti pertemanan, keluarga, maupun hubunganmu dengan dirimu sendiri.

    Ini penting sebab visi 5 tahun kedepan tak hanya tentang karier saja, tetapi juga tentang hubungan dengan orang-orang di sekitarmu.


  9. Terbuka dan beradaptasi terhadap perubahan
  10. Saat tekadmu sudah bulat untuk mencapai suatu sasaran, tak menutup kemungkinan akan selalu saja ada halangan yang akan muncul. 

    Bahkan bisa saja muncul kesempatan dan tantangan baru yang mengalihkan perhatianmu dan menjadikannya prioritas utama. Namun tak masalah jika itu masih sejalan dan memberikan pengaruh baik untukmu.


Penutup

Demikianlah beberapa contoh jawaban visi misi saat interview kerja yang mungkin sedang kamu cari. Saya berharap postingan ini bisa bermanfaat sebagai tips interview kerja untukmu. Sukses selalu sobat!

Baca Juga:


FAQ Jawaban Visi Misi Interview

Apa jawaban visi dan misi?

Visi merupakan pandangan seseorang dimasa mendatang tentang tujuan hidup atau disebut juga cita-cita. Sedangkan misi ialah bagaimana cara atau langkah mencapai visi.


Apa visi dan misi dalam bekerja?

Visi yang baik saat interview sebaiknya mengacu pada tujuan perusahaan dimasa mendatang. Sedangkan misi lebih kepada rencana apa yang dilakukan perusahaan guna mencapai visinya.


Pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan saat interview?

Umumnya yang sering ditanyakan yaitu berkaitan tentang perkenalan diri, alasanmu ingin bergabung ke perusahaan, kelemahan dan kelebihanmu, kenapa perusahaan harus memilihmu, dan apa visi misimu.


Apa yang dimaksud dengan visi dan misi?

Visi adalah cita-cita, masa depan, tujuan, dan hal yang ingin dicapai. Sedangkan misi adalah langkah atau cara untuk mewujudkan visi.


Berapa lama proses interview kerja?

Proses interview biasanya berlangsung sekitar 15 menit atau kurang. Semakin minim waktu yang digunakan menunjukkan bahwa perusahaan tak terkesan dengan apa yang kamu tawarkan kepada mereka.


Apa tujuan Anda untuk bekerja?

Tujuan bekerja yang paling umum adalah mencari pendapatan atau nafkah guna menjalani kehidupan yang layak.


Apa yang menjadi motivasi dalam bekerja?

Mendapatkan gaji, mencapai sasaran karier, berkarya, mencari pengalaman, dan sebagai bentuk ibadah.


Apa yang diharapkan seorang pegawai ketika masuk ke dalam perusahaan?

Diterima oleh lingkungan perusahaan, pekerjaannya dihargai, kemampuannya diakui perusahaan, dan diberikan penghargaan ketika hasil kerjanya memuaskan.


Apa yang dimaksud dengan visi dan misi dan contohnya?

Visi ialah tujuan jangka panjang perusahaan dan berorientasi pada masa depan. Sedangkan misi berupa tujuan jangka pendek dan berorientasi masa kini.


Apa itu visi misi dan tujuan?

Visi berbentuk tujuan masa depan dan sifatnya umum. Adapun misi ialah cara bagaimana mewujudkannya.


Apa yang dimaksud dengan Visi Misi dan Motto?

Visi adalah tujuan yang ingin dicapai bersama. Sedangkan misi adalah hal yang harus dilakukan guna mencapai visi. Adapun Motto ialah slogan.


Apa pentingnya visi dan misi

Visi dan misi adalah landasan dasar bagi suatu organisasi. Itulah alasan mengapa visi dan misi diciptakan saat organisasi sedang atau akan dibangun.


Apa perbedaan visi misi tujuan dan sasaran?

Visi bisa diartikan cita-cita, misi adalah langkah mencapai tujuan, dan sasaran ialah suatu peryataan yang dapat dicapai dalam kurun waktu satu tahun.


Mengapa visi dan misi sangat diperlukan dalam membentuk suatu organisasi perusahaan?

Isi dari visi dan misi menjelaskan tujuan organisasi, menanamkan rasa memiliki, dan identitas karyawan/anggotanya. Ini sangat penting untuk perencanaan strategis perusahaan demi mencapai masa depan yang diinginkan.


Mengapa misi itu penting bagi perusahaan?

Misi adalah tolak ukur kinerja dari suatu perusahaan sekaligus sebagai acuan dalam mengembangkan setiap perencanaan dan pengembangan bisnis perusahaan di masa depan.


Mengapa membuat visi pribadi itu penting?

Manfaat dari memiliki visi pribadi adalah kamu akan mengerti apa yang harus dilakukan setiap hari dan mampu mengatur waktu secara proporsional untuk bekerja, istirahat, ibadah, dan mencari hiburan.


Apa yang dimaksud dengan tujuan dan sasaran?

Tujuan ialah hal yang ingin dituju. Sedangkan sasaran ialah tingkatan-tingkatan untuk mencapai tujuan tersebut.


Apa hubungan antara tujuan dan sasaran?

Tujuan adalah pernyataan eksplisit tentang apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan sasaran dinyatakan dalam bentuk kuantitatif dengan jangka waktu pencapaian satu tahun.


Mengapa tujuan suatu kantor atau perusahaan dituangkan dalam visi dan misi?

Visi bisa dikatakan sebagai jembatan antara kondisi organisasi saat ini dan dimasa depan. Visi bermanfaat untuk meningkatkan standar kerja yang lebih baik, menumbuhkan rasa memiliki, tanggung jawab, dan etos kerja.


Bagaimana indikator visi dan misi yang baik bagi perusahaan brainly?

Visi misi yang baik tentunya harus berorientasi ke masa depan, menginspirasi, mampu mengobarkan semangat, komitmen, dan mampu mendorong ke arah yang lebih baik.


Apa itu visi hidup?

Visi hidup merupakan cita-cita yang ingin dicapai dalam kehidupan seseorang.


Apa itu visi dalam hidup?

Visi berarti tujuan hidup, sedangkan misi berarti apa saja yang dapat dilakukan seseorang untuk mencapai visi tersebut.


Bagaimana cara merumuskan misi dalam perusahaan?

Yaitu dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan dan menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, guna memungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatannya dengan efisien.


Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam merumuskan visi misi dan tujuan?

Visi haruslah memberikan panduan dan motivasi, disebarkan ke seluruh anggota organisasi, dan sebagai acuan dalam mengambil keputusan.