Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

15 Pengusaha Sukses di Asia yang Tajir Luar Biasa

Tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak pengusaha sukses di Asia yang semuanya tajir-tajir luar biasa. Hal ini tentu tak lepas dari usaha keras dan skill mereka sendiri untuk bisa sukses.

Saat ini benua Asia telah menjadi kumpulan negara-negara dengan pertumbuhan, kekuatan ekonomi, dan pasar tercepat yang berhasil melahirkan banyak pengusaha muda sukses di dunia.

Jadi tak heran bila kamu akan menemukan beberapa pengusaha sukses di Asia Tenggara yang masih sibuk membangun dan mengembangkan usahanya. Tak terkecuali pengusaha sukses di Indonesia.

Nah, tentu kamu penasaran bukan siapa saja sih yang termasuk pengusaha sukses di Asia yang katanya tajir-tajir, yuk kita simak penjelasannya berikut ini.


Pengusaha Sukses di Asia

  1. Li Ka-Shing
  2. Pengusaha Sukses di Asia

    Beliau merupakan pria terkaya urutan pertama di Asia dengan pendapatan bersih sebesar 29,7 miliar dolar US. Ia adalah satu-satunya warga Hong Kong yang masuk dalam daftar ini.

    Diusianya yang 12 tahun, Li bekerja sebagai buruh pabrik plastik dan menjadi General Manager (GM) di pabrik tersebut.

    Menginjak umur 22 tahun, tepatnya di 1950 ia membuka usaha manufaktur plastiknya sendiri dan saat ini telah jadi perusahaan investasi real estate terdepan di Hong Kong.

    Saat ini bisnisnya telah menyebar luas dalam bidang yang berhubungan dengan pelayaran, telekomunikasi, dan bioteknologi. Ia memiliki banyak pegawai yang tersebar di 52 negara. Bahkan kedua anaknya pun turut mengelola beberapa perusahaan milik Li.


  3. Rico Huang
  4. Rico Huang


    Berawal dari kebiasaannya berbelanja online, menjadikan Rico Huang sebagai pengusaha di bidang gadget beserta sistem jualan online dengan nama Alona. Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 70-100 juta per bulannya.

    Saat ini ia sedang fokus membentuk komunitas anak muda dengan sebutan pasukan Alona untuk berbagi pengalaman dan tips suksesnya.


  5. Zong Qinghou
  6. Zong Qinghou

    Zong adalah seorang anggota legislatif sekaligus pengusaha terkaya di China dengan pendapatan bersih 14, 9 miliar dolar US. Ia merupakan CEO sekaligus pimpinan produsen minuman terbesar di China, Hangzhou Wahaha Group.

    Awalnya Zong membangun bisnis minumannya di bagian timur Hangzhou pada tahun 1987 dengan uang pinjaman sebesar 22 ribu dolar US.

    Namun saat ini bisnis tersebut telah memiliki 150 cabang termasuk pabrik pakaian anak beserta 60 pabrik di luar China.

    Zong sebagai pemilik lebih dari 80% saham di perusahaan tersebut saat ini masih mengawasi pengeluaran kantornya, dan ikut aktif dalam pengambilan keputusan pengeluaran dalam jumlah besar.

    Hangzhou Wahaha Group berharap bisa jadi sponsor klub English Premier League guna mendongkrak penjualan minuman berenerginya, Qili.


  7. Tatparanandam Ananda Krishnan
  8. Tatparanandam Ananda Krishnan

    Tatparanandam Ananda Krishnan merupakan orang terkaya nomor dua di Malaysia dengan pendapatan bersih sebesar 11,2 miliar dolar US.

    Bisnis yang dijalankan mencakup bidang telekomunikasi, minyak, properti, arena bermain, dan layanan televisi berbayar.

    Lulusan Harvard ini bahkan sampai menghabiskan jutaan dolar modal demi membangun usahanya yang sekarang menjadi perusahaan minyak raksasa Petronas.


  9. Charoen Sirivadhanabhakdi
  10. Charoen Sirivadhanabhakdi


    Charoen adalah pria terkaya ketiga di negaranya dengan pendapatan bersih 10,7 miliar dolar US sekaligus sebagai pemilik usaha produsen bir terbesar di Thailand bernama Thai Bev. 

    Dulunya Charoen bekerja sebagai pedagang asongan karena berhenti sekolah di usia 8 tahun. Apalagi ia adalah imigran dari China.

    Tahun 1970-an, Charoen memulai bisnisnya dengan membuka usaha wiski dan bir murah. Namun satu setengah dekade berikutnya ia mulai berinvestasi. Ia mendirikan perusahaan asuransi, bank, dan pabrik gula.

    Seiring berjalannya waktu, bisnisnya kian berkembang di tahun 1995 saat menjalin kerja sama dengan produsen bir Carlsberg sebagai produsen Chang Beer yang kemudian berubah jadi Beer Thai.

    Bahkan perusahaannya juga ikut berinvestasi dalam jumlah besar di bidang mall, real estate, dan perhotelan dari Singapura sampai New York.


  11. Top Ittipat
  12. Top Ittipat


    Ittipat adalah pengusaha muda sukses di Thailand yang mempunyai 2500 pegawai yang ditempatkan di 6000 cabang 7-Eleven di seluruh dunia.

    Saat ini total ada 27 negara termasuk Indonesia yang jadi tempat ekspor camilan rumput lautnya bernama TaekaeNoi.

    Dengan perkebunan rumput lautnya di Korea Selatan, Ittipat sanggup meraup keuntungan sebesar 450 miliar rupiah per tahunnya.


  13. Henry Sy Sr
  14. Henry Sy Sr

    Pengusaha asal Filipina Henry Sy Sr adalah salah satu orang terkaya dengan pendapatan bersih 10 miliar dolar US menurut Forbes dan yang paling tua dalam daftar ini.

    Sy yang merupakan imigran asal China memulai bisnisnya dengan membuka toko sepatu bernama Shoemart di Manila pada tahun 1958.

    Siapa sangka bahwa ternyata toko tersebut berkembang pesat dan menghasilkan investasi multi miliaran dolar yang saat ini dikenal dengan SM Investments.

    Saat ini ia punya perusahaan dalam bidang perbankan, properti, mall, dan perhotelan yang menghasilkan kapitalisasi pasar sebesar 17,2 miliar dolar US. Sy masing-masing memiliki saham sebesar 67% dari seluruh usahanya.


  15. Masayoshi Son
  16. Masayoshi Son

    Masayoshi ialah CEO sekaligus pendiri Softbank, yaitu perusahaan mobile terbesar ketiga di Jepang. Ia juga adalah orang terkaya ketiga di Jepang dengan pendapatan bersih 8,8 miliar dolar US versi majalah Forbes.

    Dulunya ia adalah salah satu mahasiswa University of California yang membuat mesin penerjemah elektronik yang dijualnya ke perusahaan elektronik Jepang, Sharp.

    Sejak saat itu, Masayoshi lalu pulang ke negaranya untuk mendirikan Softbank pada tahun 1981 yang bergerak di bidang distribusi software dan komputer. Saat ini Softbank telah berkembang menjadi perusahaan telekom raksasa.

    Masayoshi juga mencoba berinvestasi di beberapa perusahaan industri seperti Yahoo, Aozora Bank, dan Nasdaq Japan. Tak tanggung-tanggung, nilai kapitalisasi pasar perusahaannya telah mencapai 53 miliar dolar US.

    Rencananya Masayoshi akan membeli saham senilai 70% di perusahaan wireless ketiga terbesar di Amerika Serikat Sprint Nextel sebesar 20,1 miliar dolar US.


  17. Liang Wengen
  18. Liang Wengen

    Beliau merupakan pimpinan Sany Group. Salah satu perusahaan manufaktur peralatan konstruksi terbesar di China.

    Meskipun terlahir dari keluarga miskin di provinsi Hunan, ia beruntung berhasil masuk perguruan tinggi.

    Ia dan ketiga temannya telah mendirikan Sany pada tahun 1989 sebagai pabrik material di tanah kelahirannya.

    Seiring berjalannya waktu, ia terus memperluas bisnisnya ke berbagai negara seperti Jerman, Amerika Serikat, India, Indonesia, dan Brazil bersama dengan 21 perusahaan penjualan di seluruh dunia.

    Karena kesuksesannya, Liang dikenal sebagai “Economic Person of the Year” bersama 10 pengusaha lainnya dan memegang 58% saham di Sany.


  19. Wan Tsai Tsai
  20. Wan Tsai Tsai

    Untuk nominasi pengusaha sukses di Asia asal Taiwan menurut Forbes, maka Wan Tsai Tsai inilah orangnya. Ia memiliki pendapatan bersih sebesar 7,2 miliar dolar US.

    Tsai adalah pendiri Fubon Group seperti Cathay Insurance pada tahun 1961 dan memiliki beberapa cabang di bidang telekomunikasi, konstruksi, serta media.

    Bahkan Tsai juga telah membentuk bisnis keluarga dengan Amerika Serikat dan mencetak nilai pasar 12,7 miliar dolar US.

    Ada juga isu yang beredar bahwa Fubon Financial berhasil memenangkan proposal untuk membeli 80% saham di bank China Firstsino Bank. 

    Jelas ini adalah lampu hijau bagi Taiwan untuk membeli saham bank milik China.


  21. Amanda Cole
  22. Amanda Cole

    Founder Sayurbox ini terpaksa berhenti dari pekerjaannya karena ingin membangun mimpinya untuk membantu petani dalam memotong tengkulak agar mendapatkan harga adil. 

    Platform Sayurbox adalah sumber dan sekaligus tempat distribusi untuk sayur segar ke tangan pelanggannya.

    Mengandalkan lebih dari 300 perkebunan yang jadi mitranya, Sayurbox mampi melayani 50.000 pelanggan dan menghasilkan 1000 pengiriman sehari.

    Inilah yang membuatnya memenangkan kompetisi startup Seedstars Jakarta dan menerima 2 juta USD dalam bentuk pendanaan.


  23. Sunil Bharti Mittal
  24. Sunil Bharti Mittal

    Sunil adalah orang terkaya kedelapan di India dengan pendapatan bersih 6,5 miliar dolar US versi majalah Forbes. Ia merupakan pendiri Bharti Enterprises sekaligus pimpinan perusahaan kapal Bharti Airtel.

    Diusianya yang ke-18 pada tahun 1976 Mittal mendirikan perusahaan manufaktur sparepart sepeda dengan modal kurang dari 500 dolar US.

    Ia juga adalah pendiri Bharti Telecom yang merupakan perusahaan pertama di India yang memperkenalkan telepon dengan tombol.

    Tak lama berselang, perusahaan ini juga menyediakan layanan keuangan dan manufaktur yang beroperasi di 20 negara.


  25. Robin Yanghong Li
  26. Robin Yanghong Li

    Pria dengan pendapatan bersih 4,9 miliar dolar US ini adalah seorang miliarder termuda dan pendiri search engine online terbesar di China, Baidu.

    Pada tahun 2000 Ia mendirikan Baidu bersama Eric Xu setelah mengembangkan software untuk perusahaan teknologi Amerika Serikat IDD dan Infoseek di Silicon Valley.

    Beliau adalah lulusan jurusan komputer dari University of New York dan sekarang menjadi pimpinan sekaligus CEO Baidu. Ia memiliki 16% saham Baidu dengan kapitalisasi pasar mendekati 30 miliar dolar US.


  27. Lee Shau Kee
  28. Lee Shau Kee

    Orang kaya asal Tiongkok ini memiliki kekayaan senilai 22,8 miliar dolar US dan merupakan tuan tanah di daerahnya.

    Ia mendirikan Henderson Land Development, ialah konglomerat properti yang membangun restoran, hotel, dan penyedia layanan internet.

    Bahkan ia sempat dijuluki sebagai Warren Buffet dari Hong Kong karena memiliki banyak saham pada usaha yang berbeda-beda.

    Tercatat ia memiliki operator kapal Feri bernama Hong Kong Ferry Company. Ada juga Hong Kong dan China Gas, perusahaan yang memonopoli semua pipa gas kota yang digunakan 85% masyarakat Hong Kong.


  29. Wang Jianlin
  30. Wang Jianlin

    Juragan properti ini merupakan salah satu Chairman pengembang real estate terbesar Tiongkok, Dalian Wanda Group dengan kekayaan 16,6 miliar dolar US.

    Tak cuma properti, ia juga mengakusisi perusahaan perfilman AMC Entertainment senilai 2,6 miliar dolar US pada tahun 2012.

    Kini perusahaan propertinya memiliki sembilan juta meter persegi real estate di Tiongkok yang terdiri atas department store, hotel mewah, bioskop, dan pusat karaoke.


Penutup

Itulah macam-macam pengusaha sukses di Asia yang bisa jadi sumber inspirasimu agar semangat menjalankan bisnis. Asalkan ada usaha dan tekad yang kuat, maka bukan tidak mungkin kamu bisa sukses seperti mereka.

Baca Juga: