Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyebutkan Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Cara Menyebutkan Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Untuk semakin memperbesar peluangmu diterima kerja, maka sudah seharusnyalah bila kamu belajar cara menyebutkan kelebihan dan kekurangan saat interview.

Apabila dapat menguasai cara menjawab kelebihan dan kekurangan interview dengan baik, pastinya kamu tak perlu khawatir lagi jika mendapat pertanyaan serupa dari HRD. 

Kamu telah bisa menjawab kelebihan dalam interview beserta kekuranganmu sendiri dengan yakin tanpa khawatir mengecewakan HRD. Bahkan itu bisa jadi amunisi yang ampuh untuk membuat HRD semakin tertarik padamu. 

Untuk menjawab pertanyaan kelebihan, mungkin agak sedikit lebih mudah sebab apa yang kamu katakan akan memperbesar peluangmu diterima kerja.

Lain halnya dengan pertanyaan kekurangan, butuh kehati-hatian dalam menjawabnya karena bisa menimbulkan lamaranmu ditolak. 

Solusi terbaiknya adalah memberikan jawaban kekurangan diri yang positif serta kelemahan yang tidak menjatuhkan.

Selain itu, masih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyebutkan contoh-contoh kelebihan dan kekurangan seseorang. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Cara Menyebutkan Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

  1. Berikan jawaban yang jujur
  2. Salah satu hal yang sangat penting dalam menjawab maupun menulis kekurangan dan kelebihan diri di CV yaitu kejujuran.

    Siapapun itu tak akan bisa sukses jika perbuatannya senantiasa tidak dilandasi dengan kejujuran. Begitu pula dalam mengutarakan contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri di hadapan HRD.

    Sebenarnya pihak HRD menginginkan jawaban yang jujur karena ingin mengetahui:

    • Kesesuaian antara kemampuanmu dan kebutuhan perusahaan
    • Bisakah kamu mengemban pekerjaan dengan baik dikemudian hari
    • Membandingkan dirimu dengan kandidat lain
    • Apakah kamu bisa membawa perubahan yang baik untuk tim
    • Apakah kepribadianmu sesuai dengan budaya dan cara kerja perusahaan

    Jawaban yang terdengar asli dan otentik akan jauh lebih mengesankan dibandingkan jawaban yang terlalu umum dan dilebih-lebihkan, bahkan itu bisa menimbulkan hasil negatif.


  3. Utarakan kelebihanmu yang kiranya berdampak baik bagi perusahaan
  4. Coba pikirkan kira-kira apa kelebihanmu yang kira-kira bisa membawa dampak atau efek baik bagi perusahaan.

    Utarakan kelebihan tersebut di hadapan HRD dan jika memungkinkan buatlah dalam konsep cerita agar lebih mudah dipahami dan menarik.

    Misalkan kamu menceritakan prestasi dan pencapaian terbesarmu di perusahaan sebelumnya atau berupa caramu menyelesaikan permasalahan.


  5. Tunjukkan antusiasme pada pekerjaan yang akan kamu lamar
  6. Untuk membuat HRD semakin tertarik, usahakan untuk menunjukkan sikap antusiasmemu terhadap pekerjaan yang akan kamu lamar.

    Tunjukkan bahwa kamu sangat menginginkan pekerjaan tersebut dan siap berjuang sekeras mungkin demi mencapai hasil terbaik.


  7. Berikan jawaban kelemahan yang tidak berkaitan dengan posisi pekerjaan incaranmu
  8. Pada dasarnya, pihak HRD menanyakan kelemahanmu hanya untuk mengetahui tiga hal yaitu:

    • Apakah kamu sadar akan kekuranganmu
    • Bersikap terbuka atau jujur kah kamu
    • Apa solusimu dalam menyelesaikan masalah atau kekuranganmu

    Sehingga dengan demikian, jawaban yang paling aman adalah menjawab 10 contoh kekurangan diri sendiri yang tidak berkaitan dengan posisi incaranmu.

    Jangan lupa juga untuk menyampaikan bagaimana solusi terbaikmu dalam meminimalisir atau bahkan mengatasi kelemahan tersebut.

    Dengan begitu, pihak HRD akan menilaimu sebagai pribadi yang peduli pada karier dan pengembangan dirimu.

    Misalkan kamu adalah seorang copywriter, kamu bisa menjawab bahwa kekuranganmu ada pada kemampuan menghitung. Tetapi saat ini kamu sedang berusaha meminimalisirnya dengan mengikuti beberapa kursus online.


  9. Hindari bersikap terlalu sombong
  10. Salah satu hal yang tak kalah pentingnya saat mengikuti interview kerja adalah mengindari sikap terlalu sombong dan arogan.

    Apabila kamu menjelaskan tentang bagaimana caramu dalam memperbaiki diri, maka gambarkanlah prosesnya dengan rendah hati.

    Tak perlu menjelaskan pujian dari bekas atasan atau hal lainnya yang dirasa kurang penting. Cukup utarakan saja hal yang kiranya membuatmu terlihat tetap ingin memperbaiki diri.


  11. Mengubah kelemahan jadi kelebihan
  12. Misalkan kamu merasa bahwa kelemahanmu adalah perfeksionis, maka kamu bisa mengubahnya jadi kelebihan.

    Jelaskan kepada HRD bahwa karena sikap perfeksionis, kamu cenderung sangat teliti dan suka memeriksa kualitas pekerjaanmu berulang kali.

    Terlepas dari hal tersebut, kamu bisa menunjukkan ke HRD bahwa kelemahanmu tak akan menghambat produktivitasmu di tempat kerja baru.


  13. Hindari mengutarakan kekuranganmu yang berdampak buruk bagi perusahaan
  14. Ungkapan kelemahan yang umumnya masih bisa dimaklumi misalnya masalah kesehatan ringan seperti magh.

    Hindari menyebutkan kelemahan semacam malas, selalu bangun siang, tidak dapat bekerja sama dalam tim, atau kamu adalah pemarah yang biasa kasar dengan lawan bicara. Kelemahan tersebut jelas akan memperbesar peluangmu untuk ditolak.

    Kamu bisa bercerita bahwa kamu tidak terlalu pintar, tetapi akan terus bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin.


  15. Selalu sisipkan solusi ditengah kekuranganmu
  16. Setiap kamu menjelaskan kekuranganmu, pastikan selalu ada solusi dibelakangnya untuk mengatasi kekurangan tersebut.

    Misalkan kamu kurang pandai dalam membuat perencanaan keuangan, namun kamu masih bisa meyakinkan pewawancara bahwa kamu akan terus berusaha dan belajar untuk mendapatkan hasil terbaik.

    Contoh lainnya misalkan kamu adalah pribadi yang kurang percaya diri dan sangat gugup ketika berbicara di hadapan banyak orang. Kamu mengatasinya dengan sering latihan berbicara di depan cermin dan mengikuti kursus public speaking online.


  17. Hindari menjelek-jelekkan dan menyalahkan orang lain
  18. Etika yang paling buruk saat menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan adalah menjelek-jelekkan atau bahkan menyalahkan orang lain. Entah itu perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya, mantan bosmu, atau mantan rekan kerjamu.

    Dengan kamu menjelek-jelekkan mereka, maka pihak HRD akan menilaimu sebagai pribadi yang negatif. 

    Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan menjelek-jelekkannya perusahaan tersebut juga di hadapan perusahaan lain.


  19. Buat list jawaban kelebihan dan kekuranganmu terlebih dahulu
  20. Sebelum mulai mengikuti interview, ada baiknya bila kamu menyiapkan terlebih dahulu daftar kelebihan dan kekuranganmu.

    Hal ini untuk mengantisipasi kamu blank karena grogi di interview dan memantapkan jawaban yang paling ampuh untuk menarik perhatian HRD.

    Kamu bisa menuliskan semuanya di kertas lalu memilah mana yang paling bagus diantara semuanya untuk diutarakan ke HRD.


  21. Berlatih sebelum mengikuti interview
  22. Sebelum tes interview, sangat dianjurkan untuk kamu berlatih di depan cermin menyampaikan 10 contoh kelebihan dan kekurang diri sendiri dengan jelas serta meyakinkan.

    Ini penting untuk melatih bagaimana kamu berbicara dan berekspresi sebaik mungkin demi menarik perhatian HRD.

    Tips interview kerja dari saya yaitu perhatikan juga pandangan, gesture, dan gerak tanganmu saat sedang menjawab pertanyaan recruiter.


Penutup

Demikianlah beberapa tips cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja. Semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian dalam menghadapi sesi interview.


Baca Juga:


FAQ Cara Menyebutkan Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Saat interview ditanya apa kekurangan Anda?

Beberapa pilihan jawaban yang bisa kamu pilih adalah terlalu kritis pada diri sendiri, grogi ketika berbicara di hadapan banyak orang, terlalu takut mengambil risiko, dan sering tidak sabar ketika sesuatu berjalan lambat.


Apa sih kelebihan saya?

Berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan, penuh semangat, rapi, kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan interpersonal yang baik, dapat bekerja dalam tim, dan pribadi yang menyenangkan.


Cara menjawab pertanyaan apa kelebihan Anda?

Jawablah dengan jujur dalam bentuk cerita, percaya diri, antusias, dan dengan jawaban terbaik yang sudah kamu rencanakan sebelumnya.


Bagaimana cara menceritakan diri sendiri saat interview?

Dimulai dari sedikit pengantar yang mencakup nama, sekolah, dan apa yang kamu pelajari. Ungkapkan sisi menarik apa yang ada pada dirimu termasuk hal-hal menarik di CV-mu serta tujuanmu melamar kerja.


Apa yang dimaksud dengan kelemahan?

Kelemahan menurut kamus besar bahasa indonesia berarti keadaan atau sifat yang lemah.


Bagaimanakah cara menghadapi kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri?

Tetap percaya diri tanpa berlebihan, rajin ibadah, menghargai orang lain, dan tetap rendah hati.