30 Prospek Kerja Akuntansi untuk Lulusan S1, D3, dan Gajinya - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

30 Prospek Kerja Akuntansi untuk Lulusan S1, D3, dan Gajinya

Prospek Kerja Akuntansi

Prospek kerja akuntansi untuk S1, D3, dan gajinya adalah hal yang wajib kamu tahu jika ingin kuliah jurusan akuntansi.

Ini bukan tanpa alasan, dengan mengetahui peluang kerja akuntansi maka setidaknya kamu bisa lebih mempersiapkan diri akan syarat masuk jurusan akuntansi. Baik itu prospek kerja akuntansi syariah, manajemen pemerintahan, perpajakan, dan keuangan.

Bahkan kamu juga bisa tahu apakah jurusan akuntansi harus pintar matematika atau tidak.

Dengan mengetahui prospek jurusan akuntansi, maka kamu juga bisa menentukan arah dan tujuan kariermu ke mana nantinya setelah lulus kuliah.

Penasaran apa sajakah prospek kerja jurusan akuntansi? Yuk tengok penjelasan lengkapnya berikut ini.


Prospek Kerja Akuntansi

  1. Akuntan Publik
  2. Profesi akuntan publik bisa bekerja secara individu maupun dengan perusahaan dalam penyiapan dan analisis berbagai dokumen serta laporan keuangan.

    Jenis pekerjaan ini harus memahami regulasi perpajakan dengan baik sembari terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

    Untuk alumni S1 akuntansi dengan pengalaman kerja yang minim biasanya dibayar sekitar empat hingga delapan juta per bulan. Namun bayaran itu akan meningkat secara signifikan dibarengi dengan banyaknya pengalaman kerjamu.


  3. Petugas Akuntansi
  4. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan yang ada. 

    Dalam hal ini petugas akuntansi tak menganalisis data seperti akuntan, melainkan hanya menyediakan data.

    Uniknya, profesi ini dibutuhkan hampir di segala macam industri. Umumnya pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dasar dalam bidang komputer dan tak ada kualifikasi khusus lainnya untuk diterima jadi  petugas akuntansi.


  5. Manajer Akuntansi
  6. Manajer akuntansi merupakan pimpinan dari anggota utama di departemen akuntansi dari suatu perusahaan.

    Manager akuntansi tugasnya memanfaatkan data-data keuangan yang ada untuk mengambil keputusan yang menguntungkan perusahaan dari segi keuangan.

    Selain itu, manajer akuntansi juga berkewajiban merencanakan anggaran perusahaan sekaligus menjadi atasan bagi para akuntan yang bekerja.

    Memilih bekerja sebagai manajer akuntansi, setidaknya dibutuhkan skill komunikasi yang kuat, mampu mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan guna menciptakan solusi terbaik untuk perusahaan.


  7. Asisten Akuntansi
  8. Prospek kerja akuntansi satu ini tugasnya membantu pekerjaan para akuntan. Ini adalah pilihan karier yang bagus untukmu jika masih fresh graduate.

    Umumnya asisten akuntansi mengerjakan tugas semacam pembukuan, pencatatan laporan keuangan, buku besar dan beberapa tugas dasar lainnya.


  9. Credit Analysis Manager
  10. Tanggung jawab utama dari pekerjaan lulusan akuntansi satu ini ialah menganalisis dan melaporkan data keuangan klien.

    Termasuk di dalamnya riwayat kredit, kebiasaan pembayaran, pendapatan tahunan, dan berbagai aktivitas pembelian.

    Credit analysis manager banyak dibutuhkan oleh perusahaan industri tertentu. Jelas dalam hal ini dibutuhkan pengetahuan dan ketajaman bisnis yang kuat.


  11. Cost Accountant
  12. Tugas dari prospek kerja akuntansi satu ini ialah menganalisis pembiayaan dari suatu perusahaan serta memberi masukan agar biaya tersebut dapat terminimalisir. Sehingga dengan demikian, pengeluaran bisa lebih ditekan dan keuntungan dapat di maksimalkan.

    Nantinya cost accountant akan meneliti semua biaya terkait rantai pasokan sehingga penyusunan anggara dan analisis profit bisa dilakukan.

    Cost accountant bertanggung jawab dalam mengumpulkan, validasi, sinkronasi data untuk transparansi keuangan, dan perbaikan proses.

    Nantinya cost accountant akan bekerja sama dengan akuntan untuk memanfaatkan data yang didapatkan dengan sistem ERP dan CRM.


  13. Account Officer
  14. Profesi lulusan akuntansi satu ini tugasnya menilai, mengevaluasi, serta mengusulkan nilai pinjaman yang kiranya dapat diberikan oleh perusahaan ke instansi maupun pihak lain.

    Jadi bisa atau tidaknya suatu instansi memberikan pinjaman tergantung dari keputusan si account officer.


  15. Auditor
  16. Tanggung jawab seorang auditor adalah meninjau catatan keuangan serta memastikannya agar akurat.

    Selain itu, kamu juga harus memastikan dan malaporkan bisnis dari suatu perusahaan maupun instansi tertentu.

    Peranan auditor sangatlah penting dalam memastikan akurasi efisiensi pendistribusian keuangan perusahaan.

    Auditor akuntansi terfokus pada persoalan internal untuk mitigasi risiko serta mengidentifikasi bagian mana penghematan dana bisa dilakukan.

    Untuk seorang auditor fresh graduate biasanya di kota-kota besar dibayar sebesar tujuh sampai sepuluh juta per bulan.


  17. Analis Keuangan
  18. Profesi analis keuangan bertugas melakukan riset data guna mengidentifikasi peluang dan mengevaluasi untuk rekomendasi investasi maupun keputusan bisnis.

    Secara spesifiknya, analis keuangan tugasnya meneliti situasi makroekonomi dan mikroekonomi bersama dengan perusahaan guna memprediksi bisnis, industri, dan sektor.

    Analis keuangan juga harus mampu menyadari update terkini di bidang spesialis mereka dan mempersiapkan pemodelan keuangan guna memprediksi perekonomian di masa depan dengan sejumlah faktor.


  19. Assistant Controller
  20. Prospek kerja akuntansi lainnya adalah assistant controller. Profesi ini tugasnya mengontrol perusahaan dalam semua aktivitas yang berhubungan dengan akuntansi. Termasuk manajerial, lanjutan, dan aktivitas keuangan lain dalam perusahaan.

    Untuk bisa berkarier dalam bidang ini, setidaknya kamu harus punya skill analitis, komunikasi, organisasi, dan kemampuan teknologi yang kuat. 

    Selain itu, kamu harus punya pengalaman lima tahun dalam bidang akuntansi, keuangan, atau akuntan publik.

    Tugas yang biasa ditangani assistant controller meliputi peninjauan data keuangan, penerbitan dan penyerahan faktur, mempersiapkan anggaran tertulis, menyajikan laporan bulanan, serta lain sebagainya.


  21. Accounting Software Developer
  22. Prospek kerja akuntansi ini tugasnya men-support dalam pembuatan dan dan dukungan aplikasi yang digunakan dalam tujuan akuntansi.

    Termasuk di dalamnya bertanggung jawab memastikan perangkat lunak dapat berfungsi dengan baik dalam mengelola tiap akun dan transaksi serta verifikasi sistem bisa menangani berbagai macam entri yang dibuat akuntan.

    Umumnya accounting software developer bekerja dalam tim karena hampir sebagian besar data yang dimasukkan ke sistem berhubungan dengan sistem moneter yang berguna akurasi perhitungan.


  23. Compliance Officer
  24. Merupakan pekerjaan yang tugasnya memastikan perusahaan tetap patuh pada aturan, hukum, kebijakan, dan anggaran rumah tangga internal yang ada.

    Tak hanya itu, compliance officer juga berperan membantu atasan untuk bekerja sama dengan manajemen dan staf guna melakukan identifikasi serta pengelolaan risiko peraturan.

    Tujuannya yaitu memastikan bahwa organisasi punya kontrol internal dalam mengukur dan mengelola risiko yang ada.


  25. Budget Analyst
  26. Profesi lulusan akuntansi satu ini tugasnya membantu organisasi besar maupun kecil untuk tetap pada jalur keuangannya agar mampu mempertahankan keseimbangan anggarannya.

    Nantinya kamu akan membantu mengatur keuangan perusahaan dengan membuat laporan keuangan rutin, bekerja sama dengan pihak eksekutif terkait kebutuhan pendanaan, serta menilai keputusan anggaran.

    Intinya, profesi ini tugasnya membantu organisasi dalam merencanakan pembelian serta menilai keuntungan maupun kerugian dalam pembelian dalam rangka membantu pimpinan perusahaan.


  27. Financial Advisor
  28. Seorang financial advisor bertugas memberikan nasihat keuangan kepada klien. Sehingga dengan demikian maka financial advisor harus mampu membangun kepercayaan klien serta menanggapi pertanyaan dan masalah dengan baik.

    Dalam menentukan portofolio investasi untuk klien, kamu harus mempertimbangkan berbagai informasi. Termasuk perubahan dari regulasi, tren dari ekonomi, serta menjauhkan klien dari risiko kerugian.

    Umumnya financial advisor membantu kliennya dalam perencanaan tujuan jangka pendek dan panjang seperti biaya pendidikan maupun pensiun.

    Untuk masalah bayaran ia tergolong variatif per jamnya. Ada yang mulai Rp. 250 ribu bahkan sampai Rp. 3 juta per jamnya.


  29. Forensic Accountant
  30. Tugas dari prospek kerja akuntansi satu ini ialah menganalisis, menafsirkan, dan meringkas masalah keuangan dan bisnis yang kompleks.

    Dalam hal ini kamu perlu skill akuntansi, audit, dan investigasi dalam memeriksa keuangan individu maupun bisnis yang berjalan.

    Umumnya forensic accountant sangat dibutuhkan dalam pemecahan kasus penipuan dan penggelapan uang sehingga bisa dijelaskan di pengadilan.

    Biasanya badan yang perlu forensic accountant itu semacam kepolisian, perusahaan asuransi, perbankan, lembaga pemerintahan, atau lembaga akuntansi publik.


  31. International Tax Manager
  32. Tugas utama dari profesi satu ini ialah membuat dan mengimplementasikan strategi perpajakan untuk para klien.

    Kamu bertanggung jawab dalam mendukung bisnis dan individu dalam memastikan keakuratan dari tanggung jawab perpajakan serta kepatuhan terhadap semua undang-undang pajak yang berlaku.

    Profesi sebagai international tax manager sangatlah dibutuhkan oleh organisasi yang menjalankan bisnis di banyak negara atau mereka yang punya penghasilan dari investasi asing.


  33. Tax Accountant
  34. Jika biasanya para akuntan cenderung mengurusi laporan keuangan dan posisi klien secara keseluruhan, maka tax accountant hanya terfokus pada pajak klien.

    Tugas utamanya yakni memastikan klien tetap mematuhi semua undang-undang perpajakan dan mencegah dari terkenanya denda oleh pemerintah.

    Tax accountant nantinya akan menawarkan perencanaan pajak kepada klien dan membantu mereka menghemat uang dalam masa pajak.


  35. Treasury Analyst
  36. Tugas dari seorang treasury analyst ialah bertanggung jawab dalam aktivitas keuangan suatu organisasi, pengelolaan cash flow, pendapatan, kredit, banyak aset, dan beberapa kewajiban lainnya.

    Sebenarnya tugas treasury analyst termasuk bervariasi tergantung tempat kerjanya. Apakah itu dalam bidang organisasi non profit, bekerja dalam bisnis, atau lembaga pemerintahan.

    Treasury analyst juga bertugas dalam analisis pola keuangan serta membuat proyeksi pendapatan maupun pengeluaran guna membantu dalam pengembangan strategi investasi.


  37. Konsultan Pajak
  38. Prospek kerja akuntansi satu ini berperan dalam membantu orang untuk membuat keputusan yang tepat terkait masalah perpajakan yang dialami.

    Nantinya kamu juga akan mengumpulkan informasi tentang kondisi keuangan klien serta menyusun strategi dalam membantu mengurangi kewajiban pajak dengan mengambil keuntungan dari kredit dan pemotongan pajak yang ada.

    Tak cuma itu, sebagai konsultan pajak kamu juga harus memastikan bahwa klienmu memenuhi kewajiban perpajakan dan sesuai dengan hukum yang berlaku.


  39. Chief Financial Officer (CFO)
  40. Perlu kamu tahu bahwa CFO merupakan seorang eksekutif senior yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan suatu perusahaan.

    Tugasnya mencakup pelacakan aliran dana dan perencanaan keuangan serta menganalisis kekuatan dan kelemahan keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan.

    Perannya kurang lebih hampir mirip dengan bendahara, yakni bertanggung jawab dalam pengelolaan divisi akuntansi dan keuangan.

    Tak cuma itu saja, CFO juga harus memastikan keakuratan laporan keuangan perusahaan agar bisa diselesaikan tepat waktu.


  41. Content Writer
  42. Apabila kamu termasuk orang yang senang menulis artikel, bisa juga kok memilih menjadi content writer dengan berkontribusi pada suatu website atau di blog sendiri.

    Sebagai prospek kerja akuntansi, tentunya kamu bisa terfokus membuat konten yang berhubungan dengan materi akuntansi maupun sejenisnya.


  43. Youtuber
  44. Menjadi Youtuber merupakan salah satu prospek kerja akuntansi yang menarik untuk dicoba jika ingin menghasilkan uang secara online. 

    Pasalnya, kamu sebagai alumni akuntansi bisa membuat video yang berkaitan dengan ilmumu atau hobimu.

    Sebagai bahan referensi, kamu mungkin bisa cek di youtube terkait topik bahasan apa saja yang umum dicari orang.


  45. Polisi
  46. Lulusan akuntansi ternyata juga bisa loh jadi polisi dengan pangkat perwira pertama. Tetapi kamu juga perlu melihat kebutuhan program studi yag dibuka di penerimaan anggota Polri karena biasanya tiap tahun berbeda.

    Agar lulusan akuntansi bisa jadi anggota Polri, setidaknya kamu harus mendaftar di SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) dengan pendidikan minimal enam bulan.


  47. Tentara
  48. Tahukah kamu bahwa ternyata tak hanya lulusan akademi militer saja loh yang berpeluang jadi perwira pertama. Prospek kerja akuntansi juga berpeluang untuk mendaftar jadi perwira prajurit karir dari TNI.

    Tetapi terlebih dahulu kamu harus memeriksa website rekrutmen TNI terkait lulusan program studi yang dibutuhkan karena tiap tahunnya berbeda.

    Nantinya kamu akan mengikuti seleksi bertahap dalam hal administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, psikologi, akademik, dan pantukhir.


  49. Pegawai Negeri Sipil
  50. Kebanyakan orang Indonesia banyak yang ingin jadi PNS karena gaji dan tunjangannya tetap. Apalagi tiap lowongan CPNS selalu saja dibuka untuk lulusan akuntansi.

    Banyak sekali yang mengincar profesi ini karena gajinya yang meningkat sesuai lama pengabdian, pangkat, dan tentu saja dianggap bergensi di mata masyarakat serta calon mertua.


  51. Dosen
  52. Prospek kerja akuntansi yang lain adalah menjadi dosen. Hanya saja untuk menjalani profesi ini terlebih dahulu kamu harus menyelesaikan pendidikan minimal S2 bahkan S3.

    Jadi bagi kamu para alumni jurusan akuntansi dan ingin jadi dosen, sebaiknya selesaikan dulu pendidikan S2 bahkan S3-mu.


  53. Berwirausaha
  54. Berbekalkan ilmu akuntansi yang didapat selama proses perkuliahan, kamu juga bisa menjadi entrepreneur dengan membuka bisnis sendiri.

    Hanya saja untuk berwirausaha dibutuhkan effort yang besar agar bisa sukses. Bahkan tak jarang kamu akan akrab dengan kegagalan.

    Para alumni akuntansi tentuny punya dasar yang baik dalam perencanaan maupun manajemen keuangan, sehingga sangat cocok untuk jadi pengusaha.

    Kamu bisa membuka bisnis, baik yang berhubungan dengan akuntansi maupun tidak. Misalkan membuka toko, restoran, wirausaha online, dan lain sebagainya.


  55. Pengawai Lembaga Keuangan Pemerintah
  56. Sebagai prospek kerja akuntansi, kamu juga bisa bekerja di lembaga keuangan seperti Bank Indonesia (BI) dan otoritas jasa keuangan (OJK).

    Kamu bisa mendaftar saat lowongannya terbuka. Hanya saja untuk masalah persaingan di sana cukup ketat.

    Apalagi gaji yang ditawarkan di sana di atas rata-rata gaji akuntan pada umumnya di tempat atau perusahaan lain.


  57. Makelar Saham
  58. Prospek kerja akuntansi yaitu menjadi broker saham atau pialang saham. Merupakan penghubung investor untuk transaksi jual beli saham, obligasi, dan mata uang asing di pasar modal.

    Hampir sebagian besar broker saham umumnya bekerja di bawah naungan perusahaan yang bergabung di bursa efek karena harus bekerja berdasarkan etika bursa.


  59. Pegawai Asuransi
  60. Tugas seorang pegawai asuransi adalah menawarkan dan memasarkan produk asuransi untuk dan atas nama penanggung. Dalam hal ini mengacu pada perusahaan asuransi yang diwakilinya.

    Dalam menjalankan tugas, agen asuransi berperan sebagai perantara antara tertanggung dan penangggung yang nantinya akan ditertibkan dengan perjanjian asuransi.

    Menjadi pegawai asuransi tentu merupakan profesi yang menjanjikan secara finansial. Apalagi kamu turut serta menjadi pahlawan yang membuat masa depan seseorang jadi nyaman, aman, dan terjamin.


Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kamu tentang prospek kerja akuntansi. Semoga apa yang kami bagikan ini bisa berguna bagi teman-teman sekalian untuk memantapkan hati dan tujuan dalam memilih jurusan akuntansi. Terima kasih!


Jangan Lewatkan: