Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

16 Contoh Bahwa Batik Banyak Diminati oleh Tokoh-Tokoh Dunia

contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia

Masing bingung ditanya berikan satu contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia? Tenang saja, sebab disini saya akan membahas tokoh-tokoh tersebut.

Tak dapat dipungkiri bahwa memang batik merupakan salah satu warisan budaya dunia menurut UNESCO (United Educational, Scientific, and Culturan Organization) pada tahun 2009 silam.

Batik ialah seni tradisional Indonesia yang berupa gambar di atas kain dengan beragam motif dan corak unik.

Sebenarnya batik tak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan juga sudah sangat populer ke seluruh mancanegara.

Bahkan tak jarang kita menemukan banyak turis-turis mancanegara yang membeli batik untuk cideramata.

Tanpa ketinggalan, pejabat-pejabat dari berbagai belahan dunia pun pernah memakai batik. Apa sajakah contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia, berikut penjelasannya.


Contoh Bahwa Batik Banyak Diminati oleh Tokoh-Tokoh Dunia

  1. Nelson Mandela
  2. Nelson Mandela

    Siapa yang tak kenal dengan beliau, Nelson Mandela. Ialah seorang mantan Presiden Afrika Selatan yang sudah wafat pada tanggal 5 Desember 2013.

    Siapa sangka bahwa ternyata beliau cukup identik dengan pakaian batik. Nelson dikabarkan sering memakai batik dii acara-acara kenegaraan. Bahkan Jusuf Kalla sempat memuji Mandela atas keberaniannya menggunakan batik.

    Hingga saat ini orang Afrika sampai takut menggunakan batik karena sangat menghormati Mandela yang masih menjabat jadi presiden.

    Nanti setelah Nelson lepas jabatan, barulah masyarakat Afrika Selatan mulai juga menggunakan batik.


  3. Barack Obama
  4. Barack Obama

    Tokoh terkenal selanjutnya yang mengenakan batik Ialah mantan Presiden Amerika Serikat yang semasa kecilnya pernah tinggal di Indonesia.

    Ini terlihat ketika ia berkunjung ke Indonesia di acara Voice of Peace di Bali tahun 2011 silam. Karena memakai batik, Obama sempat menarik perhatian dunia.


  5. Kate Middleton
  6. Kate Middleton

    Foto ini menunjukkan Istri Pangeran William, Kate Middleton sedang mengenakan Warp Dress batik saat menghadiri sebuah acara penting di Australia.

    Warp Dress bar ikat print klasik berwarna putih dan biru ini merupakan busana rancangan Diane Von Furstenberg.


  7. Bill Gates
  8. Bill Gates

    Siapa sangka bahwa ternyata bos Microsoft ini pernah mengenakan kemeja batik saat acara kuliah umum di Jakarta Convention Centre (JCC) pada tahun 2008.

    Awalnya Bill Gates berencana mengenakan pakaian formal berupa jas berdasi. Namun setelah ditawari mengenakan batik, beliau menyetujuinya.

    Datangnya petinggi Microsoft di tahun 2008 juga mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Terlebih lagi beliau mengenakan batik khusus motif pisang bali Manggar.

    Motif tersebut umumnya dipakai oleh orang-orang keraton Solo. Makna motif ini ialah kesetiaan yang terus berulang dari dahulu, sekarang, dan selamanya.

    Ketika mengenakannya sebagai pakaian, diharapkan pemimpin ini bisa bekerja dengan tulus, tegas, dan menjadi teladan.


  9. Sehun 'EXO' dan Batik Motif Parang
  10. Sehun 'EXO' dan Batik Motif Parang

    Contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia yaitu Sehun Exo dengan batik motif parangnya.

    Saat acara musik “Inkigayo” yang diadakan akhir Juli lalu, Sehun nampak menggunakan batik motif parang “Kokobap”.

    Mengingat arti pola parang yang memiliki arti keberanian dan keinginan untuk memenangi pertempuran atau juga bisa disimpulkan sebagai lambang peruntungan, bisa saja Sehun sudah mengetahui berkenaan filosofi dalam dari baju yang ia gunakan.

    Sehun memang populer sedikit nyleneh sich. Beberapa saat awalnya, anggota boyband EXO ini pernah ketangkap camera sedang kenakan sandal jepit bertali hijau.


  11. Reese Witherspoon dan Batik Modern
  12. Reese Witherspoon dan Batik Modern

    Reese terlihat ceria dengan pola batik yang kekinian dengan design baju yang modern.

    Style Reese yang fashionable ini memperlihatkan tidak ada kesan-kesan tua pada kain batik. Makin hari, kain batik semakin memperlihatkan keberagamannya.

    Tidak cuman batik dengan pola yang penuh arti, Anda sekarang bisa juga mendapati beberapa pola atau design batik yang lebih dinamis. Pola ini pasti memperlihatkan jika pemakainya dinamis.


  13. Julia Roberts dan Batik Pesisir
  14. Julia Roberts dan Batik Pesisir

    Kabarnya, sejak Julia Roberts kenakan pakaian terusan ini, beberapa orang mengincar mode dan pola yang serupa.

    Gaun yang dikenai Julia ialah batik Bali dengan macam hias biasa, yakni berbentuk pola bunga.

    Umumnya, batik yang Anda dapatkan di Bali banyak datang dari Pekalongan, hingga dapat disebutkan sebagai batik pesisir.

    Untuk batik tipe ini, tidak ada arti yang terdapat dalam polanya. Namun intinya adalah Julia Robert ialah salah satu contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia.


  15. Seohyun dan Tiffany 'Girl's Generation' dengan Batik Modern Abstrak
  16. Seohyun dan Tiffany 'Girl's Generation' dengan Batik Modern Abstrak

    Duet cantik dari girlband Korea Girl's Generation (SNSD) ini kenakan batik yang serupa dengan Reese, yakni pola kekinian.

    Pola kain batik yang dipakai sebetulnya tidak masuk ke pakem batik, karena karakternya yang abstrak.

    Walau tidak bermakna filosofis, tetapi pola abstrak ini masih tetap lekat dengan sentuhan budaya yang membuat berlainan dengan baju biasa.

    Inilah hal yang tak dapat terelakkan dari contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia.


  17. Vladimir Putin
  18. Vladimir Putin

    Presiden Russia, Vladimir Putin terlihat kenakan batik baju yang dibuat dari kain tenun endek Bali warna hijau dalam acara KTT Asia-Pacific Economic Cooperation.

    Bahkan juga pada acara ini didatangi Barrack Obama di tahun 2013 lalu di Nusa Dua, Bali.


  19. Paris Hilton
  20. Paris Hilton

    Contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia lainnya bisa kita lihat pada Paris Hilton. 

    Rupaya beliau pernah tampak mengenakan gaun batik panjang warna merah muda yang cukup indah. Beritanya Paris Hilton benar-benar sangat memuji Batik Indonesia.


  21. Carlos Santana
  22. Carlos Santana

    Carlos Santana ialah seorang musisi asal Spanyol yang dikenali sebagai gitaris kelas dunia tampak kenakan batik di video clip nya yakni Saideira.

    Gitaris asal Meksiko ini kelihatannya menyenangi batik. Di video clip nya itu, Carlos kelihatan benar-benar nyaman kenakan pakaian batik dari sejak awalnya sampai akhir video clip.

    Rupanya Carlos Santana bukan hanya memakai batik di video clip itu saja. Bahkan ia juga melakukannya di video Into the Night yang dibawakannya dengan Chad Kroeger (Nickelback).


  23. Gough Whitliam
  24. Gough Whitliam

    Jauh sebelum Hari Batik Nasional ditetapkan, almarhum Presiden Soeharto dulunya sangat rajin mengenalkan batik ke beberapa negarawan Internasional.

    Gough Whitliam sebagai Perdana Menteri ke-21 Australia yang dihadiahi baju batik lengan panjang saat berkunjung di Candi Borobudur tahun 1974.

    Dan rupanya Gough Whitlam kenakan batik di saat kembalinya menuju Australia.


  25. Jessica Alba
  26. Jessica Alba

    Aktris hollywood Jessica Alba juga tidak ingin kalah, dia menarik perhatian beberapa netizen dengan mengguanakan batik dengan motif parang rusak asal Yogykarta dan kenakan long boots warna hitam.

    Jessica Alba kenakan batik saat mendatangi acara Step-Up's Fourt Annual Fashion Forward Luncheon. Tampilan ini membuat Jessica Alba makin menarik.


  27. Zinedine Zidane
  28. Zinedine Zidane

    Pemain bola Zinedine Zidane kenakan batik saat bertandang ke Indonesia pada Juli 2007 lalu.

    Menggunakan baju batik berlengan panjang warna cokelat yang dipadukan dengan celana jins dan sepatu kets putih, Zidane kelihatan masih tetap gesit bermain bola bersama Presiden SBY.


  29. Bill Clinton
  30. Bill Clinton

    Bekas Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, saat lakukan lawatan ke Indonesia kelihatan kenakan batik.

    Saat itu, Clinton kenakan batik warna cokelat kekuningan saat berjumpa dengan Presiden Soeharto. Uniknya, batik belum disahkan sebagai peninggalan budaya Indonesia oleh UNESCO, tetapi telah mengundang perhatian beberapa figur dunia.


  31. Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa
  32. Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa

    Presiden Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa, terlihat kenakan baju batik ala-ala Indonesia dalam beberapa acara sah saat masih menjabat sebagai wapres.

    Awalnya, pimpinan Afrika yang diketahui kerap kenakan batik ialah figur besar Afrika Selatan, almarhum Nelson Mandela.

    Salah satunya acara terkini yang didatangi Emmerson Mnangagwa saat menggunakan batik Indonesia ialah pengesahan Pekan Turisme Internasional Zimbabwe di ibukota Harare di awal September tahun 2017.


Penutup

Demikianlah penjelasan terkait berikan satu contoh bahwa batik banyak diminati oleh tokoh-tokoh dunia. Sampai sini kamu sudah paham kan bahwa batik sangat banyak penggemarnya di seluruh dunia.

Baca Juga: Contoh budaya lokal yang dapat menginspirasi kerajinan usaha