Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Game Simulasi Bisnis Online yang Bagus untuk Kamu Mainkan

Game Simulasi Bisnis Online

Memainkan game simulasi bisnis online merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mengasah skill bisnis sebelum memulai suatu bisnis.

Apalagi jika kamu tergolong masih sangat muda dan bahkan belum tahu bagaimana alur bisnis di dunia nyata yang sebenarnya.

Pada dasarnya, game simulasi bisnis PC bisa dimainkan siapa saja tanpa takut mengalami kerugian materi dan bisa sambil menghibur diri dikala waktu senggang.

Memainkan software game simulasi bisnis akan memberikanmu sensasi dan pengalaman bagaimana merintis usaha dari bawah sampai menjadi kaya raya. Yah, meskipun baru sebatas game bisnis PC.

Berikut ini adalah beberapa game tentang bisnis yang sangat recommended untuk kamu mainkan, simak hingga akhir yah.


Game Simulasi Bisnis Online

Beberapa game berikut ini adalah game yang dapat kamu mainkan di PC secara online.

1. Real Estate Tycoon

 

Real Estate Tycoon

Game Real Estate Tycoon sangat cocok dimainkan oleh kamu yang menyukai dunia properti dan familiar dengan kenaikan dan penurunan harga yang cepat.

Saat memainkan game ini, kamu memiliki misi mendapatkan keuntungan sebesar mungkin dari penjualan properti dengan kerugian seminimal mungkin.

Ketika awal memulai, kamu mungkin mendapati kenaikan dan penurunan harganya agak lambat. Tapi semakin lama bermain, kenaikan dan penurunannya akan berlangsung sangat cepat.

Real Estate Tycoon adalah game yang sangat simpel untuk dimainkan karena didesain sedemikian rupa untuk anak-anak agar belajar mengelola perhatian mereka dan melacak tren. 


2. Youtubers Life

Youtubers Life

Menjadi seorang youtubers tentunya menjadi impian tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya hanya dengan mengupload video ke youtube, kamu bisa jadi orang yang kaya raya.

Untuk kamu yang punya impian sebagai youtubers tapi belum kesampaian, maka bisa melampiaskannya melalui game simulator berjudul Youtubers Life.

Sekilas, game ini mirip The Sims, cuma ia lebih fokus terhadap karakter yang dimainkan. Mulai dari memilih konten yang dibuat, mendesain ruang kerja, mengkostumisasi pakaian, dan sebagainya.


3. Two Point Hospital

Two Point Hospital

Apakah ada diantara kamu yang punya mimpi mempunyai usaha rumah sakit sendiri? Jika iya, maka kamu bisa mencoba merasakan cita-citamu itu di game simulasi bisnis Two Point Hospital.

Di game ini kamu akan merasakan bagaimana berperan sebagai pemilik rumah sakit yang ditugaskan mengembangkan bisnis sekaligus menyembuhkan pasien.

Aspek pengembangan bisnisnya pun beragam, mulai dari pengadaan fasilitas kesehatan, tenaga medis, hingga menjaga mood baik dari pasien maupun tenaga medis itu sendiri.


4. Virtonomics

Virtonomics

Game bisnis selanjutnya yang bisa kamu mainkan adalah Virtonomics. Game berbasis website ini menggunakan elemen pengetahuan dalam bidang ekonomi.

Di game ini kamu akan merasakan simulasi bisnis dan simulasi perekonomian. Jadi secara tak langsung kamu akan akan belajar dasar-dasar ilmu ekonomi dan manajemen.

Gameplay-nya pun sangat simpel, kamu hanya perlu mengelola perusahaan agar bisa terus berkembang.

Beberapa hal yang nantinya akan kamu lakukan adalah menyewa dan melatih karyawan, mengatur penjualan dan persediaan, memonitor pesaing, meningkatkan kualitas produk, mempromosikan merk perusahaan, serta mengambil bagian dalam lelang dan lain-lain.


5. Rise of Industry

Rise of Industry

Game Rise of Industry adalah game bagus yang mengambil latar belakang dunia perindustrian. Game ini menyajikan permainan strategi dan manajemen seputar dunia industrial.

Dalam hal ini, kamu akan berperan sebagai entrepreneur yang tugasnya membangun pabrik, menghasilkan produk, menjalankan jaringan transportasi antar demand dan supply. 

Bahkan sampai belajar mengeksploitasi tenaga kerja supaya mendapatkan profit yang tinggi.


6. Roller Coaster Tycoon

Roller Coaster Tycoon

Game Roller Coaster Tycoon termasuk game yang cukup terkenal sejak 1999. Tiap serinya berhasil menarik perhatian penggemar game Tycoon.

Di game ini kamu akan diberi kendali penuh untuk membangun sebuah taman hiburan sendiri.

Dimana kamu bisa merancang tiap tata letak wahana permainan, memperkerjakan karyawan, mengembangkan bisnis usaha, sampai melakukan perawatan terhadap wahana.


7. Mashinky

Mashinky

Game Mashinky ialah game simulator bisnis yang ada sejak tahun 2017 lalu. Game ini sekilas mirip dengan board game karena ciri khasnya yang bisa dimainkan secara bersamaan agar lebih seru.

Di game ini kamu bisa bermain dengan teman lainnya agar bekerja sama dalam membuat sebuah perusahaan kereta api terbesar di dunia.

Nantinya kamu harus mengatur, menempatkan, sampai menyusun strategi pembuatannya. Mulai dari pembelian infrastruktur, meratakan kontur tanah yang tidak rata, sampai memastikan perusahaan punya profit saat sudah berjalan.


Penutup

Demikianlah beberapa game simulasi bisnis online yang bisa sobat mainkan di PC. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kawan-kawan sekalian.