Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun Bisa Bikin Hidup Kamu SEMPURNA

Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun Bisa Bikin Hidup Kamu SEMPURNA

selalu bersyukur dalam keadaan apapun

Hidupcu.com - Manusia terkadang lupa untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Baik karena disibukkan oleh kegiatan duniawi atau karena yang lainnya. Dengan selalu bersyukur dalam keadaan apapun maka hidup kita akan selalu terasa sempurna. Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus selalu bersyukur dalam keadaan apapun.

Bersyukur menjadi suatu perbuatan yang patut untuk dilakukan. Karena dengan bersyukur kita jadi menghargai dan menghormati kebesaran Tuhan yang sudah memberikan kita anugerahnya.

Bersyukur bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Karena penilaian Tuhan pada kita bukan hanya dari perkataan dan perbuatan saja. Melainkan juga dari dalam hati kita.

Segala cobaan hidup yang mengguncang kita terkadang membuat kita lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya.

Ada sebuah cerita tentang seorang bapak yang bekerja sebagai tukang becak.

Suatu hari sang bapak melihat ada orang yang melintas dengan mobil mewah dan berpakaian rapi dihadapannya. Orang tersebut adalah salah satu bos besar di perusahaan negeri kita ini.

Kemudian sang bapak tukang becak berkata dalam hatinya
Andai saya bisa seperti orang yang didalam mobil itu, pasti hidup saya jadi terasa sempurna.

Dan saat yang sama pula, bapak yang ada di dalam mobil tersebut dengan segala masalah-masalah bisnis yang dihadapinya melihat tukang becak yang sedang duduk santai di kursi becaknya seraya berkata dalam hati
Andai saya bisa seperti tukang becak itu, hidup tanpa banyak masalah seperti yang saya alami saat ini. Saya mungkin bisa lebih menikmati hidup.

Dari kisah di atas kita bisa mengambil hikmah bahwa manusia tidak akan pernah puas dengan kondisi yang diterimanya.

Sudah bergelimang harta dan memiliki kedudukan yang tinggi, tetapi tidak membuat mereka bersyukuratas apa yang mereka dapatkan.

Begitu pun yang dengan yang hidup tanpa harta yang melimpah dan kedudukan yang tinggi, tetapi memiliki kehidupan yang cukup dan harmonis..

Dari permasalah di atas, ada dua nasehat :

  1. Bila kita telah sukses dalam hidup, maka jangan lupa untuk bersyukur.
  2. Apabila kita gagal, maka bersabarlah dan jangan selalu melihat ke atas. Tapi lihatlah orang-orang di bawah kita yang hidupnya tidak lebih baik dari kita.


Renungkanlah dua nasehat di atas. Apa Anda sudah bersyukur hari ini? dan apabila Anda telah melakukannya. Tentu Anda merasa lebih baik.


Hal-hal yang Membuat Kita Mudah Bersyukur


1. Selalu Melihat ke Bawah Untuk Urusan Duniawi


kata bersyukur islami

Dengan selalu melihat ke bawah maka kita akan semakin mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dan jauh lebih kaya daripada jutaan manusia di muka bumi ini.

Ada banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa makan, tak punya tempat tinggal, menderita karena penyakit, hidup di daerah yang penuh konflik, serta mengalami berbagai musibah bencana alam.

Jika dibandingkan dengan mereka, justru apa yang ada pada diri kita ini jauh lebih baik daripada mereka.

Jadi tak ada lagi alasan bagi kita untuk menyskuri nikmat tuhan.


2. Mengingat-ingat Nikmat yang Kita Terima Dari Allah


Kita tak mungkin bisa menghitung nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita karena saking banyaknya.

Tetapi dengan selalu mengingat beberapa diantaranya bisa membuat kita senantiasa bersyukur disetiap keadaan.


3. Selalu Berucap Alhamdulillah


Dengan selalu berucap alhamdulillah setiap kali mendapat karunia Allah maka akan mengingatkan kita betapa maha pengasih dan penyayangnya Allah. Ia yang selalu memberikan yang terbaik bagi manusia.

Dengan mengucapkan alhamdulillah maka kita akan selalu teringat untuk tidak lupa bersyukur.


4. Membiasakan Diri Berterima Kasih


ucapan syukur alhamdulillah

Ucapan terima kasih yang kita ucapkan setiap kali menerima kebaikan dari orang lain akan membuat kita untuk selalu bersyukur atas hal baik yang diterima.


5. Berhenti Mengeluh


Bila mengahadapi kenyataan yang tak sesuai harapan, terkadang kita tergoda untuk mengeluh.

Mulailah untuk menghilangkan kebiasaan ini. Lebih baik kita berhenti mengeluh dan segera produktif berkarya sehingga kita akan mendapat hasil yang baik dan kita akan lebih mudah untuk hidup bersyukur dalm segala situasi.

Kapan Kita Harus Bersyukur?

Kita bisa mengawali dengan bersyukur atas hari yang baru, atas matahari yang dengan setia terbit tiap pagi, atas perlindungan-Nya selama perjalanan kita ke tempat kerja, dan atas nikmatnya yang memberi kita teman yang baik sehingga bisa merasakan indahnya persahabatan.

Seringkali kita lupa betapa beruntungnya kita memiliki orang tua yang selalu mengasihi kita, mencintai kita tanpa syarat, berjuang untuk memenuhi kebutuhan kita, dan mereka pula lah yang berusaha untuk memberikan kita pendidikan yang terbaik.

Kita juga mungkin punya saudara-saudara yang memperhatikan kita, serta tempat berbagi cerita suka dan duka. Dan ada juga guru atau dosen yang telah membagikan ilmunya kepada kita.

Apabila kita sakit, kita selalu bertanya-tanya kepada Tuhan. Mengapa saya diberi penyakit?
Sementara kalau kita sehat, kita jarang sekali mau mensyukurinya.

Bersyukurlah kepada-Nya karena organ-organ dalam tubuh kita masih bekerja dengan baik. Panca indera kia masih bisa digunakan untuk melihat, mendengar, merasakan, dan mencium indahnya ciptaan Tuhan. Namun justru kita terkadang mengabaikannya.

Baca Juga : 9 Dosa Besar Pembawa Sial Yang Paling Berbahaya


10 Manfaat Dari Bersyukur


1. Menjaga Kesehatan Mental Remaja


Remaja yang senantiasa bersyukur pasti hidupnya akan bahagia. Mereka juga dikenal memiliki pandangan yang jauh lebih baik terhadap hidupnya, bertingkah laku lebih baik di sekolah dan lebih bisa diharapkan daripada teman-temannya yang kurang bersyukur.

Seorang profesor psikologi dari California State Univerity bernama Giacomo Bono, PhD berkata :
Lebih pandai bersyukur mungkin adalah hal yang diperlukan oleh masyarakat kita untuk lebih menumbuhkan generasi yang siap membuat perbedaan dunia.


2. Meningkatkan Kesejahteraan


Studi pada tahun 2003 yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyatakan bahwa rajin bersyukur bisa mendorong kesejahteraan seseorang.

Pandangan hidup orang yang melakukannya pun lebih cerah serta memunculkan hal-hal positif yang lebih besar pada orang tersebut.


3. Nilai Akademis yang Lebih Baik


Siswa SMA yang pandai bersyukur terbukti memiliki nilai akademik yang lebih bagus. Termasuk dalam hal integrasi sosial dan kepuasan terhadap hidup daripada teman-teman mereka yang kurang bersyukur.

Hal ini terungkap dari sebuah studi pada tahun 2010 yang ditampilkan dalam Journal of Happiness Studies.

Peneliti mendapati bahwa remaja yang pandai bersyukur lebih jarang mengalami depresi atau mudah cemburu.

Lagipula apabila dikombinasikan dengan studi sebelumnya, penggambaran manfaat rasa syukur itu lebih jelas terlihat saat remaja, ungkap salah satu peneliti.


4. Menjadi Teman yang Lebih Baik Bagi Orang Lain


ucapan syukur kepada allah swt

Menurut studi tahu 2003 dalam Journal of Personality and Social Psychology, rasa syukur juga bisa mendorong perilaku sosial yang positif seperti membantu orang lain yang tertimpa musibah dan memberikan dukungan emosional pada orang lain.


5. Tidur Jadi Nyenyak


Dengan menuliskan beberapa hal yang patut disyukuri sebelum beranjak tidur bisa membuat tidur seseorang jadi lebih nyenyak.

Fakta ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Applied Psychology: Health and Well-Being.

Secara lebih spesifik, peneliti menemukan bahwa saat seseorang menghabiskan waktu 15 menit untuk menuangkan segala hal yang mereka syukuri dalam sebuah tulisan sebelum tidur maka orang yang bersangkutan akan memiliki kualitas tidur yang baik.


6. Memperkuat Hubungan dengan Pasangan


Dalam sebuah studi yang ditampilkan dalam jurnal Personal Relationship mengungkap bahwa mensyukuri setiap hal terkecil yang dilakukan pasangan membuat hubungan seseorang dengan pasangannya dijamin akan lebih kuat.

Begitupun apabila Anda membuat catatan tentang segala hal yang Anda syukuri dari pasangan karena hal itu juga akan memberikan dampak yang positif bagi hubungan.

Baca Juga : 9 Solusi Tepat Untuk Kamu Yang Suka Menunda-Nunda Pekerjaan


7. Menjaga Kesehatan Jantung


Di tahun 1995, sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa apresiasi dan emosi positif bisa dikaitkan dengan perubahan variabilitas detak jantung.

Hal dianggap sangat bermanfaat dalam terapi pengobatan hipertensi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada pasien gagal jantung kongestif dan penyakit jantung koroner.


8. Memperkuat Moral Tim


kata bijak bersyukur dalam segala hal

Seorang atlit yang pandai bersyukur akan lebih  sedikit mengalami kelelahan dan lebih banyak mendapatkan kepuasan dalam hidup. Termasuk kepuasan terhadap kinerja timnya.


9. Sistem Kekebalan Lebih Sehat


Rasa syukur juga disebut-sebut berkaitan dengan optimisme sehingga mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat.

Salah satunya dibuktikan dalam sebuah studi dari University of Utah yang menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan hukum yang stres namun tetap optimis terbukti mempunyai lebih banyak sel-sel darah yang meningkatkan kesehatan sistem kekebalan ketimbang rekan-rekan mereka yang optimis.

Baca Juga : Keseringan Iri Hati Bisa Berbahaya Loh, Begini Cara Menghilangkannya!!!


10. Mencegah Emosi Negatif Akibat Datangnya Musibah


WebMD menyatakan bahwa musibah dapat mendorong munculnya rasa syukur dan hal itu dapat meningkatkan perasaan saling memiliki sekaligus menurunkan stres.

Setalah membaca penjelasan di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa yang terbaik dalam bersyukur adalah tidak hanya dalam pikiran dan ucapan, tetapi juga harus disertai dengan tindakan.

Bersyukur dalam pikiran dan perkataan adlah titik awal yang baik. Namun kekuatan yang sebenarnya dari rasa syukur itu adalah ketika memasukkannya ke dalam tindakan.

Bagaimana kita bisa menempatkan rasa syukur itu ke dalam tindakan?

Yaitu dengan mewujudkan sebagian besar hal-hal baik yang dimiliki.

Sebenarnya hampir sama dengan tanaman. Apabila kita menimbun dan menyembunyikannya maka ia akan layu dan mati.

Tetapi ketika kita menempatkan dan menggunakannya dalam hal yang baik, maka dalam kehidupan ia akan tumbuh dan berkembang biak.

Tak ada cara yang lebih baik dalam menampakkan rasa syukur dan penghargaan akan sesuatu selain menggunakannya dalam hal yang positif, produktif, dan tujuan kreatif.

Dengan melakukan hal tersebut maka insyaallah nilai kita sudah tumbuh dan bahkan semakin berharga.

Apapun yang kita miliki akan benar-benar menjadi milik kita ketika kita bersyukur akan hal itu. Manfaatkanlah ia sepenuhnya maka ia akan berbuah.

Karena hidup dengan rasa syukur di dalam hati, pikiran, dan setiap tindakan kita akan membuat hal baik yang kita gunakan tumbuh lebih baik.

Contohnya saja seorang politisi, apabila pandai bersyukur maka ia akan selalu melakukan tindakan-tindakan yang baik untuk kemaslahatan umat.

Orientasi gerakannya bukan hanya kekuasaan dan uang saja. Jika memang harta dan kekuasaan adalah alat untuk selalu mendekatkan diri akan kesucian Allah.

Politisi tersebut juga akan menjadi pemimpin yang rahmatan lil alamin karena hati dan pikirannya selalu terkendalikan oleh hal-hal yang positif.
Tak ada hidup yang sempurna. Bersyukurlah maka hidup Anda akan otomatis jadi sempurna dan dipenuhi kebahagiaan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar