Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Teruntuk calon mahasiswa baru, tentunya memprioritaskan untuk memilih jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Hal ini tak terlepas dari fakta banyaknya pengangguran di Indonesia.

Alangkah ruginya jika kuliah bertahun-tahun dan ternyata lulusnya hanya jadi pengangguran karena jurusannya tak memiliki peluang kerja.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi para mahasiswa baru untuk memilih jurusan yang paling dibutuhkan 5 tahun kedepan agar setelah lulus bisa cepat dapat kerja.

Beberapa orang kadang memilih jurusan atas dasar ikut-ikutan karena beranggapan bahwa jurusan yang banyak peluang kerja adalah yang dipilih temannya.

Nyatanya jurusan kuliah yang banyak peluang kerja tak selamanya seperti itu. Jadi sangat penting bagi kamu untuk memiliki pengetahuan akan jurusan yang paling banyak peluang kerjanya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan serta peluang kerjanya banyak di masa mendatang.


Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang


  1. Jurusan Kedokteran
  2. Salah satu jurusan yang peluang kerjanya banyak saat ini adalah jurusan kedokteran.

    Selain terkenal dengan gaji lulusannya yang tinggi, jurusan yang satu ini juga termasuk bergengsi karena dokter sangat dihormati oleh masyarakat.

    Jadi tak heran kalau jurusan kedokteran memiliki jumlah pendaftar yang selalu membludak tiap tahunnya.

    Bekerja sebagai seorang dokter sangat kental dengan misi kemanusiaannya karena menyangkut kesehatan dan nyawa seseorang.

    Hal inilah yang kadang jadi aspek pendukung membuat seseorang ingin jadi dokter.

    Selain mendapatkan gaji tinggi, kamu juga akan mendapat pahala atas apa yang kamu kerjakan.


  3. Jurusan MIPA
  4. Jurusan MIPA atau yang lebih dikenal dengan jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam termasuk menjanjikan masa depan cerah bagi para lulusannya.

    Kita tentu tahu bahwa semakin lama ilmu pengetahuan dan kemampuan matematika akan terus berkembang seiring dengan berubahan zaman.

    Semakin lama lulusan jurusan ini semakin banyak dicari. Entah itu oleh instansi pendidikan maupun perusahaan besar.

    Intinya jurusan ini memiliki peluang kerja yang banyak dimasa depan.


  5. Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  6. Jurusan perkuliahan yang satu ini memang terbukti sangat menjanjikan masa depan cerah.

    Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa kebutuhan akan barang tambang dan minyak yang cukup besar dan harganya juga tinggi.

    Sehingga sangat memungkinkan karyawannya untuk mendapatkan gaji yang tinggi pula.

    Beberapa hal yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini adalah berkaitan dengan hidrokarbon, gas mentah, dan minyak bumi.

    Seperti yang kita tahu bahwa salah satu negara penghasil minyak cukup besar adalah Dubai. Bisa dilihat kondisi ekonominya sangat jauh di atas Indonesia.

    Jadi untuk kamu yang fokus memilih jurusan pertambangan dan perminyakan, kemungkinan besar akan sangat banyak peluang kerja untukmu.


  7. Jurusan Ilmu Komunikasi
  8. Jurusan ilmu komunikasi adalah suatu yang jurusan mengajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan yang efektif sehingga mampu mencapai tujuan tertentu.

    Ilmu komunikasi merupakan induk dari kajian ilmu yang lain seperti Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Jurnalistik, Desain Komunikasi Visual (DKV), Komunikasi Pemasaran, Performing Art Communication, dan Periklanan.

    Bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya berkecimpung dalam industri media.

    Tetapi juga bisa di berbagai macam organisasi, sebagai humas atau PR di suatu perusahaan maupun pemerintahan, pengamat media, pengamat komunikasi politik, dan sebagainya.

    Sarjana ilmu komunikasi sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri.


  9. Jurusan Teknik Informatika
  10. Berkembang pesatnya teknologi dan informasi membuat para lulusan teknik informatika menjadi sangat dibutuhkan di berbagai bidang.

    Saat ini mungkin hampir tak ada bidang yang tak membutuhkan sarjana informatika. Mulai dari pertanian, kelautan, kantor dinas, dan dunia pendidikan.

    Hampir semuanya butuh sarjana informatika.

    Apalagi perusahaan-perusahaan start-up besar seperti gojek, bukalapak, tokopedia, dan sejenisnya. Tentu akan sangat membutuhkannya.

    Jadi tak heran kalau jurusan teknik informatika disebut sebagai jurusan kuliah paling banyak peluang kerja.


  11. Jurusan Teknik Kimia
  12. Jurusan yang memiliki peluang kerja yang bagus berikutnya adalah jurusan teknik kimia.

    Walaupun jurusan ini dikenal dengan materinya yang cukup sulit dipelajari, tetapi ahli kimia sangat dicari oleh banyak perusahaan. Baik itu di dalam maupun luar negeri.

    Sarjana teknik kimia bisa bekerja di berbagai macam jenis sektor industri seperti :

    • Industri perminyakan dan gas alam.
    • Industri polimer.
    • Pertambangan batu bara.
    • Industri pupuk.
    • Industri pulpen dan kertas.
    • Sektor industri semen.
    • Industri plastik.
    • Industri petrokimia.
    • Sektor industri farmasi.
    • Industri keramik.
    • Industri makanan dan minuman.
    • Sektor industri pengolahan limbah.

    Selain itu, sarjana teknik kimia juga bisa bekerja di bidang penelitian, pemasaran, pendidikan, manufaktur, maupun jasa konsultan dan kewirausahaan.


  13. Jurusan Teknik Arsitektur
  14. Dalam jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara merancang dan mendesain suatu bangunan.

    Saat ini masih cukup jarang yang memilih jurusan ini karena kebanyakan peminatnya hanyalah orang yang punya passion menggambar.

    Jadi untuk kamu berbakat dalam menggambar, tentu akan sangat diuntungkan karena jumlah pesaingmu sedikit dan prospek kerja dari jurusan ini pun bagus.


  15. Jurusan Psikologi
  16. Jurusan ini mungkin sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang karena sering di judge sebagai jurusan yang menangani orang kelainan jiwa.

    Nyatanya ruang lingkup psikologi nggak sesempit itu kok.

    Psikologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sehingga memiliki cakupan yang luas.

    Sarjana psikologi berkesempatan menjadi psikolog, terapi atau konselor di lingkup perusahaan, kepolisian, dinas sosial, LSM, dan masih banyak lagi.


  17. Jurusan Akuntansi
  18. Saat ini sudah semakin banyak bisnis yang baru mulai maupun sedang berkembang. Tentunya dalam hal ini kebutuhan akan manajer keuangan, auditor, maupun akuntan juga akan meningkat.

    Jadi tak perlu ragu untuk memilih jurusan akuntansi karena lulusannya kemungkinan besar memiliki peluang kerja yang banyak dibutuhkan di masa mendatang.


  19. Jurusan Desain Komunikasi Visual
  20. Tujuan utama dari jurusan ini adalah membuat mahasiswanya dapat menyampaikan pesan melalui media visual atau gambar.

    Lulus dari jurusan desain komunikasi visual atau DKV, nantinya kamu dapat bekerja sebagai desainer grafis, animator, dan bahkan desainer produk industri.


  21. Jurusan Teknik Biomedik
  22. Dalam jurusan ini kamu akan terfokus melatih kemampuan dalam bidang ilmu biologi maupun teknologi.

    Nantinya kamu akan ditugaskan merawat, menjaga, atau bahkan membuat alat-alat medis yang biasa digunakan di rumah sakit.

    Dalam hal prospek kerja, jurusan ini termasuk jurusan yang kiranya akan banyak dibutuhkan di masa mendatang.


Penutup

Kurang lebih seperti itulah penjelasan seputar jurusan kuliah yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Semoga dengan adanya penjelasan di atas, bisa membimbingmu menemukan jurusan yang cocok untukmu.

Baca Juga: