Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar Saat Ini

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar Saat Ini

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar adalah pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah namun peluang diterimanya besar.

Hal ini karena tingkat persaingan di jurusan sepi peminat ini sangat sedikit sehingga peluang untukmu diterima jadi lebih besar.

Meskipun jurusan yang sepi peminat seringkali dianggap jurusan dengan prospek, kesempatan kerja, dan gajinya kurang baik di masa depan. Namun nyatanya hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Ada juga jurusan sepi peminat prospek bagus yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk kedepannya.

Apa saja kira-kira jurusan yang sedikit peminatnya tapi peluang kerjanya besar? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.


Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar


  1. Jurusan Oseanografi
  2. Jurusan ini bisa dikatakan cabang dari ilmu kelautan. Jurusan oseanografi dan ilmu kelautan sekilas mungkin terlihat sama, tetapi nyatanya berbeda.

    Kalau ilmu kelautan menekankan pada pembelajaran studi ilmiah, maka jurusan oseanografi lebih kepada eksplorasi dan kondisi fisik laut.

    Prospek kerja oseanografi termasuk bagus dimasa yang akan datang. Apalagi negara tempat tinggal kita adalah negara maritim.

    Asal kamu tahu saja, luas laut Indonesia adalah sekitar 62% dari luas teritorialnya.

    Jadi bisa disimpulkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut dan peluang kerja ilmu kelautan sangatlah luas.

    Kekayaan sumber daya pesisir dan laut Indonesia bisa jadi sumber devisa yang penting dan bermanfaat bagi pembangunan negara kita.

    Maka dari itu dibutuhkanlah sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkontribusi pada sektor kelautan.

    Untuk gaji lulusan oseanografi fresh graduate bisa mencapai Rp 10 juta loh.

    Jadi tidak ada lagi alasan bagimu untuk menolak masuk jurusan ini karena gaji lulusan ilmu kelautan yang ditawarkan sedikit.


  3. Jurusan Teknik Biomedis
  4. Jurusan dengan peminat sedikit berikutnya adalah teknik biomedis.

    Memutuskan mengambil jurusan ini maka nantinya kamu akan belajar seputar prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

    Keunikan tersendiri dari jurusan ini adalah kamu akan diklaim mampu jadi teknisi untuk memperbaiki alat medis yang rusak.

    Sehingga dapat dikatakan bahwa jurusan ini adalah perpaduan antara ilmu teknik dan medis.

    Hal yang nantinya akan kamu pelajari adalah tentang komputer, ilmu dasar elektronika, anatomi tubuh, fisika medis, faal, biomedical transduser, instrumentasi desain, dan proyek biomedical.

    Meskipun materi kuliahnya cukup banyak dan agak sulit, namun prospek kerja dan gaji yang akan ditawarkan nanti setimpal.

    Lulus dari jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar ini akan memungkinkanmu bekerja di bidang industri, kesehatan, dan pendidikan.

    Untuk Negara Amerika Serikat sendiri, seorang teknik biomedis digaji sebesar Rp 915 juta per bulannya.

    Melihat pesatnya perkembangan bisnis dibidang kesehatan saat ini, tak menutup kemungkinan lulusan teknik biomedis akan digaji dengan nilai fantastis.


  5. Jurusan Aktuaria
  6. Seiring dengan pesatnya perkembangan bidang asuransi di Indonesia, maka wajar bila banyak perusahaan dan instansi terkait yang membutuhkan ahli di bidang aktuaria.

    Lulusan aktuaria diharapkan mampu menjalankan tugasnya dalam menghitung risiko dan biaya dari suatu perusahaan asuransi.

    Pelajaran yang dipelajari dalam jurusan ini adalah ilmu matematika, manajemen bisnis, ilmu komputer, dan ilmu ekonomi.

    Pihak Pemerintah Indonesia pun sudah menerapkan aturan yang mewajibkan tiap perusahaan untuk memiliki setidaknya satu aktuaria.

    Saat ini hanya ada sedikit ahli atau lulusan jurusan aktuaria di Indonesia. Tentu ini menjadi kesempatan besar buatmu yang mencari jurusan sepi peminat dan bergaji tinggi.

    Bila saat ini kamu mengambil jurusan aktuaria, maka diperkirakan setelah lulus nanti kamu akan jadi rebutan perusahaan besar dengan gaji yang tak sedikit.


  7. Jurusan Peternakan
  8. Memutuskan mengambil jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar ini akan membuatmu mempelajari secara rinci tentang peternakan.

    Inti dari jurusan ini adalah bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi canggih.

    Sehingga sangat wajar bila lulusannya diharapkan mampu membantu mengatasi krisis daging yang melanda Indonesia sekaligus meningkatkan kualitasnya.

    Lulusan peternakan nantinya bisa bekerja di beberapa sektor industri seperti:

    • Industri pakan ternak
    • Industri produksi peternakan
    • Jenis industri pengolahan pangan asal ternak
    • Industri obat hewan
    • Industri pengolahan limbah

    Selain itu, kamu juga bisa berpeluang kerja di instansi pemerintahan seperti kementerian pertanian, koperasi, lingkungan hidup, perindustrian, dan sebagainya.

    Untuk fresh graduate sarjana jurusan peternakan ditawarkan gaji sekitar Rp 5 juta per bulannya.

    Namun tentu saja nominal tersebut akan ikut bertambah seiring dengan bertambahnya skill dan kemampuanmu.


  9. Jurusan Batra (Obat Tradisional)
  10. Jurusan ini adalah jurusan yang sangat identik dengan pembuatan obat-obat tradisional. Yah tak beda jauh dari nama jurusannya.

    Jurusan batra memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya dan bisa dikatakan menjanjikan.

    Lulus dari jurusan ini kamu akan dapat meracik berbagai ramuan herbal baru yang nantinya resep tersebut bisa kamu jual ke produsen atau perusahaan besar.

    Selain itu, dengan terbelinya resep yang kamu buat nantinya kamu juga akan menerima royalti besar tiap bulannya dari para produsen.

    Tentu nilai yang ditawarkan padamu tidak bisa dibilang sedikit.


  11. Jurusan Ilmu Kehutanan
  12. Jurusan ilmu kehutanan adalah suatu jurusan yang di dalamnya kamu akan belajar segala sesuatu tentang hutan.

    Baik itu ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan itu sendiri.

    tak hanya fokus pada hasil hutannya, jurusan ini juga akan mengajarkan kamu bagaimana pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan alam.

    Lulusan jurusan ilmu kehutanan berpeluang kerja di berbagai instansi pemerintahan seperti kementerian kehutanan, kementerian pendidikan, dan kementerian pertanian.

    Bahkan asal kamu tahu saja bahwa Presiden Joko Widodo juga adalah lulusan dari jurusan ilmu kehutanan.

    Untuk sektor swasta, lulusan ilmu kehutanan bisa bekerja di industri kehutanan, bidang pemetaan hutan, industri perkayuan, serta badan-badan konservasi hutan.

    Mengingat saat ini ada banyak kasus hutan gundul, tentu lulusan dari ilmu kehutanan sangat dibutuhkan dan akan ditawari gaji yang tidak sedikit.


  13. Jurusan Ilmu Perpustakaan
  14. Banyak orang yang kadang masih menganggap remeh jurusan ini karena kerjanya dinilai cukup membosankan.

    Namun sebenarnya jurusan ini adalah salah satu yang punya prospek kerja bagus di masa depan.

    Memutuskan masuk jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara pengumpulan, pengorganisasian, serta penyebaran suatu informasi yang ada di perpustakaan.

    Lulusan jurusan ini diharapkan nantinya bisa jadi tenaga ahli bagi segala jenis perpustakaan dan lembaga informasi yang ada, lembaga arsip, serta lembaga dokumentasi.

    Adapun masalah gaji lulusan ilmu perpustakaan berbeda-beda tergantung tempat di mana kamu bekerja.

    Umumnya tiap perusahaan pasti memiliki ruang khusus dokumen dan arsip.

    Jadi bisa dibayangkan bahwa tiap perusahaan sudah jelas butuh tenaga ahli di bidang perpustakaan.

    Ini adalah hal yang menarik bagi kamu yang ingin cari peluang kerja yang saingannya sedikit.


  15. Jurusan Astronomi
  16. Masuk jurusan astronomi adalah salah satu tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

    Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa mahasiswa astronomi dituntut untuk mempelajari beberapa pelajaran sulit seperti ilmu matematika, fisika, dan astronomi itu sendiri.

    Sedikitnya peminat jurusan dikarenakan banyak yang merasa tidak mampu dan takut menghadapi mata kuliahnya yang sulit.

    Padahal sebenarnya jurusan ini sangat seru loh. Lulus dari jurusan ini kamu akan berpeluang besar kerja di BMKG, LAPAN, dan bahkan NASA. Keren nggak tuh!

    Gaji yang ditawarkan untuk staf pelindung NASA bisa mencapai Rp 2,7 milyar loh. Dan itu juga belum termasuk hitungan bonusnya.


Penutup

Demikianlah informasi terkait jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Tinggal bagaimana kamu memilih yang terbaik dan sesuai keinginanmu.

Beberapa artikel berikut ini mungkin bisa jadi bahan referensimu dalam memilih jurusan: