8 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan yang Menjanjikan Beserta Penjelasan Lengkapnya

8 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan yang Menjanjikan Beserta Penjelasan Lengkapnya

prospek kerja ilmu pemerintahan

Hidupcu.com - Untuk prospek kerja ilmu pemerintahan sebenarnya tidak diragukan lagi bahwa memang jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan. Jurusan yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik (FISIP) ini mencetak orang-orang yang berkompetensi dalam hal pemerintahan.

Prospek kerja ilmu pemerintahan bisa menjadi staf-staf yang berada ditingkat kecamatan, kelurahan, kabupaten, provinsi, dan bahkan negara. Bukan hanya itu, prospek kerja ilmu pemerintahan masih banyak lagi.

Tetapi sebelum membahas lebih dalam tentang prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan maka ada baiknya bila kita mengetahui lebih detail seperti apa jurusan ilmu pemerintahan itu.
Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat beberapa poin penting berikut ini :

Daftar Isi
  1. Ilmu Pemerintahan Itu Seperti Apa?
  2. Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Para Ahli
  3. Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Pemerintahan
  4. Peluang Kerja S1 Ilmu Pemerintahan
  5. Prospek Kerja Ilmu Pemerintahanp
  6. Gaji Lulusan Ilmu Pemerintahan
  7. Universitas yang Ada Jurusan Ilmu Pemerintahan

Simak baik-baik penjelasannya yah...

Ilmu Pemerintahan Itu Seperti Apa?


Ilmu pemerintahan merupakan jurusan atau program studi yang mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik seperti lembaga yudikatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga-lembaga lainnya yang berfungsi menjalankan fungsi negara, yang diatur berdasarkan undang-undang.

Dalam jurusan ini Anda akan memahami bagaimana tugas-tugas manajemen, administrasi, dan organisasi pada badan-badan publik.

Bukan hanya itu, Anda juga nantinya akan dibekali skill negosiasi, public speaking, dan pengetahuan politik.


Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Para Ahli


Pengertian para ahli tentang ilmu pemerintahan berbeda-beda, berikut beberapa pendapatnya :
  • Menurut D.G.A. Van Poelje, ilmu pemerintahan merupakan ilmu yang mengajarkan bagaimana dinas umum disusun dan dipimpin dengan sebaik-baiknya.
  • Menurut U. Rosenthal, ilmu pemerintahan merupakan ilmu yang menggeluti studi penunjukkan cara kerja ke luar dan ke dalam struktur dan proses pemerintahan umum.
  • Menurut H.A. Brasz, ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara lembaga pemerintahan umum disusun dan difungsikan secara ke luar maupun ke dalam terhadap warganya.
  • Menurut R. Mac Iver, ilmu pemerintahan ialah ilmu yang membahas bagaimana manusia dapat diperintah (a science of how men are governed).

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Pemerintahan


Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Pemerintahan

beberapa materi yang nantinya akan dipelajari bila Anda mengambil jurusan ilmu pemerintahan adalah :
  • Organisasi dan Manajemen Pemerintahan
  • Pengantar Ilmu Politik
  • Sistem Hukum Indonesia
  • Sistem Perekonomian Indonesia
  • Statistik Sosial
  • Manajemen SDM Pemerintahan
  • Sistem Pemerintahan di Indonesia
  • Sistem Politik Indonesia
  • Pendidikan Kewarganegaraaan
  • Sistem Pemerintahan Daerah
  • Pengantar Ilmu Pemerintahan
  • Hukum Tata Pemerintahan
  • Teori-teori Politik dan pemerintahan
  • Ekologi Pemerintahan
  • Etika Politik dan pemerintahan
  • Sistem Kepartaian dan Pemilu di Indonesia
  • Sistem Sosial Budaya Indonesia
  • Kepemimpinan dalam Pemerintahan
Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang dan Menjamin Masa Depan di Indonesia


Peluang Kerja S1 Ilmu Pemerintahan


Untuk lulusan S1 ilmu pemerintahan memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Lulusan program studi ini bisa bekerja sebagai staf entah itu ditingkat kecamatan, kelurahan, kabupaten, provinsi, dan bahkan negara.

Bukan hanya itu, ada banyak sekali peluang kerja bagi lulusan S1 ilmu pemerintahan. Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan pada poin berikutnya.


Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan


1. Aparat Pemerintah


gaji ilmu pemerintahan

Mendalami dunia pemerintahan dan seluk beluknya menjadi suatu hal yang tak asing lagi bagi mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan.

Jadi wajar saja kalau sarjana lulusan ilmu pemerintahan mempunyai kompetensi tinggi untuk terjun langsung ke dunia pemerintahan yang nyata.

Dalam hal ini mereka bisa langsung menerapkan ilmu-ilmu dan teori yang  dipelajari selama masa perkuliahan.

Pekerjaan inti dari jurusan ilmu pemerintahan adalah terlibat secara aktif dan langsung dalam menjalankan roda pemerintahan baik itu di poros pusat maupun jangkauan daerah.

Beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan lulusan ilmu pemerintahan sebagai aparat negara adalah :
  • Menetapkan kebijakan pemerintah
  • Mengatur jalannya pemerintahan
  • Menyediakan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi rakyat terkait pemerintahan
Maka dari itu, menjadi aparat pemerintah baik itu ditingkat kecamatan, kelurahan, kabupaten, atau bahkan dipusat merupakan salah satu prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan yang paling menjanjikan.


2. Asisten Peneliti


Dalam menjalankan roda pemerintahan tentunya akan selalu ada kendala dan permasalahan yang dihadapi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya para ahli akan melakukan suatu riset atau penelitian guna mencari solusi agar bisa memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang berjalan.

Karena cakupan daerah pemerintahan yang cukup luas meliputi satu kecamatan, kelurahan, kabupaten, provinsi, sampai bahkan negara. Maka tentu penelitian yang dilakukan sifatnya besar-besaran.

Dan karena itulah penelitian ini tidak bisa berjalan lancar apabila dilakukan seorang diri. Peneliti pasti akan membutuhkan asisten peneliti untuk melakukan risetnya.

Sarjana jurusan ilmu pemerintahan yang telah dibekali teori-teori pemerintahan tentu akan sangat recomended untuk mengisi posisi tersebut.

Baca Juga : 10 Pilihan Terbaik Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan, Menjanjikan, dan Bergaji Tinggi


3. Staf atau Anggota Legislatif


materi ilmu pemerintahan

Berpikir kritis dan strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan sudah jadi hal dasar yang ditanamkan pada mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan.

Selama masa perkuliahan mereka sudah diajari bagaimana strategi-strategi jitu untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan bisa mensejahterakan rakyatnya.

Dan orang-orang yang memiliki kewenangan dalam penentuan dan penyusunan strategi kebijakan pemerintah secara inti adalah para anggota legislatif beserta staf-stafnya.

Maka dari itu, sarjana lulusan ilmu pemerintahan adalah pilihan yang sangat tepat untuk menjadi anggota legislatif baik dipusat maupun daerah.

Dengan berbekalkan ilmu dibidang pemerintahan, diharapkan sarjana jurusan ilmu pemerintahan bisa membawa rakyatnya menuju kesejahteraan melalui roda pemerintahan yang dijalankan.


4. Anggota Partai Politik


Salah satu elemen penggerak roda pemerintahan ialah partai politik. Elemen ini memiliki peranan besar dalam pemerintahan yang berjalan.

Partai politik merupakan wadah bagi siapapun yang ingin menyalurkan aspirasinya selama aspirasi itu sesuai dengan visi dan misi partai politik tersebut.

Untuk bisa menjadi anggota partai politik, tentunya Anda harus memahami bagaimana pola pemerintahan yang diterapkan Indonesia.

Menjadi orang yang terlibat aktif mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik merupakan salah satu prospek kerja lulusan ilmu pemerintahan.


5. Aktivis LSM/ Organisasi Masyarakat


lowongan kerja jurusan ilmu pemerintahan

LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan lembaga yang secara sukarela memberi pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

Hal-hal yang biasa dilakukan adalah membela dan membantu masyarakat yang tertindas agar bisa hidup ideal sesuai dengan hukum yang berlaku.

Begitupun pada organisasi masyarakat (Ormas). Ormas merupakan organisasi yang dibentuk dan dijalankan dengan berbasis pada masyarakat tanpa adanya tujuan politik.

Biasanya organisasi ini dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan dalam suatu bidang seperti agama, pendidikan, maupun sosial.

Dengan adanya LSM dana organisasi kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan struktur organisasi yang baik, menjadi suatu prospek kerja yang bagus bagi lulusan ilmu pemerintahan.

Sarjana ilmu pemerintahan yang dibekali ilmu bagaimana menjadikan masyarakat ideal dengan suatu kebijakan yang efektif tentu menjadi orang yang tepat untuk mengisi posisi LSM maupun organisasi masyarakat agar lebih aktif dan produktif.


6. Jurnalis Pemerintahan / Politik


soal tes ilmu pemerintahan

 Lulusan ilmu pemerintahan dituntut untuk selalu peka terhadap isu-isu pemerintahan maupun politik yang muncul.

Lulusan ilmu pemerintahan juga telah ditempa pada masa perkuliahannya untuk bisa menganalisa, melaporkan, mengembangkan, serta memberdayakan hasil yang diperoleh menjadi jalan keluar permasalahan-permasalahan yang dihadapi pemerintahan. Kemampuan tersebut bisa jadi modal awal untuk berprofesi sebagai jurnalis.

Yah, jurnalis memiliki  tugas khusus dalam meliput berbagai berita dan fenomena-fenomena terkait politik dan pemerintahan.

Jurnalis merupakan salah satu prospek kerja yang bagus untuk sarjana lulusan ilmu pemerintahan.

Baca Juga : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?


7. Konsultan Pemerintahan


Salah satu prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan adalah menjadi konsultan pemerintahan.

Dalam menjalankan roda pemerintahan tentunya tak akan terelakkan dari yang namanya hambatan. Nah, untuk membuat roda pemerintahan berjalan dengan baik maka semua hambatan dan masalah yang mengganggu harus segera dipecahkan.

Disinilah peran konsultan pemerintahan sebagai pemberi solusi, masukan, dan merumuskan strategi yang telah dirancang agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Konsultan pemerintahan seringkali dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah terkait pemerintahan.

Hal ini tak terlepas dari kemampuannya yang hebat dalam menyusun strategi dan ide-ide yang brilian guna membangun pemerintahan yang baik.

Sarjana lulusan ilmu pemerintahan dianggap cocok menjadi konsultan pemerintahan karena memiliki pengetahuan dasar dan teori-teori menyangkut pemerintahan.


8. Tenaga Pendidik atau Dosen


tujuan ilmu pemerintahan

Prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan berikutnya adalah menjadi tenaga pendidik atau dosen.

Bagi mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan tentunya sudah mempelajari dengan sangat detail mengenai ilmu pemerintahan.

Hal inilah yang membuat mereka sangat menguasai berbagai seluk beluk dunia pemerintahan baik teori maupun praktis.

Dengan bermodalkan pengetahuan yang mendalam atas keilmuan yang dipelajari ini, sarjana lulusan ilmu pemerintahan bisa berprofesi sebagai tenaga pengajar atau dosen.

Baca Juga : Membahas Lebih Dalam Apa Itu Public Speaking (Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Manfaat)


Gaji Lulusan Ilmu Pemerintahan


Untuk masalah gaji sendiri belum ada nilai yang jelas karena setiap pekerjaan atau prospek kerja ilmu pemerintahan yang dijalani memiliki jumlah gaji yang bervariasi.

Untuk gaji lulusan S1 ilmu pemerintahan juga mengalami perbedaan baik yang sudah berpengalaman maupun yang fresh graduate.

Berdasarkan riset dan penelitian dari Georgetown University di Washington D.C menyatakan bahwa untuk gaji lulusan ilmu pemerintahan sebesar US$  35.000 (Rp 455 juta) untuk fresh graduate dan US$ 65.000 (Rp 845 juta) untuk yang sudah berpengalaman.

Tentunya jumlah ini sangat berbeda jauh dengan jumlah gaji di Indonesia. Tetapi ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda apabila ingin bekerja di luar negeri.


Universitas yang Ada Jurusan Ilmu Pemerintahan


Beberapa universitas negeri yang ada jurusan ilmu pemerintahannya yaitu :
  • Universitas Brawijaya (Negeri)
  • Universitas Palangka Raya (Negeri)
  • Universitas Pattimura (Negeri)
  • Universitas Gadjah Mada (Negeri)
  • Universitas Diponegoro (Negeri)
  • Universitas Lambung Mangkurat (Negeri)
  • Universitas Lampung (Negeri)
  • Universitas Mulawarman (Negeri)
  • Universitas Riau (Negeri)
  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Negeri)
  • Universitas Sam Ratulangi (Negeri)
  • Universitas Hasanuddin (Negeri)
  • Universitas Padjadjaran (Negeri)
  • Universitas Negeri Gorontalo (Negeri)
  • Universitas Singaperbangsa Karawang (Negeri)
  • Universitas Tanjungpura (Negeri)
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji (Negeri)
Beberapa universitas swasta yang ada jurusan ilmu pemerintahannya yaitu :
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Swasta)
  • Universitas Ekasakti (Swasta)
  • Universitas Muhammadiyah Malang (Swasta)
  • Universitas Baturaja (Swasta)
  • Universitas Muhammadiyah Jember (Swasta)
  • Universitas Pancasakti (Swasta)
  • Universitas Jenderal Achmad Yani (Swasta)

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar