Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

20 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Siapa sangka bahwa ternyata ada loh usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Jadi untuk ibu-ibu yang punya waktu luang dan punya bocil bisa juga kok menjalankan usaha.

Namun tentu saja usaha ini bagusnya dikerjakan setelah melayani suami hingga membereskan rumah. Sebab, jika tak pandai mengatur waktu dengan baik. Takutnya akan timbul persoalan rumah tangga.

Apabila dijalankan dengan bijak, tentu saja usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil ini bisa jadi tambahan penghasilan guna membantu keuangan keluarga.

Bahkan tak menutup kemungkinan bisa jadi suatu bisnis yang besar dengan omzet melimpah tiap bulannya. Penasaran apa sajakah ide bisnis tersebut? Yuk simak berikut ini.


Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

  1. Jualan pulsa
  2. Di jaman serba kekinian ini, nyaris semua orang perlu pulsa. Dimulai dari anak kecil sampai orang dewasa, semua mempunyai handphone.

    Karena itu, usaha berjualan pulsa, menjadi opsi usaha yang pas untuk ibu rumah-tangga. Prospect kedepannya terang menjanjikan dengan makin bertumbuhnya dunia digital.

    Bila Anda tertarik pada usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil ini, langkah awal ialah mengunjungi agen pulsa yang sediakan service deposit.

    Seterusnya Anda tinggal tentukan nilai jual untuk memutuskan besarnya keuntungan.

    Tidak perlu buka gerai atau counter pulsa, cukup tulis saja dalam suatu papan atau selembar kertas dengan huruf kapital: JUAL PULSA. Lantas lekatkan di depan rumah.

    Langkah memasarkannya dapat melalui tetangga, rekan kerja, rekan sekolah atau siapa saja yang Anda kenali.

    Bila bertepatan lokasi customer dan Anda jauh, customer dapat mentransfer beberapa uang dahulu sebesar nilai pulsa yang diminta ke rekening Anda.


  3. Jualan tanaman hias
  4. Apa Anda hoby bercocok tanam dan menjaga tanaman? Bikin hoby itu jadi kesempatan usaha untuk memperoleh pendapatan.

    Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil ini mempunyai prospect yang lumayan bagus, karena di tengah-tengah panasnya cuaca kota besar dan bertambahnya pencemaran udara, beberapa orang ingin menempatkan tanaman hias baik di pelataran atau di rumah.

    Anda dapat membuat beragam tipe tanaman hias dalam pot-pot kecil lalu memasarkannya ke tetangga atau memercayakannya di toko yang jual beberapa alat bercocok tanam. Atau memasarkannya lewat internet.

    Yang pasti, usaha ini dapat ditangani saat waktu luang seperti saat anak tidur, bersekolah, atau bermain.


  5. Usaha menjahit
  6. Menjahit perlu ketrampilan khusus dan tidak semua orang dapat mengerjakannya. Diperlukan kesabaran dan kecermatan yang tinggi dalam pengukur sampai jadi baju yang diharapkan.

    Prospect usaha ini sangatlah baik, apa lagi bila Anda memang mempunyai bakat dan minat pada sektor menjahit. Anda perlu ikuti pelatihan menjahit yang paling dipercaya untuk tingkatkan kemampuan menjahit Anda.

    Langkah marketingnya cukup ke lingkungan beberapa orang sekitaran atau komunitas yang Anda kenali. Dari mereka-mereka lah usaha Anda mulai akan dikenali khalayak luas.

    Asal jahitan Anda populer rapi, bagus, dan sesuai dengan selera customer, dijamin usaha menjahit Anda akan ramai didatangi konsumen setia.

    Ini termasuk usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil dengan prospek yang begitu menjanjikan.


  7. Toko kelontong
  8. Buka toko kelontong dapat menjadi salah satunya alternative usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Jam membuka toko disamakan dengan aktivitas Anda sebagai ibu rumah-tangga.

    Anda dapat isi toko kelontong dengan beberapa barang sembako seperti minyak, gula, beras, telur, dan sebagainya.

    Juga bisa mengisinya dengan barang keperluan setiap hari seperti sabun, sampo, odol, LPG, alat memasak, dan sebagainya.

    Usaha toko kelontong termasuk gampang ditangani dan tidak perlu ketrampilan khusus. Kelebihan yang lain, tidak memerlukan modal yang terlampau besar tetapi putaran keuntungan lumayan cepat. Ingat sembako ialah beberapa bahan dasar yang setiap harinya diperlukan orang.


  9. Jualan kue kering
  10. Usaha makanan memanglah tidak ada matinya! Siapa sich yang tidak senang kue, roti, camilan? Nyaris semuanya orang sukai, apa lagi wanita yang dikenal suka sekali camilan.

    Nach, jualan kue kering benar-benar pas untuk usaha ibu rumah-tangga, lho. Bila Anda mempunyai ketertarikan dan kemampuan dalam membuat kue kering, tidak boleh menyia-nyiakan itu. Jadikan sebagai lahan usaha yang memberikan keuntungan untuk Anda.

    Seorang ibu rumah-tangga yang sukses menjalankan bisnis kue kering, memberikan rahasia supaya kue kering yang identik dengan usaha rumahan dapat disukai warga.

    Jika tertarik dan memungkinkan, kamu bisa mencoba usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil satu ini.


  11. Menyediakan tempat kos
  12. Untuk Anda yang mempunyai rumah lumayan luas dengan lokasi rumah yang dekat universitas atau perkantoran, Anda dapat buka usaha tempat kost.

    Mungkin untuk lebih privacy, Anda dapat buka kost-kosan khusus pegawai atau khusus wanita. Hingga tidak begitu ramai dan mengusik kenyamanan keluarga.

    Tambah beberapa sarana pendukung yang diperlukan anak kost, lalu sebarkan iklan lewat edaran ke perkantoran dan universitas yang dekat rumah Anda.

    Usaha ini lumayan menjanjikan, karena Anda dapat selalu berada di rumah sekalian mengurusi anak dan keluarga.


  13. Usaha kerajinan tangan
  14. Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil ini termasuk cukuplah murah dan gampang, karena beberapa bahan kerajinan dapat diketemukan di sekitaran kita.

    Karena itu diperlukan kreasi untuk mengubah barang yang biasa saja jadi elok dan berguna.

    Untuk ibu rumah-tangga, usaha kerajinan tangan menjadi alternative bisnis yang menggiurkan. Ada beberapa barang kerajinan yang dapat Anda bikin, seperti capit rambut, gelang, kalung, tempat tisu, taplak meja, dan lain-lain.

    Untuk tingkatkan kemampuan, Anda dapat tergabung dengan beberapa tempat training khusus seperti yang umum diselenggarakan oleh bisnis-bisnis UKM di kota Anda.


  15. Bimbingan belajar
  16. Bila Anda mempunyai kemampuan akademik yang bagus dan suka mengajarkan, coba buka usaha bimbingan belajar. Target usaha Anda pertama kali ialah anak-anak sekolah di sekitar lingkungan.

    Cukup mempersiapkan beberapa meja, bangku dan papan catat, maka usaha Anda bisa dimulai.

    Kemungkinan awalannya Anda harus mengajarkan seorang diri, tetapi bersamaan dengan mengembangnya usaha dan jumlah siswa yang tetap bertambah, Anda dapat cari guru tambahan.


  17. Laundry
  18. Aktivitas cuci mencuci pakaian tentunya telah akrab dengan beberapa ibu rumah-tangga, karenanya usaha laundry kelihatannya menjadi kesempatan usaha yang memberikan keuntungan.

    Usaha laundry tidak memerlukan ketrampilan khusus dan dapat dilaksanakan sekalian Anda mengasuh anak di dalam rumah. 

    Untuk menjalankannya, Anda harus sediakan peralatan yang ideal seperti mesin pencuci, peralatan untuk menyetrika sampai air bersih.

    Prospect usaha ini makin hari makin mengalami perkembangan cepat dengan sasaran pasar yang lumayan luas.


  19. Usaha loket pembayaran
  20. Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil selanjutnya ialah usaha loket pembayaran. Anda tentu kerap menjumpai ada loket pembayaran yang dibuka di beberapa rumah individu.

    Usaha ini makin tumbuh subur bersamaan dengan keperluan warga yang serba ringkas dan tidak ingin ribet. Ibaratnya jika ada satu lokasi yang dapat terima pembayaran apa, mereka langsung akan ke sana.

    Karena itu, usaha ini pantas dicoba. Anda dapat buka loket yang tangani pembayaran PDAM, listrik, telepon, BPJS, angsuran kendaraan, dan sebagainya sekaligus.


  21. Jualan aksesoris wanita
  22. Seperti kita ketahui, wanita, make-up, dan aksesori memang susah dipisahkan. Aksesori diperlukan untuk mendukung performa wanita di mana saja dan kapan saja.

    Jual aksesori sebagai opsi yang pas sebagai usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Accessories seperti gelang, cincin, kalung, bandana, arloji, jilbab, dan banyak yang lain ialah beberapa barang yang memikat perhatian wanita.

    Apa lagi bila Anda pandai pilih beberapa barang accessories yang unik dengan beberapa model terkini. Usaha Anda tentu banyak didatangi konsumen setia.

    Taruh beberapa barang aksesori Anda pada rack kaca yang ditempatkan di rumah, lalu promokan ke tetangga sekitaran atau rekan-rekan dekat lebih dulu.


  23. Jasa penerjemah bahasa asing
  24. Untuk Anda yang mempunyai kemampuan dalam kepenguasaan bahasa asing, Anda dapat manfaatkan potensi itu dengan buka jasa penerjemah bahasa asing.

    Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil ini bisa dilakukan di antara waktu senggang sebagai ibu rumah-tangga. 

    Prospeknya juga lumayan bagus karena makin bertambahnya usaha yang memerlukan penerjemah untuk mengartikan beberapa dokumen penting mereka.

    Anda dapat coba cari lowongan di internet untuk penerjemah secara freelance. Tetapi seharusnya catat secara jelas jika Anda cuma mengartikan dokumen. Karena mengerjakan dokumen dapat dikerjakan dari rumah saja.


  25. Jasa penulis online
  26. Bekerja freelance sebagai penulis online ialah tugas yang membahagiakan untuk ibu rumah-tangga dengan hoby menulis. 

    Tugas ini tidak mengambil alih waktu, sebab bisa ditangani di waktu senggang sekalian mengurusi keluarga. Jadi sangat cocoklah sebagai usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil.

    Disamping kemampuan menulis dan memproses kalimat, diperlukan juga keterdisiplinan, konsentrasi dan konsisten supaya tulisan Anda berkembang makin baik.

    Makin berkualitas dan makin berguna tulisan, makin bertambah juga klien-klien yang ingin memakai jasa Anda. Ini menjadi kesempatan usaha yang memberikan keuntungan.


  27. Menjadi admin media sosial
  28. Saat ini jaman sosial media. Banyak sejumlah perusahaan kecil yang lakukan branding dan marketing melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

    Ini bisa saja kesempatan mendapatkan uang untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Kerjanya juga umumnya tidak susah seperti mempublikasikan photo produk, membuat caption, menjawab komentar pengikut, dan lain-lain.


  29. Sewa Perlengkapan Anak Kecil
  30. Anak kecil memerlukan peralatan seperti mainan, baju, mobil mobilan, sepatu, topi dan lain-lain. 

    Tetapi keperluan pada peralatan anak kecil itu cuma diperlukan saat mereka masih berumur 1 sampai lima tahun.

    Itu penyebabnya beli peralatan pada bayi dipandang lebih boros karena cepat tidak untuk kepakai.

    Ingat perkembangan dan perubahan bayi yang makin cepat. Hal yang paling efisien dan efektif ialah sewa peralatan itu sepanjang beberapa waktu atau tahun. Dan ini menjadi kesempatan usaha buat ibu rumah-tangga.


  31. Dropship, Reseller Toko Online
  32. Ke-3 tipe usaha ini terhitung di dalam usaha internet marketing. Untuk ibu rumah-tangga dengan jadi dropshipper, reseller atau berjualan melalui online shop ialah cara yang pas, disamping mengirit waktu dan lokasi, juga mengirit tenaga.

    Ke-3 usaha ini mempunyai perbedaan, yakni :

    1. Dropshipper
    2. Sebagai aktivitas jual barang punya seseorang tanpa modal dan kamu cuma diberi selisih komisi hasil dari pemasaran. 

      Dalam usaha ini, kita tak perlu pikirkan rugi atau dana yang sudah dikocorkan untuk jual produk tertentu, namun keuntungannya tidak besar.

    3. Reseller
    4. Sebagai aktivitas beli produk dari distributor atau vendor pada harga yang lebih murah dari pasaran untuk dipasarkan kembali dengan keinginan memperoleh beberapa keuntungan dari penjulan barangnya itu. Jelas di sini ada ketidaksamaan di antara reseller dan dropshipper.

    5. Toko Online
    6. Pengertian dari online shop ialah kamu sebagai owner atau pemiliknya yang buka toko dan mempunyai merek (produk sendiri) untuk ditawarkan ke khalayak dan bila kamu sukses memasarkannya, keuntungan yang didapatkan akan berlipat ganda dan kamu harus juga siap menelan rugi.


  33. Menjual Kosmetik Produk Kecantikan
  34. Wanita tidak dapat terlepas dari dandanan muka atau beberapa barang kosmetik. Buka usaha yang satu ini memang teruslah potensial, apa lagi mempunyai jaringan persahabatan yang luas.

    Kosmetik dan produk kecantikan yang lain sebagai keperluan untuk golongan hawa, khususnya yang ingin percantik diri.

    Coba untuk pahami tipe dan manfaat dari tiap barang kosmetik yang hendak kamu jual. Selaku contohnya kamu ingin jualan lisptick, karena itu 1 tipe lipstick saja yang kamu tekuni untuk bikin segmentasi pasar lebih jelas.

    Untuk jualan kosmetik, kamu perlu tentukan lokasi yang strategis buat kamu jualan. Atau kamu bisa juga menjualnya melalui sosial media dan online shop, jika tidak mau ribet serta lebih luas capaiannya.

    Cari distributor atau penyuplai yang jual harga terjangkau. Naikkan kualitas merek kosmetik. Ini akan membantu menghindari kosmetik asal-asalan akan berpengaruh jelek untuk beberapa pemakainya.

    Jual kosmetik perlu memenangkan taktik kompetisi dengan nilai jual. Kamu perlu mengaplikasikan harga yang bersaing saat membuat kumpulan harga produk agar dapat semakin bersaing. Bikinlah beda harga yang tambah murah, agar customer banyak juga yang melirik.

  35. Berjualan Frozen Food (Makanan Beku)
  36. Sekarang ini trend jualan frozen food atau makanan beku cukup terkenal untuk ditekuni. kamu dapat menghasilkan sendiri frozen food seperti sosis dan nugget yang dibuat dari ayam, daging sapi atau daging ikan yang digabungkan dengan beragam bahan

    Atau jika sahabat tidak mau ribet, dapat mendaftarkan dalam franchise atau waralaba, hingga kamu cuma fokus untuk pasarkan produk punyamu saja.

  37. Membuka Jasa Sewa WiFi di Sekitar Rumah
  38. Jika kamu tinggal di perdesaan atau tempat dengan koneksi internet yang terbatas, kamu dapat buka usaha WiFi untuk akses internet.

    Sekarang ini banyak orang yang memakai Handphone, terhitung beberapa orang di perdesaan. Tetapi karena koneksi internet yang terbatas atau mahal, membuat mereka tidak dapat mengoptimalkan handphonenya

    Sahabat dapat memasangkan wifi di dalam rumah atau lokasi yang strategis, dekat sekolah atau kantor pemerintah.

    Dengan memakai mekanisme voucher atau billing, kamu dapat menentukan biaya yang lebih murah dibanding dengan pemakaian warnet.


  39. Menjadi Penulis Lepas
  40. Ibu rumah-tangga yang punyai kemampuan dalam kepenulisan tidak dapat disepelekan, karena menulis dapat hasilkan cuan yang prospektif.

    Salah satunya karier yang pantas dijajal oleh ibu rumah tangga pencinta penulisan ialah konten writer atau pekerja lepas untuk menulis.

    Pekerjaan ini tidak memakan waktu selama seharian layaknya seperti menjadi penulis pada media. Kamu yang punya anak kecil, dapat melakukan di dalam rumah saat anakmu tidak memerlukan perhatianmu.

    Bahkan kamu dapat membagikan waktu secara tepat dan selalu memerhatikan deadline, agenda menulis agar tidak mengusik quality time bersama anak.


Penutup

Demikianlan informasi lengkap tentang referensi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Semoga bisa berguna untuk Anda sekalian dalam membantu perekonomian keluarga.