Skip to main content

17 Pemimpin dan Presiden Terbodoh, Buruk, Tolol, dan Kejam di Dunia

Pemimpin dan Presiden Terbodoh, Buruk, Tolol, dan Kejam di Dunia (Indonesia Tidak Termasuk)

Pemimpin terbodoh di dunia adalah mereka yang memimpin dengan cara buruk, tolol, dan kejam. Bodoh yang dimaksud disini bukan berarti ingin menjelek-jelekkan mereka. Tetapi lebih kepada menjadikan mereka contoh agar kedepannya tidak ada lagi kepemimpinan buruk seperti yang mereka lakukan.

Pemimpin terbodoh di dunia berikut ini adalah pemimpin yang sangat menyengsarakan rakyatnya.

Ia lebih mengutamakan kepentingan pribadinya dibanding kepentingan rakyat. Sungguh benar-benar pemimpin terbodoh di dunia.

Tanpa panjang lebar lagi, simak baik-baik beberapa pemimpin dengan predikat terbodoh, terburuk, dan paling kejam sedunia yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Robert Gabriel Mugabe, Presiden Zimbabwe.


presiden terburuk di dunia

Mugabe adalah seorang kepala pemerintahan Zimbabwe dimana ia adalah seorang Perdana Menteri sekaligus presiden eksekutif pertama tahun 1980.

Jabatannya dimulai secara resmi tanggal 31 Desember 1987 sebelum pada akhirnya mengundurkan diri pada 22 November 2017.

Selama menjabat sebagai pemimpin Zimbabwe, ia menghapuskan 20 kursi jabatan di parlemen dan 10 kursi senat untuk perwakilan masyarakat kulit putih.

Berdasarkan gagasan dari para pemerhati HAM di Organisasi Amnesti Internasional, Mugabe dicap sebagai pemimpin yang melakukan pelanggaran HAM kelas berat.

Hal Ini ditandai saat kampanye pemilu presiden di tahun 2008 yang secara langsung menghadapi secara represif pendukung Morgan Tsvangirai sebagai lawan politiknya.

Bahkan ia juga melakukan penindasan terhadap suku Rhodesia yang termasuk suku minoritas.

Sungguh ia termasuk salah satu presiden terburuk di dunia.

Baca Juga : Ayo Menjadi Pemimpin Yang Simpatik Dengan 9 Metode Ini


2. Idi Amin, Presiden Uganda.


presiden paling buruk di dunia

Idi Amin adalah tokoh yang menguasai Uganda antara tahun 1971 hingga 1979.
Kekuasaannya ia dapatkan setelah melakukan kudeta dan menjatuhkan Presiden Milton Obote.

Selama masa pemerintahannya ada banyak pelanggaran HAM yang dilakukan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada sekitar 100 sampai 500 ribu orang yang tewas selama masa kekuasaannya.

Hal yang paling tak masuk akal yang ia lakukan adalah memerintahkan tahanan untuk beradu kekuatan menggunakan palu hingga mati.

Hal inilah yang membuat namanya dituding sebagai salah satu presiden tertolol di dunia.

Di tahun 1978 Amin berniat untuk mengambil provinsi Kagera, Tanzania. Akibatnya terjadi perang antara Tanzania dan Uganda. Hal tersebut sekaligus mengakhiri masa kepemimpinannya.

Setelah peristiwa itu, ia kemudian mengasingkan diri ke Arab Saudi dan Libya sampai pada akhirnya meninggal dunia tanggal 16 Agustus 2003.


3. Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan.


presiden tertolol di dunia

Dalam masa kepemimpinan Zuma, ia selalu dituduh sebagai seorang koruptor. Namun ironisnya ia selalu saja punya cara untuk bisa lolos.

Di tahun 2016, Zuma dinyatakan melanggar konstitusi oleh pengadilan Afrika Selatan karena tidak mengganti uang negara yang digunakan membangun rumah pribadinya.

Bukan hanya itu, ia juga sempat menghadapi 18 tuduhan kasus korupsi, penyelewengan, dan kasus pencucian uang terkait pembelian senjata di tahun 1999 yang ditangani oleh Mahkamah Agung.

Zuma juga dikait-kaitkan dengan pengusaha India yakni keluarga Gupta yang dikabarkan memengaruhi pemerintahan. Namun keduanya membantah kabar tersebut.

Tepatnya pada tanggal 14 Februari 2018, ia mengundurkan diri dari jabatan presiden karena mendapat desakan dari partai yang membesarkan namanya hingga menjadi presiden pada tahun 2009.

Baca Juga : TERBONGKAR!!! Misteri Kemampuan Telekinesis Manusia


4. Kaisar Jean Bokassa, Presiden Republik Afrika Tengah.


daftar presiden paling kejam di dunia

Prsiden Bokassa memimpin antara tahun 1966 sampai 1979. Di 11 tahun pertama kepemimpinannya sebagai Presiden Republik Afrika Tengah, ia mendaulat dirinya sebagai seorang kaisar.

Setelah dijatuhkan dengan kudeta pada tahun 1979, Bokassa disinyalir melakukan berbagai kejahatan seperti mengeksekusi anak-anak yang tak menggunakan seragam hasil produksi perusahaan istrinya.

Bokassa juga dituding melakukan berbagai praktik kanibalisme. Walaupun pada akhirnya tuduhan ini dicabut karena bukti yang tidak memadai.

Berdasarkan kesaksian dari salah satu pengawal mengungkap bahwa kejadian tersebut benar adanya. Pelayan tersebut pernah disuruh memasak daging manusia lalu dihidangkan untuk sejumlah tamu.

Atas perilaku tersebut ia akhirnya dikenal sebagai salah satu presiden terkejam sedunia.


5. Silvio Berlusconi, Perdana Menteri Italia.


presiden paling buruk di dunia

Berlusconi adalah seorang Perdana Menteri Italia yang pernah jadi sorotan media karena masalah pribadi dan keluarganya.

Ia dinobatkan sebagai orang nomor 3 terkaya di Italia dan sekaligus menjadi Perdana Menteri sejak tahun 1994.

Dikabarkan bahwa ia berperilaku buruk pada istrinya Veronica Lario terkait masalah perceraian.

Alasan mengapa ia menyandang predikat sebagai salah satu Perdana Menteri terburuk di dunia adalah karena perilakunya yang gemar berpesta s3ks.

Hal itu membuat reputasinya anjlok di mata masyarakat umum dan akhirnya dianggap sebagai presiden terbodoh sedunia.

Baca Juga : 7 Biografi Pengusaha Sukses Dari Nol di Dunia dan Kegagalan Pahit yang Dirasakan


6. Jenderal Alfredo Stroessner Matiauda, Presiden Paraguay.


pemimpin paling kejam paraguay

Stroessner adalah sosok pemimpin yang berkuasa di Paraguay selama 35 tahun. Ia memerintah antara tahun 1954 sampai 1989.

Selama masa kekuasaannya, ia menerapkan kebijakan untuk memperbaharui hukum militer setiap 3 bulan sekali.

Stroessner adalah pemimpin yang dikenal kejam terhadap lawan-lawan politiknya. Kaki tangan Stroessner seringkali merendam para lawan politiknya dalam sebuah kubangan kotoran manusia saat sedang melakukan introgasi.

Dikabarkan juga kalau ada beberapa lawan politiknya yang dilempar dari pesawat udara.

Bukan hanya itu, ada yang mengatakan kalau Stroessner pernah mendengarkan melalui telepon suara pemimpin partai komunis yang dimutilasi oleh anak buahnya menggunakan gergaji mesin.

Bikin ngeri aja deh!

Akibat kudeta yang dilakukan Jenderal Andres Rodriguez, Stroessner terpaksa harus kehilangan tahtanya.

Ia lalu mengasingkan diri ke Brazil selama 17 Tahun sebelum pada akhirnya meninggal pada tanggal 16 Agustus 2006 akibat komplikasi setelah melalui pembedahan hernia.


7. George W. Bush, Presiden Amerika.


presiden george w.bush

Sama seperti Rutherford B.Hayes, George W. Bush juga menjadi presiden yang ke-43 dalam ajang pemilu yang sempat jadi bahan rebutan pada waktu itu.

Bush ketinggalan banyak suara dari lawan politiknya Al Gore. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Ia pada akhirnya menang dalam Pemilihan College saat suara pemilu di Florida disahkan oleh Mahkamah Agung.

Walaupun ia mampu memenangkan pemilihan ulang di tahun 2004, tetapi ia dianggap sebagai presidan yang membuat Amerika Serikat berseteru dengan negara-negara Timur Tengah.

Dan karena itulah ia termasuk dalam daftar presiden terbodoh di dunia.


8. Junta


junta
Sumber : www.bbc.com

Junta ialah pemimpin militer Myanmar yang dikenal sebagai sosok yang otoriter dan korup, terutama dalam hal penanganan oposisi di negerinya sendiri.

Bukan hanya itu saja, Junta juga disinyalir menyalahgunakan dana bantuan keuangan dunia untuk menangani bencana alam sapuan angin topan di negeri tersebut dalam beberapa waktu lalu.


9. Ayatollah Ali Khamenei


Ayatollah Ali Khamenei
Sumber : www.bbc.co.uk

Ayatollah ialah pemimpin tertinggi Iran semenjak 1989. Pemimpin ini disoroti oleh media barat karena sebagai sosok yang bertangan besi dalam menghadapi pengunjuk Iran dalam pemilihan presiden Iran beberapa waktu lalu.

Eksistensi dari seorang pemimpin Iran ini diperkirakan tak akan tergoyahkan dalam beberapa tahun mendatang.


10. Kim Jong II


kimjong ii
Sumber : www.cnn.com

Kim Jong II adalah pemimpin tertinggi Korea Utara yang dikabarkan telah meninggal dunia pada bulan Desember 2011 karena menurut media barat telah melakukan aksi kejahatan berupa peningkatan senjata nuklir dan tak segan mengorbankan rakyatnya.

Para rakyat terpaksa harus menderita kelaparan demi keambisiusan Kim Jong II untuk menjadikan Korea Utara sebagai negara nuklir dan negara paling tertutup di dunia.


11. Omar Al-Bashir


Omar Al-Bashir
Sumber : www.aljazeera.com

Omar merupakan Presiden Sudan yang menjabat mulai tahun 1989. Ia disebut-sebut sebagai pelanggar HAM berat terutama dalam menangani kasus pemberontakan di Darfur.

Pemberontakan tersebut disinyalir telah membuat 2,3 juta penduduk Sudan melarikan diri dan ratusan ribu tewas di tangan pasukan pemerintah.


12. Raja Abdullah bin Abdul Aziz


Raja Abdullah bin Abdul Aziz
Sumber : www.liputan6.com

Raja Abdullah ialah raja yang telah memimpin Arab Saudi sejak 1995. Ia dianggap sebagai pemimpin yang memberanguskan kebebasan berekspresi dan beraktualisasi diri terhadap kaum wanita.

Seperti yang kita tahu bahwa wanita di Arab Saudi sangat bergantung pada pria dalam segala hal. Wanita tidak diperbolehkan untuk mengemudi dan menyetir kendaraan pribadi.


13. Hu Jiantao


Hu Jiantao
Sumber : www.foreignpolicy.com

Jiantao merupakan presiden Republik Rakyat Cina (RRC) yang juga dinobatkan sebagai salah satu pemimpin terburuk karena bertindak sangat represif terhadap lawan politiknya saat pemilu Presiden China tahun 2008.

Bukan hanya itu saja, ia juga disinyalir bertangan besi terhadap Tibed dan bentrokan yang terjadi di provinsi Xinjiang antara suku Han dan suku Uighur. Penanganan dilakukan secara tidak adil atau memihak kepada salah satu suku.


14. Hugo Chaves


Hugo Chaves
Sumber : www.elcomercio.pe

Chaves merupakan presiden Venezuela yang dikenal antipati dan jelas-jelas berani bersuara lantang dan berseberangan dengan Amerika Serikat.

Chaves dinilai melakukan kecurangan dengan melakukan referendum dengan maksud mempertahankan masa kekuasaannya dengan melakukan amandemen terhadap konstitusi pemilihan presiden Venezuela.

Selain itu, Chaves juga sering dipandang sebagai sosok yang terlalu keras dalam mengkritik lawan politiknya.


15. Donald Trump


donald trump
Sumber : www.deadline.com

Donald Trump adalah presiden yang dikenal suka ceplas-ceplos dalam berbicara. Bahkan tak jarang ia hanya asal ucap tanpa ada data yang valid. Diketahui selama masa kepemimpinannya, ia berkata bohong sampai 10.796 kali.

Ini berdasarkan data Fact Checker atau lembaga pengecek fakta presiden dan politisi Amerika Serikat milik Washington Post.

Fast Checker menyebutkan bahwa kebanyakan perkataan Trump yang salah data adalah soal Imigrasi, perdagangan, dan penyelidikan campur tangan Rusia pada pemilu Amerika Serikat.

Baca Juga : Pengertian, Ciri Serta Contoh Kepemimpinan yang Baik dan Kurang Baik Brainly


16. Nicolas Maduro


Nicolas Maduro
Sumber : www.cbc.ca

Nicolas Maduro ialah politikus Venezuela yang menjabat sebagai Presiden ke-65 Venezuela sejak tahun 2013. Semenjak terpilih menjadi presiden, Maduro kebanyakan hanya melanjutkan kebijakan Chaves.

Dan bukannya semakin membaik, Venezuela justru mengalami penurunan status sosial ekonomi, kriminalitas meningkat, terjadinya inflasi, kemiskinan, dan kelaparan yang meningkat pesat.

Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya aksi protes yang dimulai pada tahun 2014. Parahnya aksi tersebut malah meningkat menjadi kerusuhan nasional sampai pada tahun 2016. Maduro disebut-sebut sama seperti Chaves yang menerapkan gaya kepemimpinan otoriter.


17. Pol pot


pol pot
Sumber : www.matamatanews.com

Pria kelahiran Saloth Sar ini adalah seorang pemimpin gerakan komunis Kamboja. Dimana ia dikenal sebagai evolusioner Kamboja yang memimpin Khmer Merah dari tahun 1963 sampai 1997.

Pada tanggal 17 April 1975 ia menjadi pemimpin Kamboja setelah pasukannya berhasil menaklukkan Phnom Penh.

Dalam masa kepemimpinan kediktatoran totaliternya, setidaknya ada beberapa hal yang membuatnya disebut sebagai salah satu pemimpin terburuk di dunia. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menerapkan sistem kerja paksa yang menimbulkan kematian penduduk Kamboja mencapai 25%
  • Pembantaian 1,5 juta penduduk Kamboja dibawan rezim Pol Pot
  • Pegawani negeri, guru, dokter, dan lainnya dipaksa turun ke ladang untuk bekerja
  • Hak kepemilikan atas harta benda pribadi, perhiasan, perjudian, buku-buku, dan agama semuanya dicabut.
  • Anak-anak dipaksa untuk dimasukkan ke militer
  • Orang-orang yang melakukan oposisi atau kritik akan langsung dibunuh
  • Penyebaran banyak ranjau darat di seluruh wilayah pedesaan
  • Mengeksekusi teman dekatnya yang bernama Son Sen dan terhadap 11 anggota keluarganya karena berusaha melakukan kesepakatan dengan pemerintah.

Setelah melakukan hal tersebut, Pol pot berusaha melarikan diri. Namun akhirnya ia berhasil ditangkap dan dijadikan tahanan seumur hidup. Ia dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 15 April 1998 karena mengalami serangan jantung.

Jenazahnya kemudian dibakar dan disaksikan oleh anggota eks Khmer Merah di wilayah pedesaan. Sungguh kisah yang tragis dari seorang diktator.

Penutup


Dari beberapa pemimpin negara yang menyandang predikat terbodoh di dunia, kita bisa memetik pelajaran yang berharga bahwa baik buruknya suatu negara atau bawahan tak terlepas dari bagaimana reputasi pemimpinnya. Apabila pemimpinnya baik maka tentu negara bawahannya pun juga akan membawa reputasi baik.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Dan kami juga tak keberatan kalau seandainya Anda mau membagikan postingan ini melalui tombol share yang telah disediakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar