Semua Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa (Tanpa Modal dan Menghasilkan Uang)

Semua Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa (Tanpa Modal dan Menghasilkan Uang)

usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa adalah topik yang menarik dibahas. Soalnya banyak dari kalangan ibu-ibu yang sering berinisiatif untuk menambah penghasilan keluarga tapi bingung  bagaimana caranya. Nah, dalam postingan ini kami akan menjelaskan tentang usaha sampingan ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah suatu kehebatan tersendiri bagi seorang wanita. Ia harus bertanggung jawab penuh pada suami dan anak-anaknya.

Ketika menjadi seorang ibu rumah tangga maka tak ada rutinitas lain selain bersih-bersih di rumah, mengurusi suami dan anak-anak, dan hal lain yang biasanya dilakukan para ibu rumah tangga.

Tetapi bagi seorang wanita karir yang sudah terbiasa bekerja dan mencari uang sendiri, tentu hal ini akan sangat membosankan.

Tapi mau bagaimana lagi. Itu sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap wanita yang sudah menikah.

Apabila Anda termasuk kategori ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha sampingan yang menguntungkan dan tidak terlalu membebani kegiatan harian Anda,  maka Anda harus mencari banyak ide tentang usaha yang tepat.

Untuk ibu rumah tangga yang tinggal di daerah perkotaan mungkin itu bukanlah suatu masalah yang besar.

Tapi bagaimana jika Anda tinggal di daerah pedesaan? Tentu pilihan jenis usaha yang bisa dijalankan tak sebanyak di kota.

Berikut ini beberapa contoh usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang tinggal di desa :

1. Berternak Ayam

Beternak ayam adalah salah satu usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan.

Baik ayam petelur maupun ayam pedaging keduanya sama-sama berpotensi menghasilkan uang yang banyak jika dikelola dengan telaten.

Di daerah pedesaan biasanya ada banyak tersedia lapangan kosong karena kepadatan penduduk yang masih rendah.

Ini bisa jadi tempat yang sangat strategis untuk membuat usaha peternakan ayam. Usaha ini tergolong tidak terlalu rumit dan mudah dikerjakan oleh para ibu rumah tangga.

2. Membuka Usaha Rias

Membuka usaha rias tentu adalah usaha yang sangat pas untuk ibu-ibu yang gemar sekali make-up. Apalagi jika memiliki skill make-up yang bagus. Pasti akan dapat banyak pelanggan.

Di daerah pedesaan sangat sedikit yang punya usaha rias, tak seperti di kota yang persaingannya sangat ketat.

Jadi akan sangat menguntungkan bagi Anda jika membuka usaha ini di desa. Biasanya pelanggan akan membanjiri Anda ketika ada acara wisudahan, perkawinan, pawai, atau acara-acara lainnya.

3. Menjual Donat

Donat adalah kue yang cukup diminati orang, entah itu anak-anak atau orang dewasa. Begitu pun orang-orang di desa, tentunya mereka menyukai kue bulat dengan lubang di tengahnya itu.

Anda cuma harus belajar bagaimana cara membuat donat yang enak dan diminati orang. Lalu setelah itu Anda bisa deh memulai usaha donat.

Anda bisa belajar dari orang-orang yang telah mahir membuat donat atau melalui referensi lain seperti majalah maupun Internet.

Untuk menjajakan produk Anda, bisa dimulai dari membuat stand kecil-kecilan di dekat rumah, atau di sekitar sekolah dan perkantoran.

4. Berjualan Aksesoris

Khusus untuk ibu-ibu yang gemar mengoleksi perhiasan tentu sangat cocok untuk menjalankan usaha seperti ini.

Terlebih lagi di daerah pedesaan masih sangat minim yang menyediakan berbagai aksesoris kecantikan.

Tentu ini adalah peluang besar untuk Anda yang ingin sukses berwirausaha. Cara memulainya tidaklah terlalu sulit, Anda hanya harus mencari suplier yang terpercaya dan bisa diandalkan,  serta tentunya memiliki banyak persediaan aksesoris yang bagus-bagus.

Agar pelanggan tidak kabur, Anda harus terus memantau trend aksesoris terkini meskipun Anda menjualnya di daerah pedesaan.

5. Membuka Usaha Aneka Kue

Salah satu ide yang bagus untuk memulai bisnis di daerah pedesaan adalah usaha aneka kue. Jadi Anda menjual beragam jenis kue, seperti kue lapis, lumpia, kue cucur, pisang ijo, cendol, kue non manis, dan sejenisnya.

Atau bisa juga dengan menjual lauk atau nasi kuning. Kan kadang ada ibu rumah tangga yang malas bangun pagi untuk memasak. Jadi mereka pasti maunya yang instan.

Tentu kalau ada yang menjual lauk atau makanan jadi pasti mereka akan langsung membeli.

Kalau baru bangun, pas lagi malas-malasnya trus suami mau ngopi tapi tidak ada kuenya kan brabe. Nah, maka dari itu Anda bisa jualan berbagai jenis kue atau makanan jadi.

Selain membantu ibu-ibu yang malas masak kalau pagi, Anda juga akan dapat penghasilan.

6. Pangkas Rambut

Di desa-desa yang mayoritas penduduknya sibuk bertani, berkebun, atau mengelola tambak, tentu sangat jarang memerhatikan penampilan mereka.

Karena yang menjadi fokus utamanya adalah mencari uang. Kalau pun mereka memerhatikan penampilan mungkin pada saat akan menghadiri suatu acara seperti kondangan, khitanan, aqiqah, atau acara keluarga lainnya.

Di daerah pedesaan biasanya sangat jarang ditemukan tempat pangkas rambut. Entah karena memang tidak ada yang bisa pangkas rambut atau tahu tapi malas memulai.

Kalau di desa Anda sangat jarang atau tidak ada sama sekali berarti itu adalah peluang yang bagus untuk Anda. Kalau Anda mau memulainya maka siap-siap saja kebanjiran pelanggan.

Anda bisa minta tolong diajari pangkas rambut oleh orang yang Anda kenal. Pelajari juga trend model rambut masa kini dengan browsing di internet agar orang makin tertarik untuk datang.

7. Usaha Burger

Usaha burger juga termasuk usaha yang berpotensi menguntungkan bila dijalankan apalagi di daerah pedesaan.

Orang desa yang biasanya hanya makan makanan yang asli Indonesia dan belum pernah makan burger tentu tertarik untuk membeli. Mereka penasaran ingin mencoba makanan yang jarang ia makan.

Siapa yang tidak tertarik coba sama burger. Rasa dan bentuknya yang unik membuat kita tertarik untuk membeli.

Untuk memulai usaha burger tidaklah terlalu ribet. Anda hanya butuh beberapa bahan dasar seperti sayuran, telur, roti, ham, mayonaise, dan saus tomat.

Anda bisa berjualan burger dengan berkeliling desa setiap sore setelah menyelesaikan pekerjaan rumah. Atau bisa juga berjualan di tempat-tempat yang ramai seperti di sekolah atau kantor-kantor.

Baca Juga: Tips Strategi Pemasaran Produk yang Akan Meledakkan Penjualan Anda Secara Cepat

8. Membuka Tempat Les

Bagi ibu-ibu yang memiliki kemampuan khusus dalam hal akademik, bisa disalurkan dengan membuka les private.

Anda bisa jadi pengajar yang tidak harus terikat dengan atuan-aturan sekolah yang super ketat. Yaitu dengan menjadi seorang guru les private.

Terkait waktu mengajarnya bisa didiskusikan dengan murid Anda nantinya. Kapan waktu yang cocok dan tidak mengganggu urusan lain. Jadi Anda bisa menggunakan waktu luang yang Anda punya untuk mendapat penghasilan.

Anda bisa jadi guru pengajar dari rumah kerumah atau bisa juga dengan membuka kelas di rumah Anda sendiri.

9. Usaha Pertanian

Usaha pertanian disini bukan berarti Anda yang harus terjun ke sawah untuk mencangkul dan segala sesuatunya yah.

Tapi lebih kepada pengusaha pertanian yang menjual hal-hal yang dibutuhkan oleh para petani. Bisa berupa bibit, pupuk, sabit, cangkul, dan sejenisnya.

Di daerah pedesaan pasti banyak yang butuh peralatan pertanian. Apalagi di daerah yang memang mayoritas penduduknya petani. Pasti akan laku keras.

Untuk memulainya Anda hanya perlu mencari suplier yang bisa dipercaya dan tentunya modal yang cukup.

10. Usaha Katering

Usaha katering di pedesaan cukup menjanjikan. Untuk Anda yang suka masak tentunya usaha ini bisa jadi media untuk menyalurkan passion Anda.

Tetapi sebelum memulai menjalankan usaha ini, ada baiknya kalau Anda lakukan survey terlebih dahulu terhadapa masakan Anda. Apakah masakan Anda digemari oleh banyak orang atau tidak.

Karena jangan sampai Anda membuka usaha katerin trus orang lain tidak suka masakan Anda kan tidak juga. Orang mungkin hanya pesan sekali dan selanjutnya tidak akan pernah lagi.

Jasa katering terkadang sangat dibutuhkan ketika ada acara dimana tuan rumah tidak mau repot dan ingin instan. Jadi tinggal telpon terus makanannya langsung siap. Tidak mau repot-repot masak ini itu.

Disitulah peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan. Namun terkadang juga ketika pesanan terlalu banyak Anda bisa kewalahan.

Jadi alangkah baiknya ketika Anda tidak sanggup menyiapkan katering yang terlalu banyak, Anda bisa mencari karyawan untuk membantu.

Dengan demikian Anda, adanya usaha Anda di desa bisa menambahan lapangan kerja bagi pengangguran yang ada di desa Anda.

11. Agen Pulsa

Menjadi agen pulsa adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga di desa. Dalam menjalankannya pun juga tidak terlalu rumit dan menyita banyak waktu.

Agen pulsa tergolong jenis usaha mikro, kecil, dan menengah yang bisa dijalankan dimana pun.

Anda tidak harus punya bangunan khusus atau stand untuk bisa menjadi agen pulsa.

Cukup dengan bermodalkan sebuah handphone dan strategi pemasaran yang baik ke tetangga akan membuat keuntungan terus mengalir ke dompet Anda.

12. Membuka Warung Kopi


usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa adalah membuka warung kopi. Yah kopi memang minuman andalan bagi laki-laki yang rajin bekerja. Selain untuk menambah semangat, kopi juga bisa jadi solusi untuk menenangkan pikiran.

Ada juga yang minum kopi untuk membuatnya terjaga sepanjang malam. Hal ini biasa dilakukan oleh pemuda desa untuk ronda.

Coba Anda bayangkan dipagi hari yang cerah, tentu ada banyak bapak-bapak yang mau ngopi di pagi hari. Tetapi terkadang istrinya justru malas bangun pagi. Dan tak jarang hal itu berujung pada adu mulut dan perkelahian.

Dari perkara itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai inspirasi untuk membuka usaha warung kopi.

Bagi bapak-bapak atau anak muda yang mau ngopi dan malas bikin kopi tentu akan mencari solusi instan dengan mencari warung kopi.

Mereka tentu suka ngopi dan berkumpul bersama setelah seharian bekerja. Nah tentu dengan membuka usaha ini, Anda akan selalu dapat pelanggan setiap harinya.

13. Membuka Usaha Gorengan

Gorengan adalah makanan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan. Entah itu di pedesaan maupun perkotaan.

Gorengan biasa dijadikan cemilan ketika malam hari. Dan tak jarang dijadikan pendamping kopi bagi orang-orang yang mau begadang, baik karena mau nonton bola atau mau ronda.

Mau nongkrong beli gorengan!

Mau kerja tugas bareng beli gorengan!

Mau ke rumah pacar beli gorengan!

Mau ngopi sendirian beli gorengan!

Hampir sebagian besar orang-orang di desa sangat menyukai yang namanya gorengan.

Usaha gorengan memang menjanjikan karena keuntungannya yang kadang bikin ngiler. Apalagi kalau Anda berjualan di tempat yang strategis. Tentu akan mendatangkan uang yang banyak.

Usaha gorengan adalah ide kerja sampingan yang patut dicoba karena rata-rata orang baik di desa maupun di kota menyukai gorengan.

14. Jasa Menjahit

Salah satu keuntungan tersendiri bagi orang yang ingin membuka usaha di pedesaan adalah persaingannya jauh lebih sedikit dibandingkan yang di perkotaan.

Contohnya usaha menjahit. Kalau di pedesaan ada orang yang pandai menjahit pasti akan untung besar tuh. Apalagi kalau bisa menjahit berbagai macam pakaian dan membuat model yang bervariasi. Pasti akan laku keras.

Anda bisa membuat pakaian dengan model baru dan update untuk menarik minat calon konsumen Anda.

Sebagai ibu rumah tangga yang tinggal di desa, usaha menjahit bisa jadi pilihan yang menarik jika Anda memiliki skill menjahit yang bagus.

15. Membuka Toko Barang Campuran

Usaha sampingan berikutnya adalah membuka toko yang menjual barang campuran seperti tabung gas, makanan ringan, kebutuhan sekolah, berbagai jenis minuman, dan lain-lain.

Memang sih usaha ini terlihat sepele, tetapi siapa sangka kalau usaha ini bisa mendatangkan omset sampai puluhan sampai jutaan rupiah perbulannya jika dikelola dengan baik.

16. Usaha Fotocopy

Jika Anda mencari pekerjaan yang simpel tidak banyak menyita waktu, maka usaha fotocopy-lah solusinya.

Untuk menjalankan usaha ini Anda hanya butuh modal berupa mesin fotocopy dan beberapa rim kertas.

Memang sih kalau di lihat-lihat keuntungannya tidak seberapa, tapi kalau dijalankan dengan serius pasti hasilnya akan berbeda pula.

Usaha ini sangat cocok dibuka dekat dengan daerah perkantoran atau sekolah. Mengingat kebutuhan akan fotocopy sebagian besar dari kalangan anak sekolah dan pegawai kantor.

Baca Juga : 9 Cara Merubah Mindset Diri Sendiri Dari Pola Pikir Negatif Menjadi Positif

17. Usaha Bertanam Sayuran

Usaha jual beli sayuran adalah usaha sampingan yang patut untuk dicoba. Usaha seperti ini tentu akan sangat diminati oleh para penduduk desa.

Anda cukup menanam sayuran yang kira-kira banyak peminatnya dan ketika waktunya panen maka Anda bisa mendapat keuntungan dengan menjualnya ke pasar.

Untuk tempat penanamannya bisa dilahan yang kecil dan bisa juga di halaman atau sekitar rumah. Tidak terlalu ribet dan tentunya menguntungkan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar