--> Skip to main content

36 Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Untuk [Menambah Penghasilan]

usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa merupakan suatu topik yang cukup menarik dibahas. Pasalnya banyak dari kalangan ibu-ibu yang kadang berinisiatif untuk menambah penghasilan keluarga namun bingung bagaimana cara mewujudkannya.

Terlepas dari kegiatan ibu rumah tangga sehari-hari seperti bersih-bersih rumah, mengurusi suami, anak-anak, dan yang lain sebagainya.

Terkadang seorang istri ingin lebih berguna bagi suaminya dengan membantu meringankan beban perekonomian keluarga, salah satunya dengan membuka usaha.

Namun yang sering jadi masalah adalah ibu-ibu kebingungan dalam menentukan ide.

Kira-kira jenis usaha apa yah yang cocok di buka di desa? yang banyak peminatnya? dan kalau bisa tidak membutuhkan banyak modal?

Jika Anda termasuk salah satu ibu-ibu yang mengalami permasalahan di atas maka tak usah bingung lagi. karena disini saya akan membagikan solusinya.

Dalam postingan ini saya akan menjelaskan beberapa contoh usaha sampingan yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga yang ada di desa. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha sampingan tersebut.

A. Usaha Sampingan Kuliner/Makanan


Usaha Sampingan KulinerMakanan

Pilihan usaha yang paling menjanjikan adalah usaha sampingan di bidang kuliner. Yah, kuliner atau makanan selalu memiliki banyak peminat.

Hal ini tak terlepas dari kebutuhan dasar manusia yaitu makan. Beberapa contoh usaha sampingan dalam bidang kuliner antara lain:

1. Usaha Aneka macam kue

Kue umumnya selalu diminati oleh berbagai kalangan, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di kawasan pedesaan.

Kebanyakan orang desa terlalu sibuk untuk pergi ke ladang dan sawahnya sehingga kadang tak sempat membuat kue untuk dimakan di ladang atau sawah.

Nah disinilah peluang emas bagi Anda. Kue-kue yang Anda buat nantinya pasti akan laku keras apalagi jika tingkat persaingan penjual aneka kue di desa masih rendah.

Membuat usaha aneka macam kue bisa jadi pilihan terbaik untuk usaha sampingan di desa.

Ragam kue yang bisa Anda jual yaitu donat, kue lapis, lumpia, kue cucur, pisang ijo, cendol, kue nona manis, dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya bisa Anda sesuaikan berdasarkan minat warga desa.

Mulailah dengan mencari resep di buku, majalah, internet, atau dari ahlinya bagaimana membuat kue yang enak. Nah dengan begitu maka dagangan kue Anda akan semakin laris karena banyak yang suka dengan rasanya.

Untuk masalah tempat menjajakan kuenya, Anda bisa membuat stand kecil-kecilan di dekat rumah atau di sekitar sekolah dan perkantoran.

2. Usaha Jual Lauk Pauk dan Nasi Kuning

Salah satu kewajiban seorang istri adalah bangun pagi memasak untuk suami dan anak-anaknya. Namun terkadang di pedesaan ada juga ibu rumah tangga yang malas bangun pagi untuk memasak dan tentunya mereka butuh yang instan.

Agar tak memicu timbulnya masalah rumah tangga, biasanya ibu-ibu mencari penjual lauk atau nasi kuning yang ada di dekat rumah lalu membeli untuk suami dan anaknya di rumah.

Nah, jika Anda membangun usaha jual lauk pauk dan nasi kuning di pedesaan. Saya pikir itu adalah ide yang bagus.

Karena selain Anda memperoleh keuntungan berupa uang, Anda juga telah membantu ibu-ibu yang malas masak di pagi hari.

3. Usaha Nasi Uduk

Hampir sama dengan kasus nasi kuning di atas, membuka usaha nasi uduk juga bisa membantu meringankan beban ibu-ibu.

Bila ada orang yang kurang suka dengan nasi kuning maka ia akan mencari alternatif lain. Dan alternatif tersebut adalah nasi uduk.

Ada sebagian orang yang memang suka sarapan dengan nasi uduk, khususnya di daerah pedesaan.

Untuk pemasarannya, Anda bisa membuka warung di depan rumah atau menitipkannya di kantin-kantin sekolah.

4. Usaha Warung Kopi

Peluang usaha yang bagus untuk ibu rumah tangga di desa berikutnya adalah dengan membuka warung kopi.

Yah kopi memang masih menjadi minuman andalan bagi kaum pria yang giat bekerja. Selain karena dapat menambah gairah kerja, kopi juga bisa jadi solusi untuk menenangkan pikiran.

Selain itu, ada juga orang yang meminum kopi agar bisa tetap terjaga sepanjang malam. Ini biasa dilakukan oleh para pemuda desa untuk ronda.

Coba deh bayangkan dipagi hari yang cerah ada banyak bapak-bapak yang mau ngopi. Namun kadang istrinya justru malas bangun pagi dan berujung pada adu mulut dan perkelahian.

Nah, dari masalah itu kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber inspirasi membangun usaha warung kopi.

Umumnya bapak-bapak atau anak muda yang mau ngopi namun malas bikin kopi, biasanya akan mencari solusi instan dengan mencari warung kopi terdekat.

Belum lagi setelah lelah seharian bekerja dan butuh tempat untuk bersantai dan ngobrol dengan teman-teman, tentu warung kopilah yang jadi pilihan terbaik.

Jadi bisa dikatakan kalau menjadikan usaha warung kopi sebagai usaha sampingan bukanlah pilihan yang buruk.

5. Usaha Gorengan

Gorengan merupakan suatu makanan yang digemari oleh hampir semua kalangan. Entah itu di pedesaan maupun perkotaan.

Gorengan biasa dijadikan camilan saat malam hari dan kadang juga dijadikan makanan pendamping kopi bagi orang-orang yang mau begadang. Baik itu karena mau nonton bola atau ngeronda.

Pokoknya gorengan selalu saja dicari karena memang peminatnya banyak. Kira-kira ungkapannya begini:

Mau nongkrong beli gorengan!

Mau kerja tugas bareng beli gorengan!

Mau ke rumah pacar beli gorengan!

Mau ngopi sendirian beli gorengan!

Jadi bisa dibilang kalau hampir sebagian besar orang-orang di desa sangat menyukai yang namanya gorengan.

Umumnya jenis gorengan yang dijual adalah tahu isi, pisang molen, sukun goreng, pisang goreng, martabak, terang bulan, dan tempe goreng.

Bila di tempat Anda masih sedikit atau bahkan belum ada yang jual gorengan, maka saya anjurkan untuk segera membuka usaha gorengan ini karena memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.

6. Usaha Brownies dan Kue Ulang Tahun

Bagi Anda, ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan bisa kok coba-coba buka usaha bikin brownies dan kue ulang tahun.

Apalagi bila memang masih belum ada yang membuka usaha seperti itu di desa Anda. Tentunya itu menjadi sebuah peluang emas bagi Anda.

Terkadang di desa ada anak atau orang dewasa yang ulang tahun namun bingung di mana mau beli kuenya. Mau bikin tapi tak tau resep dan nggak mau ribet.

Nah, kalau seandainya di desa Anda membangun usaha seperti itu, pastinya semua orang yang ulang tahun itu bukan tidak mungkin akan datang ke toko Anda membeli kue ulang tahun.

Dan kadang ada juga orang yang hendak membeli kue untuk dijadikan oleh-oleh atau hadiah ke orang tertentu. Di sinilah peluang Anda!

7. Usaha Katering

Membuka usaha katering di pedesaan bisa dibilang cukup menjanjikan. Untuk Anda yang suka masak tentunya usaha ini bisa jadi media dalam menyalurkan passion Anda.

Biasanya jasa katering dibutuhkan saat ada acara pernikahan, pengajian, arisan, rapat, pertemuan, dan beberapa acara lainnya yang butuh konsumsi.

Tetapi sebelum memulai usaha ini, ada baiknya kalau Anda lakukan survey terlebih dahulu terhadap kualitas dan rasa masakan Anda. Apakah masakan Anda diminati banyak orang atau tidak?

Karena jangan sampai Anda membuka usaha katering namun orang lain tak suka masakan tersebut, kan tidak baik juga. Orang mungkin hanya pesan sekali dan selanjutnya tak akan pernah lagi.

Jasa katering terkadang sangat dibutuhkan ketika ada acara dimana tuan rumah tidak mau repot-repot masak dan ingin instan.

Jadi tinggal telepon dan makanannya langsung siap. Disitulah peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Namun kadang juga ketika pesanan terlalu banyak Anda mungkin akan dibuat kewalahan. Jadi alangkah baiknya jika Anda mencari karyawan untuk membantu.

Dengan demikian, adanya usaha Anda di desa bisa membuka lapangan kerja bagi pengangguran yang ada di desa.

8. Usaha Burger

Usaha burger juga termasuk usaha yang berpotensi menguntungkan bila dijalankan, apalagi di daerah pedesaan.

Orang desa yang belum pernah makan burger tentu akan tertarik untuk membeli. Mereka penasaran ingin mencoba makanan yang jarang ia makan.

Siapa yang tidak tertarik coba sama burger. Rasa dan bentuknya yang unik membuat kita tertarik untuk membeli.

Untuk memulai usaha burger tidaklah terlalu ribet. Anda hanya butuh beberapa bahan dasar seperti sayuran, telur, roti, ham, mayonaise, dan saus tomat.

Anda bisa berjualan burger dengan berkeliling desa setiap sore setelah menyelesaikan pekerjaan rumah. Atau bisa juga berjualan di tempat-tempat yang ramai seperti di sekolah atau kantor-kantor.


B. Usaha Sampingan Jual Barang


Usaha Sampingan Jual Barang

Jika Anda tak punya bidang keahlian dalam hal kuliner, mungkin berbisnis dan menjual barang adalah usaha sampingan yang cocok untuk Anda. Dalam hal ini Anda hanya perlu mencari supplier barang yang bisa diandalkan lalu menjual barang tersebut ke konsumen.

Berikut ini beberapa contoh usaha sampingan jual barang yang bida dikerjakan oleh ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

1. Usaha Jual Aksesoris

Membangun usaha jenis ini sangat cocok bagi Anda yang sangat gemar mengoleksi perhiasan.

Apalagi jika berjualannya di daerah pedesaan yang masih sangat minim penyedia aksesoris kecantikan.

Tentunya menjadi suatu peluang besar bagi Anda yang ingin sukses berwirausaha. Untuk memulainya pun tak begitu sulit.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari supplier yang terpercaya, bisa diandalkan, dan tentunya punya banyak persediaan aksesoris yang berkualitas bagus.

Agar pelanggan tidak kabur, Anda harus terus memantau trend aksesoris terkini meskipun Anda menjualnya di daerah pedesaan.

2. Usaha Jual Barang Online

Saat ini desa sudah tak bisa lagi disebut sebagai daerah yang tertinggal dan tak mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan teknologi sudah masuk ke pelosok desa dan sudah banyak juga pengguna internet di desa.

Ini tentu adalah peluang emas bagi para ibu rumah tangga di desa untuk menjalankan bisnis online dengan berjualan produk, baik itu dengan sistem reseller atau dropship.

Jadi Anda hanya harus aktif di internet, entah itu sosial media maupun marketplace tertentu untuk menjual kembali produk dari perusahaan.

Produk yang ditawarkan bisa bermacam-macam seperti pakaian anak, kosmetik, skin care, pakaian dewasa, makanan, dan sejenisnya.

Selain itu, barang yang tak habis terbeli secara online bisa Anda tawarkan kembali secara offline kepada tetangga atau teman.

Agar lebih enteng, Anda juga bisa mencari agen penjual kosmetik terpercaya dan mau diajak bekerja sama dalam memasarkan produk tersebut.


3. Usaha Jual Sepatu Bayi dan Anak

Jualan sepatu bayi dan anak bisa dijadikan pilihan usaha untuk ibu rumah tangga di desa. Ini karena kebutuhan akan sepatu bayi dan anak cukup besar khususnya di pedesaan yang mayoritas tingkat persaingannya masih rendah.

Carilah supplier yang memiliki barang berkualitas dan model yang variatif. Dengan begitu maka minat pembeli untuk membeli produkmu jadi semakin besar.

4. Usaha Jual Hijab

Bila di tempat tinggal Anda mayoritas penduduknya adalah muslim, maka bisa dibilang bahwa bisnis yang satu ini kedepannya akan terus meningkat.

Anda bisa memasarkan stock hijab di pedesaan dimana tingkat persaingannya masih terbilang rendah, beda sama daerah perkotaan yang persaingannya ketat.

Kemampuan yang harus Anda miliki dalam menjalankan bisnis ini adalah harus memahami dengan baik tentang macam-macam kerudung dan perkembangan dunia fashion.

Saat menjalankan bisnis ini, yang wajib perlu Anda lakukan adalah mengikuti trend berbagai model hijab terbaru dan menarik agar bisa memberi kesan lebih bagi pelanggan.

Baca Juga : Bisnis dan Pekerjaan yang Cocok Untuk Wanita Muslimah

5. Usaha Jual Tanaman

Bila Anda termasuk ibu rumah tangga yang gemar menanam dan merawat tanaman, maka ada baiknya jika hal tersebut Anda jadikan bisnis. Apabila dijalankan dengan telaten maka saya yakin penghasilannya bisa melebihi gaji kantoran loh.

Anda bisa merawat dan menjual tanaman obat herbal, rempah-rempah, dan berbagai jenis bunga hias yang kiranya banyak digemari orang.

Untuk tambahan referensi, silahkan browsing di internet guna mengetahui trend perkembangan dunia jual beli tanaman di Indonesia.

6. Usaha Jual Barang Campuran

Usaha sampingan berikutnya adalah membuka toko yang menjual barang campuran seperti tabung gas, makanan ringan, kebutuhan sekolah, berbagai jenis minuman, dan lain-lain.

Toko barang campuran ini biasanya sangat dibutuhkan oleh orang-orang pedesaan yang membutuhkan sesuatu dalam skala kecil dan malas membeli di toko besar karena mungkin jaraknya yang cukup jauh.

Memang sih usaha ini terlihat sepele, tetapi siapa sangka kalau usaha ini bisa mendatangkan omset sampai puluhan hingga jutaan rupiah per bulannya jika dikelola dengan baik.

7. Usaha Jual Sarana Pertanian

Dalam usaha ini, nantinya Anda bisa menjual hal-hal kiranya dibutuhkan oleh para petani. Misalnya seperti bibit, pupuk, sabit, cangkul, dan sebagainya.

Di daerah pedesaan pasti banyak yang butuh peralatan pertanian. Apalagi di daerah yang memang mayoritas penduduknya petani. Pasti akan laku keras.

Untuk memulainya Anda hanya perlu mencari supplier yang bisa dipercaya dan tentunya modal yang cukup.


8. Usaha Jual Sayur dan Rempah-rempah

Usaha jual beli sayuran adalah usaha sampingan yang patut untuk dicoba. Usaha seperti ini tentu akan sangat diminati oleh para penduduk desa.

Para penduduk desa yang tak punya kebun sayur tetap bisa mendapatkan sayur dengan membeli di tempat Anda.

Biasanya penjual sayur dan rempah-rempah ramai dicari oleh ibu-ibu saat pagi hari sebelum memasak untuk suami dan anaknya.

Anda hanya perlu menyediakan stok sayuran segar, entah itu dari supplier atau sayuran hasil tanam sendiri.

C. Usaha Sampingan Jasa



Bagi Anda yang tidak punya bakat jualan dan lebih tertarik dalam bidang jasa tak usah berkecil hati. Karena di postingan ini ada juga kok ide usaha sampingan di bidang jasa. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Usaha Rias

Membuka usaha rias tentu adalah usaha yang sangat pas untuk ibu-ibu yang gemar sekali make-up. Apalagi jika memiliki skill make-up yang bagus. Pasti akan dapat banyak pelanggan.

Di daerah pedesaan sangat sedikit yang punya usaha rias, tak seperti di kota yang persaingannya sangat ketat.

Jadi akan sangat menguntungkan bagi Anda jika membuka usaha ini di desa. Biasanya Anda akan kebanjiran orderan saat ada acara wisuda, pernikahan, pawai, pemotretan atau acara-acara lainnya.

2. Usaha Pangkas Rambut

Di desa-desa yang mayoritas penduduknya sibuk bertani, berkebun, atau mengelola tambak, tentu sangat jarang memerhatikan penampilan mereka.

Karena yang menjadi fokus utamanya adalah mencari uang. Kalau pun mereka memerhatikan penampilan mungkin pada saat akan menghadiri suatu acara seperti kondangan, khitanan, akikah, atau acara keluarga lainnya.

Di daerah pedesaan biasanya sangat jarang ditemukan tempat pangkas rambut. Entah karena memang tidak ada yang bisa pangkas rambut atau tahu tapi malas memulai.

Kalau di desa Anda sangat jarang atau bahkan tidak ada sama sekali usaha pangkas rambut, maka itu adalah peluang yang bagus untuk Anda. Kalau Anda mau memulainya maka siap-siap saja kebanjiran pelanggan.

Anda bisa minta tolong diajari pangkas rambut oleh orang yang Anda kenal. Pelajari juga trend model rambut masa kini dengan browsing di internet agar orang makin tertarik untuk datang.

3. Usaha Les Privat

Bagi ibu-ibu yang memiliki kemampuan khusus dalam hal akademik, bisa disalurkan dengan membuka les privat.

Anda bisa jadi pengajar yang tidak harus terikat dengan aturan-aturan sekolah yang super ketat. Yaitu dengan menjadi seorang guru les privat.

Terkait waktu mengajarnya bisa didiskusikan dengan murid Anda nantinya. Kapan waktu yang cocok dan tidak mengganggu urusan lain.

Jadi Anda bisa menggunakan waktu luang yang Anda punya untuk mendapat penghasilan.
Anda bisa jadi guru pengajar dari rumah ke rumah atau bisa juga dengan membuka kelas di rumah sendiri.

4. Jadi Agen Pulsa

Menjadi agen pulsa adalah usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga di desa. Dalam menjalankannya pun juga tidak terlalu rumit dan menyita banyak waktu.

Agen pulsa tergolong jenis usaha mikro, kecil, dan menengah yang bisa dijalankan dimana pun.

Anda tidak harus punya bangunan khusus atau stand untuk bisa menjadi agen pulsa.

Cukup dengan bermodalkan sebuah handphone dan strategi pemasaran yang baik ke tetangga, akan membuat keuntungan terus mengalir ke dompet Anda.

5. Usaha Menjahit

Salah satu keuntungan tersendiri bagi orang yang ingin membuka usaha di pedesaan adalah persaingannya jauh lebih sedikit dibandingkan yang di perkotaan.

Contohnya usaha menjahit. Kalau di pedesaan ada orang yang pandai menjahit pasti akan untung besar tuh.

Apalagi kalau bisa menjahit berbagai macam pakaian dan membuat model yang bervariasi. Pasti akan laku keras.

Anda bisa membuat pakaian dengan model baru dan up to date untuk menarik minat calon konsumen.

Sebagai ibu rumah tangga yang tinggal di desa, usaha menjahit bisa jadi pilihan yang menarik jika Anda memiliki skill menjahit yang bagus.

Apalagi jika punya kemampuan dalam membordir. Tentunya itu akan jadi nilai tambah tersendiri.

6. Usaha Fotokopi dan ATK (Alat Tulis Kantor)

Jika Anda mencari pekerjaan yang simpel dan tidak banyak menyita waktu, maka usaha fotokopilah solusinya.

Untuk menjalankan usaha ini Anda hanya butuh modal berupa mesin fotokopi dan beberapa rim kertas.

Memang sih kalau di lihat-lihat keuntungannya tidak seberapa, tapi kalau dijalankan dengan serius pasti hasilnya akan berbeda pula.

Usaha ini sangat cocok dibuka dekat dengan daerah perkantoran atau sekolah. Mengingat kebutuhan akan fotokopi sebagian besar dari kalangan anak sekolah dan pegawai kantor.


7. Jadi Penulis Freelance

Untuk Anda yang punya bakat menulis bisa kok jadi penulis freelance untuk menambah-nambah penghasilan.

Anda bisa melakukan pekerjaan ini saat semua pekerjaan rumah sudah selesai. Dan untuk masalah waktu Anda bisa mengerjakannya kapan pun Anda sempat. Baik itu malam, sore, atau bahkan dini hari.

Apalagi saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang menggunakan website atau aplikasi yang didalamnya butuh artikel sebagai kontennya.

8. Jadi Voice Over Artist

Bagi Anda yang hanya tinggal di rumah dan memiliki suara yang merdu, sebaiknya pertimbangkan untuk memanfaatkan kelebihanmu itu.

Anda bisa meminjamkan suaramu itu untuk karya-karya seni hebat seperti buku audio, jingle radio, dan sejenisnya.

9. Jadi Penerjemah Bahasa

Untuk Anda yang punya kemampuan dalam berbahasa asing seperti bahasa inggris, Jepang, dan Mandarin tidak ada salahnya untuk membuka bisnis menjadi seorang penerjemah untuk menambah penghasilan.

Biasanya Anda akan dibayar berdasarkan berapa lembar yang telah Anda translate.

Dalam melakukan pekerjaan ini Anda juga bisa menggunakan Google Translate sebagai media pendukungmu.

10. Jadi Musisi

Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang punya skill dalam bidang musik, tidak ada salahnya untuk menggunakan kemampuan Anda itu untuk menambah penghasilan.

Beberapa cara diantaranya yaitu dengan bermain di tim musik untuk pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara lainnya. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa buka les privat musik untuk anak-anak di rumah.

11. Jadi Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum tahu tentang PPOB. Jadi PPOB ini adalah sejenis sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, pulsa semua operator, cicilan motor, dan sebagainya.

Menjadi agen PPOB di desa tentunya bisa membantu masyarakat sekitar Anda, tetapi juga bisa memberikan tambahan penghasilan untuk Anda.

12. Buka Kursus Memasak

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang hobi dan punya passion dalam bidang memasak. Pasalnya tak semua orang bisa memasak makanan dengan hasil yang baik. Mereka butuh seorang ahli yang membimbing mereka.

Mulai dari bagaimana meracik resep hingga proses penyajian yang baik agar lebih sedap dipandang mata dan dirasa oleh lidah.

13. Jadi Agen Traveling

Terkadang di suatu pedesaan ada orang yang mau ke luar negeri untuk traveling tetapi tidak tahu bagaimana caranya.

Nah, di sinilah peluang Anda untuk membuka jasa agen perjalanan atau traveling di desa. Namun untuk menjadi seorang agen traveling Anda harus memiliki pengetahuan tentang cara booking tiket pesawat dan jadwal penerbangan.

14. Jasa Rental Perlengkapan Bayi

Kebanyakan orang tua saat ini sering kali ragu dan terlalu mempertimbangkan dalam membeli peralatan bayi dan mainan.

Ini karena selain harga perlengkapan bayi dan mainan anak berkualitas yang mahal, pertumbuhan balita juga kian pesat dan memiliki sifat mudah bosan.

Akibatnya perlengkapan bayi dan mainan hanya digunakan dalam waktu singkat, setelah itu tak terpakai lagi.

Jadi dengan membuka rental perlengkapan bayi bisa meringankan beban mereka yang mau membeli perlengkapan dan mainan untuk anak mereka.

Anda bisa memanfaatkan barang koleksi milik pribadi atau teman-teman yang sudah tak terpakai untuk disewakan. Baik itu stroller, tempat tidur bayi, mainan, maupun barang-barang lainnya.

Baca Juga : 17 Ide Kerja Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Anak Kuliahan


D. Usaha Sampingan Membuat Produk


Usaha Sampingan Membuat Produk

Untuk Anda yang lebih senang dalam dunia pembuatan produk dan kerajinan tangan serta ingin membangun usaha sampingan di pedesaan, maka beberapa ide di bawah ini boleh kamu pertimbangkan untuk memilihnya:

1. Usaha Hampers

Salah satu bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah bisnis hampers atau biasa juga disebut bisnis membuat bingkisan. Bisnis ini bisa Anda kerjakan disela-sela waktu mengurus rumah tangga.

Bingkisan yang biasanya dibuat adalah untuk acara ulang tahun anak, lamaran, hari besar keagamaan, suvenir pernikahan, lahiran anak, dan acara lainnya.

2. Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Bagi Anda yang punya keterampilan mengolah barang bekas menjadi produk yang bernilai jual, tidak ada salahnya coba membangun usaha jenis ini.

Karena selain bisa mendatangkan keuntungan berupa uang, pekerjaan ini juga bisa jadi wadah untuk menyalurkan passion Anda.

Anda bisa membuat berbagai kerajinan seperti mainan anak-anak, hiasan dinding, lampion, figura, tas, dan barang-barang kerajinan lainnya.

Nantinya produk yang Anda buat bisa Anda pasarkan secara online maupun offline kepada masyarakat sekitar.

Bagi para pecinta seni kerajinan tangan saya yakin tidak akan tinggal diam saja saat mengetahui ada produk kerajinan tangan unik yang menarik perhatiannya.

3. Usaha Anyaman

Untuk Anda yang terampil dalam menganyam ada baiknya untuk mencoba membuka usaha anyaman. Anda bisa membuat produk berupa tas, barang pajangan, atau yang lainnya. Pokoknya tinggal bagaimana ide dan kreativitas Anda.

Untuk bahan dasarnya saya pikir tidak terlalu sulit untuk didapatkan, mengingat Anda tinggalnya di daerah pedesaan.

4. Usaha Membuat Lukisan

Anda punya keahlian dalam melukis? Jika iya maka itu bisa dijadikan sumber pemasukan. Di waktu senggang mengurus rumah tangga, Anda bisa menggunakannya untuk membuat beberapa lukisan yang menarik untuk dijual kepada masyarakat sekitar atau bisa juga melalui online.

Meskipun lukisan Anda belum bisa menandingi para pelukis profesional, tetapi saya yakin pasti ada kok yang mau membeli lukisan Anda. Namun yah tentu saja dengan harga yang tidak terlalu mahal.


5. Usaha Menyulam

Menyulam merupakan suatu teknik mengelola bahan benang menjadi kain yang lebih indah. Kalau di luar negeri biasanya disebut Embroidery.

Untuk Anda yang punya ketertarikan dalam dunia sulam-menyulam, tak ada salahnya untuk membuka usaha menyulam.

Dalam usaha ini Anda hanya perlu membuat produk-produk sulaman terbaik yang nantinya akan dijual ke masyarakat sekitar atau dipasarkan secara online.

Baca Juga : 6 Kisah Singkat Tokoh Wirausahan di Bidang Kerajinan

E. Usaha Sampingan Beternak

Beternak adalah salah satu usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan.

Ada banyak jenis hewan yang bisa diternakkan di desa. Misalnya ayam, bebek, sapi, kambing, kerbau, dan sebagainya.

Beternak ayam bisa jadi pilihan yang baik. Karena selain ayamnya, telurnya pun bisa langsung dijual kepada masyarakat. Bukan hanya itu saja, beternak ayam dan bebek pun tak butuh perawatan ekstra dibandingkan beternak sapi atau kambing.

Baik ayam petelur maupun ayam pedaging keduanya sama-sama berpotensi menghasilkan uang yang banyak jika dikelola dengan telaten.

Lahan terbuka yang luas di desa adalah tempat yang cocok untuk membuka usaha peternakan. Apalagi jika kepadatan penduduknya masih rendah.

Ini bisa jadi tempat yang sangat strategis untuk membuat usaha peternakan ayam. Usaha ini tergolong tidak terlalu rumit dan mudah dikerjakan oleh para ibu rumah tangga.



Penutup

Membangun usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa adalah salah satu pilihan terbaik bagi ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan keluarga.

Setelah membaca postingan ini mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan ide yang cocok untuk dijadikan usaha sampingan di desa.

Perlu Anda ketahui bahwa usaha tak akan pernah bisa terwujud jika hanya kebanyakan rencana. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk melakukan implementasi secara langsung. Intinya action, action, dan action!

Salam sukses Hidupcu!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar