Yakin Tidak Ingin Melihat 6 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Berikut?

Yakin Tidak Ingin Melihat 6 Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan Berikut?

Prospek kerja ekonomi pembangunan

Membahas tentang prospek kerja ekonomi pembangunan, mungkin yang ada di benak kita adalah uang. Yah, memang si jurusan ini sangat identik dengan masalah keuangan. Prospek kerja ekonomi pembangunan tidak jauh-jauh dari yang namanya menghitung dan menganalisa. Kita dituntut harus memiliki kemampuan analisis dan perhitungan yang baik. Prospek kerja ekonomi pembangunan mengarah kepada masalah pembangunan industri, keuangan, bisnis, dan perbankan.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan, maka simak baik-baik penjelasan berikut.

Pengertian Jurusan Ekonomi Pembangunan


Ekonomi pembangunan adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari tentang persoalan perbankan, pembangunan industri, keuangan, maupun bisnis.

Mahasiswa program studi ekonomi pembangunan akan berkecimpung dengan analisa berbagai isu perekonomian dengan tujuan mencari dan menemukan solusi dari permasalahan ekonomi secara kritis, inovatif, dan kreatif.

Fakultas ekonomi pembangunan adalah salah satu fakultas di beberapa universitas negeri di Indonesia yang membuka secara umum beberapa jurusan seperti jurusan ilmu ekonomi, akuntansi, dan manajemen.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa kampus yang juga membuka jurusan ekonomi pembangunan.

Dalam program studi ini, Anda akan belajar bagaimana cara mempersiapkan perencanaan dalam bidang ekonomi sehingga bisa ikut berperan serta dalam terciptanya kesejahteraan bersama.


Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan


Jurusan ekonomi pembangunan sangat cocok untuk Anda yang mempunyai minat mempelajari ilmu ekonomi.

Apalagi yang berkaitan tentang hitung-hitungan dan menganalisa suatu angka-angka menjadi bentuk kurva dan data statistik lainnya.

Apabila Anda memilih jurusan ini maka Anda akan berpeluang untuk turut serta dalam mewujudkan pembangunan negara di masa mendatang.

Selain itu, gaji lulusan ekonomi pembangunan terbilang tinggi loh!


Pelajaran Ekonomi Pembangunan


Bagi tiap mahasiswa, akan dibekali beberapa mata kuliah diantaranya :
  • Pengantar bisnis
  • Matematika ekonomi dan keuangan
  • Ekonomi pembangunan
  • Ekonometrika
  • Sistem keuangan
  • Perekonomian Indonesia
  • Manajemen Perbankan
  • Valuasi Korporat
  • Etika Ekonomi
  • Manajemen Risiko dan Analisis Kredit Perbankan
  • Pengantar Akuntansi
  • Teori Ekonomi Makro
  • Teori Ekonomi Mikro
  • Sejarah Pemikiran Ekonomi
  • Kebanksentralan.

Selain itu, Anda juga akan menempuh mata kuliah berbagai cabang ekonomi seperti :
  • Ekonomi Internasional
  • Ekonomi Pertanian
  • Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan
  • Ekonomi Publik
  • Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan
  • Ekonomi Regional
  • Ekonomi Moneter
  • Ekonomi Kependudukan
  • Ekonomi Transportasi
  • Evaluasi Proyek Pembangunan
  • Ekonomi Perencanaan
  • Ekonomi Maritim.
Dari beberapa penjelasan di atas mungkin Anda sudah mengetahui dalam jurusan ekonomi pembangunan sebagian besar mempelajari tentang berbagai kategori ilmu ekonomi.

Baca Juga : 11 Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD, UGM, IPB, PNJ, dan UNHAS Tapi Dibutuhkan

Jurusan Ekonomi Pembangunan Bisa Kerja di Mana?


Setelah mengetahui seluk beluknya, maka saatnya Anda untuk mengetahui lulusan ekonomi pembangunan kerja dimana sih? Simak baik-baik beberapa penjelasan berikut.


1. Instansi Pemerintahan


instansi pemerintahan

Prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang pertama adalah instansi pemerintahan. Anda bisa mengincar beberapa prospek kerja di area pemerintahan.

Beberapa skill yang wajib dimiliki lulusan ekonomi pembangunan adalah keahlian merumuskan persoalan pembangunan industri, keuangan, perbankan, industri, dan bisnis. Terutama dalam instansi pemerintahan dan lembaga negara.

Dalam instansi pemerintahan,  terdiri atas perumusan kebijakan di bidang pembangunan ekonomi yang terdiri atas BPK, Bappeda, Bappenas, perpajakan, pegadaian, dan Bank Indonesia.

Di area inilah para lulusan ekonomi pembangunan bisa memaksimalkan keahliannya.

Di Bappenas sendiri, Anda akan bertugas :
  • Menyusun rencana pembangunan nasionalrancangan anggaran pendapatan dan belanja negara.
  • Pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan.
  • Serta pengambilan keputusan dalam penanganan permasalahan mendesak dan berskala besar.

Intinya, lowongan prospek kerja ekonomi pembangunan ini sangat membutuhkan para sarjana ekonomi pembangunan yang berkompeten.


2. Lembaga Pendidikan


lowongan prospek kerja ekonomi pembangunan

Selain prospek kerja dalam bidang pemerintahan, jurusan ekonomi pembangunan juga bisa bekerja dalam bidang pendidikan.

Anda bisa melihat fakta yang ada di lapangan bahwa jurusan ekonomi pembangunan masih sangat jarang tersedia di beberapa universitas.

Hal ini menandakan bahwa staf pengajar dan orang yang ahli dalam bidang tersebut hanya segelintir orang.

Jurusan ekonomi pembangunan ini bisa dikatakan jurusan yang sangat strategis. Untuk kedepannya bisa diprediksi bahwa bukan tidak mungkin beberapa universitas akan membuka jurusan tersebut.

Nah, dari situlah peluang besar diterima bagi lulusan ekonomi pembangunan untuk mengabdi dan menjadi tenaga pengajar.

Namun bukan hanya pengajar loh, Anda juga bisa bekerja di lembaga pendidikan sebagai sarjana ekonomi pembangunan dan menyabet profesi sebagai asisten peneliti atau asisten analis kebijakan.

Untuk bisa bekerja sebagai pengajar jurusan ekonomi pembangunan, tentu Anda harus memenuhi beberapa persyaratannya. Misalnya seperti melanjutkan kuliah magister di bidang ekonomi.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Lulusan S1 Teknik Elektro Untuk Wanita yang Paling Recomended


3. Research and Development (Penelitian dan Pengembangan)


pelajaran ekonomi pembangunan

Pada bagian Research and Development (R&D) bertanggung jawab dalam pengelolaan sejumlah dana tertentu untuk keperluan riset dan pengembangan.

R&D pada umumnya melakukan beberapa tes dan tak jarang membuat alat tes sendiri serta terus mengembangkan teknologi baru guna meningkatkan produk suatu perusahaan.

Terkadang juga, R&D melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan terkait pengadaan barang dan jasa terkait aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

Dalam pekerjaan ini seorang lulusan ekonomi pembanguna bertugas untuk menganalisa berbagai permasalahan perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan secara kritis, inovatif, dan kreatif.


4. Perusahaan Internasional


Ada banyak perusahaan-perusahaan internasional yang membutuhkan tenaga ahli lulusan ekonomi pembangunan. Baik itu perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum.

Dalam perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi, sarjana lulusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan untuk menganalisa pembangunan industri, perbankan, bisnis, maupun keuangan secara berkala.

Sementara untuk perusahaan umum, sarjana lulusan ekonomi pembangunan dibutuhkan pada bagian analisis data semisal divisi research and development.

Lowongan kerja ekonomi pembangunan yang satu ini juga terbilang banyak khususnya di Indonesia.

Baca Juga : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?


5. Analis Bisnis


gaji lulusan ekonomi pembangunan

Prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan berikutnya adalah menjadi analis bisnis.

Dalam prospek kerja ini,  Anda akan ditugaskan untuk menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan yang dihadapi para pemangku kepentingan serta mengusulkan solusi-solusi praktis yang mampu menyelesaikan persoalan tersebut.

Analis bisnis juga mencakup pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, serta memberikan dukungan pasca implementasi.

Hal ini kadang melibatkan pengembangan rencana proyek dan memerlukan keterampilan manajemen proyek yang baik.

Kebutuhan akan analis bisnis biasanya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan atau industri di bidang keuangan, asuransi, perbankan, utilitas, telekomunikasi, maupun layanan perangkat lunak.

Atau dengan kata lain, perusahaan-perusahaan tersebut sangat membutuhkan lulusan ekonomi pembangunan untuk menganalisis tentang kebutuhan dan pengembangan bisnis.


6. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)


Bagi tiap-tiap Lembaga Swadaya Masyarakat tentu akan membutuhkan beragam analisa pembangunan industri, perbankan, maupun yang lainnya.

Bagi lulusan ekonomi pembangunan, mampu bekerja di beberapa organisasi publik, swasta, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Lulusan jurusan ini pun bisa melanjutkan studi ilmu ekonomi ke strata yang lebih tinggi lagi.

Intinya, untuk prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan bisa bekerja di sektor swasta maupun BUMN, terutama dalam bidang perbankan maupun sektor keuangan lainnya.

Baca Juga : Wow, 5 Orang Terpintar Di indonesia Sepanjang Sejarah Beserta Fotonya


Kesimpulan


Itulah beberapa prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan. Apakah Anda sudah yakin ingin mengambil jurusan ekonomi pembangunan?

Masalah prospek kerjanya tidak usah dikhawatirkan.

Banyak kok di luar sana sarjana ekonomi pembangunan yang karirnya sukses dan mentereng.

Mungkin Anda belum tahu bahwa sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan mantan Wakil Presiden Boediono merupakan orang sukses yang lulus dari jurusan ekonomi pembangunan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar