Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

17 Prospek Kerja Sastra Inggris yang Terbaik dan Syarat Masuknya

Prospek Kerja Sastra Inggris

Prospek kerja sastra inggris memang bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya lowongan kerja jurusan sastra inggris hampir tersedia di berbagai bidang.

Prospek kerja jurusan sastra inggris sangatlah luas. Jadi bagi kamu yang lulus jurusan ini tak perlu terlalu khawatir jika suatu saat akan menganggur.

Peluang kerja sastra inggris terbuka lebar bagi kamu yang baru lulus atau sedang menjalani kuliah jurusan ini.

Apa sajakah peluang kerja jurusan sastra inggris? Mari kita simak pembahasan seputar prospek kerja lulusan sastra inggris dan syarat masuknya berikut ini.


Prospek Kerja Sastra Inggris


  1. Tenaga Pengajar
  2. Di era 1990-an bahasa inggris memang belum terlalu ditekankan pada kurikulum sekolah yang diterapkan.

    Tetapi saat zaman sudah berubah seiring dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi.

    Bahasa inggris sudah semakin ditekankan pada di sekolah. Akibatnya lowongan

    prospek kerja pendidikan bahasa inggris jadi terbuka luas.

    Bahkan untuk playground dan taman kanak-kanak saja sudah dikenalkan dengan bahasa inggris agar nantinya mereka lebih familiar.

    Tak hanya itu, Banyak yang memburu beasiswa luar negeri untuk bisa mendapatkan sertifikat TOEIC, TOEFL, dan sejenisnya dengan skor tinggi.

    Fakta ini tentu seiring dengan kebutuhan jumlah pengajar bahasa inggris yang tak sedikit.

    Untuk yang memang kompeten dalam bahasa inggris dan punya skill mengajar bagus, kamu bisa jadi tentor bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang hendak mendalami bahasa Indonesia.

    Bergaul dengan orang luar yang notabenenya bisa lintas bahasa dan budaya tentu jadi salah satu modal penting dan berharga untuk jenjang kariermu di masa depan.


  3. Editor/ Penyunting Bahasa
  4. Seiring dengan perkembangan industri media cetak, penerbit buku, dan media digital lainnya semakin membuat kebutuhan akan editor meningkat.

    Industri media membutuhkan banyak editor yang berkompeten dibidangnya guna mendukung kelancaran kariernya.

    Buku-buku atau majalah yang nyaman dibaca adalah hasil buah tangan dari para editor dan penyunting bahasa.

    Seperti yang kita lihat saat ini banyak naskah, novel, dan buku saduran karya penulis mancanegara yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

    Perlu diketahui bahwa menjadi editor itu tak hanya sekedar memperbaiki tata bahasa dan ejaan saja, tetapi juga mengoreksi dan mengkritisi konten atau isi dari tulisan tersebut.


  5. Pramugari
  6. Tak sedikit pula mahasiswa lulusan sastra inggris yang pada akhirnya memilih berkarir menjadi pramugari di perusahaan maskapai penerbangan, baik skala nasional maupun internasional.

    Untuk jadi pramugari tak hanya cukup dengan penampilan menarik dan kriteria fisik yang ideal, tetapi juga dibutuhkan kecakapan dalam bahasa inggris yang mumpuni.

    Inilah salah satu peranan penting bahasa inggris sebagai bahasa universal yang menjadikan skill sarjana sastra inggris wajib dimaksimalkan.


  7. Bekerja di Lembaga Budaya dan Lembaga Internasional
  8. Prospek jurusan sastra inggris berikutnya adalah bekerja di lembaga budaya atau internasional.

    Jurusan sastra apapun yang kamu tempuh, selama berada di naungan fakultas ilmu budaya maka kamu akan disuguhi pemahaman budaya yang sangat luas cakupannya.

    Dengan bekerja di lembaga budaya bisa jadi salah satu alternatif profesi yang sesuai dengan jurusan sastra inggris dan mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah.

    Kamu juga bisa bekerja di lembaga internasional yang mayoritas membutuhkan orang berkemampuan bahasa inggris yang baik.

    Untuk lembaga internasional sendiri terdiri dari beragam sektor yang nantinya bisa kamu sesuaikan dengan passionmu.


  9. Penulis
  10. Prospek kerja lulusan pendidikan bahasa inggris berikutnya adalah dengan menjadi penulis, baik yang fiksi maupun non-fiksi.

    Mengenai penulis sendiri sebenarnya tidak melulu hanya menulis naskah atau buku. Melainkan juga bisa membuat tulisan dalam bentuk yang lain seperti :

    • Naskah Teater
    • Puisi
    • Konten Web
    • Cerita Pendek
    • Surat Kabar
    • Film dan Radio
    • Artikel Majalah
    • Kisah Nyata
    • Novel

    Media saat ini semakin banyak membuka kesempatan bagi para penulis untuk menulis konten di berbagai macam bidang seperti pada naskah permainan (game) dan aplikasi ponsel.

    Kebanyakan para penulis bekerja secara lepas (freelance) dan merupakan seorang wiraswasta.

    Mereka biasanya menambah penghasilan dan pengalaman pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan menulis seperti pameran buku, lokakarya, acara sastra, dan sebagainya.


  11. Pustakawan Akademik
  12. Seorang pustakawan akademik adalah mereka yang bekerja di bidang pendidikan tinggi, pendidikan lanjutan, dan lembaga penelitian yang merupakan salah satu bagian dari instansi akademik.

    Mereka dikenal sebagai pustakawan yang mampu mengelola, mengatur, mengevaluasi, menyebarkan informasi, serta memberikan bantuan kepada anggota komunitas akademik. Termasuk mahasiswa, peneliti, dan staf pengajar.

    Pustakawan akademik bertanggung jawab atas pelajaran akademis tertentu dengan mengembangkan kemampuan khusus.

    Contohnya seperti pengembangan sistem TIK dalam berbagai macam proyek perpustakaan.

    Peran utama yang diberikan adalah memfasilitasi serta mendukung pembelajaran dengan mengajarkan keterampilan pencarian informasi kepada para siswa dan staf melalui ruang kelas dan lingkungan belajar secara virtual.


  13. Wartawan Koran
  14. Prospek kerja sastra inggris lainnya adalah menjadi wartawan koran. Tugas utama dari wartawan koran adalah meliput dan menulis artikel, entah itu dibidang nasional, regional, maupun lokal.

    Bukan hanya meliput berita tentang politik, tetapi juga dalam berbagai bidang seperti seni dan budaya, olahraga, teknologi, kesehatan, bisnis, dan sebagainya.

    Pada umumnya, sebelum berita yang ditulis oleh wartawan junior dialokasikan ke meja berita. Terlebih dahulu harus melewati berbagai macam koreksi dari editor berita senior.

    Jurnalisme koran saat ini juga dituntut untuk multi-platform. Jadi sangat diperlukan keterampilan dalam bidang teknologi informasi.

    Beberapa contoh koran besar di Indonesia yang ditulis menggunakan bahasa inggris adalah The Jakarta Post, Kompas, dan Tempo versi bahasa inggris.


  15. Eksekutif Periklanan
  16. Eksekutif periklanan disini tugasnya sebagai penghubung antara agen dan klien. Ia bertanggung jawab mengkoordinasikan promosi iklan dan mengomunikasikannya terhadap pihak yang terlibat.

    Untuk itu, sangat dibutuhkan kemampuan berbahasa inggris yang baik. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses komunikasi dengan klien terutama klien asing.

    Mereka harus pandai memahami apa kebutuhan dan tujuan dari klien agar kerja sama bisa berlangsung dengan baik.

    Mereka juga bertugas mengelola pekerjaan administratif dan memastikan jalannya proyek iklan.

    Apakah iklan yang dibuat bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan anggaran yang direncanakan.


  17. Diplomatik
  18. Prospek kerja sastra inggris lainnya adalah di bidang diplomatik. Siapa bilang kalau yang bisa bekerja di kedutaan besar hanya lulusan hubungan internasional?

    Jangan salah!

    Ada banyak kok lulusan sastra inggris yang diterima dan bekerja di kedutaan besar. Tentu saja hal ini tak terlepas dari kemampuan bahasa inggris yang sekaligus berperan sebagai modal awal.


  19. Sastrawan
  20. Prospek kerja sastra inggris yang satu ini adalah yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Yah, karena hampir sebagian besar mahasiswa sastra itu akrab dengan sastra itu sendiri.

    Perlu kamu ketahui bahwa ternyata sastrawan juga terbagi dalam beberapa kategori, yaitu:

    • Cerpenis
    • Novelis
    • Proseis atau Esais
    • Kritikus

    Umumnya para sastrawan hanya memilih satu dari beberapa kategori di atas. Tetapi tak masalah jika kamu ingin mencoba lebih dari satu.

    Contoh orang yang sukses karena menekuni profesi ini adalah Andrea Hirata dan Dewi Lestari.


  21. Penerjemah
  22. Prospek kerja yang cukup bagus untuk lulusan sastra inggris adalah menjadi penerjemah. Kamu bisa memasuki dunia translation tulisan maupun lisan.

    Untuk tulisan misalnya seperti menerjemahkan karya digital atau karya sastra. Sedangkan untuk lisan kamu bisa jadi translator bagi pembicara asing yang datang ke Indonesia.

    Penerjemah tulisan umumnya mengerjakan pekerjaannya di rumah. Sementara untuk penerjemah lisan biasanya berpindah-pindah tergantung kliennya.

    Tak jarang penerjemah lisan berkunjung ke berbagai kota atau bahkan sampai ke luar negeri.

    Biasanya yang membutuhkan jasa penerjemah lisan adalah mereka yang berasal dari kalangan pebisnis dan pejabat.


  23. Tour Guide
  24. Lulusan sastra inggris bisa juga berprofesi sebagai tour guide atau pemandu wisata.

    Profesi ini dianggap cukup menjanjikan dan hanya membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus.

    Umumnya interaksi yang dilakukan dengan para turis, baik lokal maupun mancanegara.

    Intinya seorang lulusan sastra inggris bisa berprofesi sebagai pemandu wisata dalam suatu travel agent.


  25. Wirausaha
  26. Prospek kerja sastra inggris tak selamanya hanya tentang penerjemah, penulis, dan hal-hal yang bersifat umum. Lulusan sastra inggris bisa juga memasuki dunia bisnis.

    Contoh usaha yang bisa dijalankan oleh lulusan sastra inggris adalah membuka kursus atau les private bahasa inggris. Atau bisa juga dengan membuka agen perjalanan (travel agent) sendiri.


  27. Bekerja di Perusahaan Multinasional
  28. Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang melibatkan banyak pihak berskala internasional.

    Dan kabar baiknya semakin lama jumlah perusahaan multinasional di Indonesia semakin meningkat.

    Sebagai lulusan sastra inggris tentunya kamu memiliki kecakapan bahasa inggris yang bisa membuatmu lebih fleksibel bekerja di perusahaan multinasional manapun.

    Sebab terkadang yang jadi permasalahan orang bekerja di perusahaan multinasional adalah karena di dalamnya terdapat berbagai macam bahasa.

    Tetapi untungnya ada bahasa inggris yang menjembatani beragam bahasa dalam perusahaan tersebut.

    Apapun jabatanmu dalam perusahaan multinasional tentu butuh kemampuan bahasa inggris yang baik.

    Bahkan tak menutup kemungkinan lulusan sastra inggris bisa juga kerja di bank luar negeri.


  29. Leksikografer
  30. Seorang leksikografer bekerja sebagai penulis, mengompilasi, dan mengedit suatu kamus, baik dalam bentuk cetak maupun yang dipublikasikan secara online.

    Beberapa jenis kamus yang biasa dikerjakan seperti :

    • Kamus bahasa inggris untuk pelajar
    • Kamus bahasa inggris untuk penutur asli
    • Tipe kamus bilingual
    • Kamus bahasa inggris teknik

    Leksikografer memiliki tugas penting yaitu memonitori dan merekam menggunakan bahasa dan database.

    Mereka bertugas mencari arti, menggunakan kata yang baik, serta menyusun suatu definisi dengan cara yang terstruktur.

    Leksikografer juga harus mempertimbangkan tingkat kesulitan para peserta didik dalam mempelajari istilah bahasa inggris dengan mengedit, mengoreksi, serta memeriksa dengan teliti.

    Sementara untuk leksikografer bilingual bertugas menerjemahkan ekspresi dan kata-kata. Bukan mendefinisikan setiap kata secara gamblang.


  31. Petugas Informasi
  32. Prospek kerja sastra inggris ini berkewajiban mengembangkan distribusi informasi bagi perusahaan atau klien yang berperan dalam mendukung kebutuhan dan tujuan bisnis perusahaan.

    Petugas informasi bekerja dengan memanfaatkan informasi elektronik. Terutama dalam masalah database online, sistem manajemen konten, internet, serta buku dari perpustakaan.

    Jabatan untuk profesi ini cukup bervariasi seperti spesialis informasi, pustakawan internet, ilmuan informasi, serta asisten manajer informasi.

    Disinilah kemampuan bahasa inggris dibutuhkan untuk memahami sumber informasi dari luar negeri.

    Petugas informasi ini sangat berperan penting dalam suatu perusahaan karena menangani berbagai informasi.

    Baik dalam bidang teknis, ilmiah, keuangan, hukum, medis, komersial, dan pendidikan.


  33. Public Relations
  34. Peluang kerja jurusan bahasa inggris yang terakhir adalah menjadi public relations.

    Tugas seorang public relations adalah memperoleh pemahaman dan dukungan untuk klien serta mempengaruhi opini publik.

    Petugas public relations menggunakan semua bentuk media dan komunikasi untuk membangun, memelihara, dan mengelola reputasi para klien.

    Mereka terkadang menggunakan dukungan dari pihak ketiga untuk membangun dan memelihara pengertian yang terjadi antara klien dan publik.


Syarat Masuk Jurusan Sastra Inggris

Sebenarnya tak ada syarat masuk sastra inggris yang wajib.

Hanya saja kamu perlu mempersiapkan beberapa pengetahuan dasar akan bahasa inggris seputar tenses, pengucapan, pemahaman kosakata, dan istilah bahasa inggris yang jarang diketahui.

Hal tersebut menjadi sangat mendasar mengingat jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk bisa membaca, berbicara, dan memahami isi tulisan dalam bahasa inggris.


Penutup

Demikianlah hal-hal seputar prospek kerja sastra inggris. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuanmu terkait jurusan ini. 

Adapun prospek kerja jurusan pendidikan bahasa inggris mungkin tak jauh beda dari penjelasan di atas.

Terima kasih dan jangan lewatkan beberapa artikel menarik di bawah ini: