Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

16 Tokoh Wirausahawan di Bidang Rekayasa yang Sukses

tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses

Jika berbicara tentang tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses, tentunya ada banyak sekali. 

Wirausaha bidang rekayasa adalah suatu kegiatan atau usaha yang berhubungan dengan bidang rekayasa, termasuk rekayasa perangkat lunak atau software.

Sebenarnya ada banyak sekali contoh bidang rekayasa yang lainnya. Hanya saja disini kita akan membahas tokoh wirausahawan yang sukses di bidang rekayasa berdasarkan kisah suksesnya.

Yuk pelajari kisah sukses dari wirausahawan tersebut dari pemaparan di bawah ini.


Tokoh Wirausahawan di Bidang Rekayasa yang Sukses

  1. Tokoh Sukses Steve Jobs
  2. Tokoh Sukses Steve Jobs

    Pria kelahiran San Francisco, California 24 Februari 1955 ini merupakan pendiri Apple Computers bersama dengan rekannya Steve Wozniak. 

    Di bawah kepemimpinan Jobs, perusahaan tersebut mempelopori serangkaian teknologi revolusioner, termasuk sistem operasi iOS, komputer Macintosh, serta handphone Iphone dan tablet iPad.

    Produk pertama bikinan Apple yakni computer individual Apple I dan Apple II.

    Jobs sempat memundurkan diri dan membangun NeXT di tahun 1984. Tetapi, dia balik lagi ke Apple karena pembelian NeXT oleh Apple pada 1996.

    Dia juga memegang sebagai CEO semenjak 1997 sampai dia wafat di tahun 2011 karena kanker pankreas.


  3. Kisah Sukses Bill Gates
  4. Kisah Sukses Bill Gates

    William Henry Gates III, biasa dipanggil Bill Gates, lahir 28 Oktober 1955, adalah pendiri Microsoft Corporation dan sebagai seorang figur usaha, investor, penulis dan filantropis Amerika.

    Di tahun 1975, Gates dan Paul Allen mengeluarkan Microsoft, sebagai perusahaan piranti lunak paling besar di dunia.

    Sepanjang kariernya di Microsoft, tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini menggenggam status sebagai chairman, CEO dan arsitek piranti lubak, sekalian jadi pemegang saham individu paling besar sampai Mei 2014.

    Produk pertama Microsoft ialah penerjemah bahasa pemrograman BASIC untuk computer Altair 8800. Selanjutnya Microsoft membuat penerjemah BASIC untuk perusahaan computer IBM, sesaat akan membuat mekanisme operasi untuk computer IBM yakni MS DOS, di tahun 1980.

    Usaha mekanisme operasi sekarang jadi produk khusus Microsoft, dengan diluncurkanya Microsoft Windows pada 20 November 1985.

    Microsoft sekarang melebar ke piranti lunak, penyimpanan online, dan lain-lain.


  5. Wirausahawan Elon Musk
  6. Wirausahawan Elon Musk

    Elon Musk terlahir di Afrika Selatan di tahun 1971, dan sebagai pendiri perusahaan tehnologi luar angkasa SpaceX di tahun 2002 dan perusahaan mobil listrik Tesla Motors di tahun 2003.

    Di tahun 2008, NASA memberikan perusahaan SpaceX ini kontrak untuk tangani transportasi ekspedisi untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional dan dengan gagasan untuk transportasi astronot di masa datang, dalam sebuah cara untuk gantikan visi antariksa punya NASA sendiri.

    Usaha Musk yang lain ialah Tesla Motors, sebuah perusahaan yang menghasilkan mobil listrik yang dapat dijangkau. 5 tahun sesudah pembentukannya, perusahaan di tahun 2008 mengeluarkan Roadster, sebuah mobil sport listrik.

    Kesuksesan tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini semakin bertambah dengan mengeluarkan Mode S, sedan listrik pertama perusahaan ini. 

    Mode S sanggup tempuh jarak 265 mil dengan energi listrik, dan jadi Mobil Terbaik tahun 2013 menurut majalah Motor Tren

    Di bulan April 2017, dipublikasikan jika Tesla sudah melebihi General Motors menjadi produsen mobil Amerika Serikat.


  7. Orang Sukses Mark Zuckerberg
  8. Orang Sukses Mark Zuckerberg

    Mark Elliot Zuckerberg ialah seorang programmer computer dan pebisnis internet Amerika. Mark Zuckerberg lahir di tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini adalah pendiri situs sosial media dan perusahaan internet Facebook, dan sekarang ini memegang sebagai Chairman dan Chief Executive Officer Facebook.

    Zuckerberg adalah orang paling kaya di dunia dengan kekayaan senilai US$ 69,5 milyar. Pria alumnus Harvard ini membangun Facebook pada tahun 2004 pada umur 19 tahun.

    Zuckerberg mengawali Facebook saat kuliah di Harvard. Saat ini Facebook adalah perusahaan paling besar di dunia dengan pangkalan pemakai lebih dari 250 juta orang.


  9. Pendiri Alibaba, Jack Ma
  10. Pendiri Alibaba, Jack Ma

    Jack Ma ialah seorang pelaku bisnis asal Tionghoa sekalian Chairman Eksekutif dari Alibaba Grup, perusahaan e-commerce paling besar di Tiongkok.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses kelahiran 10 September 1964 ini sebagai figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen dari China pertama kali yang ada pada majalah Foster dan tercatat sebagai biliuner dunia.

    Di tahun 1992, Ma mulai mengenali computer dan internet sesudah mulai bekerja sebagai sekretaris general manajer gerai penjual ayam goreng.

    Sesudah mengenali internet berikut, dia mulai membangun Alibaba dengan arah untuk memberikan fasilitas pedagang Tiongkok bisa jual barang ke luar negeri lewat jagat maya.

    Alibaba ialah perusahaan yang mempunyai specialist dalam sektor e-commerce, retail, internet, kepandaian bikinan, dan tehnologi yang dibangun pada 1999. Dan sekarang Alibaba sebagai retailer online paling besar di China.


  11. Jimmy Donal Wales (Pendiri Wikipedia)
  12. Jimmy Donal Wales (Pendiri Wikipedia)

    Pria kelahiran Huntsville, 7 Agustus 1966 bernama Jimmy Donal "Jimbo" Wales atau yang lebih dikenali sebagai Jimmy Wales sebagai pendiri dan anggota dari Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang menjalankan beberapa proyek Wikipedia.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini meraih gelar Bachelor of Finance dari Kampus Auburn yang berprestise.

    Dia sempat mengajarkan di University of Alabama dan Indiana University saat tempuh tingkatan pascasarjana.

    Tetapi, sebab menganggap jemu, Jimmy tidak melanjutkan study pascasarjananya.

    Jimmy mulai membangun ensiklopedi yang bisa disunting oleh publik umum tetapi di pantau oleh beberapa orang terpenting di sektornya masing-masing, yakni Nupedia.com, dan dia mengaryakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief pada Maret 2000.

    Website ini diawali dengan meluluskan orang di penjuru dunia untuk suka-rela mengirim artikel yang nanti akan di-edit oleh beberapa pakar dengan saat yang lumayan lama.

    Dia juga mengetahui jika mode ini sudah tidak berhasil. Sampai pada akhirnya dia dan teamnya mengetahui jika mendapati kekeliruan dalam sebuah artikel benar-benar gampang tetapi mendapati info penting.

    Dan dia juga mengawali Wikipedia dengan keinginan situs itu bisa menjadi portal di mana makin bertambah info akan dihimpun.

    Wikipedia sudah lewat banyak eksperimen tehnis dan konseptual sebelumnya terakhir dikeluarkan pada 15 Januari 2001.


  13. Kevin Systrom (Pendiri Instagram)
  14. Kevin Systrom (Pendiri Instagram)

    Telah banyak orang yang memakai sosial media Instagram. Tetapi kemungkinan belum mengetahui siapa sebetulnya figur orang yang mendirikannya.

    Kevin Systrom sebagai programer computer dan pebisnis internet kelahiran 30 Desember 1983. Kevin Systrom dan Mike Krieger mulai membangun instagram di tahun 2010.

    Sebelumnya setelah pernah bekerja di Twitter dan Google dan beberapa startup yang lain, Kevin mulai membangun perusahaannya sendiri membuat program yang dinamakan Burbn yang disebut cikal akan Instagram.

    Pada satu titik, Kevin dan Mike berpikiran Burbn mempunyai kebanyakan feature, walau sebenarnya pemakai tidak mau program yang terlampau sulit.

    Dan pada akhirannya mereka memusatkan pada photo share. Hingga mengubah Burbn jadi Instagram.

    Sekarang ini Instagram sudah diambil atau dibeli oleh facebook pada harga yang paling fenomenal sampai jadikan pendiri Instagram jadi kaya daya dan milyarder baru di dunia.


  15. Jeff Bezos (Pendiri Amazon)
  16. Jeff Bezos (Pendiri Amazon)

    Jeffrey Preston Bezos atau Jeff Bezos, pria yang lahir 12 JAnuari 1964 ialah pebisnis paling kaya sejauh riwayat kekinian.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini sebagai salah satunya figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen.

    Jeff Bezos ialah pendiri, CEO, chairman, presiden dan pemilik saham paling besar perusahaan tehnologi paling besar di dunia yakni Amazon.com.

    Dia sebagai alumnus Kampus Princeton, dan pernah jadi anggota Phi Beta Kappa, bekerja sebagai riset keuangan untuk D. E. Shaw dan Co. sebelumnya terakhir membangun Amazon di tahun 1994.

    Kantor pertama Amazon ialah garasi rumah Bezos. Website Amazon yang dibangun Bezos membawa jadi seorang pebisnis sukses.


  17. Achmad Zaky (Pendiri Bukalapak)
  18. Achmad Zaky (Pendiri Bukalapak)

    Bisa dibuktikan sama dia melanjutkan studinya di Jalur Tehnik Informatika di ITB dan sempat mendapatkan nilai IPK 4,00 pada semester pertama dan sukses lulus dengan predikat cumlaude.

    Sesudah lulus dari ITB, dia membangun perusahaan jasa diskusi tehnologi yang dinamakan Suitmedia.

    Hingga kemudian Zaky mempunyai kemauan untuk membikin suatu hal yang berguna untuk beberapa orang.

    Dengan modal pengalaman membuat mekanisme IT di beberapa perusahaan, dia mulai membangun kode base Bukalapak yang diakhirinya dalam 2 bulan.

    Dengan dibangunnya Bukalapak, tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini mengharap bisa lebih memajukan UMKM lewat internet.

    Bukalapak sendiri memusatkan diri untuk menjualkan barang dagangan beberapa UMKM yang belum demikian berkembang lewat cara online.


  19. Adi Kusma (Pendiri Biznet)
  20. Adi Kusma (Pendiri Biznet)

    Biznet sebagai salah operator penyuplai jasa internet yang dibangun oleh Adi Kusma.

    Pria yang lahir di tanggal 19 Juni 1976 mempunyai kesayangan dan ketertarikan yang besar di bagian tehnologi hingga mendorongnya untuk tempuh pengajaran tinggi di Oregon State University jalur Industrial and Manufaktur Engineering pada tahun 2000.

    Sesudah lulus, dia berusaha untuk cari pengalaman dengan bekerja di Software House International sebagai sistem Programmer.

    Sekembalinya ke tanah air, tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini memilih untuk mengawali usahanya sendiri.

    Adi mengawali membangun PT. Supra Primatama Nusantara yang beroperasi di sektor jasa pengadaan koneksi internet yang namanya Biznet.

    Walau bukan kasus yang gampang untuk membuat koneksi internet di Indonesia, adi masih tetap memilih untuk membuat jaringan kabel optiknya sendiri.

    Sampai sekarang, jaringan Biznet telah menyebar ke lebih dari 90 kota di Indonesia dan keseluruhan kabel Fiber Optiknya sudah capai 18.000 km dan menjadikan figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen.


  21. Andrew Darwis (Pendiri Kaskus)
  22. Andrew Darwis (Pendiri Kaskus)

    Ayah Andrew darwis yang disebut seorang ahli electronica sudah mewarisi talentanya ke anaknya semenjak umur dini.

    Pemuda kelahiran 20 Juli 1979 ini, semenjak kecil telah suka menguta-atik radio dan beberapa barang electronic yang lain.

    Andrew sudah akrab dengan  internet sejak 1997, di mana saat itu internet belum terkenal, bahkan juga ia telah membuat website pribadinya.

    Sesudah lulus SMA, tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini mendaftarkan ke jalur Tehnik Informatika di Kampus Bina Nusantara.

    Pada tahun 1998, ke-3 kawan akrabnya yang telah terlebih dahulu kuliah di Amerika ajak Andrew untuk kuliah bersama di Seatle.

    Saat kuliah di Seatle, Andrew mendapatkan pekerjaan untuk membikin situs individu. Dia pada akhirnya membuat situs sosial yang dinamakan Kaskus.

    Andrew juga memilih untuk serius mengolah kaskus dengan ditolong ke-2 temannya.

    Di tahun 2000 ke-2 rekan Andrew memilih untuk stop. Sampai pada akhirnya dia berjumpa saudaranya, Ken lawadinata, yang pada akhirnya jadi CEO Kaskus.

    Dan di tahun 2008, bersama Ken, Andrew pada akhirnya bawa kaskus ke Indonesia dengan lokasi pertama kalinya di Mangga Besar dan cuman mempunyai 2 karyawan.

    Tetapi sekarang di bawah lindungan PT. Darta Media Indonesia, pada akhirnya karyawan kaskus mempunyai lebih dari 60 orang pegawai. Sampai sekarang, anggota kaskus telah capai lebih dari 7,delapan juta orang.


  23. Nadiem Makarim (Pendiri Gojek)
  24. Nadiem Makarim (Pendiri Gojek)

    Nadiem Anwar Makarim, pria kelahiran 4 Juli 1984 ini sebagai seorang pebisnis Indonesia.

    Dia sebagai salah satunya figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen yang banyak dikenali karena saat ini memegang sebagai Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Indonesia.

    Nadiem ialah pendiri dari GO-JEK yang disebut perusahaan transportasi dan penyuplai jasa berbasiskan online yang berbasi di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

    Sesudah menuntaskan pengajaran SMA nya di Singapura, dia ambil jalur Jalinan Internasional di Kampus Brown di tahun 2002.

    3 tahun sesudah kelulusannya, Nadiem ambil pascasarjana dan mendapat gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

    Di tahun 2010, Nadiem mulai membangun perusahaannya sendiri namanya GO-JEK, sebelumnya setelah sempat bekerja di McKinsey dan Co dan Zalora Indonesia. Yang pada waktu itu GO-JEK masih mempunyai 15 pegawai dan 450 partner driver.

    Dan saat ini Gojek sudah berubah jadi program besar dan sediakan lebih dari 20 service. Dari GO-JEK ini yang pada akhirnya bawa Nadiem masuk ke dalam daftar 150 orang paling kaya di Indonesia.


  25. Ferry Unardi (Pendiri Traveloka)
  26. Ferry Unardi (Pendiri Traveloka)

    Traveloka sebagai perusahaan yang sediakan service pemesanan ticket dan hotel secara online yang dibangun oleh Ferry Unardi. Dia mulai usaha di industri e-ticketing di tahun 2012 pada umurnya ke 23.

    Bermula dari kisah hidupnya yang kesusahan untuk pulang daerah ke Padang saat masih jadi mahasiswa di Boston.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini alami kesusahan saat ingin pesan ticket pesawat dan selalu kesusahan dalam memprediksi jalurnya.

    Hingga Ferry memilih untuk membuat program startup booking ticket yang kita mengenal bernama Traveloka.

    Sesudah sukses dengan Traveloka, dianya juga jadi figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen dan salah satunya dari 3 teknopreneur punya pengaruh Indonesia di Asia.

    Hal tersebut karena aplikasinya banyak disukai masyarakat luar negeri yang tinggal di Asia.


  27. Natali Ardianto (Pendiri Tiket.com)
  28. Natali Ardianto (Pendiri Tiket.com)

    CTO Ticket.com yakni Natali Ardianto semenjak dibangku sekolah dasar telah menyenangi industri IT.

    Ini bersambung sampai dia di kursi SMA. Di tahun 1999-2004 dia berkuliah di Kampus Indonesia jalur Pengetahuan Computer, Natali mulai memperdalam ketertarikannya di industri IT.

    Selanjutnya diteruskan dengan pascasarjana di Program Master Tehnologi Info UI.

    Tokoh wirausahawan di bidang rekayasa yang sukses ini sempat juga tergabung dengan perusahaan digital dengan kerjakan situs-situs Jerman yang pada akhirnya mengakibatkan kuliahnya tidak terurus.

    Sebelumnya terakhir membangun Ticket.com, dia pernah 2x membangun startup yakni Urbanesia dan Golfnesia, tetapi alami ketidakberhasilan.

    Sekarang Ticket.com yang dibangunnya bersama Wenas Agusetiawan, Gaery Undarsa, dan Dimas Surya Saputra menjadi satu diantara penjual ticket online yang sukses di Indonesia dan menjadikan figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen.


  29. Wiliam Tanuwijaya (Pendiri Tokopedia)
  30. Wiliam Tanuwijaya (Pendiri Tokopedia)

    Siapa kira bila pendiri Tokopedia, dahulu hanya seorang karyawan warnet.

    Salah satunya figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen yang sempat mengangsu pengetahuan di Bina Nusantara ini lakukan kerja separuh waktu di warnet dimulai dari jam 9 malam sampai jam 9 pagi untuk mendapatkan uang tambah untuk ongkos kuliahnya.

    Sesudah lulus, Wiliam bekerja di bagian peningkatan software. Terbesit olehnya untuk membangun perusahaan sendiri.

    Sampai pada tahun 2007, ia bersama Leontinus Alpha Edison mulai membangun Tokopedia.

    Sebuah situs gratis yang bisa menyambungkan penjual dan konsumen di semua Indonesia.

    Sepanjang 2 tahun Wiliam cari investor dimulai dari bos sampai beberapa temannya. Sampai pada akhirnya ia mendapatkan suntikan dari dari beragam investor seperti, East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos, dan Softbank.


  31. Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruangguru)
  32. Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruangguru)

    Adamas Belva Sah Devara atau yang dikenali sebagai pendiri dan direktur khusus (CEO) dari Ruangguru.

    Dia sebagai pebisnis dan aktivis sosial Indonesia. Dia pernah dipilih sebagai salah satunya dari 30 pebisnis muda paling punya pengaruh di Asia oleh Forbes Magazine di tahun 2017.

    Dia sebagai alumnus dari Nanyang Technological University, Harvard University, dan Stanford University. Dia sebagai figur wiraswastawan yang sukses di bagian eksperimen paling muda di Indonesia.

    Sesudah menuntaskan studinya di Singapura, Belva memilih untuk bekerja di Unit Kerja Presiden Sektor Pemantauan dan Pengaturan Pembangunan, sebagai konselor management di McKinsey dan Co.

    Dari kisah hidupnya, dia berkemauan untuk terjun langsung untuk menolong Indonesia dalam alih bentuk mekanisme belajar.

    Pada akhirnya di tahun 2014, dia bersama teman dekatnya, Muhammad Iman Usman, mulai membangun Ruangguru, sebuah startup tehnologi dengan visi sosial pengajaran.

    Di bawah pimpinan Belva, cuman pada sebuah tahun, ruangguru berkembang cepat 5 kali lipat da jadi perusahaan tehnologi pengajaran paling besar di Indonesia dengan mempunyai lebih dari 10 juta pelajar dan 150.000 guru.


Tuliskan Hal-Hal Apa Saja Yang membuat wirausahawan tersebut berhasil?

Jika kamu penasaran apa yang membuat para tokoh wirausahawan di bidang rekayasa sukses, maka tentu terdiri dari beberapa hal yaitu:

  • Lakukan Apa yang Disukai.
  • Buat Perubahan.
  • Nikmati Banyak Pengalaman.
  • Berani Berkata Tidak.
  • Ciptakan Pengalaman Produk yang Unik.
  • Keahlian Komunikasi.
  • Tawarkan Nilai, Bukan Sekadar Produk.
  • Kecerdasan dalam wirausaha
  • Kemampuan kerja sama tim.
  • Berani mengambil tindakan
  • Kreativitas
  • Percaya diri
  • Berani ambil risiko
  • Senantiasa bekerja keras dan cerdas, pantang menyerah dan berputus asa.
  • Giat dan ulet dalam berusaha, terus melatih dan mengembangkan diri.
  • Tidak takut pada kegagalan, jika gagal pun akan segera bangkit dan kembali berusaha.

Baca Juga: