7 Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Harus Anda Pertimbangkan

7 Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Harus Anda Pertimbangkan

prospek kerja teknik lingkungan

Prospek kerja teknik lingkungan di Indonesia sangatlah bagus. Hal ini ditandai dari banyaknya peminat yang mendaftar dalam jurusan yang satu ini. Prospek kerja teknik lingkungan ini terfokus pada bagaimana agar manusia bisa tetap beraktivitas tanpa harus merusak lingkungan. Bukan hanya itu, prospek kerja teknik lingkungan juga harus mampu memprediksi kemungkinan kerusakan lingkungan yang mungkik terjadi di masa depan serta menemukan solusi pencegahannya.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari berbagai sumber, menyatakan bahwa gaji lulusan S1 teknik lingkungan termasuk salah satu jurusan dengan gaji tertinggi.

Di Amerika, berdasarkan data tahun 2016 menunjukkan bahwa gaji pertahun lulusan teknik lingkungan berada di kisaran $52,443-$66,790.

Sedangkan untuk gaji teknik lingkungan di Indonesia sendiri masih belum didapatkan nilai yang valid.

Prospek kerja dari teknik lingkungan ini sangat cocok untuk Anda yang cinta pada lingkungan.

Mengingat zaman sekarang ini dampak perkembangan teknologi banyak yang merusak lingkungan, tetapi teknik lingkungan disini berperan sebaliknya yakni berusaha agar bisa memanfaatkan teknologi untuk kemajuan manusia dan lingkungan secara bersamaan dan seimbang.

Berikut ini beberapa penjelasan terkait prospek kerja teknik lingkungan yang perlu Anda simak.


1. Ahli Ekologi


Prospek kerja teknik lingkungan yang pertama yakni menjadi ahli ekologi.

Bagi seorang ahli ekologi, tugas utamanya adalah meneliti sebuah ekosistem secara keseluruhan termasuk melakukan klasifikasi makhluk hidup, meneliti dampak berkurang dan bertambahnya populasi makhluk hidup tertentu pada suatu ekosistem, menganalisa dan mengidentifikasi aktivitas sekitar yang kira-kira bisa menjadi masalah bagi ekosistem, mencegah dan mengatasi masalah lingkungan pada ekosistem, dan sebagainya.

Kebanyakan dari ahli ekologi bekerja untuk kelompok atau organisasi tertentu yang bersifat non-profit, perusahaan, dan juga pemerintahan.

Pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh calon ahli ekologi adalah biologi, rekayasa dan teknologi, dan bahasa inggris.

Ekologi sendiri termasuk cabang ilmu yang luas serta memiliki fokus kajian yang berbeda-beda. Apabila ingin fokus pada suatu ekologi, Anda bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi ke program magister.

Prospek kerja yang satu ini kadang diidentikkan dengan prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita.

Baca Juga : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?


2. Konsultasi Lingkungan


Prospek kerja teknik lingkungan selanjutnya yaitu menjadi konsultan lingkungan. Tugas utamanya adalah menentukan tingkat kontaminasi di lingkungan, baik itu di air, udara, dan tanah dengan berbasis penelitian.

Selain itu, konsultan lingkungan juga bertugas mengidentifikasi apakah sumber kontaminasi tersebut akan berbahaya bagi manusia dan lingkungan atau tidak.

Ruang lingkup kerja teknik lingkungan meliputi beberapa disiplin ilmu seperti pengelolaan limbah dan daur ulang, kontaminasi, tanah, air, dan udara, penilaian dampak lingkungan dan resiko banjir, peluang sumber energi terbaru, serta sistem manajemen lingkungan.

Kebanyakan yang membutuhkan jasa konsultan lingkungan yaitu lembaga pemerintahan dan berbagai organisasi yang butuh bantuan untuk menyelesaikan berbagai isu terkait lingkungan.

Prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini hanya bisa Anda dapatkan jika bekerja pada perusahaan konsultan.


3. Ahli Biologi Kelautan


Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya adalah menjadi ahli biologi kelautan. Biologi tentang kelautan adalah studi tentang berbagai aspek kehidupan di laut serta lingkungan yang menaunginya.

Prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini mempunyai cakupan karir yang sangat luas. Anda bisa memilih bekerja sebagai peneliti akademis, konsultan, ahli laboratorium, ataupun pembuat kebijakan.

Tujuan pokok biologi kelautan adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang dunia kelautan dan mampu memprediksi perubahan ekosistem yang diakibatkan oleh gangguan manusia maupun alam.

Ahli biologi kelautan bisa bekerja di perusahaan komersial, instansi pendidikan, organisasi internasional, instansi pemerintah, dan dalam lembaga penelitian kelautan.

Karir dalam bidang ini sebagian besar berbasis penelitian, maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengambil studi ke tingkat magister.

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Lulusan S1 Teknik Elektro Untuk Wanita yang Paling Recomended



4. Environmental Manager


gaji lulusan s1 teknik lingkungan di indonesia

Prospek kerja berikutnya adalah menjadi manajer lingkungan atau environmental manager.

Apabila Anda berminat terhadap prospek kerja ini maka Anda bisa bekerja di perusahaan swasta, instansi pemerintah, maupun di NGO.

Tanggung jawab seorang environmental manager adalah mengawasi bagaimana kinerja lingkungan perusahaan dimana ia ditempatkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki tugas untuk mengembangkan, menerapkan, dan mengawasi jalannya strategi serta program yang mengusung pembangunan lingkungan yang positif.

Beberapa kemampuan dasar yang harus Anda miliki untuk meraih prospek kerja ini adalah inisiatif yang tinggi, kemampuan organisasi dan negosiasi, kepemimpinan, pemahaman tentang bisnis, serta motivasi diri dan kemampuan untuk memotivasi orang lain.


5. Energy Manager


Selain menjadi seorang environmental manager, prospek kerja teknik lingkungan yang lain adalah menjadi seorang Energy Manager.

Tanggung jawabnya adalah mengawasi dan mengatur penggunaan energi dalam sebuah perusahaan agar berjalan lancar.

Seorang manejer energi juga harus melakukan evaluasi terhadap penggunaan energi untuk bisa mengubah dan menerapkan kebijakan baru untuk mengefisienkan penggunaan energi.

Di Indonesia sendiri, seorang energy manager harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu sebagai proses Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Prospek kerja ini sangat bagus sekali karena mengingat jumlah energy manager bersertifikat yang  masih sangat sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan industri.

Baca Juga : BACA INI, Kalau Masih Bingung Sudah Lulus Kuliah Mau Kerja Apa?


6. Petugas Konservasi Lingkungan


Apabila Anda ingin menjadi seorang pecinta lingkungan dan ingin mengajak orang lain untuk mencintai dan menjaga kebersihan lingkungan, maka menjadi petugas konservasi lingkungan sangat cocok dengan Anda.

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk melindungi, mengelola, dan mengemban suatu lingkungan.

Adapun tugas lainnya adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang-orang akan lingkungan alam.

Sebagai petugas konservasi alam, Anda akan dituntut untuk bekerja di lapangan dengan jam kerja yang bebas.

Beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh petugas konservasi lingkungan adalah kemampuan administrasi dan IT yang baik, komunikasi yang efisien, presentasi yang baik, pengetahuan dasar tentang Sistem Informasi Geografis (SIG), serta kepercayaan diri yang tinggi.

Prospek kerja ini bisa Anda temukan di otoritas lokal, instansi pemerintahan, taman nasional, perusahaan utilitas, perkebunan swasta, cagar alam, dan di pengembangan perumahan.


7. Petugas Pengolahan Limbah


Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya yakni menjadi petugas pengolahan limbah atau waste management officer.

Sebagai petugas pengolahan limbah, Anda bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola fasilitas pengumpulan, pembuangan, serta daur ulang limbah.

Tugas utama industri pengelolaan limbah adalah bagaimana membuang limbah secara aman dengan pertimbangan lingkungan dan kesesuaian dengan peraturan pemerintah.

Kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk terjun menjadi petugas pengelolaan lingkungan adalah pemahaman tentang undang-undang yang kompleks dan dinamis, kemampuan untuk menjelaskan, menerapkan, serta memantau undang-undang yang ada, keterampilan komunikasi yang efektif baik lisan maupun tulisan, kemampuan analisis dan pemecahan persoalan, kemampuan administrasi, serta jiwa kepemimpinan yang baik.

Dalam prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini, Anda bisa bekerja di perusahaan pengelolaan limbah swasta, otoritas pengelolaan limbah, dan badan lingkungan hidup.

Baca Juga : Tamparan Untuk Mahasiswa Jaman Now Yang Masih Kuliah


Kesimpulan


Dari beberapa penjelasan tentang prospek kerja teknik lingkungan di atas, kita bisa mengetahui bahwa memang prospek kerja ini sangatlah bagus.

Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan mulai dari instansi pemerintahan, NGO, perusahan konservasi lingkungan, perusahaan swasta, dan sebagainya.

Pokoknya lowongan kerja teknik lingkungan di Indonesia cukup banyak.

Lulusan dari jurusan teknik lingkungan saat ini semakin dibutuhkan dan untuk kedepannya akan selalu dibutuhkan. Maka dari itu, prospek kerja teknik lingkungan dikatakan sangat bagus.

Beberapa universitas yang ada jurusan terkait teknik lingkungan yaitu Universitas Indonesia, ITB, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Diponegoro, UGM, Universitas Andalas,
Universitas Mulawarman, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Lambung mangkurat. Adapun gelar sarjana teknik lingkungan yakni “S.T.”.

Intinya ada banyak sekali prospek kerja dari teknik lingkungan ini, bahkan ada loh prospek kerja yang bisa Anda dapatkan hanya dengan gelar sarjana.

Namun tentu saja selalu ada pertimbangan untuk gelar magister dan doktoral agar Anda bisa lebih mengembangkan karir.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar