26 Prospek Kerja Teknik Industri yang Banyak Diminati - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

26 Prospek Kerja Teknik Industri yang Banyak Diminati

Prospek Kerja Teknik Industri

Luasnya prospek kerja teknik industri menjadikannya banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru. Apalagi saat ini prospek kerja teknik industri untuk wanita cukup menjanjikan.

Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa 9 prospek kerja teknik industri yang menjanjikan mencakup bidang manajemen, manufaktur, industri, tekno ekonomi, dan sistem industri.

Prospek kerja teknik industri dan gajinya sangatlah lumayan. Terlebih lagi jurusan ini termasuk interdisipliner. Sehingga wajar saja jika lulusan jurusan ini serba bisa.

Banyak para lulusan teknik industri dari UNDIP, UGM, UI, dan Telkom University yang sukses setelah lulus kuliah.

Lantas, apa sajakah yang termasuk prospek kerja teknik industri? Yuk simak penjelasannya berikut ini.


Prospek Kerja Teknik Industri

  1. Engineering Manager
  2. Prospek kerja teknik industri pertama yaitu jadi engineering manager. Sebenarnya selain dari teknik industri, beberapa alumni jurusan lain yang juga sering berada di divisi ini yaitu mesin dan elektro.

    Biasanya jabatan engineering manager bisa diraih seseorang ketika sudah punya pengalaman setidaknya lima tahun dalam bidang engineering.

    Jadi posisi ini bukanlah peluang kerja teknik industri bagi fresh graduate. Namun untuk masalah gaji, seorang engineering manager bisa mengantongi empat sampai sepuluh juta rupiah per bulan. Bahkan untuk yang sudah berpengalaman bisa mencapai 35 juta rupiah per bulan.

    Tugas utama seorang engineering manager yaitu menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek hingga memastikan ketuntasan proyek-proyek penting serta tugas engineering lainnya.

    Selain skill teknik industri yang didapatkan di perkuliahan, seorang engineering manager juga wajib memiliki kemampuan problem solving yang baik.


  3. Project Manager
  4. Salah satu prospek kerja teknik industri yang tak kalah menggiurkannya adalah menjadi project manager.

    Tugas utamanya yaitu bertanggung jawab atas perencanaan, pengaturan, dan men-direct suatu proyek agar bisa tuntas dikerjakan.

    Project manager juga wajib memastikan suatu proyek berhasil tepat waktu, sesuai budget, dan dalam lingkup yang tepat.

    Umumnya tim yang di-direct project manager skalanya lebih besar dibandingkan seorang engineering manager.

    Berprofesi sebagai project manager tentunya butuh skill komunikasi yang bagus agar bisa mengomunikasikan masalah yang dihadapi, entah itu pada anggota tim maupun stakeholders.

    Berbicara tentang penghasilan, dalam hal ini pengalaman kerja memegang peranan penting dalam peranan gaji yang didapatkan.

    Untuk kisarannya, seorang project manager bisa mendapatkan gaji mulai dari 4 juta sampai 17 juta per bulan.


  5. Quality Controller
  6. Profesi sebagai quality controller bertugas memastikan kualitas produk yang dihasilkan apakah sudah sesuai spesifikasi yang ditetapkan perusahaan atau tidak.

    Mungkin kamu pernah melihat video uji ketahanan atau kekuatan benda? Semacam helm misalnya. Kira-kira seperti itulah gambaran pekerjaan teknik industri untuk bidang quality control.

    Para lulusan teknik industri yang berprofesi sebagai seorang quality controller dikenal dengan sebutan quality control engineer.

    Memilih pekerjaan teknik industri quality controller ini, maka tugasmu adalah memeriksa apakah produk yang akan diedarkan ke pasar sudah memenuhi standar mutu yang ditentukan atau tidak.

    Adapun untuk masalah gaji, seorang quality controller bisa mengantongi gaji mulai dari satu hingga sepuluh juta per bulan.


  7. Product Analyst
  8. Meskipun biasanya untuk urusan bisnis dan marketing dikuasai oleh alumni ekonomi. Namun jurusan teknik industri juga bisa bersaing kok.

    Product analyst merupakan sebuah pekerjaan yang butuh kemampuan analisis khususnya dalam hal menginterpretasikan market data.

    Berdasarkan hasil analisis data yang didapat, seorang product analyst harus mengembangkan strategi marketing yang tepat untuk suatu produk.

    Selain itu, product analyst juga bertugas membandingkan produk yang dimiliki dengan tren industri agar perusahaan mampu mendapatkan keuntungan yang maksimal.

    Intinya tugas product analyst mencakup analisis, pengendalian kualitas, optimalisasi, maintenance alat produksi, manajemen produksi, dan penilaian terhadap keseluruhan produksi.

    Sehingga wajar saja jika gaji product analyst berada di kisaran dua sampai sebelas juta rupiah per bulan.


  9. Health and Safety Officer
  10. Kesehatan dan keamanan dalam suatu proyek merupakan hal yang krusial. Sehingga wajar jika profesi sebagai health and safety officer menjadi prospek kerja teknik industri yang tak kalah pentingnya.

    Peran seorang health and safety officer yakni mencegah terjadinya kecelakaan kerja maupun berbagai penyakit yang mungkin timbul karena berada dalam lingkup pekerjaan.

    Selain itu, health and safety officer juga bertugas menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan lain sebagainya.

    Intinya sih tugas profesi ini mengacu pada analisis lokasi proyek serta mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja.

    Berbicara masalah gaji, seorang health and safety officer biasanya mendapatkan gaji dalam kisaran 1 sampai sebelas juta rupiah per bulan. Namun tentu saja itu juga tergantung pengalaman dan jabatan yang dimiliki.


  11. Logistics Specialist
  12. Tugas dari prospek kerja teknik industri satu ini adalah bertanggung jawab dalam melakukan analisis rantai pasokan dalam sebuah kegiatan produksi.

    Mencakup di dalamnya pengoptimalan transportasi, pemodelan jaringan, analisis proses dan metode, pengurangan biaya, manajemen informasi, dan pengoptimalan rute.

    Adapun untuk persoalan gaji, seorang logistic specialist bisa mengantongi gaji sebesar tujuh juta rupiah untuk kategori pemula.


  13. Cost Control Engineer 
  14. Memilih berprofesi menjadi cost control engineer, maka nantinya kamu akan bertugas menyusun anggaran biaya, tenaga, dan waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi.

    Gaji yang bisa didapatkan untuk profesi ini adalah sekitar 15 juta per bulan. Itupun tergantung seberapa banyak skill dan pengalamanmu.


  15. Hubungan Industri
  16. Tugas dari seorang hubungan industri berhubungan erat dengan dunia manajemen dan tenaga kerja. Mencakup di dalamnya bernegosiasi terkait tindakan industrial.

    Untuk masalah gaji, profesi ini bisa memberimu gaji dalam kisaran ratusan juta loh, tergantung seberapa lama pengalamanmu.


  17. Dosen/Tenaga Pengajar
  18. Prospek kerja teknik industri yang lain adalah menjadi dosen atau tenaga pengajar. Namun tentu saja sebelum jadi dosen kamu wajib menempuh jenjang master terlebih dahulu.

    Memilih bekerja sebagai dosen akan menjanjikan masa depan yang mapan untukmu dengan gaji lima juta rupiah per bulan dan akan terus meningkat seiring dengan pengalamanmu.


  19. Pengusaha
  20. Lulusan teknik industri bisa juga loh memilih menjadi pengusaha. Berbekalkan pengetahuan dalam bidang industri, produksi, dan tenaga kerja semasa kuliah. Itu sudah cukup untuk mengantarkanmu menjadi pengusaha sukses.

    Kelebihan tersendiri dari seorang pengusaha adalah juga pendapatan yang tak terhingga dan kadang melebihi ekspektasi.


  21. Insinyur Antariksa
  22. Sama seperti namanya, pekerjaan ini berhubungan erat dengan pesawat luar angkasa. Tugas utamanya yaitu mendesain, membangun, mengetes pesawat, dan misil.

    Selain itu, mereka juga kadang menjalankan penelitian beserta pengaplikasiannya untuk mengevaluasi kesesuaian materi dan peralatan dengan desain yang ada.

    Bahkan mereka juga memberikan saran-saran untuk perbaikan dalam proses uji coba maupun seputar peralatan yang digunakan. Adapun untuk gajinya yaitu sekitar puluhan hingga ratusan juta per bulan.


  23. Aktuaris
  24. Tugas dari seorang aktuaris adalah menganalisis data-data statistik. Contohnya seperti tingkat atau angka kematian, sakit, kecelakaan, dan pensiunan.

    Tak hanya itu, aktuaris pun ditugaskan membuat tabel perkiraan guna memprediksi risiko dan asuransi yang dapat diaplikasikan pada keuntungan maupun simpanan di masa mendatang.

    Bahkan aktuaris juga ditugaskan menentukan nominal asuransi yang perlu diambil dan banyaknya dana yang diperlukan sebagai jaminan pembayaran yang menjamin keuntungan di masa depan.


  25. Biomedis
  26. Pekerjaan teknik industri satu ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecah masalah seorang insinyur dengan ilmu kedokteran. Termasuk di dalamnya seputar diagnosa, pengawasan, dan terapi.

    Untuk gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini bisa mencapai ratusan juta loh tergantung skill dan pengalamanmu.


  27. Supply Chain Management Consultant
  28. SCM Consultant tugasnya yaitu membantu perusahaan dalam menyempurnakan rantai pasokan untuk hal berupa biaya, efisiensi, keandalan, ketangguhan, dan ketangkasan.

    Berprofesi sebagai SCM Consultant tentunya kamu harus mengkhususkan diri untuk melakukan penelitian dan analisis untuk mengembangkan strategi layanan yang maksimal.

    SCM Consultant umumnya bekerja di industri manufaktur dan melakukan beberapa tugas berikut:

    • Memantau inventaris dan aliran pasokan bahan
    • Berhubungan dengan vendor dan pemasok
    • Bekerjasama dengan berbagai departemen dalam pengumpulan data
    • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan operasi
    • Menyarankan tindakan area yang butuh perbaikan
    • Membuat rencana bisnis dengan tetap mengacu pada kebijakan perusahaan


  29. Konsultan Operasi
  30. Konsultan operasi atau operations consultant biasanya bekerja pada klien untuk melakukan dukungan terhadap efisiensi dari value chain. 

    Termasuk di dalamnya penerapan dan pengembangan model target layanan serta melakukan program pengurangan biaya serta optimalisasi proses bisnis.

    Memilih bekerja sebagai konsultan operasi, maka nantinya kamu bertanggung jawab dalam hal proses bisnis fungsional, sistem manajemen, implementasi perubahan model operasi target, sistem budaya, serta bagian elemen lain dalam value chain.

    Tujuan utama dari pekerjaan ini adalah:

    • Menciptakan pengalaman pengguna yang baik
    • Meningkatkan efisiensi logistik rantai pasok
    • Mendesain ulang sumber bahan
    • Mengoptimalkan pengunaan teknologi it dalam bekerja
    • Dan sebagainya


  31. Demand Planner
  32. Seorang demand planner memiliki peran penting dalam rantai pasokan di perusahaan. Dengan memanfaatkan data hasil analisis, data pemasaran, dan data penjualan. Dilakukanlah prediksi barang atau produk apa saja yang akan banyak dibutuhkan di masa mendatang.

    Intinya, tugas utama dari prospek kerja teknik industri satu ini ialah merencanakan aliran inventaris, analisis data statistik, dan menghasilkan solusi peramalan guna mengambil suatu keputusan.


  33. Facility Engineer
  34. Peluang kerja teknik industri satu ini bertanggung jawab dalam merencanakan, meninjau, melaksanakan, dan memelihara infrastruktur gedung.

    Nantinya kamu akan menganalisis proses operasional, melakukan alokasi sumber daya, penggunaan dari energi, dan proses keselamatan serta penerapan perbaikan.

    Baik di kantor maupun lapangan, seorang facility engineer bisa bekerja dimanapun tergantung dari sifat proyeknya.


  35. Data Scientist
  36. Semakin lama pertumbuhan data kian meningkat. Tentu saja untuk pengolahan datanya juga harus cepat dan efisien.

    Nah, dalam hal ini data scientist sangat dibutuhkan untuk riset pasar dan bisnis guna mengetahui sebuah tren dan peluang suatu bisnis yang menjanjikan.

    Seorang data scientist ditugaskan membersihkan, memproses, dan mengolah berbagai macam data yang dikumpulkan untuk tujuan perusahaan.


  37. Data Engineer
  38. Tak hanya sebagai data scientist, prospek kerja teknik industri lain yang berhubungan dengan data adalah data engineer.

    Adapun tugasnya adalah mempersiapkan produksi data. Baik dalam bentuk format, realibilitas data, skalabilitas, dan keamanan data.

    Jika tertarik ingin berprofesi sebagai data engineer, minimal kamu harus paham bahasa pemrograman SQL, Python, dan R.


  39. Pegawai Negeri Sipil
  40. Lulusan teknik industri bisa juga loh jika ingin memutuskan menjadi PNS. Ada banyak lembaga maupun instansi pemerintah yang tiap tahun membuka lowongan.

    Keunggulan tersendiri dari PNS yaitu gaji yang tetap serta peningkatan tunjangan yang meningkat seiring dengan kenaikan jabatan.


  41. Production Scheduler
  42. Tugas dari prospek kerja teknik industri ini yakni berkoordinasi dan mengembangkan jadwal produksi harian maupun mingguan demi mencapai tujuan perusahaan. 

    Termasuk juga mencatat tingkat inventaris dan memfasilitasi persediaan bahan dan komponen yang dibutuhkan.

    Selain itu, kamu juga harus menganalisis data di masa lalu dan sekarang guna menghasilkan laporan dan jadwal yang efisien.


  43. Procurement Analyst
  44. Profesi ini tugasnya mengembangkan segala pendekatan guna mencapai kontrak dukungan eksternal dari pasar yang sejalan dengan industri saat ini. Intinya, procurement analyst perannya sebagai penghubung antara pegawai dan vendor.

    Nantinya kamu akan meneliti terkait pemasok serta mengumpulkan informasi basis data vendor, memeriksa vendor, negosiasi kontrak, dan memberi kesepakatan pada decision maker.


  45. Reliability Engineer
  46. Pekerjaan lulusan teknik industri ini berperan mengawasi penilaian dan pengelolaan keandalan operasi yang memengaruhi bisnis atau produk.

    Seorang reliability engineer sangat dibutuhkan untuk menghindari masalah dan mempertahankan tingkat produktivitas serta efisiensi. 

    Pokoknya pekerjaan ini sangat berpengaruh dalam meminimalisir risiko dan dampak kegagalan dalam proses produksi.


  47. Transport Planner
  48. Prospek kerja teknik industri satu ini bertujuan mencari solusi yang tepat dan efisien dalam meningkatkan serta mengelola sistem transportasi. Baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

    Sehingga nantinya kamu akan mengerjakan kebijakan proyek dan rencana yang berkaitan dengan semua jenis sistem transportasi seperti jalan raya dan kendaraan.

    Tak cuma itu, kamu juga wajib mempertimbangkan berbagai permasalahan seperti efisiensi, keselamatan, perubahan iklim, lingkungan, dan ekonomi.


  49. Automation and Robotics Engineer
  50. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka sudah sepatutnyalah jika otomasi dan robotika begitu dibutuhkan umat manusia.

    Memilih berprofesi sebagai automatic and robotics engineer mengharuskanmu nantinya paham betul akan sistem kendali dan ilmu IT guna mengurangi kebutuhan tenaga kerja manusia. Baik itu di pabrik, kantor, maupun rumah.


  51. Market Researcher
  52. Prospek kerja teknik industri satu ini bertugas mengumpulkan dan menganalisis data untuk dijadikan informasi guna membantu pengambilan keputusan politik, sosial, dan ekonomi.

    Umumnya kamu akan disuruh mengumpulkan informasi tentang pendapat pelanggan, investasi, dan trend pada suatu pemasaran. Selain itu, kamu juga perlu melakukan penelitian. Baik yang kualitatif maupun kuantitatif.


Skill yang Wajib Dimiliki Lulusan Teknik Industri

  1. Kreativitas
  2. Seorang insinyur industri haruslah kreatif dan cerdik dalam merancang proses produksi yang optimal dengan penggunaan sumber daya material, tenaga, dan waktu yang relatif sedikit dengan hasil maksimal.


  3. Kemampuan berpikir kritis
  4. Lulusan teknik industri dituntut untuk menyelesaikan masalah-masalah yang butuh logika dan penalaran yang baik. 

    Sehingga dalam hal ini dibutuhkan kemampuan berpikir kritis dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, solusi alternatif, kesimpulan, serta pendekatan masalah.


  5. Keterampilan mendengarkan
  6. Sebagai seorang insinyur, tentunya nanti akan sering bekerja dalam tim. Termasuk mengumpulkan feedback dari pelanggan, vendor, maupun staf produksi.

    Nah, insinyur juga perlu skill mendengarkan yang baik agar dapat memahami ide dan masalah untuk merumuskan solusi permasalahan.


  7. Keahlian Matematika
  8. Dalam jurusan teknik industri tentunya kamu akan belajar prinsip kalkulus, trigonometri, dan beberapa topik lainnya dalam matematika.

    Ilmu tersebut pada dasarnya digunakan untuk menganalisis, desain, dan memecahkan masalah yang akan dihadapi nantinya di pekerjaan industri.


  9. Keterampilan Pemecahan Masalah
  10. Guna merancang fasilitas untuk manufaktur dan proses penyediaan layanan, insinyur industri harus mampu menangani banyak masalah bersamaan. Mulai dari keamanan pekerja sampai jaminan kualitasnya.


  11. Keahlian Berbicara
  12. Insinyur industri juga harus mampu menjelaskan instruksi pada staf produksi dan teknisi agar bisa bekerja sesuai yang diharapkan.

    Keahlian berbicara disini maksudnya bisa menjelaskan secara jelas, ringkas, dan cepat guna mencegah pemborosan waktu.


  13. Kemampuan Menulis
  14. Skill lain yang juga wajib dimiliki adalah kemampuan menulis. Insinyur industri diharuskan mampu menyiapkan dokumentasi untuk insinyur lain maupun untuk referensi di masa mendatang.

    Dalam hal ini dokumentasi yang dibuat haruslah koheren dan menjelaskan pemikiran dengan jelas sehingga mudah dipahami.


Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami seputar prospek kerja teknik industri. Semoga informasi yang kamu bagikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian yah. Terima kasih!


Baca Juga: