Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

32 Prospek Kerja Teknik Informatika Untuk Lulusan S1 dan D3

Prospek Kerja Teknik Informatika

Beberapa diantara kamu mungkin sering mendengar pertanyaan seputar prospek kerja teknik informatika. Terutama saat detik-detik menjelang SBMPTN.

Biasanya yang mencari tahu peluang kerja teknik informatika itu adalah mereka yang mempertimbangkan ingin masuk ke jurusan tersebut tetapi belum terlalu mengenalnya.

Prospek teknik informatika sangatlah bagus di masa depan. Bisa kita lihat dari semakin meningkatnya perkembangan teknologi. Tentunya lowongan kerja S1 teknik informatika sangat dibutuhkan di sana.

Pekerjaan teknik informatika seperti apa? Sebenarnya lulusan teknik informatika bisa dimana pun mereka mau dengan jenis pekerjaan berbeda-beda tergantung bidang IT yang didalami.

Ini karena hampir semua bidang membutuhkan komputer yang tentunya butuh seorang teknisi dalam bidang IT. Jadi wajar saja jika nantinya kamu akan mendapati banyai lowongan kerja teknik informatika.

Prospek kerja ilmu komputer atau informatika sangatlah luas, entah itu S1 maupun D3 teknik informatika. Berikut ini adalah peluang kerja teknik komputer yang mungkin bisa jadi bahan pertimbanganmu.


Prospek Kerja Teknik Informatika

Beberapa pekerjaan lulusan teknik informatika antara lain:


  1. Programmer
  2. Salah satu lapangan kerja teknik informatika yang cukup populer adalah menjadi seorang programmer.

    Merupakan orang yang membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu seperti Java, Delphi, C, Python, dan sebagainya. Tergantung dari jenis aplikasi dan keinginan klien.

    Bagi kamu lulusan teknik informatika yang senang dengan tantangan, bisa mencoba untuk berprofesi sebagai programmer.

    Tenaga programmer sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar di era digital seperti sekarang ini.

    Mereka tentu akan membayar mahal jika program yang kamu buat sesuai dengan keinginannya. Jadi jangan pernah meremehkan gaji lulusan teknik informatika yang bekerja sebagai programmer.

    Asyiknya lagi, programmer tak harus bangun pagi untuk pergi ke kantor. Kamu bisa mengerjakannya di rumah, kafe, atau tempat-tempat nongkrong lainnya.

    Waktu kerja programmer sangat flexible. Pekerjaan prospek kerja teknik informatika ini bisa dikerjakan kapan saja sesuai mood-mu selama tidak melewati waktu deadline yang diberikan klien.

    Biasanya waktu yang diberikan sekitar 2 minggu sampai sebulan. Tergantung dari tingkat kerumitan program yang dibuat.


  3. Tenaga Pendidik IT
  4. Salah satu prospek kerja jurusan teknik informatika yang lain adalah menjadi tenaga pengajar untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan IT.

    Kamu bisa bekerja sebagai guru komputer di SMP, SMA, SMK, atau sebagai dosen di salah satu universitas.

    Pekerjaan prospek kerja teknik informatika ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang tidak suka berlama-lama di depan komputer.

    Lulusan IT sangat banyak dicari terutama di daerah pedesaan. Minat dan kebutuhan akan komputer sangat besar bagi anak-anak yang tinggal di sana.


  5. Software Engineer
  6. Prospek kerja teknik komputer selanjutnya adalah menjadi software engineer. Pekerjaan untuk lulusan teknik informatika ini sebenarnya hampir sama dengan programmer.

    Hanya saja programmer lebih kepada membuat program. Sedangkan software engineer mengarah ke pengembangan program yang sudah ada.

    Setiap software engineer sudah tentu programmer, sedangkan programmer belum tentu software engineer.

    Adapun tujuan dilakukan pengembangan adalah agar aplikasi yang dibuat bisa bekerja secara efektif dan optimal.

    Secara garis besar ada kriteria khusus yang dijadikan acuan para software engineer yaitu:

    • Dependebility, yakni mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga lebih mudah untuk dikembangkan.
    • Efektif dan Efisien, maksudnya program yang dibuat harus bisa menjadi lebih baik, entah itu dalam hal kecepatan, kualitas, maupun dalam penggunaan energi.
    • Maintability, program aplikasi bisa dirawat dan dipelihara dalam jangka waktu yang lama atau bahkan selamanya.
    • Usability, artinya bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkan pengguna.
    • Robust, harus selalu berada dalam kondisi yang optimal.


  7. System Analyst
  8. Salah satu peluang kerja teknik informatika S1 yang cukup banyak dicari adalah system analyst.

    Adapun tugas dari seorang system analyst adalah merancang, mendesain, merencanakan, mengkoordinasi, dan menganalisis sistem yang direkomendasikan klien.

    Jika dilihat dari segi bayaran, gaji teknik informatika dengan profesi system analyst lebih tinggi dibandingkan prospek kerja IT programmer.

    Seorang system analyst setidaknya harus memiliki keahlian dalam hal manajerial, interpersonal, teknis, dan analisis.

    Tugas utama prospek kerja teknik informatika sebagai system analyst (sistem analis) adalah sebagai berikut :

    • Berinteraksi dengan klien agar bisa memahami kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan.
    • Melakukan pengujian perangkat
    • Berinteraksi dengan desainer untuk proses perancangan user interface (UI) agar tidak terjadi kesalahpahaman.
    • Berinteraksi dengan programmer untuk proses pembuatan program yang sesuai dengan rancangan desainer dan seperti yang diminta pelanggan.
    • Melakukan dokumentasi terhadap program aplikasi yang telah jadi.


  9. Konsultan IT
  10. Lulusan informatika tentunya sudah dibekali dengan berbagai ilmu yang berkaitan dengan komputer.Entah itu berupa teori maupun beberapa skill dasar seputar desain, bahasa pemrograman, dan yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan berlogika.

    Jika ada yang bertanya lulusan teknik informatika kerja apa, maka salah satu jawabannya adalah dengan menjadi konsultan IT.

    Bisa dengan mulai menawarkan jasa ke orang-orang di sekitarmu yang kurang memahami komputer dan teknologi.

    Jasa konsultan IT biasanya dibutuhkan di kantor-kantor atau di daerah pedesaan yang masih kurang pengetahuannya akan IT. Inilah salah satu prospek kerja lulusan teknik informatika yang bisa kamu jalani nantinya.


  11. Network Administrator
  12. Peluang kerja teknik komputer dan jaringan yang lain adalah menjadi network administrator atau admin jaringan.

    Tugas utama dari prospek lulusan teknik informatika ini yaitu menjaga kontinuitas dan keamanan jaringan sistem yang sedang digunakan.

    Termasuk mengawasi dan menjaga stabilitas jaringan komputer agar terhubung ke internet, FTP server, DNS server, hingga email server.

    Intinya, administrator jaringan bertanggung jawab untuk mengelola semua jaringan yang berada dalam wilayah tertentu.

    Karena itulah administrator jaringan sangat dibutuhkan oleh perusahaan terutama yang dasar usahanya mengandalkan jaringan internet.

    Hal-hal yang harus dimiliki untuk menjadi seorang administrator jaringan adalah :

    • Pemahaman dasar-dasar komputer.
    • Pengetahuan tentang hardware.
    • Pengetahuan yang berkaitan routing jaringan.
    • Pemahaman tentang sistem keamanan jaringan.
    • Ketelitian, etos kerja, dan kekonsistenan.


  13. Game Developer
  14. Peluang kerja ilmu komputer yang paling seru adalah menjadi developer atau pembuat game.

    Nantinya kamu akan bertugas membuat dan mengembangkan game. Mulai dari merancang dasarnya, mendesain levelnya, serta mengaplikasikan sistem tertentu dalam permainan.

    Untuk berprofesi dalam peluang kerja jurusan teknik informatika ini, kamu dituntut untuk menguasai berbagai macam sistem operasi seperti Android dan IOS.

    Tak hanya itu, kamu juga wajib update to date seputar perkembangan game yang ada sehingga nantinya kamu bisa membuat dan merancang game sesuai kebutuhan pasar. 

    Perlu kamu tahu juga bahwa gaji lulusan teknik informatika sebagai game developer lumayan menggiurkan loh.


  15. Web Designer dan Website Developer
  16. Salah satu prospek kerja informatika yang cukup menjanjikan adalah menjadi web designer dan web developer.

    Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat. Mulai dari untuk promosi, pengumuman, dan bahkan hiburan.

    Bagi kamu lulusan teknik informatika yang telah dibekali ilmu seputar website tentu akan sangat diuntungkan dalam kondisi ini.

    Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website ke orang-orang yang membutuhkan.

    Namun perlu kamu tahu bahwa untuk menjadi seorang web designer maupun web developer membutuhkan pemahaman dalam bahasa pemrograman Javascript, PHP, CSS, dan HTML.

    Jadi untuk kamu yang ingin menjalani pekerjaan teknik komputer ini, usahakan untuk memperdalam kemampuan bahasa pemrograman tersebut yah.


  17. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  18. Salah satu peluang kerja jurusan manajemen informatika adalah menjadi PNS. Peluang kerja manajemen informatika ini cukup banyak diminati karena sifatnya yang menjamin kehidupan.

    Namun kebanyakan pekerjaan untuk teknik informatika khususnya PNS cuma mengerjakan masalah yang berhubungan dengan komputer secara umum. 

    Sangat jarang ditemukan PNS yang bekerja mendesain, buat program, maupun jadi administrator jaringan.

    Salah satu alasan mengapa mereka memilih prospek kerja manajemen informatika PNS adalah kurangnya skill komputer secara spesifik sehingga yang diandalkan hanya kemampuan umum saja.


  19. Desainer Grafis
  20. Salah satu peluang kerja lulusan teknik informatika yang gajinya cukup menggiurkan adalah desainer grafis.

    Peluang kerja sarjana teknik informatika ini sangat cocok untuk kamu yang gemar mendesain dan membuat ilustrasi, fotografi, dan tipografi.

    Menjadi seorang desainer grafis setidaknya perlu menguasai beberapa software seperti Corel Draw, Photoshop, Adobe Ilustrator, dan sejenisnya.


  21. Wiraswasta
  22. Jurusan ilmu komputer kerja dimana? Tenang, nyatanya lulusan ilmu komputer tak mesti harus direpotkan dengan selalu mencari prospek kerja teknik informatika dan gaji.

    Kamu juga bisa kok mencoba peluang kerja jurusan komputer dengan menjadi pengusaha bermodalkan skill yang kamu miliki.

    Beberapa jenis usaha berkaitan dengan prospek ilmu komputer yang bisa kamu pilih seperti mendirikan start-up sendiri, toko online, percetakan, warnet, buka kursus, blogging, dan masih banyak lagi.

    Tinggal menyesuaikan mana prospek jurusan teknik informatika yang cocok dengan minat dan passionmu.


  23. Admin Database
  24. Para lulusan teknik informatika bisa juga menjadi admin database. Adapun tugasnya adalah mengurusi, merawat, dan mengembangkan database yang ada.

    Ini bertujuan agar data-data yang ada pada instansi atau perusahaan bisa dirancang, teratur, dan tentunya mudah diakses.

    Selain itu, tugas admin database juga mengatur hak akses tiap pengguna. Sehingga bisa dibilang bahwa peranan admin database cukup besar karena menjaga data dari pencurian oleh pihak tak bertanggung jawab.


  25. Konsultan ERP
  26. Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning juga banyak dibutuhkan perusahaan untuk menangani suatu sistem agar software database bisa berkembang.

    Tugas utama dari seorang konsultan ERP adalah menciptakan solusi yang bisa membuat suatu kegiatan perusahaan atau klienmu berlangsung efektif dan mengeluarkan sedikit biaya.

    Prospek kerja teknik informatika satu ini wajib menguasai pemahaman akan perkembangan sistem database sehingga mampu menganalisis permasalahan klien yang terjadi.

    Maka dari itu, seorang konsultan ERP harus paham software SAP, Oracle, maupun aplikasi sistem database lainnya.


  27. IT Eksekutif
  28. Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah IT eksekutif. Tugas utamanya yaitu memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien.

    Adapun untuk gaji lulusan teknik informatika untuk profesi ini berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta rupiah.


  29. Mobile Application Developer
  30. Seorang programmer atau developer aplikasi adalah orang kreatif yang tugasnya menciptakan berbagai macam aplikasi sesuai kebutuhan sistem operasi gadget saat ini.

    Prospek kerja teknik informatika satu ini menuntut kreativitas yang tinggi serta pemahaman algoritma yang baik.

    Lowongan kerja IT untuk posisi semacam ini sangat dibutuhkan perusahaan. Bahkan seperti yang biasa kita lihat saat ini tiap perusahaan sudah punya aplikasinya sendiri di smartphone.

    Dalam hal ini aplikasi yang dibuat umumnya menyesuaikan dengan sistem operasi tertentu, apakah IOS, Android, windows, atau yang lainnya.


  31. Software Tester
  32. Seorang software tester tugasnya melakukan pengujian pada perangkat lunak yang jadi objek testernya.

    Ia bertanggung jawab atas kesesuaian fungsi suatu perangkat lunak yang telah diciptakan perusahaan.

    Bahkan tester juga perlu melakukan pengujian perangkat lunak di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.


  33. Intelligent System Developer
  34. Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah menjadi intelligent system developers. Profesi ini terbilang cukup menjanjikan karena sistem yang dikembangkan berkaitan dengan perangkat lunak yang bersifat intelejen.

    Perangkat lunak semacam ini bisa dibilang sangat vital dalam penggunaannya. Maka dari itu, dibutuhkan seseorang yang punya ketelitian dan kreativitas cukup tinggi.

    Namun jangan salah, untuk masalah gaji profesi ini bisa mencapai 20 juta per bulan untuk level manajer.


  35. Security System
  36. Saat ini teknologi sudah semakin canggih. Bahkan kejahatan pun sudah semakin dalam dunia internet. 

    Maka dari itu, dibutuhkan seorang profesional dalam security system yang tugasnya menjaga database dan sistem pada suatu perusahaan dari gangguan black hat hacker.

    Selain itu, pekerjaan teknik informatika semacam security system juga bertanggung jawab menangani malware yang datang.


  37. Full Stack Developer
  38. Full stack developer merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, sistem engineering, server, dan sejenisnya.

    Bahkan untuk kasus yang lebih rumit full stack developer juga harus bekerja dari segi front-end dan back-end.


  39. Computer Forensic Investigator
  40. Kian tingginya ancaman kejahatan dalam dunia cyber membuat para perusahaan meningkatkan kewaspadaannya. Alhasil dibutuhkanlah tenaga IT yang bisa menanganinya dalam sebuah unit atau satuan.

    Nah, orang yang bekerja dalam bidang ini di sektor kepolisian disebut Computer Forensic Investigator.

    Karena masih belum banyak yang menggeluti pekerjaan ini, maka ini menjadi peluang besar untukmu bekerja di profesi ini.


  41. Backend Developer
  42. Tugas utama dari seorang backend developer ialah bekerja di balik layar. Artinya backend developer bertanggung jawab atas semua program yang tak bisa dilihat langsung dalam suatu website semisal server dan database.

    Tak cuma itu saja, mereka juga bertugas untuk API agar sebuah aplikasi bisa berkomunikasi baik dengan aplikasi lainnya.

    Beberapa bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh backend developer yaitu Java, PHP, Ruby, Python, dan Javascript.


  43. Frontend Developer
  44. Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah fronted developer. Tugas utamanya yaitu mengerjakan program yang umumnya dilihat langsung oleh pengguna. Misalnya berupa HTML, CSS, dan pemrograman Javascript.

    Untuk kamu yang tertarik menjadi seorang fronted developer, pastikan untuk menguasai beberapa framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan sejenisnya.


  45. Analis Bisnis
  46. Analis bisnis atau yang dikenal juga sebagai Business Analyst (BA) merupakan pekerjaan yang tugasnya melakukan assessment.

    Mereka diharuskan bisa menganalisis domain bisnis untuk mendukung kegiatan pengambilan keputusan.

    Nantinya BA diwajibkan mampu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap data semacam pengolahan data koran, jurnal, majalah, dan internet.


  47. Cloud Architect
  48. Prospek kerja teknik informatika lainnya yaitu cloud architect. Merupakan tenaga profesional dalam bidang IT yang menguasai Cloud Computing, yaitu tentang proses pengolahan daya komputer melalui jaringan internet.

    Cloud Computing sangat dibutuhkan dalam hal pengoptimalan penyimpanan data karena melonjaknya para pengguna seluler.


  49. IT Manager
  50. IT manager merupakan salah satu profesi yang tugasnya merencanakan, melaksanakan, dan mengelola proyek IT dalam sebuah perusahaan.

    Prospek kerja teknik informatika ini wajib punya pengetahuan yang mumpuni dalam bidang perkomputeran maupun teknologi informasi.

    Untuk posisi ini kamu tak wajib mengatasi permasalahan sendirian, melainkan bisa minta tolong pada stafmu. Disinilah juga dibutuhkan kemampuan koordinasi yang mumpuni pada staf manajer IT itu sendiri.


  51. Quality Assurance Analyst
  52. Prospek kerja teknik informatika ini adalah profesi yang bertugas melakukan proses sistematis dengan tujuan memeriksa apakah sebuah software yang dikembangkan sudah sesuai software yang ditentukan sebelumnya.

    Nantinya seorang QA analis wajib melaksanakan pengujian, membuat alurnya, serta laporannya. Tak bisa dipungkiri bahwa memang prospek kerja teknik informatika inii sedang ramai.

    Adapun kemampuan yang wajib dimiliki untuk posisi ini adalah kemampuan analisis, pengujian performa, maintenance, dan pengujian keamanan.


  53. UX Researcher
  54. UX merupakan singkatan dari User Experience yang artinya pengalaman pengguna. Tenaga ahli untuk posisi ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui produk seperti apa yang disenangi pengguna.

    Tugas utama seorang UX researcher yaitu melakukan riset terhadap produk yang dibutuhkan pengguna.


  55. SEO Specialist
  56. Prospek kerja teknik informatika lainnya adakah SEO Specialist. Pekerjaan ini muncul karena adanya mesin pencari Google yang di dalamnya terdapat persaingan.

    Nah, untuk memenangkan persaingan ini dibutuhkan kemampuan khusus yaitu SEO (Search Engine Optimization). Ilmu SEO bertujuan untuk membuat halaman websitemu di halaman pertama pencarian Google.


  57. Database Designer
  58. Tugas seorang database designer adalah merancang database. Mulai dari mengidentifikasi entitas, atribut, dan menghubungkan antara keduanya.

    Database Designer juga bertugas merancang desain database secara fisik dengan memutuskan bagaimana logical database bisa tersaji secara fisik.

    Dalam hal ini pekerjaan sebagai database designer juga merangkap sebagai data dan maupun database administrator.


  59. System Integration Engineer
  60. Tugas dari profesi ini yakni menyusun rencana tahapan dan pelaksanaan integrasi berkoordinasi dengan tenaga ahli lainnya.

    Selain itu juga memastikan bahwa aplikasi, jaringan infrastruktur, komponen lainnya bisa terintegrasikan dengan baik.


  61. Platform Engineer
  62. Prospek kerja teknik informatika lainnya yaitu platform engineer. Merupakan teknisi IT untuk platform tertentu semacam Oracle. 

    Intinya seorang platform engineer harus selalu update dengan teknologi baru guna mengantisipasi dan merencanakan pengembangan teknologi.


  63. Data Scientist
  64. Tugas seorang Data Scientist adalah mengubah data-data operasi bisnis suatu perusahaan menjadi informasi berharga dengan algoritma dan machine learning.

    Profesi sebagai data scientist cukup populer di kalangan perusahaan karena tugasnya mengumpulkan dan menggunakan data untuk kemajuan bisnisnya.


Penutup

Itulah macam-macam prospek kerja teknik informatika yang mungkin bisa jadi bahan referensimu sebelum memasukinya.

Untuk artikel seputar teknik informatika yang lain, bisa kamu lihat di bawah ini: