Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Cara Menagih Hutang Lewat WA Secara Halus dan Sopan

Cara Menagih Hutang Lewat WA

Bagi Anda yang saat ini bingung cara menagih hutang lewat WA, tidak perlu risau. Soalnya disini akan dibagikan bagaimana cara menagih hutang yang susah bayar.

Sebenarnya untuk cara menagih hutang jarak jauh, khususnya melalui Whatsapp perlu memerhatikan beberapa hal agar yang ditagih ini mau membayar.

Salah satunya yaitu menggunakan kata-kata menagih hutang secara halus. Apalagi jika Anda hendak menerapkan cara menagih hutang ke teman dengan sopan.

Beberapa tips yang saya bagikan ini mungkin juga akan cocok untuk Anda yang ingin tahu cara menagih hutang yang sopan lewat SMS.


Cara Menagih Hutang Lewat WA

  1. Cek statusnya apakah masih online di WA atau tidak
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin menagih hutang lewat Whatsapp adalah memeriksa statusnya apakah ia sedang online atau offline.

    Jika offline, maka rencana untuk menagih hutang lewat WA harus ditunda hingga ia online. Jika ia mengupdate story, komentarlah di story tersebut dengan ucapan basa basi.

    Pastikan juga kamu chatting dengannya di waktu istirahat berdasarkan profesinya apa. Dengan begitu, maka ia tak ada alasan untuk sibuk bekerja.

    Atau jika ia tak upload story, kamu bisa chat di langsung dengan “Assalamualaikum”. Jika ia balas maka kamu bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.


  3. Tanyakan kabar dan mulai basa-basi
  4. Cara menagih hutang lewat WA selanjutnya adalah dengan menanyakan kabar dan basa-basi. 

    Setelah mengawali dengan komentar di story, kamu bisa melanjutkan percakapan basa-basi berupa menanyakan kabar.

    Kamu bisa berbasa basi dengannya seputar kesehatan, pekerjaan, atau yang lainnya. Namun dengan catatan lakukan secara natural.


  5. Ceritakan masalahmu yang berhubungan dengan uang
  6. Setelah jalannya percakapanmu terkesan baik dan akrab. Maka saatnya kamu membahas topik-topik tertentu, misalkan kebutuhan sehari-harimu.

    Kamu bisa berkata bahwa kebutuhan sehari-harimu meningkat dan terdesak membayar tagihan khusus. Ini merupakan metode yang cukup ampuh untuk menyinggungnya terkait masalah hutangnya.

    Ceritakan juga kondisi keuanganmu yang sedang krisis sehingga butuh dana cepat. Ceritakanlah dengan sungguh-sungguh sehingga membuat ia empati dan merasa bahwa memang kamu sedang butuh uang.


  7. Mulai tanyakan tentang hutang
  8. Setelah bercerita panjang lebar terkait kebutuhanmu akan uang. Maka saatnya untuk mulai beraksi menanyakan uang pinjamannya.

    Namun perlu diperhatikan bahwa saat menanyakan hutang tersebut, pastikan menyampaikannya dengan gaya bahasa yang halus. Jika memungkinkan pakai nada sedikit bercanda agar suasana tetap akrab.

    Anda bisa chat dia dengan kata-kata:

    “Besok saya ada tagihan rumah yang jatuh tempo. Aku bisa ambil uang yang di kamu kapan? Please butuh banget ini!”

    Apabila ia memang orangnya susah bayar, kamu boleh mengambil barang berharga dari dia untuk dijadikan agunan atau jaminan.


  9. Berikan tenggang waktu lagi
  10. Cara menagih hutan lewat Whatsapp lainnya yaitu memperjelas waktu kapan dia bisa membayar hutangnya.

    Kalaupun dia tidak bisa bayar hari ini, maka kamu bisa memberinya keringanan dengan memberikan beberapa tenggang waktu lagi.

    Pastikan untuk memberikan batasan waktu yang tepat agar yang bersangkutan bisa segera mengusahakan piutangnya tersebut.

    Contoh kalimatnya begini:

    “Hari Kamis siang apakah bisa? Soalnya malam hari mau saya gunakan untuk tagihan rumah”

    Jika pernyataannya di chat saja masih kurang meyakinkan, maka kamu bisa mengusulkan untuk tanda tangan di perjanjian bermaterai.

    Gunakanlah kalimat yang santun dan tidak kasar untuk menyampaikannya agar dia tetap punya niat untuk membayarnya. Namun beda cerita jika sudah diberi tenggang waktu berkali-kali.


  11. Tawarkan cicilan yang terjangkau
  12. Daripada uangmu sama sekali tidak terbayarkan, maka lebih baik kamu menerapkan sistem cicil tiap hari.

    Adapun nominal cicilannya bisa disesuaikan dengan jumlah hutang dan kesanggupan dari yang bersangkutan.

    Meskipun kesanggupannya kecil, namun itu akan sangat berpengaruh pada pengurangan jumlah hutangnya.


  13. Minta bantuan ke sahabat terdekatnya
  14. Cara menagih hutang lewat WA selanjutnya yaitu dengan meminta bantuan pihak ketiga untuk berkomunikasi ke yang bersangkutan agar berusaha melunasi hutangnya.

    Kamu bisa bercerita ke teman dekatnya bawa sedang butuh uang untuk keperluan mendesak semacam membiayai sekolah anak atau yang lainnya.

    Dengan begitu, teman dekatnya tersebut akan menyampaikan ke pihak yang bersangkutan untuk melunasi hutangnya.

    Hal ini biasanya efektif, mengingat tiap orang akan cenderung mendengarkan perkataan orang terdekatnya.


  15. Coba bicarakan dengan pihak keluarganya
  16. Bila memang si peminjam benar-benar tidak mau membayar, kamu juga bisa menghubungi pihak keluarganya untuk membantu penyelesaian masalah ini.

    Kamu bisa menelepon atau menemui langsung pihak keluarganya dan sampaikan bahwa si peminjam memiliki sejumlah hutang yang belum dibayar, bahkan setelah ditagih berkali-kali.

    Pastikan kamu berbicara dengan tenang dan sopan terhadap keluarga si peminjam. Ini penting untuk menjaga adab dan agar kamu tetap dihormati.

    Penerapan cara ini diharapkan bisa membuat pihak keluarganya berempati dan berinisiatif membantu melunasi hutang tersebut.


  17. Menyita barang berharganya
  18. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak juga yang berhutang hanya untuk menunjang gaya hidupnya.

    Jika memang nominal uang yang kamu pinjamkan cenderung banyak dan sudah lama tak kunjung dibayar, maka kamu berhak menyita barang berharganya yang setara dengan uang pinjamannya.

    Kurang lebih semacam sistem gadai yang jika dalam tempo tertentu tidak ada uang tebusan, maka barang tersebut akan jadi milikmu.


  19. Berdoa dan memohon bantuan Tuhan
  20. Jika semua upaya sebelumnya telah kamu terapkan, maka tinggal menerapkan langkah cara menagih hutang lewat WA yang terakhir. 

    Yaitu berdoa dan memohon bantuan dari Tuhan agar si peminjam tersebut mampu melunasi hutangnya.

    Seperti yang kita tahu bahwa Tuhan adalah yang maha mengatur rezeki. Maka bukan tidak mungkin Tuhan akan membantumu dengan cara mencukupkan rezeki si peminjam agar sanggup melunasi pinjamannya.


Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya terkait bagaimana cara menagih hutang lewat WA secara halus dan sopan. Semoga bisa jadi bahan referensi yang berguna untuk Anda. Terima kasih.

Baca Juga: