Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

15 Motivasi dan Tujuan Kerja Saat Interview di Perusahaan

Motivasi dan Tujuan Kerja

Motivasi dan tujuan kerja sangatlah penting bagi kamu yang ingin bekerja atau melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Pihak recruiter mungkin akan mengajukan pertanyaan apa tujuan Anda melamar di perusahaan kami dan sejenisnya.

Bila tak punya jawaban yang baik dan logis tentang apa sih tujuan kerja saat interview, kemungkinan lamaran kerjamu akan ditolak.

Maka dari itu, penting untuk menyiapkan beberapa jawaban contoh motivasi dalam perusahaan yang bisa menunjang peluangmu diterima kerja.

Mari kita simak penjelasannya berikut ini:


Motivasi dan Tujuan Kerja Saat Interview

Beberapa contoh jawaban mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami terkait motivasi kerja yaitu sebagai berikut:


  1. Jawaban jujur dari hatimu sendiri
  2. Memang tak dapat dipungkiri bahwa jawaban motivasi kerja terbaik adalah jujur pada apa yang menjadi motivasimu melamar kerja. Tetapi harus tetap kelihatan sederhana dan elegan.

    Misalnya seperti memperbanyak pengalaman, potensi kerja, jaringan, dan tentunya income atau penghasilan.

    Namun amat penting untuk menghindari jawaban yang berhubungan langsung dengan gaji, apalagi sampai menyebutkan nominal spesifiknya sebagai motivasi.

    Tenang saja, karena nanti ada masanya kamu dan pihak recruiter akan membahas seputar gaji.

    Penelitian juga menunjukkan bahwa berkata jujur dalam menjawab pertanyaan ini akan memberikan rasa tenang dihati karena tak khawatir akan ketahuan memberikan jawaban palsu.

    Perlu kamu tahu bahwa kadang beberapa recruiter paham betul bagaimana gerak-gerik seseorang yang berbohong dan tidak.


  3. Menjawab sesuai kelebihan yang kamu punya
  4. Pada dasarnya jawaban yang diinginkan pihak recruiter saat wawancara adalah mengacu pada konteks yang umum.

    Dalam hal ini kamu bisa berfokus pada apa yang menjadi kelebihanmu dan apa yang bisa kamu tawarkan kepada tim.

    Intinya, berikanlah jawaban yang didasarkan atas pencapaianmu sebelumnya dan berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

    Jika memungkinkan, sampaikan seperti apa orientasi kariermu dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.

    Hal ini penting mengingat di balik suatu motivasi kerja pasti ada target ekspektasi karier yang ingin dicapai.

    Alangkah baiknya jika sebelum wawancara kamu memikirkan secara matang jawaban seputar kelebihanmu tersebut.


  5. Mencari tantangan dalam pekerjaan
  6. Jawaban motivasi dan tujuan kerja satu ini termasuk menarik di mata recruiter, pasalnya dari jawaban ini ia bisa tahu kalau kamu adalah pribadi yang pantang menyerah dan bermental pejuang.

    Kira-kira cocoklah bekerja di perusahaan yang pekerjaannya punya target pencapaian minimal. Contohnya seperti di bidang marketing atau produksi barang dan jasa.

    Tetapi jangan sampai kamu memberikan jawaban seperti ini dan lantas kamu orangnya membenci tantangan. Bisa-bisa justru kamu menyulitkan dirimu sendiri.


  7. Ingin membahagiakan diri sendiri dan keluarga
  8. Tak dapat dipungkiri bahwa memang pada dasarnya tujuan orang bekerja adalah untuk membahagiakan diri sendiri dan keluarga.

    Jawaban ini mungkin lebih berorientasi ke arah gaji karena kadang yang jadi pembahagia diri sendiri dan keluarga adalah uang.

    Meskipun jawaban ini terlalu umum dan biasa saja, tetapi masih bisa dijadikan pilihan apabila tak ada jawaban lain.


  9. Memperbanyak wawasan dan pengalaman kerja
  10. Alasan berikutnya mengapa seseorang termotivasi melamar kerja adalah ingin punya pengalaman kerja dijawab oleh para fresh graduate yang sama sekali belum ada pengalaman kerja.

    Namun tak menutup kemungkinan jawaban ini juga digunakan oleh mereka yang sudah punya pengalaman dengan alasan ingin menambah wawasan di bidang tertentu.

    Jadi, sah-sah saja bila pada saat interview kamu mengemukakan jawabanmu ini untuk pertanyaan motivasi kerja.


  11. Memperluas jaringan kerja
  12. Sudah sewajarnyalah bila tiap orang berusaha memperluas jaringan kerjanya. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, tiap urusan pastinya akan lebih mudah diselesaikan bila jaringan luas.

    Pada saat interview kamu boleh saja menggunakan jawaban ini. Tetapi pada saat menyampaikannya usahakan kamu tak berkesan hanya sebentar saja di perusahaan tersebut.

    Jangan sampai pihak recruiter berpikir kamu hanya terfokus mencari jaringan kerja tanpa memerhatikan kualitas kinerjamu.


  13. Ingin berkarya dengan skill yang dimiliki
  14. Jawaban ini termasuk jawaban umum dari fresh graduate yang ingin mengimplementasikan skill yang dipelajari selama di kampus.

    Sebab akan percuma saja punya skill tetapi tidak diimpelementasikan pada tempat yang tepat. Akibatnya, skill tersebut perlahan-lahan akan memudar seiring berjalannya waktu.

    Jadi alangkah baiknya bila skill tersebut digunakan untuk memecahkan setiap persoalan yang ada di tempat kerja. Bahkan sekaligus mengasah skill-mu agar lebih baik lagi kedepannya.


Hal-Hal yang Penting Diperhatikan Saat Menjawab Pertanyaan Tujuan Kerja

Setidaknya sebelum memberikan jawaban kenapa Anda tertarik melamar di perusahaan ini, penting untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Bersikaplah santai dan penuh percaya diri
  • Pastikan kamu sudah punya skill yang mumpuni sebelum melamar pekerjaan tersebut
  • Jawablah pertanyaan dengan positif dan antusias
  • Hindari jawaban yang berhubungan langsung dengan uang
  • Berikan jawaban yang otentik atau sulit dilupakan
  • Tunjukkan keantusiasanmu pada pekerjaan yang akan kamu lamar
  • Hindari memunculkan sifat angkuh dan memuji diri sendiri


Motivasi dan Tujuan Kerja Tiap Orang Secara Umum

Pada dasarnya, tujuan dan motivasi seseorang bekerja tak jauh dari beberapa hal di bawah ini:


  1. Mendapatkan gaji bulanan
  2. Bagi para karyawan di perusahaan, tentunya ini adalah alasan utama mengapa seseorang mau bekerja.

    Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu prinsip kebahagiaan itu adalah dari finansial. Kamu akan merasakan 80% kebahagiaan jika telah memiliki uang.

    Gaji bulanan yang kamu dapatkan tentu akan membantu memenuhi kebutuhan hidupmu. Entah kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier.

    Jenis motivasi karena karena finansial atau gaji utama ini akan membuatmu lebih semangat dalam bekerja karena memperoleh imbalan berupa uang perbulannya guna memenuhi kebutuhanmu.

    Sisi buruknya dari motivasi mengejar gaji bulanan adalah kamu akan merasa agak terbebani dengan pola pergi pagi pulang sore dan akhir bulang mendapat gaji.


  3. Ingin punya jabatan dalam karier
  4. Tak hanya sekedar kerja atau menyelesaikan tugas harian, karyawan dengan motivasi jabatan tentunya akan mendedikasikan dirinya untuk terus mengeksplore bakat yang dimiliki. Istilahnya push of the limit.

    Dengan berorientasi pada jawaban yang diincar, maka suatu individu akan berusaha semaksimal mungkin agar lebih baik dari komunitasnya.

    Entah itu dari sisi kepemimpinan, manajemen waktu, emosional, dan public speaking yang baik.


  5. Ingin membuat suatu karya yang luar biasa
  6. Karyawan yang motivasi utamanya membuat suatu karya yang luar biasa dengan kemampuan terbaiknya sangat jarang ditemukan.

    Tak terpengaruh akan gaji dan jabatan, tipe yang satu ini lebih kepada menghayati makna pekerjaan yang dijalani dan lebih bertanggung jawab terhadapnya.

    Hal ini membuat hasil karya yang ia ciptakan berkualitas tinggi dan luar biasa.


  7. Belajar dan mencari pengalaman
  8. Kadang ada juga karyawan yang termotivasi bekerja karena ingin belajar lebih jauh dan mencari pengalaman.

    Tipe seperti ini biasanya memiliki pemikiran jangka panjang yang kompleks. Misalnya karena ingin belajar jadi karyawan sebelum membangun perusahaan, mempelajari seperti apa SOP di perusahaan, dan bagaimana suatu perusahaan bisa sukses.

    Kebanyakan mereka yang termotivasi karena ingin belajar dan cari pengalaman adalah fresh graduate dan karyawan magang atau honorer.


  9. Menjadikan pekerjaan sebagai hobi
  10. Kebanyakan mereka yang menjadikan pekerjaan sebagai hobi adalah karena alasan sesuai passionnya.

    Tipe orang yang seperti ini hidupnya akan sangat menyenangkan karena tak merasa seperti bekerja, melainkan menjalankan hobinya namun dibayar.

    Mereka yang bekerja dengan penuh rasa cinta tentu akan menganggap segala pekerjaan akan terasa mudah dan menyenangkan.

    Jadi sebisa mungkin bekerjalah bukan untuk kewajiban atau sekedar mencari uang. Karena jika yang dicari hanya uang, maka pekerjaan akan terasa berat.


  11. Motivasi keluarga di rumah
  12. Untuk motivasi yang satu ini lebih spesifik. Bagi yang telah berkeluarga kebanyakan lebih bersemangat bekerja karena untuk menghidupi keluarganya di rumah.

    Terutama ketika membayangkan wajah istri, anak, dan anggota keluarga lainnya bisa meningkatkan semangat kerja dan berusaha untuk tak mengecewakan mereka.

    Semangatlah dalam bekerja, ketika menemukan titik jenuh, ingatlah bahwa mereka adalah alasanmu bekerja.

    Buktikan bahwa kamu adalah seseorang yang bisa bertanggung jawab terhadap keluarga. Bahagiakan mereka dengan hal tersebut dan buktikan bahwa apa yang kamu lakukan akan berpengaruh pada keluargamu di rumah.

    Jadilah teladan bagi anak-anakmu. Apabila belum berkeluarga, orang tua adalah alasan utamamu untuk terus semangat dalam bekerja.


  13. Bekerja karena ibadah
  14. Tipe orang yang satu ini menganggap bahwa ibadah lah yang nomor satu. Sedangkan untuk gaji, jabatan, dan pengalaman itu nomor sekian.

    Tak perlu terlalu memikirkan jabatan dan gaji yang tinggi. Selama apa yang dikerjakan itu halal maka akan lebih diutamakan. Namun dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran.


  15. Mengingat cita-cita terbesar
  16. Beberapa orang menjadikan cita-citanya sebagai tujuan ia bekerja. Memang sih bekerja adalah salah satu jalan meraih cita-cita dan tujuan dalam kehidupan.

    Terlepas dari apa yang kamu cita-citakan, sejatinya dengan bekerja akan menghasilkan uang, dan uang ini akan mendukungmu mencapai apa yang kamu cita-citakan.


Kata-kata Motivasi Kerja Agar Semangat

Sukses tercipta dari kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan rasa antusiasme

Agar sukses, keinginan Anda untuk berhasil wajib lebih besar daripada ketakutan Anda terhadap kegagalan.

Bila kamu tak segera membangun impianmu, maka orang lain akan mempekerjakanmu untuk membangun impian mereka

Metode terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan mewujudkannya

Kesuksesan akan mustahil terjadi bila tak ada disiplin

Balas dendam terbaik adalah dengan menciptakan kesuksesan besar

Dua puluh tahun dari sekarang kamu akan merasa kecewa karena tak melakukan suatu hal

Bekerja keraslah dalam diam, cukup kesuksesanmu saja yang jadi kebisingan

Sukses itu buka kebetulan, melainkan hasil dari kerja keras, ketekunan belajar, pengorbanan, dan mencintai apa yang dilakukan

Kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan, tetapi justru bagian dari kesuksesan itu


Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang motivasi dan tujuan kerja saat interview. Semoga bisa jadi bahan pencerahan untuk kamu yang ingin melamar kerja di perusahaan.


Jangan lewatkan:

Berlangganan via Email