12 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran - Hidupcu.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sedang mencari tahu tentang jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran.

Seperti yang kita ketahui bahwa SMK merupakan sekolah menengah kejuruan yang menawarkan keahlian sesuai passion siswanya.

Tujuan SMK tak lain yaitu mencetak para lulusan yang siap kerja dan turun langsung ke lapangan untuk mengimplementasikan ilmunya.

Namun perlu kamu tahu bahwa lulusan SMK juga punya opsi untu melanjutkan pendidikannya pada jenjang perkuliahan, termasuk juga jurusan Administrasi perkantoran.

Kalau berbicara tentang jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran, maka tentu tak akan jauh-jauh dari urusan surat menyurat, membuat laporan kas, mengetik cepat, dan hal-hal seputar kesekretariatan.

Mau tahu apa saja jurusan kuliah untuk lulusan SMK Administrai perkantoran? Yuk segera simak penjelasannya berikut ini.


Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

  1. Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran
  2. Jangan salah, di beberapa perguruan tinggi negeri ada juga yang membuka jurusan yang sama dengan pelajaranmu sewaktu SMK yaitu administrasi perkantoran dan sekretariatan.

    Dalam jurusan ini kamu akan belajar seputar surat menyurat, pengarsipan, dan tata cara serta etika bekerja di kantor.

    Ini merupakan jurusan yang sangat cocok untukmu dalam menambah wawasan sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

    Lulus dari sini, kamu bisa bekerja sebagai guru Administrasi perkantoran di SMK-mu dulu atau mungkin di sekolah lain yang mengajarkan ilmu tersebut.

    Selain itu, bisa juga menjadi tenaga administrasi atau sekretaris di sektor pemerintahan maupun swasta.


  3. Jurusan Ilmu Perpustakaan
  4. Jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran berikutnya yaitu ilmu perpustakaan. Ini mungkin akan sangat familiar bagimu karena di SMK kamu sudah belajar kearsipan.

    Hanya saja untuk jenjang perkuliahan materinya lebih rumit dan kompleks dibanding yang kamu pelajari di SMK.


  5. Jurusan Akuntansi
  6. Sewaktu di SMK kamu mungkin telah belajar tentang pencatatan kas masuk dan jurnal. Meski materinya tidak serumit seperti di SMK jurusan akuntansi, namun kamu bisa kok memilih program studi akuntansi untuk jenjang S1.

    Dalam jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran ini kamu akan belajar tentang debit-kredit, pembukuan, serta pasar modal dan efeknya. Sehingga dasar ilmu akuntansi yang dulunya kamu pelajari di SMK bisa diperdalam lagi.

    Jangan salah, gaji lulusan akuntansi termasuk menjanjikan. Apalagi memang pekerjaanya selalu bergelut dengan uang serta laporan rugi dan laba.

    Kebutuhan akan lulusan akuntansi sangat banyak mengingat tiap perusahaan butuh tenaga yang tugasnya membuat laporan guna mengevaluasi kinerja perusahaan. Para lulusan akuntansi bisa bekerja sebagai konsultan pajak, akuntan, ahli keuangan, dan banker.


  7. Jurusan Manajemen
  8. Pada SMK administrasi perkantoran umumnya sudah mengajarkan siswanya tentang pengelolaan administrasi kantor, pelatihan bahasa inggris, dan kemampuan komunikasi dengan klien.

    Nah apabila ingin lanjut ke jenjang S1, maka kamu bisa memilih jurusan S1 manajemen untuk menambah hard dan soft skill kepemimpinanmu.

    Dalam hal ini kamu bisa mengambil jurusan manajemen bisnis, administrasi, atau yang sejenisnya. Intinya ada banyak macam-macam jurusan manajemen yang bisa kamu pilih. 

    Memilih memasuki jurusan manajemen maka nantinya kamu akan banyak berkutat dengan perencanaan anggaran keuangan, pendataan, dan pembayaran.


  9. Jurusan Administrasi Negara
  10. Jurusan administrasi negara atau administrasi publik seringkali jadi pilihan orang-orang yang tertarik pada elemen pemerintahan seperti yudikatif, eksekutif, dan legislatif.

    Apabila kamu termasuk salah satu orang tersebut, tentu saja kamu bisa memutuskan untuk bergabung di jurusan administrasi negara.


  11. Jurusan Administrasi Niaga
  12. Jurusan kuliah lainnya untuk lulusan SMK administrasi perkantoran adalah administrasi niaga. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa seringnya mempelajari tentang pengelolaan dokumen di sebuah lembaga atau perusahaan.

    Prospek kerja jurusan administrasi niaga terbilang sangat luas. Nantinya kamu akan diajarkan berbagai hal seputar sumber daya manusia, keuangan bisnis, operasi bisnis, dan perihal lainnya tentang usaha.


  13. Jurusan Administrasi Pendidikan
  14. Apabila kamu mencari jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran yang sepi peminat, maka administrasi pendidikan adalah pilihan terbaikmu. 

    Jurusan S1 administrasi pendidikan juga masih menjadi jurusan yang jarang peminatnya di PTN ternama. Padahal untuk propeknya sangat luas karena dapat ditempatkan di lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah.

    Lulus dari jurusan ini kamu nantinya bisa bekerja sebagai tenaga pengawas pendidikan, perencana pendidikan, pustakawan, koordinator pembelajaran online, dan sebagainya.


  15. Jurusan Perbankan
  16. Berbekalkan keahlian yang dipelajari di SMK administrasi perkantoran dalam materi pencatatan arus kas dan jurnal, kamu bisa mengambil D3 keuangan perbankan untuk memaksimalkan keahlianmu.

    Hampir mirip dengan jurusan akuntansi, jurusan satu ini lebih terfokus pada hitung-hitungan yang berhubungan dengan bank. Misalnya seperti perhitungan uang, pembukuan, dan dokumentasi.

    Tipe karakter yang sangat cocok untuk jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran ini adalah mampu bekerja sama dalam tim, teliti, tekun, dan tentunya suka hitung-hitungan.


  17. Jurusan Hubungan Internasional
  18. Jurusan ini termasuk dalam rumpun SOSHUM yang jadi incaran lulusan IPA dan IPS lintas jurusan. 

    Sebagi lulusan SMK, kamu bisa memilih jurusan hubungan internasional di perguruan tinggi negeri atau swasta yang belajar interaksi global antar negara, lembaga, perusahaan, maupun sejenisnya.


  19. Jurusan Pendidikan Tata Niaga
  20. Khusus untuk kamu lulusan SMK administrasi perkantoran, bisa mengambil jurusan S1 pendidikan tata niaga.

    Setelah lulus nanti kamu bisa terjun sebagai staf pengajar karena materi yang diajarkan pada dasarnya berbasis pendidikan.


  21. Jurusan Marketing dan Pemasaran
  22. Lowongan kerja untuk bagian marketing masih saja banyak dicari dan selalu ada tiap tahunnya. Apabila kamu lulusan SMK perkantoran dan ingin lanjut kuliah, maka disarankan untuk mengambil jurusan ini.

    Kebanyakan orang mungkin sering menganggap sepele jurusan marketing dan penasaran. Namun asal kamu tahu saja bahwa penghasilan lulusan marketing dan pemasaran termasuk menjanjikan loh.


  23. Jurusan Administrasi Fiskal
  24. Jurusan satu ini lebih terfokus pada bidang perpajakan. Tak melulu soal pajak dari segi ekonomi, tetapi juga dari segi hukum dan akuntansi.

    Mahasiswa jurusan administrasi fiskal dituntut untuk dapat membuat laporan keuangan sesuai standar hukum yang ada.

    Jurusan ini tak cuma cocok bagi para lulusan SMK administrasi perkantoran, tetapi untuk semua orang yang menyukai tantangan.

    Lulusan administrasi fiskal bisa bekerja di kementerian keuangan, perusahaan swasta, maupun ditjen pajak.


Skill Umum yang Dimiliki Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

  • Memahami teori dan mampu mengaplikasikan ilmu administrasi perkantoran yang dimiliki
  • Dapat mengambil keputusan berdasarkan analisis data yang diperoleh
  • Paham konsep dan cara-cara penyelesaian masalah
  • Mampu bertanggung jawab pada pekerjaannya
  • Bisa mengetik 10 jari
  • Mampu membimbing diskusi kelompok ketika di kelas


Universitas yang Menyediakan Jurusan Administrasi Perkantoran

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Negeri Gorontalo
  • Kampus Universitas Diponegoro
  • Univeristas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Yogya
  • Kampus Universitas Cendrawasih
  • Universitas Warma Dewa


Peluang Kerja Administrasi Perkantoran

Bagi para lulusan administrasi perkantoran bisa memilih bekerja sebagai:

  • Asisten personalia
  • Client support administration
  • Assistant manager
  • Resepsionis
  • Admin pergudangan
  • Asisten pribadi
  • Public relations
  • Guru SMK
  • Tata usaha
  • Sekertaris
  • Staf administrasi perkantoran
  • Admin project support


Penutup

Demikianlah penjelasan dari saya tentang jurusan kuliah untuk lulusan SMK administrasi perkantoran. Semoga bisa bermanfaat sebagai bahan referensi buatmu dalam menentukan jurusan yah. Terima kasih telah berkunjung ke website ini dan salam sukses!


Baca Juga: