Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

20 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Salah satu hal yang cukup banyak dicari saat ini adalah pertanyaan interview kerja fresh graduate SMK maupun untuk S1. Kebanyakan yang mencarinya adalah mereka yang ingin interview kerja di PT maupun badan usaha tertentu.

Bagaimanapun bentuknya, intinya kamu wajib mempersiapkan jawaban dari pertanyaan interview kerja fresh graduate agar peluangmu diterima kerja semakin besar.

Khusus untuk kamu yang masih sama sekali belum paham seputar interview kerja, disini kami akan berbagi pengetahuan denganmu.

Apa saja pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan saat interview kerja fresh graduate? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

  1. Ceritakan dirimu secara singkat
  2. Hal pertama yang wajib kamu pelajari yaitu bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview kerja fresh graduate.

    Pertanyaan ini diajukan sebagai pembuka dan bertujuan untuk mengenal lebih jauh seperti apa diri serta kepribadianmu.

    Jadi kamu perlu banyak belajar tentang contoh ceritakan diri Anda fresh graduate. Mencakup bagaimana susunan kalimat dan cara pengucapan yang baik.

    Umumnya jawaban perkenalan diri saat interview diawali dengan menceritakan data pribadi berupa nama, umur, lulusan dari universitas mana dan di bidang apa. 

    Baru kemudian dilanjutkan dengan hal-hal yang kamu pelajari di kampus, kegiatanmu, pengalaman magangmu, dan passionmu berkaitan dengan posisi yang dilamar.

    Hindari menceritakan keseluruhan hidupmu karena justru akan membuat recruiter jenuh. Cukup ceritakan bagian terpenting dari hidupmu dan relevan dengan posisi yang kamu incar.

    Contoh pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan perkenalan diri dan bisa kamu jadikan bahan referensi antara lain:

    a. Coba perkenalkan diri Anda!

    “Nama saya Hasnidar Aulia, saya adalah lulusan Teknik Komputer Universitas Indonesia dan baru lulus kuliah cumlaude 3 bulan lalu.”

    b. Mengapa memilih jurusan Teknik Komputer?

    “Sejak kecil saya gemar mempelajari berbagai hal tentang komputer, terutama software. Menurut saya, perangkat komputer adalah jendela untuk meraih masa depan dunia.”

    c. Apa cita-cita Anda?

    “Sejak SMA saya telah bercita-cita menjadi software engineer dimana saya bisa terus mengasah kemampuan dan minat pada dunia perangkat lunak komputer.”

    d. Ceritakan tentang keluarga Anda?

    “Saya adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dan punya kakak yang saat ini tinggal dan kerja di Sulawesi. Ayah saya Polisi dan ibu saya ibu rumah tangga. Saat ini saya tinggal bersama keluarga di rumah dinas ayah di daerah Kebayoran Lama”

    e. Apakah Anda punya keterampilan lain selain dari pendidikan formal?

    “Saya pandai bernyanyi dan memainkan alat musik gitar karena mewarisi bakat ibu saya yang dulunya seorang penyanyi event. Saya juga menguasai bahasa Jepang dan Perancis serta pernah menjuarai kompetisi penulisan esai berbahasa Perancis yang diadakan di Kampus 3 tahun lalu”

    f. Selama menganggur setelah lulus kuliah, apa kegiatan Anda?

    “Setelah 3 bulan lulus kuliah, saya aktif menjadi volunteer di sebuah organisasi masyarakat dengan misi mengedukasi para remaja agar bisa menggunakan sosial media dengan bijak dan positif. Selain dapat mengasah kemampuan saya dalam berorganisasi dan berinteraksi dengan masyarakat, kegiatan ini juga bisa berdampak baik bagi remaja agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif”


  3. Apa yang jadi kelebihan dan kekuranganmu
  4. Pertanyaan interview kerja fresh graduate ini diajukan oleh HRD untuk mengetahui bagaimana kamu menilai dirimu sendiri. Dalam hal ini kamu wajib mengetahui cara menyebutkan kelebihan dan kekurangan ketika interview.

    Apabila ditanya apa kelebihan Anda fresh graduate, jawablah kelebihanmu yang kiranya berhubungan dengan posisi incaranmu.

    Misalkan kamu melamar posisi akuntan, maka kamu bisa menjawab bahwa kelebihanmu adalah perfeksionis dan detail dalam melakukan sesuatu.

    Sedangkan jika ditanya kelemahan, usahakan menjawab kelemahan yang kira-kira tak berhubungan dengan posisi yang kamu incar.

    Contohnya kamu melamar posisi desain grafis dan kelemahanmu yaitu tidak pandai dalam perhitungan yang rumit.

    Apabila kelemahanmu ternyata berhubungan dengan posisi incaranmu, maka pastikan untuk menyertakan bagaimana kamu mengatasinya.

    Contoh jawaban yang baik yaitu:

    “Kelebihan yang saya miliki adalah tidak suka menunda pekerjaan, jujur, cepat belajar, dan mampu berpikir serta bertindak cepat meski dalam tekanan. Hanya saja kelemahan saya yaitu pelupa, tetapi untuk menyiasatinya saya sering membawa catatan to do list kemana-mana agar selalu ingat apa yang akan dikerjakan nantinya”


  5. Mengapa kamu melamar ke perusahaan ini?
  6. Meskipun pada dasarnya alasan melamar pekerjaan adalah karena butuh pekerjaan dan ingin mencari pengalaman, tetapi sebaiknya hindarilah jawaban semacam ini. Jawaban tersebut terlalu biasa dan sangat umum digunakan.

    Pertanyaan ini bisa dibilang adalah salah satu kesempatan besar untukmu membuat rekruiter terkesan. 

    Kamu bisa menjawab bahwa kamu memang memiliki keahlian dan pengetahuan terkait bidang pekerjaan tersebut dan kamu sangat senang mengerjakannya karena memang itu sudah jad bagian dari latar belakang pendidikanmu.

    Contoh jawaban pertanyaan interview kerja fresh graduate yang bagus untuk kategori ini yaitu:

    “Perusahaan ini termasuk perusahaan startup yang sangat berkembang dan maju dalam 3 tahun belakangan. Saya yakin manajemennya sangat baik dan punya tim yang luar biasa sehingga dapat membuat produk yang sangat diterima masyarakat. Saya akan sangat merasa bangga jika bisa ikut berkontribusi dalam perusahaan ini”


  7. Apa yang kamu tahu tentang perusahaan ini
  8. Meskipun kadang dianggap sepele, namun kamu perlu melakukan riset kecil-kecilan terkait informasi seputar perusahaan tempatmu melamar kerja.

    Minimal kamu wajib mengetahui tiga hal, yaitu:

    • Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang industri apa
    • Apa produk dan layanan yang diberikan perusahaan. Gali lebih dalam tentang bagaimana penggunaan dan cara kerjanya.
    • Siapa saja kompetitor perusahaan.


  9. Mengapa kamu harus menerimamu kerja di perusahaan kami
  10. Pertanyaan ini umumnya ditanyakan menjelang akhir sesi wawancara. Cara menjawabnya yaitu dengan menyebutkan bahwa kamu ingin ikut berkontribusi di perusahaan dengan skill milikmu.

    Intinya cari tahu lebih dalam tentang perusahaan dan tentukan apa yang bisa kamu lakukan sebagai wujud kontribusi ke perusahaan.

    Bisa juga menambahkan bahwa kamu cocok dengan budaya perusahaan yang fleksibel dan diisi oleh banyak milenial.


  11. Bagaimana kamu melihat dirimu 5 tahun mendatang
  12. Tujuan pertanyaan interview kerja fresh graduate ini diajukan adalah untuk mencari kandidat yang loyal dan akan bekerja untuk perusahaan dalam jangka waktu yang lama atau tidak. Selain itu, ia juga ingin tahu apa jawaban visi misi darimu untuk kedepannya.

    Jadi usahakan jawabanmu menunjukkan bahwa kamu memiliki rencana atau target yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan, dengan perusahaan, dan melalui perusahaan itu.


  13. Lebih suka bekerja sendiri atau dalam tim?
  14. Pertanyaan ini termasuk jebakan karena karena jika salah menjawab bisa membawa kesan buruk pada HRD.

    Menjawab lebih suka kerja sendiri, nanti dikira tidak bisa kerja sama dalam tim. Pilih lebih suka kerja tim, dikiranya nanti kamu tidak bisa mandiri mengerjakan tugas.

    Jika sudah begini, jawaban terbaik adalah dengan memberikan jawaban sambil menceritakan pengalaman positif atau prestasi apa yang pernah kamu capai selama kerja mandiri maupun dengan tim.

    Jawaban bekerja dengan tim yang baik misalnya:

    “ Saya bisa bekerja sama dalam tim karena selama ikut organisasi di kampus saya belajar membiasakan diri bekerja dalam tim. Inti bekerja dalam tim yaitu berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti oleh semua anggota tim. Apabila kita berusaha mengerjakan tugas dengan baik dalam tim, maka anggota lain pun akan ikut termotivasi untuk melakukan hal yang sama”


  15. Apakah kamu siap bekerja lembur?
  16. Pada beberapa perusahaan semacam startup biasanya memiliki waktu kerja yang flexible serta seringkali melewati batas waktu kerja normal alias lembur.

    Tak hanya itu, biasanya juga perusahaan ingin 

    Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui kesediaanmu bekerja di akhir pekan dan seperti apa kapasitasmu dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

    Kamu bisa menjawabnya begini:

    “Selama itu masih bagian dari kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai karyawan serta mendapatkan hak untuk itu, maka dengan senang hati saya bersedia lembur”


  17. Apakah kamu pernah punya pengalaman magang?
  18. Salah satu pertanyaan interview kerja fresh graduate yang sering ditanyakan adalah tentang pengalaman magang.

    Jawablah dengan menceritakan pengalaman magangmu di perusahaan mana kamu menjalaninya. Entah itu program dari kampus maupun karena inisiatifmu sendiri. Ceritakan juga deskripsi apa saja yang kamu kerjakan selama magang dan bagaimana pengaruhnya bagi dirimu.

    Apabila kamu belum pernah magang, alternatif lain adalah dengan menceritakan kegiatan apa saja yang kamu kerjakan semasa kuliah. Baik itu berupa pengalaman selama di organisasi maupun komunitas.


  19. Apabila kamu diterima, kapan bisa mulai kerja?
  20. Pertanyaan ini seakan memberi kebahagiaan tersendiri bagi fresh graduate yang sedang mencari kerja. Biasanya ia akan antusias menjawabnya. 

    Pertanyaan ini tidaklah sulit untuk dijawab. Jadi jawab saja dengan jujur sesuai kondisimu saat ini. 

    Apabila kamu bisa bekerja secepatnya, kamu bisa menjawab “Besar harapan saya bisa bergabung sesegera mungkin jika diizinkan”. Atau bisa juga menjawab “Saya siap bekerja di sini kapanpun perusahaan membutuhkan saya”


  21. Apa saja pencapaianmu selama ini?
  22. Walaupun statusmu saat ini fresh graduate, namun bukan berarti kamu tak bisa menjawab pertanyaan ini.

    Ketika kamu dihadapkan dengan pertanyaan ini, jawablah dengan jujur sesuai fakta. Pencapaian tak hanya seputaran pencapaian kerja atau karier saja, tetapi bisa juga mencakup prestasi semasa kuliah, pengalaman ketika turun ke lapangan dan menyelesaikan suatu permasalahan, atau kerja sama di organisasi dari tidak bisa menjadi bisa.


  23. Seberapa aktif kamu saat kuliah?
  24. Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu keaktifan kamu selama kuliah. Mulai dari kemampuanmu membagi waktu dan fokus kuliah serta pengalamanmu berorganisasi.

    Tak hanya itu, ada banyak hal lain yang jadi nilai tambah apabila kamu menceritakan pengalamanmu semasa kuliah seperti organisasi, mengikuti lomba, mengajar, dan lain sebagainya namun tetap bisa mempertahankan IPK.


  25. Apa yang biasa kamu lakukan ketika ada waktu luang?
  26. Dalam menjawab pertanyaan interview kerja fresh graduate ini, kamu bebas menceritakan segala hal dan aktivitasmu di waktu luang. Misalkan bermain musik, olahraga, berkebun, memancing, dan sebagainya.

    Jujur saja apa adanya, karena ketika kamu berbohong dan dideteksi oleh HRD maka bisa membawa penilaian buruk untukmu.


  27. Ekspektasi gaji
  28. Baik itu pertanyaan interview kerja fresh graduate maupun yang bukan biasanya akan mendapatkan pertanyaan seputar gaji.

    Umumnya standar gaji yang normal untuk fresh graduate adalah 3 sampai 4 juta rupiah, itu juga tergantung perusahaan tempatmu melamar.

    Apabila kamu ditanyai tentang gaji interview kerja fresh graduate, sebaiknya berusahalah untuk tidak menjawabnya terlebih dahulu. Sebab ada tahapan tersendiri nantinya untuk kamu diskusi dan nego seputaran gaji dengan pihak perusahaan.

    Apabila didesak memberikan jawaban, maka kamu bisa menjawab dalam bentuk kisaran atau memilih mengikuti nominal gaji standar perusahaan secara normal pada posisi tersebut.

    Kamu bisa menjawab bahwa:

    “Saya tak ingin dulu membahas seputar gaji karena merasa belum memahami dengan jelas tugas dan tanggung jawab saya di perusahaan ini”

    “Maaf sebelumnya, tetapi saya belum merasa nyaman jika harus membahasnya sekarang. Mungkin di tahapan selanjutnya saya bisa membahasnya dengan lebih terbuka”

    Beberapa contoh pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan gaji yaitu:

    a. Untuk karyawan fresh graduate, kami biasa memberikan gaji 3 juta per bulan. Apakah Anda keberatan?

    Jawab:

    “Saya sama sekali tak keberatan sebab memang saya masih belum punya pengalaman kerja”

    b. Dengan gaji demikian, apakah kamu tetap berkomitmen memberikan yang terbaik bagi perusahaan?

    Jawab:

    “Ya tentu saja, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kemajuan perusahaan. Karena saya percaya bahwa jika saya memberikan yang terbaik, maka saya juga akan mendapatkan yang terbaik dari perusahaan”


  29. Mengapa kamu memilih jurusan tersebut saat kuliah?
  30. Ada nilai plus tersendiri bagi kamu yang melamar posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. 

    Hanya saja tentu ada beberapa saingan lain yang juga memiliki latar belakang pendidikan yang sama denganmu. Sehingga kamu wajib memberikan jawaban yang unik dibandingkan sainganmu yang lain.

    Kamu bisa mulai dengan menjelaskan ketertarikanmu dalam bidang ilmu tersebut, lalu alasan mengapa kamu memilih jurusan dan universitas tempatmu lulus, kemudian jelaskan apa saja ilmu yang kamu dapatkan dan pengaruhnya pada pilihan kariermu saat ini.


  31. Bagaimana Anda memandang sebuah kritik yang ditujukan pada Anda?
  32. Kamu bisa menjawabnya dengan jawaban semacam ini:

    “Kritik merupakan pendapat orang lain tentang diri saya. Tentu saja saya akan menerima kritikan itu jika sifatnya membangun. Sebab dengan adanya kritik tersebut saya akan termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang”


  33. Tipe orang seperti apa yang sulit diajak kerja sama dalam tim
  34. Jawab saja begini:

    “Orang yang paling sulit diajak kerja sama adalah mereka yang malas, selalu memandang sesuatu dari sisi negatif, selalu berbohong, suka melanggar aturan, sering mengeluh, dan gemar menggunakan waktu produktifnya untuk menggosipi orang lain.”


  35. Apabila Anda mendapatkan hambatan besar dalam bekerja, apa yang akan Anda lakukan
  36. Jawaban terbaik yaitu begini:

    “Pada dasarnya masalah akan selalu datang sepaket dengan solusinya. Sehingga saya akan menganalisa sumber dari permasalahannya dan mencari solusi terbaik dalam mengatasinya. Setelah masalahnya teratasi, baru saya akan mencari tindakan pencegahan agar masalah tersebut tak terulang kembali di kemudian hari.”


  37. Lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai
  38. Rekomendasi jawaban yang baik untuk pertanyaan interview kerja fresh graduate satu ini yaitu:

    “Saya menyukai lingkungan kerja yang memiliki  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas, lingkungan yang transparan, adil, jenjang karier yang jelas, serta teman-teman yang positif, jujur, bersemangan, dan saling support satu sama lain”


  39. Apakah kamu punya pertanyaan?
  40. Diakhir interview biasanya akan ada saja pertanyaan interview kerja fresh graduate semacam ini. Hindari menyepelekannya atau tidak mengajukan pertanyaan karena ini adalah salah satu trik HRD dalam menilai kandidatnya.

    Maka dari itu, cukup penting bagi kamu mempelajari list pertanyaan untuk HRD yang bagus dan tak terkesan asal bertanya.

    Sebenarnya yang dinilai HRD adalah tiga hal yaitu:

    • Apakah kamu serius melamar posisi ini
    • Sejauh mana pengetahuanmu tentang perusahaan tersebut
    • Seberapa kritis dan penasarankah kamu terhadap perusahaan tersebut.


Tips Untuk Interview Kerja Fresh Graduate

  1. Bekali dirimu dengan pengetahuan
  2. Ketika melamar pekerjaan dengan statusmu yang masih fresh graduate, tak jarang kamu akan menemukan pelamar lain yang sudah berpengalaman.

    Terus bagaimana cara berkompetisi dengannya? Yaitu dengan membekali dirimu sedari awal akan pengetahuan terkait posisi yang kamu lamar dan informasi yang berhubungan dengan perusahaan bersangkutan.

    Cara ini ampuh untuk membuatmu unggul dari segi pengetahuan. Sebab belum tentu perusahaan akan menerima mereka yang sudah berpengalaman dibidang tersebut.

    Untuk kondisi tertentu, tak jarang perusahaan banyak memilih fresh graduate atau bahkan mereka yang masih kuliah. Jadi kamu harus tetap percaya diri yah!


  3. Tunjukkan antusiasme dan optimismu dalam menjawab pertanyaan
  4. Meskipun kadang dianggap sepele, namun ini adalah salah satu hal yang tak boleh diabaikan. Dengan menunjukkan sikap antusiasme dan optimis, maka itu bisa jadi senjatamu dalam menarik perhatian HRD.

    Saya yakin jika kamu berada di posisi HRD maka kamu juga akan lebih tertarik pada orang yang antusias dan optimis dibanding yang tidak.

    Dalam hal ini HRD akan berpikir bahwa kamu adalah pribadi yang seru diajak kerja sama dan mudah diarahkan.


  5. Berpenampilan menarik dan pakaian yang proporsional
  6. Khusus untuk kamu yang masih fresh graduate atau bahkan belum lulus, maka wajib hukumnya untuk tampil energik dan penuh semangat saat interview kerja.

    Jadi sangat penting untuk memperhatikan penampilan termasuk pakaian yang digunakan. Apakah sudah proporsional atau tidak.

    Pihak perusahaan tentunya tak cuma menilai soal isi kepala dan perilaku dalam bekerja, fisik pun penting.

    Baik kaum pria dan wanita wajib berpenampilan bersih dan rapi. Sebagai bahan referensi, kamu bisa mengikuti style pakaian bebas rapi untuk interview pria dan contoh pakaian untuk interview kerja berjilbab.


  7. Berikan jawaban yang lebih unik dibanding peserta lain
  8. Untuk bisa menciptakan jawaban yang unik, tentu saja kamu wajib membaca banyak buku dan artikel terkait wawancara kerja di perusahaan ternama dunia.

    Direktur Personal Career Management, Corinne Mills membocorkan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan pencari kerja ketika ditanya mengapa memilih pekerjaan di suatu perusahaan, yaitu menjawab bahwa memang tertarik dengan posisi pekerjaan tersebut secara gmablang. Jelas itu sama sekali tak menarik dan terlihat biasa saja.

    Lantas bagaimana jawaban yang baik? Cobalah cari tahu apa saja layanan, kinerja, atau hal tentang perusahaan yang menurutmu menarik. Kemudian katakan bahwa kamu ingin jadi bagian dari hal itu yang cocok dengan kemampuanmu.

    Selain itu, kamu juga bisa belajar banyak hal lagi tentang bagaimana cara meyakinkan HRD agar mau menerimamu.


  9. Persiapan teknis yang matang
  10. Segala sesuatu yang dipersiapkan dengan matang biasanya akan berjalan baik. Maka dari itu, kamu wajib mempersiapkan hal teknisnya sebelum berangkat interview kerja. Mulai dari berkas-berkas, pakaian, dan kelengkapan lain yang kiranya dibutuhkan.

    Jangan lupa berdoa sebelum berangkat, gunakanan pakaian terbaikmu yang sopan, datang tepat waktu, tetap tampi percaya diri, jaga penampilan tetap segar dan energik, serta optimis.

    Hal semacam ini memang sederhana, namun itu juga masih jadi bagian dari penilaian pihak perusahaan. Penampilan adalah kesan yang kamu berikan pada orang lain untuk menilai dirimu saat itu.


Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu fresh graduate yang mau melamar pekerjaan agar cepat diterima. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau kurang jelas, silahkan curahkan di kolom komentar.


FAQ Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Apa yang dimaksud dengan fresh graduate?

Fresh graduate adalah mereka yang baru saja lulus dan mendapatkan gelar dari perguruan tinggi.


Apakah lulusan SMA bisa dikatakan fresh graduate?

Pada dasarnya lulusan SMA belum bisa disebut fresh graduate, hanya saja di Indonesia tetap menyebutnya fresh graduate.


Sampai kapan seseorang disebut fresh graduate?

Sampai kapan disebut fresh graduate? seseorang disebut fresh graduate yaitu ketika masa 6 bulan semenjak lulus atau diwisuda.


Apa yang ditanyakan saat interview fresh graduate?

Pertanyaan yang ditanyakan mencakup perkenalan diri, kelebihan dan kekurangan, alasan memilih bergabung di perusahaan, ekspektasi gaji, dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu baca dengan lengkap pada penjelasan di atas.