Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita Tanpa Harus Panjat Tiang

Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita

Prospek kerja teknik elektro untuk wanita saat ini termasuk banyak, baik itu di dalam maupun di luar negeri. Terlebih lagi gaji teknik elektro yang ditawarkan cukup besar.

Sebagian orang, kadang masih ada yang meragukan prospek teknik elektro, terutama kaum wanita.

Mereka bingung lulusan teknik elektro jadi apa? Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa peluang kerja teknik elektro hanya bekerja sebagai tukang PLN atau sejenisnya yang suka panjat tiang.

Namun faktanya, prospek kerja lulusan teknik elektro tak hanya sebatas itu saja. Bagi kamu yang kaum wanita, ada juga kok pekerjaan teknik elektro yang tak harus terjun langsung ke lapangan.

Berikut ini adalah macam-macam pekerjaan lulusan teknik elektro untuk wanita yang bisa kamu coba.


Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita

Beberapa prospek kerja jurusan teknik elektro untuk wanita antara lain sebagai berikut.


  1. Tenaga Pengajar
  2. Lulusan jurusan teknik elektro memiliki peluang menjadi tenaga pengajar seperti guru SMK jurusan listrik, audio video, instalasi listrik, elektronika industri, dan bisa juga jadi dosen untuk jurusan teknik elektro atau jurusan lain yang berkaitan dengan ilmu teknik.

    Jadi untuk kaum wanita, tidak usah khawatir lulusan teknik elektro kerja dimana. Karena nantinya kamu bisa memilih untuk bekerja sebagai tenaga pengajar.


  3. Pegawai Negeri
  4. Prospek kerja teknik elektro selanjutnya adalah menjadi pegawai negeri. Kamu bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil dalam bidang energi dan sumber daya mineral.

    Diantaranya yaitu Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

    Jadi memang prospek kerja menjadi pegawai negeri sipil ini sangat direkomendasikan bagi para wanita-wanita lulusan teknik elektro.


  5. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  6. Lapangan kerja teknik elektro yang lainnya adalah bisa bekerja di badan usaha milik negara atau yang biasa dikenal dengan BUMN.

    Dalam hal ini, tentu prospek kerjanya akan berhubungan dengan telekomunikasi dan energi seperti PT Pertamina, PT Telkom, PLN, Telkomsel, dan perusahaan-perusahaan lain.

    Jadi pekerjaan ini tak mengharuskan kamu untuk terjun langsung ke lapangan. Kamu hanya bekerja di bagian struktural saja.

    Namun jangan salah loh, gaji lulusan s1 teknik elektro untuk BUMN bisa dibilang cukup menjanjikan.


  7. Sektor Swasta
  8. Prospek kerja teknik telekomunikasi sangatlah luas. Nantinya kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan seperti Telkom, Depkominfo, XL Axiata, Indosat, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

    Tak hanya itu saja, tamatan jurusan teknik elektro bisa juga kerja di perusahaan berbasis pengembangan komputer untuk dunia yang lebih melek teknologi. Biasanya ini lebih ke prospek kerja teknik elektronika.


  9. Wirausaha
  10. Prospek kerja teknik listrik atau elektro bisa juga membuka usaha sendiri.

    Pasalnya, lulusannya sudah dibekali ilmu yang memungkinkannya berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan maupun komputer.

    Sehingga untuk kamu yang mau berwirausaha dengan berbekalkan ilmu tersebut, bisa kok menjadi tutor yang berhubungan dengan ketenagalistrikan, instalasi listrik, elektronika industri, dan bisa juga mengembangkan start up.


  11. Software Developer
  12. Salah satu prospek teknik telekomunikasi adalah menjadi seorang software developer.

    Perlu kamu ketahu bahwa bukan hanya anak jurusan teknik informatika saja yang bisa jadi software developer, anak elektro pun bisa.

    Meskipun memang kebanyakan anak teknik informatika bisa mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan Internet of Things (IOT).

    Tetapi anak lulusan teknik elektro pun dibekali kemampuan bahasa pemrograman untuk perangkat keras seperti misalnya Arduino.


  13. System Engineer
  14. System Engineer atau rekayasa sistem merupakan kumpulan konsep, metodologi dan pendekatan, serta tools untuk menginstalasi dan merancang sebuah sistem yang kompleks.

    Kompleksitas sistem biasanya disebabkan karena 2 faktor yaitu kompleksitas dinamis dan detail.

    Kompleksitas detail adalah ketika komponen yang dirancang sangat banyak dan dilengkapi dengan multi sourcing, multi criteria, multi standar, dan sebagainya.

    Rekayasa sistem di zaman sekarang ini terutama di Amerika sangat lekat dengan dunia militer karena memang produk militer kebanyakan memiliki kompleksitas detail sepeti kapal induk, pesawat tempur, sistem pertahanan rudal, dan lain-lain.

    Inilah salah satu prospek kerja teknik elektro industri yang perlu kamu coba.


  15. Control Engineer
  16. Control Engineering merupakan disiplin ilmu keteknikan yang mengimplementasikan teori pengendalian terhadap suatu sistem yang arahnya bisa diprediksi.

    Maksudnya adalah output dari sistem itu adalah fungsi dari input.

    Tujuan dari pengendalian ini adalah membuat suatu sistem menghasilkan suatu output yang sesuai dengan apa yang di inginkan.


Penutup

Demikianlah penjelasan terkait prospek kerja teknik elektro untuk wanita yang tak mewajibkanmu untuk terjun langsung ke lapangan layaknya pria.

Sehingga dalam hal ini kamu tak perlu khawatir bukan akan disuruh panjat tiang. Kamu nanti bisa memutuskan untuk bekerja di dalam ruangan atau kantor di bagian struktural.

Berikut artikel menarik lainnya seputar jurusan:

Berlangganan via Email