Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

17 Jurusan yang Cocok Untuk Orang yang Malas Menghitung

Jurusan yang Cocok Untuk Orang yang Malas

Berbicara tentang jurusan yang cocok untuk orang yang malas, menurut saya kemungkinannya tidak ada.

Sebab pada dasarnya tiap jurusan itu butuh usaha keras dalam mendapatkan ilmu dan lulus dengan memuaskan.

Ingin kuliah tapi cari yang cocok bagi orang malas? Mungkin lebih baik tidak usah kuliah deh karena dasarnya saja sudah dibarengi dengan rasa malas.

Tetapi disini saya akan membahas jurusan kuliah yang cocok untuk orang malas secara spesifik. Yaitu bagi yang malas menghafal, menghitung, dan membaca buku.

Dalam hal ini saya membaginya dalam tiga poin agar kamu lebih mudah memahaminya.


Jurusan yang Cocok Untuk Orang yang Malas Menghitung

  1. Jurusan Sastra dan Bahasa
  2. Jika memilih masuk ke jurusan ini, nantinya kamu akan lebih banyak mempelajari bahasa beserta kebudayaannya.

    Jadi tentu saja kamu akan dijauhkan dari hal yang sangat tidak kamu inginkan, yaitu hitung-hitungan.

    Yah, walaupun bagi sebagian orang jurusan ini agak menjemukan, tetapi mahasiswanya masih bisa tetap berfantasi sepanjang waktu dan terhitung kuliah.

    Pokoknya mata kuliah tentang fiksi akan membuatmu lebih eksentrik. Bila yang lain hanya membahas tentang genre dan bagaimana membuat fiksi, kamu justru akan maju selangkah dengan mewujudkan hidup yang fiktif.


  3. Jurusan Ilmu Komunikasi
  4. Jurusan untuk orang yang malas berhitung berikutnya adalah ilmu komunikasi. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari lebih jauh tentang aspek-aspek komunikasi, entah itu secara teori maupun praktik.

    Pelajarannya pun terbilang seru, mulai dari belajar public speaking, menulis berita, fotografi, membuat animasi, iklan, film, dan masih banyak lagi.

    Lulusan ilmu komunikasi bisa berkarier sebagai penyiar, telemarketing, editor, tenaga pengajar, dan Humas.


  5. Jurusan Hubungan Internasional (HI)
  6. Masuk ke jurusan ini akan banyak belajar seputar diplomasi. Tentunya ini sangat cocok untukmu bukan yang tak senang dengan hitung-hitungan.

    Apalagi jika kamu termasuk orang yang punya keterampilan komunikasi dalam bahasa asing serta tertarik mendalami diplomasi dan politik internasional.


  7. Jurusan Ilmu Sejarah
  8. Bagi kamu yang ingin santai dalam berkuliah dan tak mau direpotkan dengan hitung-hitungan yang sulit, bisa mencoba untuk masuk ke jurusan sejarah.

    Dalam jurusan ini nantinya kamu akan belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan masa lalu. Mulai dari zaman kuno Mesir, Yunani, dan India yang dimulai dari sebelum masehi sampai zaman modern di atas abad ke dua puluh.

    Belajar ilmu sejarah artinya memahami bagaimana sesuatu berubah dari masa ke masa serta mempelajari bagaimana pola dan nilai yang terkandung di dalamnya.

    Perlu kamu tahu juga bahwa dalam jurusan ilmu sejarah kamu juga akan diajarkan bagaimana membuat tulisan kreatif dan visualisasi sejarah dengan film dokumenter.

    Lulusan ilmu sejarah bisa berprofesi sebagai sejarawan, pemandu wisata sejarah, kolektor benda antik, dan penulis buku.


  9. Jurusan Filsafat
  10. Sebagai orang yang malas kamu bisa menuangkan teori-teorimu di sana. Bukan bercanda yah, tetapi memang di jurusan ini semua pemikiran akan diberi panggung dan akan diuji seiring berjalannya waktu.

    Perlu kamu tahu bahwa filsafat adalah induk dari segala ilmu. Cakupannya adalah mempelajari semua permasalahan dasar manusia dan kaitannya dengan realita.

    Jadi beda dengan ilmu lain yang umumnya menekankan pada ilmu praktis dan pragmatis.

    Kamu akan belajar tentang hal yang mendasar seperti tujuan hidup, esensi manusia, moralitas, dan nurani. Termasuk juga kaitan ilmu sejarah dengan filsafat.

    Prospek karier dari jurusan filsafat adalah menjadi penulis buku, psikoterapis, tokoh agama, dosen, dan psikoterapis.


  11. Jurusan Antropologi
  12. Pada dasarnya ilmu Antropologi dibagi menjadi dua, yaitu Antropologi fisik dan budaya. Antropologi fisik mempelajari ciri fisik dan forensik. Sedangkan Antropologi budaya cenderung belajar tentang interaksi manusia.

    Jurusan Antropologi sangat cocok untuk kamu yang senang belajar tentang budaya dalam suatu masyarakat, unsur-unsur kebudayaan, dan seluk beluk kehidupan di masyarakat.

    Berbicara tentang prospek karier, lulusan Antropologi bisa bekerja sebagai juru arsip, tenaga pengajar, konsultan masyarakat, staf peneliti dan pengembangan, dan etnografi pemasaran.


  13. Jurusan Hukum
  14. Masuk ke jurusan hukum tentu kamu akan banyak dituntut untuk membaca buku. Intinya kamu akan belajar lebih dalam tentang hukum. Baik secara teori maupun praktik.

    Lulus dari jurusan ini nantinya kamu akan memahami hukum-hukum yang dapat mengatur bagaimana seseorang bertindak agar tak merugikan orang di sekitarnya.

    Pada fase menjelang semester akhir, kamu akan magang di perusahaan atau lembaga yang tentunya berhubungan dengan hukum. Misalnya pengadilan dan firma hukum.

    Para alumni jurusan hukum umumnya dapat bekerja sebagai notaris, staf legal, HRD, staf kementerian, dosen, dan pengamat politik.


Jurusan yang Cocok Untuk Orang yang Malas Menghafal

  1. Jurusan Matematika
  2. Dalam jurusan matematika kamu akan dituntut lebih banyak berhitung dibandingan menghafal dan membaca buku.

    Jadi jurusan ini akan sangat cocok bagi kamu yang senang berhitung dan gemar matematika sewaktu di sekolah menengah.

    Di jurusan ini kamu akan sangat jarang dituntut untuk menghafal karena pada dasarnya rumus matematika bukan dihafal, melainkan dipahami konsepnya.


  3. Jurusan Statistika
  4. Masih serumpun dengan jurusan matematika, jurusan ini sangat recommended bagi kamu yang malas dengan hafalan.

    Dalam kegiatan perkuliahan nantinya kamu akan disibukkan dengan deretan angka yang perlu kamu analisis dengan benar.

    Inti dari jurusan statistika adalah bagaimana berpikir dan menganalisis berbagai hal berdasarkan data.

    Sehingga dalam hal ini kamu tak akan menemukan hafalan, tetapi lebih kepada menganalisis dan menghimpun data.


  5. Jurusan Teknik Informatika
  6. Untuk kamu yang lebih senang bereksperimen dan berkreasi, bisa memutuskan untuk memasuki jurusan ini.

    Kebanyakan pelajaran di Teknik Informatika lebih mengacu pada pemahaman akan software dan hardware.

    Asalkan kamu sudah tahu dasarnya, tentu untuk selanjutnya akan terasa mudah dan menyenangkan.

    Lulusan teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan umumnya juga dikenal sebagai ahli coding.


  7. Jurusan Robotika
  8. Terinspirasi dari rasa malas, di jurusan robotika kamu bisa menciptakan sesuatu yang bisa membantumu mengerjakan pekerjaan, yaitu robot.

    Pokoknya kamu bisa bereksplorasi dengan karyamu. Jadi tinggal bagaimana kamu berusaha membuat sesuatu yang luar biasa.

    Robotika bisa dibilang perpaduan antara jurusan teknik elektro dan informatika. Sehingga bisa disimpulkan bahwa jurusan robotika ini cukup jauh dari menghafal.


Jurusan yang Cocok Untuk Orang yang Malas Membaca, Menghafal, dan Berhitung

  1. Jurusan Seni
  2. Kelebihan tersendiri dari jurusan seni adalah kamu tak akan dipusingkan dengan membaca banyak buku, hafalan, atau melakukan perhitungan yang bikin pusing.

    Jurusan ini lebih menuntutmu agar bagaimana menikmati dan menilai berbagai karya orang lain untuk mendapatkan inspirasi serta mengekspresikannya dalam karyamu.

    Masuk ke jurusan kuliah yang paling santai ini nantinya kamu akan belajar seni rupa, kriya, tari, dan sebagainya.


  3. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
  4. Mirip dengan jurusan seni, DKV juga termasuk jurusan yang tak menuntutmu membaca ratusan buku agar dapat menghasilkan karya desain bernilai seni tinggi.

    Hanya saja untuk jurusan ini lebih kepada bagaimana menyampaikan informasi melalui media visual seperti grafis, visual periklanan, animasi, website, dan sejenisnya.


  5. Jurusan Tata boga
  6. Jika kamu adalah tipe orang yang malas baca buku, hitung-hitungan, dan menghafal maka jurusan tata boga bisa jadi pilihan terbaik untukmu. Terlebih lagi bila kamu suka memasak.

    Dalam beberapa materi jurusan ini mungkin kamu akan disuruh membaca teori di buku, misalnya tentang langkah pembuatan atau teori dasar dari resep yang akan dibuat.

    Namun sebagian besar kegiatan dari jurusan ini adalah praktik. Jadi kamu juga bisa belajar dengan melihat langsung dosen mempraktikkannya.


  7. Jurusan Tata Busana
  8. Alternatif lain bagi kamu yang tak senang membaca, menghafal atau berhitung bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini.

    Dalam jurusan tata busana kamu akan lebih dituntut untuk punya sense yang bagus tentang pencampuran dan kecocokan berbagai jenis outfit, perpaduan warna, dan bahan pakaian yang cocok.

    Guna melatih kreativitasmu, kamu bisa berjalan-jalan ke berbagai daerah atau memantau akun Instagram selebgram biar lebih up to date.


  9. Jurusan Desain Interior
  10. Jika kamu termasuk tipe orang yang peduli pada detail hal-hal kecil dan punya sense bagus dalam estetika, warna, dan gaya, bisa mencoba masuk jurusan desain interior.

    Di jurusan ini tentu kamu akan terhindarkan dari membaca banyak buku, hafalan, apalagi hitung-hitungan. Pokoknya kamu hanya terfokus pada praktik seperti menggambar atau membuat karya.


  11. Jurusan Pariwisata
  12. Suka traveling dan tertarik dengan dunia pariwisata? Mungkin jurusan kuliah yang mudah pelajarannya ini adalah pilihan terbaikmu.

    Pariwisata merupakan jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar dalam menghafal maupun perhitungan rumit.

    Apalagi pelajarannya juga sangat mudah dibandingkan jurusan lain pada umumnya.

    Intinya kamu akan dididik bagaimana menjadi seorang profesional dalam mengelola pariwisata. Mencakup di dalamnya pariwisata kreatif, pemberdayaan masyarakat, dan pemasaran destinasi wisata.

    Jadi nantinya kamu akan lebih banyak ber-traveling dan mempelajari beberapa tempat wisata. Tak heran jika disebut sebagai jurusan untuk orang yang mudah bosan.

    Lulus dari jurusan ini nantinya kamu bisa bekerja di Kementerian Pariwisata atau berwirausaha.


Penutup

Itulah tiap jurusan yang cocok untuk orang yang malas membaca buku, menghafal, dan berhitung. Semoga bisa jadi bahan inspirasimu dalam menentukan jurusan.


Jangan Lewatkan:

Berlangganan via Email